Barang Retur Sudah Diterima Penjual, Pengembalian Dana di Shopee Belum Juga Diproses

Dear Media Konsumen,

Terima kasih telah memberikan kesempatan kepada saya untuk menyalurkan keluhan saya sebagai pembeli di Shopee. Pada tanggal 25 Februari 2023, saya melakukan pesanan di Shopee, nomor pesanan: 230225UV94BJ65
Nomor resi Anteraja: 10006756275323,

Kemudian saya cek esok per tanggal 26 Februari 2023, status barang gagal kirim (terlampir trackingnya). Saya tanya kepada pihak ekspedisi, ternyata paket mengalami kerusakan dan tidak bisa dilanjutkan pengiriman. Namun karena estimasi paket tiba adalah tanggal 1 Maret 2023, maka menurut info dari tim Shopee, saya baru bisa mengajukan pengembalian dana pada tanggal tersebut.

Tanggal 1 Maret 2023, saya ajukan pengembalian dana. Info tim Shopee, akan direspons 3 x 24 jam. Saya percaya dan menunggu. Namun ternyata per tanggal 05 Maret 2023 pengajuan pengembalian dana saya dibatalkan sementara oleh Shopee, alasannya barang mau diretur ke penjual dan dicek.

Lalu saya ajukan pengembalian dana kedua kalinya, dengan alasan barang sudah diretur ke penjual dan saya juga tidak terima barang sama sekali. Saya cek per tanggal 06 Maret barang sudah berhasil diretur ke penjual (terlampir trackingnya).

Namun per tanggal 06 Maret 2023 (saat surat ini saya tulis), dana saya belum dikembalikan juga. Padahal barang sudah diretur ke penjual dan diterima oleh penjual. Seharusnya pengembalian dana saya segera diproses, karena menurut saya cukup adil, penjual terima barang dan pembeli (saya) terima uangnya.

Masalah barang tersebut diretur, info dari pihak Anteraja adalah paket tersebut mengalami kerusakan pada waktu pengantaran masih posisi di gudang sortir Anteraja Surabaya. Sedangkan posisi saya di Kalimantan Selatan. Saya  sudah berusaha chat dengan penjual dan Shopee di kolom diskusi, tapi tidak ada tanggapan.

Saya khawatir nanti penjual mengemas ulang produk yang rusak dengan dus baru dan mengirimkan kembali kepada saya. Sebagai pembeli tidak ada yang mau terima produk retur. Tolong Shopee segera selesaikan pengembalian dana saya.

Rosalina Diennovita Halim
Banjarbaru, Kalimantan Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

3 komentar untuk “Barang Retur Sudah Diterima Penjual, Pengembalian Dana di Shopee Belum Juga Diproses

  • 8 Maret 2023 - (16:15 WIB)
    Permalink

    Belum lama saya juga begitu. Beli barang d shopee ada bbrp macam di 1 toko. Sblm barang dikirim, seller chat bahawa ada 1 barang yg kosong dan nanti ajukan pengembalian saja. Saya iyakan. Pas barang nyampe, ada 2 barang rusak/pecah dan 1 yg g ada krn emank ug g ada itu yg seller sebutkan sebelumnya. Lalu saya chat seller, ngasih tau kondisi paketnya. Saya bilang barang yg pecah tdk perlu retur gpp krn saya males ngirim2 lg, ongkir lg. Saya cm minta yg barang g ada biar dikembalikan dananya. Pas saya ajukan ternyata ditolak ama seller dan shopee alesannya barang udh sesuai semua. Lah????? Saya chat seller g da jawaban. Krn kesel saya blokir z itu seller.. biarlah dia mw makan uang haram, pertanggungjawaban bakal adil d akhirat

    • 10 Maret 2023 - (08:34 WIB)
      Permalink

      Dear Media Konsumen,

      Terima kasih atas dimuat surat saya ini,saya mau konfirmasi bahwa per tgl 09 Maret 2023 sekitar pukul 10.00 WITA ada tim shopee yang menghubungin saya via telp dan setelah ditelp ,sekitar pukul 20.00 WIB malam tanggal 09 Maret 2023, dana saya sudah masuk ke akun shopee pay.Terima kasih dan semoga kejadian ini tidak terulang kembali.

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Barang Retur Sudah Diterima Penjual, Pengembalian Dana di Shopee Belum…

oleh Rosalina Halim dibaca dalam: 1 menit
3