Surat Pembaca

Adanya “Internet Content” pada Rincian Tagihan IndiHome

Selamat pagi Tim Telkom IndiHome,

Perkenalkan saya pelanggan IndiHome dengan nomor pelanggan: 143361106416. Beberapa bulan yang lalu tagihan saya membengkak Rp30 ribuan. Saya baru mengetahui setelah meng-install aplikasi MyIndiHome, ternyata pembengkakan tagihan bulan-bulan yang lalu (Juni 2022 – Feb 2023) terjadi karena adanya Internet Content pada rincian tagihan yang tertera di aplikasi MyIndiHome.

Tagihan Yang terinclude Internet Content dari bulan Juni 2022 sampai sekarang
Tagihan setelah pengajuan Penghapusan Internet Content

Padahal pihak rumah/pemilik Wi-Fi tidak merasa meminta, dan malah menanyakan apa itu Internet Content. Cuma memang kata pemilik pernah ditelepon oleh layanan 147 dan sejak saat itu tagihan naik.

Setelah itu saya mengunjungi Plasa Telkom (sekitar sebelum jatuh tempo pembayaran tagihan Februari), untuk mematikan layanan Internet Content. Namun sekarang (tagihan untuk bulan surat ini ditulis) hanya turun Rp5 ribu, artinya masih membengkak dan Internet Content masih ada.

Saya konfirmasi lagi ke Plasa IndiHome Kroya, Cilacap per tanggal 3 Maret 2023 pun mereka tidak bisa membantu. Alasannya karena sistemnya sudah seperti itu.

Jujur sangat kecewa, karena masih harus membayar Internet Content lagi. Suatu layanan yang tidak pernah diminta, tidak jelas untuk apa? Dan tidak tahu untuk apa? Saya mohon untuk kejelasan dari pihak IndiHome, dan sangat berharap adanya kompensasi terhadap tagihan pada layanan yang kami tidak pernah minta (Internet Content) selama 9 bulan berturut-turut.

Sekian dari saya, salam hangat.

Subani Charis Prasetya
Cilacap, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Telkom atas Keluhan Adanya “Internet Content” pada Rincian Tagihan IndiHome

Sebelumnya kami ucapkan terimakasih kepada mediakonsumen.com yang telah berkenan menayangkan surat dari Bapak Subani Charis Prasetya berjudul Adanya “Internet Content”...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Saya mantan pelanggan IndiHome. Terkait Internet Content, bisa dipastikan bahwa itu biaya kenaikan speed. Membaca kembali pernyataan Anda bahwa 'Cuma memang kata pemilik pernah ditelepon oleh layanan 147 dan sejak saat itu tagihan naik.', disini telah terjadi komunikasi dan transaksi bahwa pelanggan bersedia upgrade speed.

    • Saya juga kurang tahu,
      Tadi pihak Indihome menjelaskan bahwa internet content itu, layanan langganan Viu,

        • Yang 100Mbps itu pakai embel embel up to. Secara teori jika terjadi gangguan atau trafiknya ramai dapat speed 20Mbps pun gak bisa di komplen. Pengalaman pakai si ungu, awalnya doank speed ok. Setelah itu hampir gak pernah dapat speed download 12.5MBps. dapat paling 6MBps itupun naik turun tdk flat. Di komplen lama tidak terlihat perubahan speed. Belum lagi ping dan jitter yang tinggi di jam sore. Bikin gaming itu mustahil.
          Sedangkan indihome speed selalu flat. Bahkan karna sudah berlangganan lama, dapat program loyalty juga. Speed ditambah 10Mbps. yang semula 40Mbps jadi 50Mbps dengan harga yang sama. Dan selama saya pakai speed selalu flat dulu blm dapat loyalty program ya flat di 5MBps sekarang setelah dapat loyalty flat di 6.25MBps. Masalah keluhan pun sangat cepat dan jarang terjadi di tempat saya. Ping dam jitter pun sangat kecil biarpun di jam jam sibuk.

