Surat Pembaca

Selisih Biaya Ongkir Shopee Pengiriman JNE Berat Paket Jadi Sepuluh Kali Lipat dan Ongkir yang Ditanggung Jadi Lima Belas Kali Lipat

Hallo, saya Ridwan.

Pada tanggal 20 Februari 2023, saya mengirim pesanan Shopee berupa laptop, menggunakan jasa kirim JNE REG dengan nomor resi: CM36761710257. Berat packing dan resi fisik laptop 1.2 Kg, akan tetapi di sistem JNE ditulis 12 Kg.

Isi paket berupa 1 paket laptop AXIOO MYBOOK 14F baru, tas dan mouse optic seharga 3.699.000.

Setelah pesanan diterima oleh pembeli dan orderan selesai tanggal 24 Februari 2023. Ada selisih ongkos kirim yang dibayar oleh user ke Shopee dan penerusan ongkir dari Shopee ke JNE.

  • Ongkir Dibayar Pembeli: Rp141.000
  • Ongkos Kirim yang diteruskan oleh Shopee kepada Kurir: Rp2.172.000
  • Selisih Ongkir yang ditanggung toko: Rp2.031.000

Selisih ongkir kemungkinan terjadi dikarenakan ada error system JNE yang harusnya 1.2 Kg menjadi 12 Kg yang mengakibatkan ongkir membengkak hampir 15x lipat.

Sebelumnya pada tanggal 25 Februari kita sudah komplain ke pihak JNE tentang selisih ongkir tsb, akan tetapi dari pihak JNE mengarahkan untuk komplain ke Shopee. Akhirnya kita komplain ke Shopee dan disuruh tunggu maksimal 3 hari.

Pada tanggal 2 Maret 2023 kita dapat info dari Shopee selisih ongkir tsb tidak dapat diproses dikarenakan adanya perbedaan berat produk.

Pada tanggal 2 Maret 2023 kita langsung gercep komplain kembali ke Pihak JNE dan Shopee. Ke JNE telepon jelasin secara mendetail bahwa kita kirim sudah sesuai resi dan berat aktual 1.2 Kg akan tetapi di system JNE tertera 12 Kg sedang proses pengecekan infonya maksimal tanggal 5 Maret 2023 hasilnya sudah selesai. Ke pihak Shopee juga sudah dijelaskan secara mendetail seperti di atas dan meminta waktu 3 hari sampai tanggal 4 Maret 2023.

Dikarenakan sebelumnya dari Shopee kendala belum terselesaikan, untuk menghindari banding di Shopee keputusannya memberatkan kita, akhirnya kita memutuskan untuk membuat surat terbuka ini kepada pihak JNE dan Shopee. Saya saat ini sangat khawatir karena uang Rp2 juta tersebut bukanlah uang yang kecil.

Saya harap pihak Shopee dan JNE segera kasih solusi untuk keluhan kita ini dan segera meneruskan selisih ongkir ke saldo penjual. Terima kasih

Mohamad Ridwan
Kota Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan JNE untuk Keluhan Bapak Mohamad Ridwan

Sehubungan dengan surat pembaca yang telah dimuat di Mediakonsumen.com pada tanggal 4 Maret 2023 berjudul “Selisih Biaya Ongkir Shopee Pengiriman...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Itu benar paketnya seberat 1.2 kg pas kirim? Laptop, tas, mouse hnya 1.2 kg sama packingnya? Saya kira kok lebih, tp tdk akan 12kg.

    • Iya, saya cek di lapak lain, 3-5kg set beratnya (paling banyak 4kg, termasuk official. Yg 5kg mgkn dgn packing kayu). Dan liat di foto ulasan, kotaknya terlihat memang gede, perkiraan sekitar 50x35x10cm.
      Set berat volume yang benar sejak awal, biar terhindar dari salah input, nombok ongkir dll akibat koreksi. Selisih 1kg aja jika pengiriman di ujung pulau, nomboknya banyak, jadi mesti teliti. Sebagai seller, setelah dikemas double box dan bubble, saya ukur ulang dan cantumkan dimensi di label pengiriman lalu difoto... Jaga2 ekspedisi nyatut kiloan, ada bukti yg bisa didebat (ngepas 2.290 gram dimensi, ditagih 3kg juga ngga rela). 12kg ya memang terlalu over. Semoga klaim selisihnya segera selesai.

      • Setahu gw, laptop 14inc sama dus dll 3-4kg klo paking kayu tergantung jenis kayu, klo kayu bagus berat kayu bisa 5kg sendiri, klo kayu biasa paling nambah 3kg jadi gk smpe 12kg rata-rata sekitar 2x berat, klo berat 4kg maka 7-8kg setelah paking kayu,

        Tp mana ada laptop berat cuma 1,2kg? Klo notebook atau tab iya berat 1,2-1,5kg

  • Saat input apakah menggunakan 1.2 Kg atau 1,2 Kg? Bisa saja sistemnya cuma mendukung simbol koma sebagai pemisah desimal dan meniadakan simbol titik sehingga jadi 12 Kg. Lagipula berat bersih Axioo MyBook 14F sesuai spesifikasi adalah 1,5 Kg belum termasuk charger dan dus. Kalau ditambah tas dan mouse beratnya nggak segitu dong.

  • Masukin berat yg benar harusnya. Gak mungkin laptop beratnya hanya 1,2kg. Apa hanya mengejar ongkir ringan 1kg?? Harus jujur karna di kurir ditimbang lg

  • Kalau sy biasa kirim laptop 14in itu 3 Kg. Paling harusnya selisih nya 2kg. Kalau 12kg kebangetan.

    Itu setor ke agen apa diambil oleh kurir? Kalau setor ke agen bisa jadi salah input si pegawai agennya.

    • Sepertinya perbedaan ongkos kirim itu terjadi bukan dari penjualan itu saja ... karena beda beratnya sebenarnya paling 2 kg ... leptop 3 sd 4 kg ... mungkin dari penjualan penjualan yang lain nya ... makanya jadi besar ... di harapkan memasukan berat sesuai dengan kenyataan nya supaya kita gak rugi dengan pembenanan ongkos kirim ke penjual

  • Ngunnu tok wae kok ribert Poo gunanne shopee care roo JNE care dadine gaa care?

  • Saya pengalaman beli laptop beberpa kali di mp, beratnya rata di lihat di resi 4.2kg
    Dan sudah hampir 10x saya order tidak beda² jauh paling ringan 3,7kg, jadi seller yg input 1,2kg itu salah banget hanya ngejar ongkir murah biar pembeli cekout , tapi tidan berfikir ke depannya dan tidak berfikir bakal kena selisih obgkir

  • Sekelas laptop nulis berat 1,2kg ya gak mungkin pas packing ditimbang masih segitu,
    Rata2 laptop paling ringan banget itu 3kg, itu aj udah packing minimalis, gak pake kayu,
    Klo untuk sekelas laptop jgn ngejar ongkir murah gan, mahal dikit gpp tp aman dan ga ada kendala disistem,
    Estimasi 3kg, tulis aja 4kg pasti calon buyer paham