Surat Pembaca

Tim Tokopedia Care Tidak Profesional dan Bertele-tele Menyelesaikan Komplain Pembeli

Bissmillah, salam untuk semua pembaca Media Konsumen. Terima kasih kepada Media Konsumen yang telah memberikan kesempatan berikhtiar kepada saya, semoga mendapat respons cepat dari Tokopedia Care dan masalah komplain saya segera selesai.

Bermula dari pesanan saya untuk pembelian LCD Samsung A52 full set bekas copotan ori di Tokopedia, nomor invoice: INV/20230226/MPL/3073899690 pada tanggal 26Februari 2023. Paket dikirim tanggal 27 Februari 2023 dan diterima tanggal 1 Maret, dengan kurir Anteraja. Saat menerima paket, saya heran dengan kondisi paket yang begitu tipis, tidak aman untuk layar LCD seharga Rp1,1 juta yang pasti rentan pecah.

Akhirnya saya melakukan video unboxing paket, saya berpikir saat itu supaya mengetahui kondisi fisik LCD saat pertama saya buka. LCD Samsung A52 ternyata dibungkus selembar kertas brosur, sedikit bubble pack bekas, plastik dan kotak kertas LCD. Ada cacat di bawah layar, tapi sepertinya sudah lama akibat benturan/jatuh, lecet-lecet di frame dan warna memudar di sudut-sudut yang sudah terkelupas. Tidak sesuai deskripsi penjual, yang mengatakan “KONDISI MULUS”.

Masalah lain, setelah dipakai sekitar 30 menitan layar LCD bergaris dan berbintik. Saat itu juga saya konfirmasi penjual dan komplain langsung di Tokopedia. Sebagai pembeli saya meminta bukti video bahwa LCD Samsung A52 kondisi normal sebelum dikirim atau minimal video penjual saat mengemas paket. Karena sebelum dikirim, saya minta penjual mengemas paket dengan aman.

Pengajuan retur dan pengembalian dana oleh penjual ditolak. Penjual berargumen “LCD Samsung a52 Cabutan ori tidak akan bermasalah”, penjual menyuruh saya cek mesin. Untuk diketahui, sebelum transaksi pembelian ini, HP Samsung saya bermasalah layarnya retak. Saya sudah ke Samsung Center dan harus mengganti LCD, dengan pengerjaan sekitar 3 hari (dikarenakan spare part harus dikirim dulu dari pusat). Biaya 1 set LCD dan ongkos total Rp1,3 jutaan. Saya cancel saat itu, karena saat itu hanya membawa Rp700 ribu, padahal DP minimal Rp900 ribu.

Tentunya saya lebih percaya teknisi Samsung, daripada penjual ini yang tidak bisa membuktikan kondisi normal layar LCD sebelum dijual. Belum lagi penjual memanipulasi dan beritikad tidak baik dengan menyebutkan “Kondisi mulus” pada produknya. Penjual hanya ada foto unit LCD yang saya tidak tahu diambil kapan. Foto-foto di lapak Tokopedia tidak detail, cacat di bawah layar tidak kelihatan, begitu pula warna pudar di sudut-sudut frame, seolah penjual ingin menyembunyikan kondisi sebenarnya LCD Samsung tersebut.

Melalui chat saya tanyakan ke penjual dan mengaku LCD Samsung tersebut hanya barang titipan orang. Respons lama dari penjual saat saya ajak berdiskusi, ditambah Pusat Resolusi Tim Tokopedia yang lambat/tidak tegas membuat saya kecewa, benar-benar tidak profesional dan mengulur-ulur waktu. Chat bantuan Tokopedia hanya dibalas template normatif yang kadang jawabannya seperti customer service baru yang tidak tahu masalah.

Saya sebagai pembeli, saya meminta Tim Tokopedia Care supaya penjual menunjukkan bukti LCD Samsung keadaan normal, tidak dihiraukan. Begitu pula bukti video kondisi sebelum paket dikirim. Setelah saya update video unboxing, saya tunjukan foto LCD Samsung A52 yang cacat di bawah layar, barulah Tim Tokopedia menelepon dan akan mengambil solusi secepatnya. Namun sampai hari ini tidak ada keputusan.

