Surat Pembaca

Sistem “Suggestion” Tenor Cicilan Kredivo Tidak Sesuai dengan Riwayat Transaksi Sebelumnya

Halo, di sini saya ingin membagikan pengalaman pribadi yang merugikan saya sebagai user Kredivo.

Saya menggunakan Kredivo sejak akhir tahun 2022. Saya menggunakannya juga saat dalam kondisi-kondisi urgent saja sebenarnya. Biasanya saya pakai untuk membeli makanan/keperluan anak saya di akhir-akhir bulan, karena memang belum gajian. Tentu saja saya sangat sering menggunakan yang tenornya 1 bulan atau PayLater, karena ini membantu saya, yang memang saat belum gajian tapi ada keperluan mendesak. Jadi hanya membayar biaya admin dan tidak ada bunganya.

Karena saya sudah mulai terbiasa menggunakannya (dengan transaksi-transaksi sebelumnya kurang dari Rp200 ribu), maka tenor jadi sering ter-suggest pada pembayaran 1 bulan/PayLater. Nah kemudian baru saja pagi ini (27 Februari 2023), saya mencoba untuk membeli keperluan anak saya menggunakan Kredivo karena urgent. Saya klik-klik saja seperti biasanya, sampai akhirnya transaksi berhasil. Namun saya kaget, ketika melihat transaksi itu ternyata tenornya adalah 12 bulan.

Jujur memang saya kurang menyimak pada field pengisian tenor, tapi yang saya sayangkan kenapa tiba-tiba di-suggest selama 12 bulan? Memang pada transaksi kali ini nominalnya lebih besar dari sebelum-sebelumnya (kurang lebih Rp500 ribu), tapi suggestion pengisian tenor diarahkan untuk tenor 12 bulan.

Saya merasa ini benar-benar manipulatif, yang bisa merugikan user. Walaupun memang ini menjadi human error (kesalahan saya), karena tidak menyimak dengan benar pada field tenornya sebelum melakukan transaksi. Namun tidak wajar saja kenapa tiba-tiba di-suggest ke 12 bulan. Padahal saya sebelum-sebelumnya TIDAK PERNAH melakukan transaksi dengan tenor yang melebihi 1 bulan.

Teruntuk pihak Kredivo, tolong perbaiki hal ini. Jika tidak, saya jamin para konsumen/user lain pasti bisa menilai, karena secara tidak langsung Anda juga telah melakukan manipulatif yang licik terhadap user. Jika memang tidak ada manipulatif, sebaiknya tenor dibuat saja belum terisi atau sesuai tenor-tenor yang memang sering digunakan user tersebut, sehingga tidak terjadi lagi hal seperti ini.

Semoga ini bisa menjadi pembelajaran juga untuk pembaca yang lain agar lebih berhati-hati. Di sini saya melampirkan bukti transaksi dan email saya ke CS Kredivo.

Kevin Nastatur Chatriavandi
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Kredivo atas Surat Bapak Kevin Nastatur Chatriavandi

Pertama-tama kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dan kesetiaan pengguna Kredivo sampai saat ini. Menanggapi surat konsumen yang ditulis oleh...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Hampir semua pinjol kalo transaksi 500rb-an diarahkan 12bulan.. BRI Ceria misalnya transaksi 112rb yg muncul hanya 1 bulan.. 200-300rb biasanya 3 bulan muncul.. Karena biasa belanja 200rban yg suggestnya 1bulan.. Begitu 500rb sudah maka sudah memenuhi syarat untuk 12bulan maka secara otomatis menawarkan 12bulan (kalo mau) dan biasanya sblm checkout walaupun suggestnya 12bulan bs kok dirubah jd 1 bulan 3bulan dll
    Semoga membantu

  • Sudah salah kurang teliti tapi malah nyolot. Udah bayar saja dan hapus itu aplikasi. Terus kamu buat aplikasi sendiri yang bagus ntar aku download. ???????

  • Saya juga merasakan hal yg kurang baik dengan kredivo karena akun saya di retas dan data saya berubah tanpa pemberitahuan sehingga trjadi teransaksi yg tidak saya lakukan

    • Maksudnya Teretas ini bagaimana ya? Setahu saya kalau login di perangkat baru harus konfirmasi OTP. Apakah Anda memberikan OTP?

  • Untuk transaksi di atas 500k memang suggestnya pasti installment bukan pay in 30 days Kak. Lain kali mohon perhatikan sebelum klik-klik. Karena ini murni kesalahan pengguna bukan sistem. Kalau sudah begini ga bisa diubah biasanya.