Surat Pembaca

Penagihan DC Indodana ke Kantor

DC Indodana atas nama Layla setiap hari menelpon ke kantor dan mengancam melaporkan ke atasan atau HRD. Aktivitas kantor menjadi terganggu dan teman saya yang mengangkat telepon pun menjadi tahu hutang saya karena DC menyebutkan berapa nominal hutang saya.

Saya ditegur oleh atasan karena kegaduhan yang terjadi di kantor dan terancam dipecat. DC pun selalu menelpon kantor pusat yang kontaknya sama sekali tidak saya cantumkan.

Bukankah peraturan OJK tentang penagihan itu tidak boleh bersifat mengancam, mengintimidasi, dan menyebarkan data pribadi??? Chat wa dari DC Indodana saya balas sebagai bentuk itikad baik saya tidak lari dari tanggung jawab karena saya memang berniat untuk membayar namun untuk saat ini saya masih mengumpulkan uangnya.

Saya telat di cicilan kelima karena memang sedang ada masalah padahal untuk cicilan pertama sampai keempat saya selalu tepat waktu.

Yoga Angga
Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Indodana Atas Keluhan Bapak Yoga Angga

Sehubungan dengan surat pembaca yang disampaikan oleh bapak Yoga Angga di Media Konsumen tanggal 8 Maret 2023 dengan keluhan “Penagihan...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Karena anda tahu aturan main penagihannya, tahu juga dong harus lapor ke mana. Meskipun kantor dan atasan tidak didaftarkan sebagai kontak darurat, aplikasi pinjol (legal atau tidak) sudah menguasai dan memantau daftar kontak di ponsel anda.

    Berhutang tanpa agunan resikonya seperti ini jika telat membayar cicilan. Anda bukan yang pertama, dan pastinya bukan yang terakhir. Sudah banyak pelaku hutang menulis di Media Konsumen ini dengan lagu dan lirik yang sama. Sejauh yang saya ketahui, mereka tetap harus membayar jika berurusan dengan DC di pinjol legal.

    • gk boleh menagih keluar ke orng yang tidak bersangkutan. apalagi meneror, mengancam, mempermalukan, ingat sekarang udah ada undang"nya ygtelah disahkan. jadi jika merasa diancam, diteror, bahkan kantorpun jadi sasaran DC indodana, pihak kantor bisa melaporkan indodana kepolda metro jaya.
      masalahnya skrng pinjol itu merekrut DC rata rata orng yg gak mengerti hukum sama sekali, bahkan dibawa dari pelosok daerah. itu terbukti saat DC ditangkap dan dibawa kepolda, memang mrk ini gak ngerti hukum, jadi mrk leluasa, jadi saran saya . jika udah minta waktu untuk membayar dan masih diteror dgn berbagai ancaman, bukti chat WA udah bisa jadi alat bukti polisi untuk memproses hukum. atau kantor bisa melaporkan pinjol indodana kepolisi.! banyak undang" yg bisa menjerat mereka. lain kali jika udah selesai jangan pernah berurusan dgn rentenir online lagi. .kalau butuh uang,, jika ada barang yg bisa dijual ,,,jual saja dulu,, nanti kalau ada rejeki beli lagi.

    • Tapi nda juga ke kantor sama yg lain2 diluar KonDar, kecuali Bapaknya sama sekali nda bisa dihubungi Dan data rumahnya tidak update, baru ke kantor ... Emang tujuannya mempermalukan kok ..
      Jadi saya rasa, kesimpulan dari statement Bapak diatas adalah "jika melakukan Pinjol, agunannya adalah harga diri" bener nda sik ... Saya tidak membela si peminjam, memang benar hutang harus dibayar, itu benar bgt ... Tapi nda gitu jg kalik yah ...

      Jangan pernah mendeclare lagi bahwa Pinjol itu pinjaman tanpa agunan... Karena sebenernya agunan tetep ada, harga diri si peminjam itulah yg jadi agunan ...

  • Kalau sampe kena pecat, coba lamar kerja ke ojk aja. Biar dc nya neror ke ojk, biar ojk rasain kena teror

  • Hari gini masih percaya OJK?
    Percuma kak,lapor OJK,lah OJKnya aja tidur kerjanya,dia mana mau urus utang yg telat bayar,pinjolnya aja nyogok ke OJK,makanya OJKnya bobok manis?

    • Kok tau? Apa lapor ojk terus utangnya lunas? Atau nanti ditalangi sana ojk? :D

      • biasanya DC jika saat dibawa kepolda,, mukanya langsung kayak orng gk punya darah.. dia ditinggal sendirian kantornya gak mau tanggung jawab,,, nangis nangis..tolong pak, saya anak petani, orng tua miskin, saya tulang punggung keluarga, saya gak ngerti hukum pak, jadi saya gak tau itu melanggar hukum..dll atasan kantornya juga ketakutan ampe bilang,, sumpah pak kami gk nyuruh neror pak, kami gk nyuruh mengintimidasi pak, kami udah ada SOP, ini pak SOP kami.. itu inisiatif mrk sendiri..

  • Wah..berat nih...entah yang lapor ojk di tanggepi atau nggak...cuma solusi kalo di legal ya..cuma bayar...apalagi kalo masuk slik ojk,...mending pinjam di bank biasa,pake jaminan...belum mampu bayar tinggal komunikasi...gak ada ceritanya teror

  • Indodana Denda Bunga Keterlambatannya Paling Gilaa Setelah HC*... Mudah2an Masalah Agan Dengan Nih Pinjol Cepat Selesai

  • Udah enek! baca surat model beginian di MK, lagian emang kalo dc nagih secara halus, kamu bakal langsung bayar hutangmu itu?

