Surat Pembaca

Tim Tokopedia Care Tidak Profesional dan Bertele-tele Menyelesaikan Komplain Pembeli

Bissmillah, salam untuk semua pembaca Media Konsumen. Terima kasih kepada Media Konsumen yang telah memberikan kesempatan berikhtiar kepada saya, semoga mendapat respons cepat dari Tokopedia Care dan masalah komplain saya segera selesai.

Bermula dari pesanan saya untuk pembelian LCD Samsung A52 full set bekas copotan ori di Tokopedia, nomor invoice: INV/20230226/MPL/3073899690 pada tanggal 26Februari 2023. Paket dikirim tanggal 27 Februari 2023 dan diterima tanggal 1 Maret, dengan kurir Anteraja. Saat menerima paket, saya heran dengan kondisi paket yang begitu tipis, tidak aman untuk layar LCD seharga Rp1,1 juta yang pasti rentan pecah.

Akhirnya saya melakukan video unboxing paket, saya berpikir saat itu supaya mengetahui kondisi fisik LCD saat pertama saya buka. LCD Samsung A52 ternyata dibungkus selembar kertas brosur, sedikit bubble pack bekas, plastik dan kotak kertas LCD. Ada cacat di bawah layar, tapi sepertinya sudah lama akibat benturan/jatuh, lecet-lecet di frame dan warna memudar di sudut-sudut yang sudah terkelupas. Tidak sesuai deskripsi penjual, yang mengatakan “KONDISI MULUS”.

Masalah lain, setelah dipakai sekitar 30 menitan layar LCD bergaris dan berbintik. Saat itu juga saya konfirmasi penjual dan komplain langsung di Tokopedia. Sebagai pembeli saya meminta bukti video bahwa LCD Samsung A52 kondisi normal sebelum dikirim atau minimal video penjual saat mengemas paket. Karena sebelum dikirim, saya minta penjual mengemas paket dengan aman.

Pengajuan retur dan pengembalian dana oleh penjual ditolak. Penjual berargumen “LCD Samsung a52 Cabutan ori tidak akan bermasalah”, penjual menyuruh saya cek mesin. Untuk diketahui, sebelum transaksi pembelian ini, HP Samsung saya bermasalah layarnya retak. Saya sudah ke Samsung Center dan harus mengganti LCD, dengan pengerjaan sekitar 3 hari (dikarenakan spare part harus dikirim dulu dari pusat). Biaya 1 set LCD dan ongkos total Rp1,3 jutaan. Saya cancel saat itu, karena saat itu hanya membawa Rp700 ribu, padahal DP minimal Rp900 ribu.

Tentunya saya lebih percaya teknisi Samsung, daripada penjual ini yang tidak bisa membuktikan kondisi normal layar LCD sebelum dijual. Belum lagi penjual memanipulasi dan beritikad tidak baik dengan menyebutkan “Kondisi mulus” pada produknya. Penjual hanya ada foto unit LCD yang saya tidak tahu diambil kapan. Foto-foto di lapak Tokopedia tidak detail, cacat di bawah layar tidak kelihatan, begitu pula warna pudar di sudut-sudut frame, seolah penjual ingin menyembunyikan kondisi sebenarnya LCD Samsung tersebut.

Melalui chat saya tanyakan ke penjual dan mengaku LCD Samsung tersebut hanya barang titipan orang. Respons lama dari penjual saat saya ajak berdiskusi, ditambah Pusat Resolusi Tim Tokopedia yang lambat/tidak tegas membuat saya kecewa, benar-benar tidak profesional dan mengulur-ulur waktu. Chat bantuan Tokopedia hanya dibalas template normatif yang kadang jawabannya seperti customer service baru yang tidak tahu masalah.

Saya sebagai pembeli, saya meminta Tim Tokopedia Care supaya penjual menunjukkan bukti LCD Samsung keadaan normal, tidak dihiraukan. Begitu pula bukti video kondisi sebelum paket dikirim. Setelah saya update video unboxing, saya tunjukan foto LCD Samsung A52 yang cacat di bawah layar, barulah Tim Tokopedia menelepon dan akan mengambil solusi secepatnya. Namun sampai hari ini tidak ada keputusan.

Hari ini tanggal 8 Maret 2023, saya meminta Admin Tokopedia Care di Pusat resolusi untuk secepatnya memproses Return-refund. Menurut saya sebagai pembeli, kasus ini tidak harus berlarut dan bertele-tele. Penjual tidak beritikad baik dan manipulatif dengan mengatakan barang yang dijual “KONDISI MULUS”, belum lagi masalah lainnya.

Dengan penjual mengatakan barang yang dijual “KONDISI MULUS” atau “LCD Ori copotan tidak mungkin bermasalah“, ini bisa saja menjadi modus penipuan dan berpengaruh pada reputasi Tokopedia. Tim Tokopedia Care ke depannya mudah-mudahan lebih professional dan tegas mengambil solusi/keputusan.

Alhamdulillah, cukup sekian. Mudah-mudah kasus ini bisa menjadi pembelajaran bagi saya pribadi dan juga bisa diambil manfaatnya untuk pembaca media konsumen supaya lebih berhati-hati.

Yayat Hidayat
Kab. Ciamis, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Pendapat saya sih seharusnya sabar.. Karena 1.3jt resmi.. Lcd ga jelas 1.1jt bedanya 200rb doank.. Kecuali resmi 1.3jt.. Ada yg jual ori 500rb BU copotan 2nd haha..
    Tp mgkn 200rb buat penulos besar jadi ya gw ga bs ngmg deh. Semoga cepat selesai masalahnya ya

    • iya om, ini pengalaman berharga, sebagai pembeli saya tidak mengira dengan bukti2 valid proses komplain di tokopedia bisa lama.
      Menyesal juga percuma tetapi setidaknya kasus transaksi seperti ini tidak terjadi pada pembeli2 lain di kemudian hari.
      amien om.. mudah2an bisa cepat selesai dan bisa diambil hikmahnya. Terima kasih

  • Sayaa kemarin urus figur box ancur karena pengiriman aja 3mingguan. dan ganti rugi asuransi kurang cuma 200 ribu, awal 100 ajukan banding jadi 200. Tapi kalau di market luar box ancur/damaged diganti setengah harga, tanpa balikin barang kecewa sih wajib asuransi di tokped tapi ga ganti rugi 50%. baru coba beli disana udah kecewa. Biasanya di shopee.

    • malahan sya dari bulan2 kemarin mengurangi pembelian dri e-commerce oren mbak, soalnya baca2 bnyak masalah komplain sering memenangkan penjual..ternyata yg ijo jga ga beda jauh.
      sebagai konsumen sebenarnya di mudahkan denga e-commerce2 ini karena harga lebih bersaing daripada offline hanya ketika terjadi masalah..ya begini dan begitu..rugi waktu dan materi.

  • Untuk barang berupa sparepart alangkah baiknya membeli langsung di toko fisik dan dipasang langsung di situ. Resiko Sangat tinggi beli sparepart online, ditambah lagi beli di toko tidak specialis + bekas lagi, resiko makin tinggi

    • Resiko memang tinggi bang, hanya saja untuk sparepart tertentu seperti lcd amoled samsung T705 harus cari yg copotan
      kalau dari awal ga masalah ya Alhamdulillah awet hampir 3tahun.
      untuk transaksi yg bermasalah di tokopedia sekarang ada unsur indikasi "Penipuan" oleh penjual tapi Tokopedia respon'nya lambat seperti ragu2 mengambil keputusan.