Surat Pembaca

Traveloka Lepas Tangan dan Tidak Membantu Proses Refund Flight Lion Air dan Batik Air

Saya memesan tiket flight PP melalui Traveloka, dengan rute Jakarta – Yogyakarta – Jakarta, keberangkatan tanggal 1 Maret 2023 dengan kepulangan 4 Maret 2023. Flight saya tanggal 1 dijadwalkan untuk berangkat pukul 12 siang dengan pesawat Lion Air. Saya sudah melakukan check in tiket pada pukul 10.30 dan pada tiket yang dicetak tertulis menunggu di Gate E3.

Saya menunggu flight pukul 11 di ruang tunggu E3, tapi ternyata flight dilakukan dari Gate E7. Jarak kedua gate tersebut jauh sehingga tidak terdengar announce keberangkatan dan saya tertinggal flight ke Yogyakarta. Ini bukan kali pertama saya naik pesawat, tapi tidak tahu kenapa hal ini terjadi pada saya. Padahal saya sudah melakukan check in, pemeriksaan dan menunggu sesuai ketentuan.

Ketika saya konfirmasi ulang ke petugas Gate E3, customer service dan SPV Lion Air Bandara Internasional Soekarno Hatta, kesimpulannya adalah salah saya, dari 200-an orang yang flight kenapa saya yang tidak mendengarkan announcement? Tidak ada jalan keluar, malah saya suruh reschedule untuk flight esok hari tanggal 2 Maret 2023 dan menambah bayar Rp300 ribu. Waktu dan uang saya terbuang hanya dengan jawaban singkat seperti itu.

Screenshoot tiket saya dan chat dgn cs traveloka

Lalu saya mengajukan refund kepada pihak Traveloka. Kalau memang untuk tanggal 1 Maret 2023 flight dengan Lion Air sudah tidak dapat di-refund, paling tidak saya minta refund flight Sabtu 4 Maret 2023 dengan Batik Air. Namun ternyata refund saya ditolak, dengan alasan bahwa saya mengajukan reschedule maskapai. Saya tanya ke CS Traveloka, bagian mana saya mengajukan reschedule tiba-tiba? Dua minggu lalu saya memang mengajukan reschedule dari hari Jumat 3 Maret, menjadi Sabtu 4 Maret, dan status tiket masih tertulis easy refund, tidak ada tulisan tidak bisa refund.

Sekarang uang tiket PP saya melayang Rp1,3 juta. Mungkin bagi sebagian orang itu uang kecil, tapi uang, waktu dan pertemuan dengan keluarga itu sangat penting buat saya. Namun seolah saya disepelekan pihak maskapai dan Traveloka. Setiap saya chat CS, disuruh menunggu dengan dalih diproses, tapi kemudian ada CS lain yang menggantikan dan menanyakan kasus dari 0 lagi. Sangat tidak profesional dan bertanggung jawab.

Di seni saya menyarankan untuk konsumen lain sebaiknya hati-hati pembelian tiket flight di Traveloka, karena tidak ada perlindungan konsumen dan tidak membantu menyelesaikan masalah.

Ajeng Titi
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat Tanggapan Traveloka untuk Ajeng Titi

Kepada Yth., Ibu Ajeng Titi Terima kasih telah menjadi pengguna setia Traveloka. Menanggapi surat terbuka yang Ibu Ajeng Titi tujukan...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Gate E artinya di terminal 2E [Lion Air], emang suka berbeda gate boarding di boarding pass sama gate di ruang tunggu. Pastikan di cross cek lagi. Biasa sebelum masuk gate ada TV yang berisi papan informasi mengenai flight number sama tujuan.

    • Baik terimakasih diingatkan kembali kak. Semua komentar dan saran dengan bahasa baik saya terima dengan baik dan saya jadikan pelajaran, terimakasih semua. ☺️??

  • Sepertinya dari komen2nya itu mah menjurus di serang sama buzzer kak.
    Saya seumur2 belum pernah naik pesawat dan tidak tau keadaan serame apa di Bandara.
    Tapi merujuk ke akad jual beli jasa/produk harusnya kalo di awal sudah di gate 3, ya wajib nya disana.
    Kalo pun ada perubahan informasi harus benar2 sampai ke pihak pengguna jasa gmana pun caranya.
    Itu kalo di lihat dari akad nya yah kak.
    ?

    • Iya kak saya tahu. Kalau bukan buzzer nggak akan seniat itu untuk menulis kata2 dengan bahasa nggak sopan. Seolah2 pihak nya yang dimaksud. Terima kasih ya kak.

  • Semoga Mba Tika segera punya Pesawat Pribadi ya, jadi gak perlu repot dengar announcement, pindah gate, dan reschedule ??