Hari ini tanggal 8 Maret 2023, saya meminta Admin Tokopedia Care di Pusat resolusi untuk secepatnya memproses Return-refund. Menurut saya sebagai pembeli, kasus ini tidak harus berlarut dan bertele-tele. Penjual tidak beritikad baik dan manipulatif dengan mengatakan barang yang dijual “KONDISI MULUS”, belum lagi masalah lainnya.

Dengan penjual mengatakan barang yang dijual “KONDISI MULUS” atau “LCD Ori copotan tidak mungkin bermasalah“, ini bisa saja menjadi modus penipuan dan berpengaruh pada reputasi Tokopedia. Tim Tokopedia Care ke depannya mudah-mudahan lebih professional dan tegas mengambil solusi/keputusan.

Alhamdulillah, cukup sekian. Mudah-mudah kasus ini bisa menjadi pembelajaran bagi saya pribadi dan juga bisa diambil manfaatnya untuk pembaca media konsumen supaya lebih berhati-hati.

Yayat Hidayat
Kab. Ciamis, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • itu hpnya mau diservice sendiri gan? kok nggak dibawa ke service center resmi aja?

    • udah pernah dibawa om hp'nya ke samsung center, kata teknisi harus ganti lcd 1 set pengerjaan 3 hari karena stok spare part kosong.
      kebetulan untuk pasang lcd+frame insya saya bisa sendiri. kecuali kalau hanya lcd sja paling di kasih ke tukang servis.

  • Service center resmi 1.3jt, beli sendiri 1.1jt selisih 200rb tapi kalau yang resmi kan terjamin.
    Ya mungkin bagi TS selisih 200rb berat. Semoga barangnya bisa diretur, kalau bisa diretur lebih baik ke serice center resmi saja.

    • kebetulan pas ke samsung center kosong sparepart lcdnya om, jadi nyari alternatif..tapi naas sampe sekarng kompalin belum selesai

    • ada om, udah sya kirim ke tokopedia care sebagai bukti tapi sudah 10 hari masalh belum selesai. sering transaksi di tokopedia baru pertama saya buat video unboxing karena curiga dengan paket setelah saya terima.
      Pengajuan barang di tolak oleh penjual dengan melampirkan foto2 lcd+frame "kondisi Mulus", penjual tidak tahu saya punya bukti video unboxing barangnya yg cacat.
      yg disayangkan respon tokopedia yg sering ngasih template waktu chat..

  • Video dari seller yg menyatakan LCD tsb masih bagus sebelum dikirim ada ga?
    Kalau ga ada, ya susah juga menyatakan part LCD itu bagus. Bisa jadi barang bangke dijual mulus.

    • ga ada om bukti apapun om dari penjual, saya sudah tanyakan ke penjual katanya lcd+frame hanya titipan.
      setelah menolak pengajuan bunding dari pembeli penjual mengirimkan foto unit lcd+frame "kondisi mulus" padahal saya punya video unboxing.

      • @Willi
        Oh ya kalau begitu posisi kamu menang bila si penjual gak punya video sebelum pengiriman bukti LcD itu nyala & bagus.

        Karyawan tokpednya aja yg ga becus nangani masalah.

        Posisi seller lemah dan kalau alasannua hanya titipan, itu memperkuat kelemahan seller. ?

        • ga se'sederhana itu om, hari ini saya harus mengupload video unboxing dari awal buka paket sampai terlihat LCD bermasalah.. aneh juga sebenarnya.
          video unboxing saya buat karena curiga dengan isi paket (riskan pecah kalau kondisi kemasan begitu). setelah lcd+frame di pasang ke mesin, hp sya charge dlu sampai penuh dan ini ga mungkin di video'kan..kurang kerjaan sepertinya hehehe
          durasi proses video unboxing 2-3 menit sja udah 300mb, sampai saya harus belajar compress video untuk bukti tokopedia menjadi 50mb.

  • TS kok berani ya beli barang bekas lewat online,, jgn asal percaya iklan , apalagi yg dijual barang bekas, pasti resiko tinggi...hrsnya d dibawa ke service center klo yg rsk barang mahal...

    • saya sudah pernah juga tahun2 kemari beli LCD amoled second copotan ori untuk Tab T705..saya pasang sendiri..sampai sekarang karena barangnya ga ada masalah awet2 saja om.