          • Namanya juga up to om kalu padat ya pasti turun dari kapasitas yang di maksud. Kalu bicara indihome kaya nya emang dari dulu isp plat merah ini suka masalah apalagi kapasitas jaringan dia se indonesia aja ga nyampe 40Gbps sementara isp lain pada di atas 40Gbps coba iseng-iseng liat mrtg koneksi punya telkom biar tau sendiri hehe

    • Internet content tidak sama dengan speed, internet content itu OTT. viu termasuk salah satu ott yg bekerjasama dengan indihome. jika di unsub di bulan feb, belum tentu bulan maret akan kembali ke tagihan awal (tanpa tah inet content), tergantung dr tanggal subscribe dan unsub nya. Semoga bermanfaat. sekedar sharing

  • Ini Indihome 2P ya ? Pakai TV. Sepertinya kepencet langganan konten di remote TV box nya. Entah itu game atau layanan streaming ya.

    • Lah itu pertanyaan saya ketika komplen diplasa, 2p + TV, mksdnya TV itu apa? Csnya bilang "Useetv". Lah brarti hrs ada stbnya dong?
      Tpi ini gak ada STB, cuman TV doang pake LAN...

      • Atau saya kurang paham permasalahan, klo pake paket TV. Harus ada stb dri indihome apa gak?

        • Mungkin langganan channel TV yang dimaksud CS nya seperti Netflix, UseeTV, VIU, Disney Hot Star, dll... Channel itu jenis streaming mas, bukan menggunakan STB. Streaming nya menggunakan koneksi internet. Untuk smartTV langsung install aplikasinya, kalo TV digital biasa bisa pake perangkat tambahan dongle seperti chromecast . Mungkin seperti itu.

      • Saya jg mantan pelanggan indihome tiba2 naik 7ribu tanpa ada pemberitahuan . Pas sya langsung ke tmpt indihome langsung pembayaran bulan dpnya msh sama naik 7tibu . Akhirnya saya putus indihome . Karna sudah ga jelas walaupun sudah mengadukan complain , masa mau dateng tiap bulan ke indihome

  • Aplikasi myIndihome hanya mencantumkan DENGAN TEPAT layanan tambahan ADD-ON (misalnya Upgrade Speed, Speed On Demand, dll) yang ditawarkan di aplikasi maupun di web Indihome. Adapun layanan lain (seperti tambahan kanal berbayar atau berlangganan Netflix, Hotstar, ViU, iFlix, dll) hanya dicantumkan INTERNET CONTENT.

    Untuk perincian INTERNET CONTENT apa saja yang sudah diambil, silahkan install aplikasi Indihome TV (dulu namanya UseeTV). Aplikasinya ada di Google Play Store. Gunakan nomor ID pelanggan Indihome atau alamat email yang terdaftar di akun utama Indihome saat login ke Indihome TV.

    Sebaiknya aktifkan pengamanan lewat pengaturan Indihome di TV (jika ada) agar penambahan layanan dan konten baru hanya bisa dilakukan oleh orang tertentu (misalnya anda sendiri). Jangan berbagi-pakai akun Indihome dengan anggota keluarga yang lain. Jangan ijinkan akun tambahan untuk satu nomor ID pelanggan.

    • Diputus aja ganti provider lain. 400 rb uda dapet 100 Mbps loh harusnya + layanan tv kabel. Atau kalo gaada jaringan provider lain, daftar baru lagi aja. Pasti dibantu sama salesnya. Mereka bebas bikin aturan, kita jg punya kebebasan memilih mana provider dengan layanan terbaik. Saya sendiri sudah berhenti pake indihome sejak mereka menerapkan FUP beberapa tahun lalu

      • Sepertinya indihome ini kog banyak komplain yg ga baik ya ? Seharusnya belajar dari komplain2 yg masuk utk bisa menjadi baik kmudian menjadi lebih baik kedepannya, soalnya yg sy baca komplain2 yg masuk ga baik smua.

