Surat Pembaca

Proses Klaim JNE YES Mempermainkan Penerima dan Pengirim

Saya selalu penerima barang. Bermula dari pengiriman JNE YES nomor resi: 072230000293323 yang saya klaim sebagai PENERIMA BARANG (BUKAN PENGIRIM), karena tidak sesuai masa estimasi 1 hari sampai yang lewat 24 jam (ini pun sudah saya telepon sana sini masih juga lewat waktu sudah tahu urgent makanya pakai JNE YES). Karena dari Bekasi ke Jakarta jadi gak mungkin juga pake Gojek ya. Jadi JNE YES cukup kalau selama masih 24 jam (ini saya di luar marketplace ya, karena orderan via manual).

Klaim saya lakukan (sekalian uji coba). Proses klaim ternyata dipersulit, harus pihak pengirim yang melakukan atau beri surat kuasa ke penerima untuk serah terima klaim. Padahal saya yang klaim, saya yang terima. Di sini sekali lagi pihak JNE memang tidak punya itikad sesuai janji klaimnya, yaitu tidak mau mengembalikan klaim yang dijanjikan karena sudah lewat waktu estimasi JNE YES yang 1 hari itu dengan mengulur-ngulur waktu seperti:

1. Menanyakan data saya berulang ulang 3x minggu lalu dan sekarang karena belum diterima. Padahal JNE sudah berkomunikasi dengan pengirim lewat WA-nya (gak usah disebutkan di sini karena privacy pengirim dan nomor saya juga). Kalau data gak masuk, ya tidak mungkin JNE bisa berkomunikasi dengan WA pengirim (nomor HP pengirim cuma untuk WA dan bukan telepon). Ini sempat berulang ulang juga saya info masih ditelepon juga awal awalnya sengaja biar makan waktu dan kita kesal akhirnya melepaskan klaim.

Terlampir:

2. Pengirim dibuat susah suruh kirim data berkas klaim ke kantor JNE. Padahal bisa lewat email. Ini juga yang membuat proses klaim terhambat (janji iklan JNE cuma omong kosong klaim JNE YES ini). Padahal klaim saya ini klaim garansi JNE YES bukan barang hilang/rusak, tapi kenapa pengirim disuruh kirim berkas??? Beda kalau barang hilang atau rusak, wajar JNE dimintai pengirim untuk kirim berkas.

3. Dari tanggal saya klaim 19 Februari 2023 sampai sekarang saya tulis surat ini (12 hari), belum dimulai proses klaim dengan alasan macam-macam yang membuat saya geram. Pengirim juga enggan karena, dipersulit oleh JNE. Bayangkan untuk mulai proses saja belum. Terbukti ini JNE sudah menanyakan data saya berkali-kali, padahal sudah 3-4 x saya kasih terus. Sampai minta buku rekening BCA dan data berulang-ulang.

4. Saya coba untuk proses pengalihan kuasa dari pengirim ke say,a yaitu sudah WA pengirim untuk menjawab surat pernyataan online saya jika hak klaim diserahkan ke saya selalu penerima. Sehingga tidak perlu lagi pengirim kirim-kirim proses ke JNE lagi ini terlampir di WA. Tapi faktanya JNE masih menyuruh pengirim kirim berkas (sudah gitu gak bisa lewat email pula harus ke kantor).

Terlampir bukti chat online:

5. Alasan kurir ketika melewati batas waktu, dia tulis alasan di tracking tidak ada orang di rumah / rumah kosong (saat pengiriman antara pukul 10 – 11 malam). Padahal saya stand by pas jarak kamar saya ke pintu pagar dekat jadi terdengar dan terlihat. Kenapa dia tulis gitu? Karena JNE punya alasan menolak klaim dengan memanipulasi data tracking oleh kurir dengan cara isi rumah kosong. Jadi kalau karena kesalahan kita ga ada di rumah proses klaim tidak dapat dilakukan (tapi tahap ini saya lolos karena saya bisa membantah semua itu dan dilanjutkan untuk proses awal klaim).

Terlampir saat saya komplain via email:

6. Dengan kesulitan-kesulitan tersebut saya simpulkan JNE membuat garansi di iklannya tapi proses klaimnya dipersulit dan selalu mengulang-ulang permintaan yang membuat kesan JNE enggan untuk mengganti sesuai janji iklannya. dengan cara, seperti itu.

Kesimpulan: Pantes marketplace saya hampir tidak pernah ada orderan yang menggunakan JNE. Mungkin alasannya ribet jika klaim garansi (baik barang hilang/rusak maupun klaim masa waktu)

Keribetan ini sama prosesnya untuk klaim apa pun baik barang hilang rusak dan klaim garansi. Intinya dipersulit. Padahal saya bukan klaim barang hilang/rusak loh. Hanya klaim garansi waktu kirim tidak sesuai JNE YES yang 1 hari sampai.

Jadi sampai sekarang 12 hari (proses email sampai 52 kali reply dan via messenger Facebook sampai tak terhitung) tidak ada kejelasan karena dari pihak JNE masih email terus nanya data-data yang selalu saya berikan berkali-kali. Seolah-olah tidak mau memproses ini, sehingga mengharapkan kita capek sendiri dan akhirnya membiarkan hingga proses ini ditutup tanpa penyelesaian.

Terlampir:

Terima kasih.

Handy Suryadjaja
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan JNE untuk Keluhan Bapak Handy Suryadjaja

Sehubungan dengan surat pembaca yang telah dimuat di Mediakonsumen.com pada tanggal 04 Maret 2023 berjudul “Proses Klaim JNE YES Mempermainkan...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • JNE TIPU TIPU INI!!!!
    PIHAK JNE SUDAH MINTA FOTO BUKU TABUNGAN TAPI FAKTANYA CUMA BASA BASI!!!!!!