    • Hati² ntr d pasti d tuduh DC om. Tinggal nunggu wktu aja d geruduk netizen d bilangin DC. ☺️☺️☺️

  • Konsekuensi sebuah Pinjaman Online, di tagih tak beradab dan tak beretika. Gak ada jalan lain lunasi dan tutup Aplikasi, percuma lapor sana lapor sini, cuma capek dan makan ati doang

  • Kakak kalau kakak di tagih dengan bahasa yg sopan yg santun pas jatuh tempo apa kakak akan langsung akses mbanking dan bayar tagihan nya???

    Coba kakak kalau lagi minjem kan uang ke kerabat terus yg dikasih hutang jatuh tempo ditagih berkelit dan seribu alasan buat gak bayar dl apa kakak tetep sopan gak ngomel-ngomel gak marah2 dlm diri kakak???

    Hutang ya hutang harus tetap dilunasi gak mau hutang ya jangan ngutang wlu butuh nya seperti apa pun, punya barang lain elektronik/perhiasan emas/aset tanah dll dijual dl saja kakak itu saran saya,

    Kakak mau komplain sana sini ya tetep aja ujung ujungnya bayar hutang harus dilunasi.

    Sekian terimakasih
    Jika ada salah kata saya mohon maaf

    • Jgn sampai jual aset ....saran anda itu mirip sekali sama DC... Jangan terpengaruh bos, kalau blm ada jgn dipaksakan..jangan membayar dengan hutang lagi.ga akan kelar itu. DC nelpon ada batasnya juga palingan seminggu....

      • Kamu mempertanyakan SOP, tapi kamu sendiri melanggar kontrak, emang kalo ga ditagih gitu kamunya bakal cepat bayar, itu duit orang kamu pinjam, jelas mereka nagih ke kamu makannya kalo hutang itu liat kemampuan pribadi, jangan hutang kalo dikiranya ga mampu bayar, mereka udah baik itu lho ngasih keringanan, ancamannya juga masih terbilang sopan, jadi ya pak/Bu jangan playing victim seolah olah anda yang dirugikan, mereka juga dirugikan kalo anda ga mau bayar.
        ..
        Pasti gua dituduh DC?

        • semua ada undang2nya.
          kalo utang, ya diselesaikan monggo.
          si penulis sudah beritikad baik merespon wa,
          si dc tdk perlu lg menelpon kekantor
          silahkan nego keringanan dll smp alot, tp pihak yg bersangkutan saja.

          kalo keluar dr standard(undang2), tiap org standardnya itu beda2. ada yg berpikir, nasabah gpp ditonjok sekali saja karena ngeyel ga mau bayar hutang, gt gpp?

          ga usa ngelantur mslh liat kemampuan dll. semua org pny mslh pribadi dan musibah sndiri2. gagalbayar, brati dia kena problem, done. siapa yg tau dia ga mampu bayar? situ bs liat masa depan?
          ga usah menghakimi dia tdk cermat dan ini itu. itu tugas Tuhan.

          • Yg bisa di lakukan ,dan sudah saya lakukan
            1.terbuka kepada keluarga jgn di tutupin ,lalu begitu ada dana segera bayar jgn di tunda dan jangan gali lobang / tutup lobang
            2. Jika blm ada dana ,hal ini pernah saya lakukan katakan sama mereka si oknum dc itu jika kamu menyebarkan dan meneror boleh pilih kepada mereka mau di selesaikan di jalur hukum atau mau baik baik jgn kalah gertak ,laporin ke polres terdekat lumayan denda pelaku penyebaran data dan pelanggaran uu ite denda nya cukup untuk ngelunasi pinjol perusahaan itu ,tapi usahan hutang adalah masalah perdata yg harus di bayar, semoga yg terjerat pinjol diberi rejeki yg banyak utk melunasi nya,Aamiin

      • Kalo saya sudah kayak gitu, (hubungi diluar Kontak Darurat, telp kantor Dan sembarangan menyebarkan informasi di kantor, telp atasan dll intinya diluar perjanjian jg), aku diemin aja, makin2 nunggu kalo ada uang nganggur bayarnya, kan udah sama2 keluar dari perjanjian loh ...

        (Teorinya gt, amit2 sik tapi kalo sampe kejadian, aku bakal kek gitu)

    • kalau nagih ya langsung ke orangnya dulu. kalau berkali-kali nggak bisa dihubungi baru telpon ke orang lain. jangan langsung main ancam ke orang lain. mestinya nagih ya yang bener jangan langsung main ancam.
      saya dulu pernah ditelpon dari finance gara2 kakak saya kelewatan bayar tagihan sekali. saya omelin dc-nya kenapa kok nggak nelpon langsung ke orangnya. katanya kakak saya nggak bisa dihubungin. ya tambah saya omelin karna saya bolak-balik chat WA sama kakak saya yang berarti hp-nya nyala terus dan bahwa dc-nya bohong.

    • Enggak ada salah sih gan, cuma bentar lagi ada yang nuduh dc, ????
      Makanya males nimbrung komen untuk postingan model gini di mk, lagu dan lirik nya mirip mirip

    • bener bgt ini. JGN JUAL ASET
      JGN GALI LUBANG LAGI.
      fokus kerja aja buat cicil bayar.
      kalo sy jd anda, sy ga akan bayar. indodana suda keluar dr sop.

  • Indodana itu jangankan telat, masih 3 hari sebelum jatuh tempo aja sudah di telp, di wa bahkan sudah bayar pun 3 hari sebelum masa jatuh tempo tetap saja di telp ga berhenti" bs bbrp kali dalam bbr menit.