  • Wah pas nih. Saya baru mau pasang Indihome, karena pindah rumah. Ternyata biaya bulanannya belum ppn, ya. Kirain udah masuk ppn, soalnya sebelumnya sy pakai provider lain bayar bulanan gk ada ppn, mungkin udah include ppn. Ini indihome belum ppn+internet content. Bisa dibilang pemborosan sih ini. Gak salah sih kalo ada orang yang bilang indihome jebakan batman. Sy pikir pikir lagi deh. Soalnya ada 2 provider yg nyantol di daerah sy. Untung ada komplen ini. Hehe.

  • Sy Pelanggan IndiHome:
    1. Pemasangan bln Juni'21 Paket Internet 20Mbps + TV dgn Byr 288.600 per bln.
    2. April'22 CS 147 IndiHome Upgrade Internet 30Mbps + TV dgn Byr Bln Mei 366.600.
    3. 24 Nov'22 Mengembalikan STB dgn keterangan Cabut TV shg yg dipakai hanya Internet 30Mbps dgn hrga 305.250 mulai tagihan Jan'23. Tp ktka pembayaran Jan'23 dgn tagihan 366.300
    4. 25 Jan'23 Tlp 147 pengaduan tagihan IndiHome & CS bilg blm ada pengurangan Tagihan shg msh sm tagihan 366.300 shg Sy bilg ke CS IndiHome utk turun Internet 20Mbps dgn pmbayaran 244.200 berlaku tagihan bln Mrt.
    5. 31 Jan'23 Datang ke Plasa IndiHome Pasar Rebo dgn diksh keterangan kompensasi tagihan berkurang bln Feb. Tp diaplikasi IndiHome tagihan Feb msh 366.300 shg datg ke Plasa IndiHome tgl 15 Feb dgn komplain tagihan bln Feb shg CS memberikan perincian pembayaran shg Sy langsung Byr Tunai 211.078 di Kasir Indihome. Tgl 16 Feb cek di aplikasi Indihome belum di Byr shg Sy WA CS Plasa Pasar Rebo & tgl 19 Feb Tagihan sdh di bayar.
    6. 27 Feb pindah rmh Kontrakn dgn Tlp 147 spy pindah WiFi tp penjelasan CS hrs ada surat keterangan dr yg punya rmh Kontrakn berikut TTD & hrs dilampiri dgn waktu 3x24jam. Lalu tgl 28 Feb datang ke Plasa IndiHome membawa perangkat WiFi Stlh konsultasi pindah WiFi kermh Kontrakn Saudara. Spy Sy tdk repot bolak balik hrs melampirkan KTP saudara skalian pindah tangan. KTP saudara tdk ada shg Sy langsung mengembalikan perangkat WIFI & diksh Surat Keterangan Berhenti Berlangganan dgn membayar 244.200 shg Sy Byr Tunai di Kasir IndiHome.
    7. Sy cek di Aplikasi IndiHome tgl 1 Mrt trnyata tagihan 244.200 belum di Byr shg Sy WACS IndiHome Pasar Rebo dgn jawab sedang di proses. Ktka Sy cek 4 Mrt Diaplikasi IndiHome msh tertulis belum dibayar. CS 147 Tlp Sy utk coba transaksi melalui ATM Krn jk sdh Byr biasanya tdk bs transaksi. 5 Mrt Sy cek melalui pembayaran BCA Mobile, trnyata transaksi belum di Byr shg Sy cancel.

    Kesimpulannya:
    Kurangnya Koordinasi pegawai Plasa IndiHome (Offline) dgn tlp 147 pengaduan Indihome (Online).

