Surat Pembaca

Layanan CS CIMB Niaga Mengecewakan, Tidak Niat Membantu Nasabah

Terima kasih sebelumnya atas diterbitkannya surat ini oleh Media Konsumen.

Halo semua, saya melakukan transaksi QRIS dari aplikasi OCTO Mobile CIMB Niaga nominal Rp201.580 ke QR merchant Sikoma Games, pada tanggal 06 Februari 2023. Namun transaksi tersebut keterangannya dalam proses dan pihak merchant pun tidak dapat memproses transaksi saya, karena saldonya tidak masuk ke merchant.

Lalu setelah itu saya laporkan ke Customer Service CIMB Niaga melalui email, tapi responsnya sangat lambat. Saya lapor kembali melalui WhatsApp CIMB Niaga, diinfokan reply email maksimal 1×24 jam setelah email diterima. Namun sudah beberapa hari/minggu tidak ada respons dan penanganan.

Email yang tidak kunjung direspons oleh CIMB Niaga

Setelah saya ancam akan spam di sosial media hingga trending, kendala saya baru diproses dan disuruh mengecek secara berkala melalui layanan WhatsApp CIMB Niaga. Setiap hari saya chat, balasannya selalu “Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Untuk laporan Bapak saat ini masih dalam proses follow up. Mohon kesediaannya menunggu proses.“. Mereka menggunakan template yang sama, dibilang akan diprioritaskan sejak pertengahan Februari, tapi hingga kini tidak ada kejelasan pengembalian dana saya gimana.

Chat dengan WA CIMB Niaga
Chat dengan WA CIMB Niaga
Chat dengan WA CIMB Niaga

Lalu setelah diinformasikan bahwa kendala saya diprioritaskan, saya tanya proses refund saya dari kapan? Diinformasikan bahwa kendala saya baru dibuatkan pelaporannya pada tanggal 20 Februari 2023. Padahal saya komplain sudah sejak tanggal 07 Februari2023 . Setiap hari saya chat, diinformasikan kendala saya di-follow up, tapi tidak ada kejelasan, customer digantung dan hanya selalu disuruh menunggu.

Setelah terbitnya surat ini, saya harap kendala saya benar-benar diproses dan di-follow up oleh tim CIMB Niaga. Terakhir, saran saya, buat yang mau transaksi menggunakan CIMB Niaga, mendingan pikir ulang, mendingan pakai bank lain aja, ini bank banyak jebakannya. Terima kasih.

Muhammad Yudi Ari Muhaidin
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan CIMB Niaga atas Surat Bapak Muhammad Yudi

No. 016/CCG/MBCX/III/2023 21 Maret 2023 Kepada Yth. Mediakonsumen.com Up. Redaksi Surat Pembaca Dengan hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Muhammad Yudi...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • @CIMBNiaga Moral bisnisnya buruk, soal niat tergantung pada moral bisnis yang dianut.

  • Aku juga jengkel banget sama CIMB Niaga, sering banget ditelponi nawari CC yang bahasanya seolah olah CC itu sudah benar2 approved tinggal aktivasi saja. Padahal faktanya tetap pengajuan dulu. Saya sudah berkali kali bilang, agar tidak spam telpon
    Pernah pas lagi meeting sama klien, sudah saya reject 2x telponnya masih saja ditelpon, sumpah sangat mengganggu annoying banget..

    • Saya sudah tiga tahun di teror telemarketing CIMB Niaga penawaran CC, sudah ditolak telpon terus, bisa 3 kali sehari. Untung HP sekarang ada fasilitas blokir, sehingga gak bisa meneror lagi

  • Pernah alamin transaksi QRIS gagal tapi dana kepotong.. tapi aku di BCA langsung aku tlp lewat Hallo BCA. CS infoin kalo butuh max 20 hari kerja untuk pengembalian dana jika dlm 20 hari kerja belum dikembalikan silahkan hubungi kembali dengan menyebutkan no laporan. dan dana saya dikembalikan dihari ke 18.. ??

    • ini diinfoin refund 45 hari kerja maksimal, sudah 1 bulan tidak ada progress dan penjelasaan apapun, parah banget pelayanannya.

      • Waduh lama juga ya 45 hari kerja, berarti sekitar 2 bulanan ya sabar aja pak kalo gitu kalo masi belom balik juga baru dah tuh kejar lagi.

      • Tetep follow-up. Semoga masalahnya cepat beres ya, Pak. Saya pribadi agak senewen dengan CIMB itu di bagian octo mobile yg baru ini. Kadang-kadang suka gak nyambung pas mau cek recent transactions. Padahal kuota banyak lebih Dari cukup Dan sinyal kuat. Hhhh Bikin senewen.

        • Iya kak, untuk aplikasi OCTO Mobile yang baru suka banyak bug, kadang gabisa cek riwayat transaksi / saldo, kadang gabisa log in, aplikasinya berat banget haha

      • Sekarang apa sudah dikembalikan bang? Saya jg kena kasus yg sama sm qris cimb niaga, transaksi gagal tp saldo sudah kepotong. Jawaban dari pihak banknya sm persis kaya gttu, cm ga tau ini suruh nunggu 30 hari. Bener balik atau ga ya?

  • Udah coba fu langsung ke cabangnya blm mas? 45 hari kerjaa ituu gak termasukk sabtu minggu yaaa setau guee, coba ke cbg aja siapa tau bisa diproses lbh cepetttttt...

    • udah kak, jawabannya tetep sama, disuruh nunggu tim terkait, gatau lagi harus kemana

    • 45H kerja = 2 bln dan di perpanjang lagi 45H kalau belum selesai mungkin maksud bank CIMB Niaga siapa tahu anda melupakannya dan akhirnya anda ya sudahlah, lumayan buat banknya

      • Betul, saya sebagai Customer Service e-commerce, biasa refund QRIS maksimal 20 hari kerja, entah kenapa dari bank CIMB Niaga bisa 45 hari kerja

  • Udah pakai bank yg jelas aja, payah klo swasta, walaupun bumn kadang ada jg kendala tp setidaknya masih bisa di atasi dikit.

  • Kirain yang nyangkut jutaan , udah bang tungguin aja nanti balik sendiri, CIMB emang lama , sebulan labih baru balik aku jg pernah

  • sama, emang payah CS nya. octo mobile nya otomatis ambil data tabungan dan kartu kredit. tabungan uda lama ga dipakai dan ditutup permanen oleh cimb, jadinya octo mobile nya ga bsa login, uda telp cs tetap ga bsa.
    mau ke cabang waktu buka rekening uda tutup, jdnya ke cabang lain yang lumayan besar.
    counter CS nya ada 3, cuma buka 1. nunggu +- 40 menit untuk antrian 1 orang yg sedang di CS, setelah giliran saya, masi disuru tunggu ga jelas CS nya. lsg cabut aja deh. buang2 waktu.

    • Sekarang komplain nya sudah selesai kah pak? Soalnya sy juga punya kendala sama cimb...udh hampir 2 bulan blm selesai jg.

      • Belum, dan kayanya tidak bisa selesai, CS nya aja planga plongo gak tau harus ngapain. Skrg, pakai CC aja, tabungan dll mending ga usa pakai. Ada masalah pasti repot urus nya, apalagi sistem OCTO nya gtu, CS ga ngerti, yg ada tunggu2 gak jelas.

  • fitur livechat juga terasa sia-sia walaupun yang melayani "orang beneran" bukan robot, cuma muter-muter aja nanya-nanya doang gak ada penjelasan konkrit