    SAMPE SEKARANG UDAH 3 MINGGU PROSES CLAIM BLUM BERLANJUT DGN ALASAN PIHAK PENGIRIM GA BISA DI HUBUNGI ?????..

    Udah jelas jelas Pengiriman suda balas, WA cm emang JNE aja yg mempersulit pengirim utk kirim berkas CLAIM.

    JNE ITU PROSES CLAIM NYARIS GA AKAN BISA DITEMBUS. .. SO PIKIR PIKIR DEH YG MAU PAKE JNE... SELAIN MAHAL JUGA GA MUTU BGT KALO KLAIM. APALAGI BARANG LOE RUSAK / HILANG.. KACAU!!!

  • Ini apaan dah? Media konsumen isinya keluhan masyarakat agar kedepannya perusahaan yang bersangkutan lebih baik, atau ada solusi perihal layanan yang buruk, dan untuk diskusi perihal kendala siapa tau ada yang bantu solusi. Ini ts malah ngamuk ngamuk kayak orang gila. Ada yang kasih informasi bukannya dihargai malah gak terima. Tolong lah, anda nuntut perusahaan besar tapi baca baca dan terima masukan aja tidak mau. Maunya menang sendiri. Be smart bro, kalau dirasa dirugikan dan elu gak terima daripada marah marah bawa ke pengadilan biar selesai.

    • Udah ga ada masalah apa apa.. Cm miss komunikasi dgn member forum yg lain. ?. Dan kebetulan gue lg emosi. Wkwkwk.... Bukan ga Terima tp salah nangkep apa yg gue share.. Tp udah beres kok ga Ada masalah apa apa... Masalahnya cuma sama JNE. Yg loe bilang kasih masukan itu juga udah ga napa napa udah fine aja kok sama gue.. Nmanya jg org miss komunikasi...

      Mesti bedain maslah masuk pengadilan sama media konsumen . Masa iya claim masa waktu masuk pengadilan. Ada aDa aj loe ah. Media konsumen justru wadah nya. Untuk yg masalah nya di bawah 25 juta... Kalo masalah nya ratusan sampe M M an baru tuh pengadilan..

      • Woi akhlak di pakai lah, telat dikit2 ya di maklum aja sih, namanya juga manusia...

        (sekalian uji coba) matamu uji coba,,, semua proses ada aturan dan SOP dari Perusahaan nya...

        Sok paling berkuasa... gigimu picek

        • @serabutstore ?? protes aja.. Tiap surat pembaca di susupin ?... Bawel ah.. ?

        • @setabutstore gue pajang aja ga ada yg mau pake... Itu gue pake diluar marketplace buat kirim ke gue dari bekasi ke Jakarta yg kilat ya JNE .. Yg ga mau pake mah konsumen gue.. Gue mah tetep pake eh malah kena kasus gini.

          Jadi kapok. Besok besok gue pribadi sih pake jnt aja deh atau kalo JNE pun pake regular aja sama aja sampe nya..

          Yg gue nyebelin tuh yg YES nya doang. Ga, sesuai YES selalu 2 hari kalo gue... Kalo regulae sih biasa aja

          • yaelah cuma sehari aja, ribet bener lo... akhlak pakai lah ya,,, namanya manusia ada hal yang tidak terguga mana tau..

            coba lo belanja diluar negri brp lama sampai nya,,, makanya maen nya yg jauh jangan di komplek aja...

        • @serabutstore loe tau ga baca diatas kalo barang itu urgent. Mesti 1 hati sampe.. Untung itu konsumen gue mau gue mundurin kalo ga?? Pas ketemu pelanggan yg sewitan apa ga minta batal juga?? Masalah nya barang tuh harus sampe hati itu jg. Untuk bawa konsumen gue yg udah nungguin dari tadi nyet.. ?? gue kop juga loe mulut loe pake kop an kerikan ????. Udah ah bawel lg urusin orderan banyak. Loe lg sepi orderan mpe rajin reply ? udah gue lg packing packing dulu.. Hohohoho bawel ?

          • orderan gw always banyakk kok, but santai aja, bisnis online itu untuk kerja santai bukan kerja rodi seperti jaman batu.... :)

          • Terima Kasih Media konsumen. Atas muat nya surat ini proses claim jadi sangat cepat dan aktif dari pihak JNE bekasi yg mengajukan claim ke pusat dan sesuai apa yg diharapkan…

            Terkait kasih atas kerja sama nya utk semua JNE bekasi dan media konsumen..... ?

            Semoga kedepannya Utk JNE pusat proses claim di permudah. Thx

  • Ternyata ga gw aja, jaminan beginian cuman trik marketing, sampai hari ini ya begini, ane pake YES kirim dari seller kelar lepas pas jam 16.40 5 april, kamis jam 22.55 paket fiio k3s gw di nyatakan penghuni tidak di rumah juga, padahal gw ngubek ps3 sama laptop di kamar depan gegara liat log toped jne otw jam 19.20 6 april 2023, alarm cctv gw pun idupin biar tau kalau ada orang depan pager ternyata, gw lihat footage nya ga ada kurir sebiji pun, kurang ajar kan, kapok gw pake jne yes, sistem kapitalis saja, PINDAH KURIR, rumput sebelah masih ijo ngapain betahan pake rumput gersang

  • Artinya tidak ada itikad untuk menjadi lebih baik setelah ada beberapa komplain.

  • Tidak sesuai janji, saya kirim tgl 21/12/23 isinya makanan, dihari yg sama jam 18.56wib sudah nyampe jakarta, tapi sampai sekarang 23/12/23 jam 6.45 wib paket belum diterima, payah! Bayar mahal tapi tidak sesuai!!