  • Sy Pelanggan IndiHome:
    1. Pemasangan bln Juni'21 Paket Internet 20Mbps + TV dgn Byr 288.600 per bln.
    2. April'22 CS 147 IndiHome Upgrade Internet 30Mbps + TV dgn Byr Bln Mei 366.600.
    3. 24 Nov'22 Mengembalikan STB dgn keterangan Cabut TV shg yg dipakai hanya Internet 30Mbps dgn hrga 305.250 mulai tagihan Jan'23. Tp ktka pembayaran Jan'23 dgn tagihan 366.300
    4. 25 Jan'23 Tlp 147 pengaduan tagihan IndiHome & CS bilg blm ada pengurangan Tagihan shg msh sm tagihan 366.300 shg Sy bilg ke CS IndiHome utk turun Internet 20Mbps dgn pmbayaran 244.200 berlaku tagihan bln Mrt.
    5. 31 Jan'23 Datang ke Plasa IndiHome Pasar Rebo dgn diksh keterangan kompensasi tagihan berkurang bln Feb. Tp diaplikasi IndiHome tagihan Feb msh 366.300 shg datg ke Plasa IndiHome tgl 15 Feb dgn komplain tagihan bln Feb shg CS memberikan perincian pembayaran shg Sy langsung Byr Tunai 211.078 di Kasir Indihome. Tgl 16 Feb cek di aplikasi Indihome belum di Byr shg Sy WA CS Plasa Pasar Rebo & tgl 19 Feb Tagihan sdh di bayar.
    6. 27 Feb pindah rmh Kontrakn dgn Tlp 147 spy pindah WiFi tp penjelasan CS hrs ada surat keterangan dr yg punya rmh Kontrakn berikut TTD & hrs dilampiri dgn waktu 3x24jam. Lalu tgl 28 Feb datang ke Plasa IndiHome membawa perangkat WiFi Stlh konsultasi pindah WiFi kermh Kontrakn Saudara. Spy Sy tdk repot bolak balik hrs melampirkan KTP saudara skalian pindah tangan. KTP saudara tdk ada shg Sy langsung mengembalikan perangkat WIFI & diksh Surat Keterangan Berhenti Berlangganan dgn membayar 244.200 shg Sy Byr Tunai di Kasir IndiHome.
    7. Sy cek di Aplikasi IndiHome tgl 1 Mrt trnyata tagihan 244.200 belum di Byr shg Sy WA CS IndiHome Pasar Rebo dgn jawab sedang di proses. Ktka Sy cek 4 Mrt Diaplikasi IndiHome msh tertulis belum dibayar. CS 147 Tlp Sy utk coba transaksi melalui ATM Krn jk sdh Byr biasanya tdk bs transaksi. 5 Mrt Sy cek melalui pembayaran BCA Mobile, trnyata transaksi belum di Byr shg Sy cancel.

    Kesimpulannya:
    Kurangnya Koordinasi pegawai Plasa IndiHome (Offline) dgn tlp 147 pengaduan Indihome (Online).

  • Sy Pelanggan IndiHome:
    1. Pemasangan bln Juni'21 Paket Internet 20Mbps + TV dgn Byr 288.600 per bln.
    2. April'22 CS 147 IndiHome Tlp utk Upgrade Internet 30Mbps + TV dgn Byr Bln Mei 366.600 & Sy stuju.
    3. 24 Nov'22 Mengembalikan STB dgn keterangan Cabut TV shg yg dipakai hanya Internet 30Mbps dgn hrga 305.250 mulai tagihan Jan'23. Tp ktka pembayaran Jan'23 dgn tagihan 366.300
    4. 25 Jan'23 Tlp 147 pengaduan tagihan IndiHome & CS bilg blm ada pengurangan Tagihan shg msh sm tagihan 366.300 shg Sy bilg ke CS IndiHome utk turun Internet 20Mbps dgn pmbayaran 244.200 berlaku tagihan bln Mrt.
    5. 31 Jan'23 Datang ke Plasa IndiHome Pasar Rebo dgn diksh keterangan kompensasi tagihan berkurang bln Feb. Tp diaplikasi IndiHome tagihan Feb msh 366.300 shg datg ke Plasa IndiHome tgl 15 Feb dgn komplain tagihan bln Feb shg CS memberikan perincian pembayaran shg Sy langsung Byr Tunai 211.078 di Kasir Indihome. Tgl 16 Feb cek di aplikasi Indihome belum di Byr shg Sy WA CS Plasa Pasar Rebo & tgl 19 Feb Tagihan sdh di bayar.
    6. 27 Feb pindah rmh Kontrakn dgn Tlp 147 spy pindah WiFi tp penjelasan CS hrs ada surat keterangan dr yg punya rmh Kontrakn berikut TTD & hrs dilampiri dgn waktu 3x24jam. Lalu tgl 28 Feb datang ke Plasa IndiHome membawa perangkat WiFi Stlh konsultasi pindah WiFi kermh Kontrakn Saudara. Spy Sy tdk repot bolak balik hrs melampirkan KTP saudara skalian pindah tangan. KTP saudara tdk ada shg Sy langsung mengembalikan perangkat WIFI & diksh Surat Keterangan Berhenti Berlangganan dgn membayar 244.200 shg Sy Byr Tunai di Kasir IndiHome.
    7. Sy cek di Aplikasi IndiHome tgl 1 Mrt trnyata tagihan 244.200 belum di Byr shg Sy WA CS IndiHome Pasar Rebo dgn jawab sedang di proses. Ktka Sy cek 4 Mrt Diaplikasi IndiHome msh tertulis belum dibayar. CS 147 Tlp Sy utk coba transaksi melalui ATM Krn jk sdh Byr biasanya tdk bs transaksi. 5 Mrt Sy cek melalui pembayaran BCA Mobile, trnyata transaksi belum di Byr shg Sy cancel.

