Surat Pembaca

Terus Ditelepon Penagihan, Padahal Sedang Pakai Proteksi Bebas Denda Keterlambatan SPinjam

Saat ini saya sedang memiliki tagihan Shopee SPinjam. Untuk tagihan bulan sekarang, saya ada kendala belum bisa bayar cicilan, yang jatuh tempo pada 5 Maret 2023, dikarenakan gaji kerja saya telat cair. Akan tetapi saya memiliki asuransi Proteksi SPinjam, yang mana dapat bebas denda biaya keterlambatan.

Meskipun demikian, saya ditelepon terus untuk segera pembayaran dengan nada tidak mengenakan.

Setelah saya konfirmasi ke Customer Service Shopee, mereka memberitahukan bahwa proteksi bebas denda terlambat berlaku selama satu periode, yang artinya sebelum tagihan bulan berikutnya 5 April 2023.

Mohon untuk petugas Shopee jangan menelepon saya, apalagi nadanya tidak enak. Saya jelas-jelas ada asuransi dan tenang akan segera saya bayar juga, hanya saja sedang ada kendala. Terima kasih.

Rahmat Aprilianto
Bandung Barat, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • sepertinya itu hanya asuransi penjamin bebas denda keterlambatan. tagihan yg jatuh tempo tetaplah jatuh tempo. maka wajar aja kalo ada penagihan.

    • Asuransi utk menjamim bebas dari denda keterlambatan, tetapi penagihan tetap dilakukan krn jatuh tempo, berarti pembayaran tdk bole terlambat. Kalau tdk terlambat berarti tdk ada denda. lha kalau tdk bole terlambat dan byr tepat waktu kan otomatis tdk ada denda. knp pula ada asuransi yg menjamim bebas denda keterlambatan. Akal2an saja semua nya

  • Yang dimiliki kan asuransi Proteksi SPinjam, yaitu bebas denda biaya keterlambatan. Yang dibebaskan adalah denda keterlambatan cicilan kan? Adapun cicilannya—terlambat atau tidak, bukan berarti serta-merta bebas kan?

    DC yang menagih itu yang mengejar setoran cicilan. Kalau DC yang mengejar setoran denda sih udah adem ayem. Bisa ditangkap kan logika yang saya maksud?

    • Iya. Ada 2 macam. Spinjam untuk pe jual dan ada jg spinjam untuk akun buyer/ pembeli seperti si TS. Cukup tinggi bunganya kisaran 3,9% perbulan. Biaya admin/pencairan 1% dari pokok pinjaman. Jika nasabahnya sering pinjam dan bagus bayarannya akan sering dapat voucher biasanya free biaya admin. Atau voucher bunga 2,75%. Tergantung type akun pengguna. Selamat mencoba

      • ohh gitu, soalnya setau ane spinjam itu hanya untuk akun toko yang digunakan untuk pinjaman modal, kalau akun pembeli setau ane hanya paylater..

      • Shopee lagi Shopee lagi.. Shopee sepertinya harus kembali lagi ke jaman dulu dimana hanya brfokus sebagai platform jual beli bukan sebagai platform peminjam.. Sekarang Shopee ini di sebut sebagai pinjol atau platform jual beli?

  • seandai'nya ada pilihan proteksi bebas tagihan DC 3 periode kalau ada keterlambatan

  • Wajar sih klo sdh jatuh tempo blm bayar di telpon DC, lagian yg DC tagih mungkin sisa hutangnya bukan denda

  • namanya hutang , ya kudu tetep dibayar .
    walau pake bebas denda keterlambatan bukan berarti gk bakal ditagih pas jatuh tempo .
    dipahami dulu makanya

  • Makin kesini banyak orang yang nunggak utang berani tampil pede di media konsumen.
    Ini gimana motifnya ya?
    Mau minta keringanan?
    Mau minta utangnya lunas?
    Mau minta pembelaan sebagai korban dari netizen?
    Hal ini jadi selaras dengan berita yang baru-baru ini keluar kalau semakin banyak orang Indonesia yang nunggak utang di pinjol.
    Ngeri emang, jangankan di dunia maya, ketemu di dunia nyata pun yang punya utang biasanya lebih galak dan gatau diri daripada yang ngasih utang.

    • Halah pinjol lagi,
      Dahlah gak usah dibayar. Gk akan terjadi apa2 pada diri dan keluarga anda, paling² cuma masuk slik ojk sama ditagih2 doank.
      Percaya saya.

        • Selama ini saya kira di mk cuma ada ahli syurga, ternyata ahli neraka pun sudah ada. Ckckck

      • Nah ini dia, dua akun penunggak hutang (mang dan lawan secara hukum) yang entah dipegang dua atau satu orang sering eksis di artikel begini.
        Bagus kalau tetap masih eksis, setidaknya membuktikan kalau muka tembok itu masih ada di republik ini.

    • bosen MK seperti jadi korban. ga usah utang-utang kalo ga siap resiko. ga usah dibales jika tetap bertahan benar pendapatnya. heran deh... hutang kok koar-koar.