      • Sayang bgt padahal beda 200rb dapet lcd baru dari samsung. Dan yg pasti ori dan bergaransi,beli lcd online sangat beresiko Bos. Kadang packing nya dah bagus dan tebel pun msh ada kemungkinan rusak kecuali pake pengiriman instant. Semoga cepet kelar masalah nya,buat pembelajaran aja

        • amin om..mudah-mudahan cepat selesai.
          saya harap Tokopedia care bisa hadir disini tanpa "Template" copy paste.
          pelajaran buat semua: "unboxing paket ketika datang meski di lapak penjual tidak men'syaratkan hal itu".
          Tetapi setelah punya bukti jangan terlalu berharap "Tokopedia care" bisa dengan cepat dan profesional merespon. Tq

  • Salfok saya, beli LCD sparepart handphone di Toko Beras.
    Emang toko sparepart hape di toped ga ada yang jual? Kan ada banyak tuh.
    Ini mah emang bukan spesialisnya.
    Ada 2 kemungkinan:
    - dia niat nipu
    - dia emang beneran gatau
    Mungkin kalau niat beli online lagi, cari yg pasti aja. Toko sparepart di toped banyak gan. Cari toko yang "spesialisnya" aja biar kalau ada masalah jadi gak ngegantung.

      • ada indikasi penipuan karena penjual meng-upload foto-foto dengan caption "kondisi mulus" berbanding terbalik dengan bukti video unboxing om.
        Hanya heran saja, dengan bukti2 lengkap dari pembeli tokopedia sampai 10 hari belum bisa mengambil keputusan

    • di tokped ad juga seller lain yg jual om, hanya saja di seller "tukang beras" lcd+frame harganya bisa ditawar", 1.1jt sesuai bujet yg ada.
      Penjual tidak tahu saya buat video unboxing paket, jadi pas tanggal 3 menolak bunding, dia kirim foto2 yg katanya "Kondisi mulus" lcd ori copotan tidak bermasalh" dan tanggal 4 saya kirim video unboxing sebagai bukti ke tokopedia care.
      ada indikasi penipuan' di transaksi ini.

  • Alhamdulillah, Terima kasih banyak untuk Majalah konsumen akhirnya release keluh kesah tentang Transaksi terindikasi penipuan di tokopedia dan bagaimana lambatnya layanan tokopedia care.
    saya sudah lelah.., 10 hari ini menghubungi penjual untuk aktif berdikusi supaya saya tidak monolog.
    saya komplain di tweeter tokopedia, di Facebook tokopedia care, di web tokopedia, kebanyakan hanya jawaban template copy paste.." sedang di maksimalkan".." menunggu di pusat resolusi"..bla.bla

  • Jangan sampai lepas kepenjual dananya om, apapun itu udah jelas ini penipuan "hanya barang titipan" pasti ini nipu.

    • Terima kasih supportnya om, mudah2an Tokopedia segera mengambil keputusan dan masalh ini bisa cepat selasai.

  • Judul nya salah bang, namanya komplain tidak asal ambil keputusan,sabar napa.
    Masalahdisini jg sudah jelas, penjual punya niat tidak baik.
    Untung si abang rekam unboxing, klo gak hilang sudah uangnya.

    • maaf bang kalau judulnya kurang tepat. saya sebagai pembeli kecewa saja dengan perlakuan tokopedia care yg tidak fair.
      dengan bukti2 yg sudah saya lampirkan di ruang diskusi, tokopedia di hari ke-11 masih sja belum mengambil keputusan.
      Puluhan mungkin ratusan kali saya transaksi pembelian di e-commerce, baru di transaksi ini saya ambil tripod sengaja buat video unboxing..

  • Banyak ni seller penjual sparepart nakal kyk gini apalagi kl pedagang.. ngomong mulus pas dikirim zonk berharap pengguna tokopedia newbie yg nerima.. jd g dikomplain..

    • o' begitu ya om, baru pertama saya ada masalh di e-commerce tetapi memang kalau penjual tanpa bukti vieo testing dan video packing hanya beralasan barangnya "sparepart ori copotan" dijamin normal, bisa menjadi modus penipuan dan merugikan pembeli.
      Terima kasih infonya