    • Wow, time consuming sekali ya, salut buat yg masih bisa sabar dan bolak balik kyk gini

  • Saya jadi flashback dengan case indihome saya dulu. Dulu Sy migrasi dr speedy ke indihome paket telfon dan internet, tiap bulan bayar 600rb lebih. 1-2 tahun kemudian sy br menginstall aplikasi myindihome dan baru sadar kalau sebenarnya id indihome saya adalah paket 3p (internet,telfon,tv). Info di myindihome tertulis bahwa selain paket 3p, sy juga menggunakan add on channel tv korea dan tv sepak bola. Padahal faktanya, dari awal migrasi saya tidak pernah mendapatkan set up box indihome jadi ga mungkin sy menggunakan tv ataupun menambah channel. Akhirnya saya lapor indihome untuk pindah ke paket 1p dan memakai paket itu sampai skrg, efeknya bill internet berkurang menjadi 360rban. Aneh memang, mungkin id sy di pakai sales yang dulu memasang indihome sy kali ya
    Maaf kalau oot, hanya berbagi informasi

    • Pada saat menerima telepon dari Telkom / 147 memang harus waspada dan hati-hati dalam menanggapi. Bukan berarti penawarannya tidak berguna, bahkan bisa jadi sangat berguna dan dapat harga diskon, tetapi bila tidak yakin sebaiknya tegaskan tidak bersedia. Sering kali gaya kalimat yang digunakan sedemikian rupa menyembunyikan informasi bahwa tagihan akan naik cukup signifikan. Bila hanya menanggapi dengan kata "YA" maka otomatis setuju.

  • Pengalaman banget pake indihome kyk gini tiba tiba invoice kok naik padahal tidak pernah ada permintaan apapun, sampai akhirnya saya ngotot ke cs di telfn mana bukti ontentik jika saya pernah ada permintaan untuk naik speed Internet, dia tidak bisa memberi akhir lnya tagihan saya direvisi, lalu bulan depannya seperti itu lagi.

    Emang suka gini nih, Indihome sampai akhirnya saya engg mau berlangganan lagi. Kalian kalau berlangganan lihat lihat deh, Di apps nya ngeri ada tagihan siluman nya

    • Punya saya tidak. Sejak speedy smp indihome belum pernah bermasalah dgn tagihan. Naik speed kl tdk dilakukan sendiri pasti di telp dulu, ditawari. Kl setuju ya dinaikkan kl tdk ya biasa saja. Kasus disini dulu pernah ditawari meski kepada bukan yg bayar dan setuju, ya sdh naik.

  • Kayak saya dulu, tiba2 ada tagihan siluman internet content, padahal cuma langganan inet 1p doang, terus keplasa telkom minta buat revisi tagihan, setiap ada knaikan tagihan saya pasti keplasa telkom buat revisi tagihan, emang kalau kita tidak aware sering ada tagihan siluman di indhoome ini