Surat Pembaca

Saldo OVO Terpotong Otomatis Karena OVO Subscription

Kejadian ini berawal dari saya berlangganan sebesar Rp 1 pada bulan September 2022 tetapi pada bulan bulan berikutnya ternyata pihak OVO langsung memotong otomatis sebesar Rp 9.000 setiap bulannya. Dan saya baru sadar ketika saya cek histori pembayaran. OVO terkesan memotong otomatis tanpa memberitahukan tanpa ada informasi dahulu, layanan terkesan mencuri dana konsumen.

Saldo terpotong otomatis

Layanan seperti ini terkesan mencuri saldo konsumen secara terselubung. Bagi konsumen OVO sering-seringlah mengecek histori karena dikhawatirkan ada saldo yang terpotong tetapi Anda tidak sadar. Konten-konten langganan seperti ini tergolong tidak terlalu menguntungkan malah terkesan menjebak karena potongan saldo bisa lebih besar dan lebih besar lagi.

Semoga tidak banyak konsumen yang merasa dirugikan atas pemotongan otomatis ini dan lebih sering untuk mengecek history pembayaran.

Stella Nesia
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan OVO atas Surat Pembaca Ibu Stella Nesia

Dengan hormat, Terima kasih atas kepercayaan Ibu Stella Nesia untuk terus menggunakan OVO sebagai platform pembayaran digital pilihan Anda. Kami...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Maaf saya revisi ternyata setelah saya check pemotongan saldo sebanyak Rp 18,000/bulan (Rp 9000/2 minggu).
    benefit yang didapat juga tidak worth it sehingga Grab terkesan mencuri dana konsumen secara terselubung.
    mengecewakan sekali aplikasi seperti ini benar benar mencuri dana konsumen.

    • Subscription emang otomatis diperpanjang kak, kalo cm mau 1x doank bs langsung batalin sblm diperpanjang.

    • iya kak sudah cancel semuanya
      karena sekarang dapat harga yang lebih MURAH DAN MASUK AKAL

      YA LUMAYAN SIH DIPOTONG SEBULAN RP 18000. (lumayan bagi saya...ga tau deh kalo yang lain kan kebutuhan orang beda2) kadang juga lupa cek history tapi untunglah sudah cancel semua

    • Bagaimana tuk membatalkan potongan rp 9.000 ini, saya juga mengalami hal yg sama, mohon infonya, trims ??

  • -You may cancel your plan anytime before your next billing date. Cancellations will take effect on the next billing cycle.

    Itu dari Grab nya, kpn hari juga nyoba saya. Lumayan sih kalau cuma Rp. 1, cuma seminggu terus saya batalin. Tetap bisa dipakai vouchernya sampai 1 minggu selanjutnya.

    • iya kalau cuma Rp 1 sih lumayan banget
      tapi kalau Rp 18.000/bulan buat saya sih berasa ya.

      Ya balik lagi setiap orang punya kebutuhan masing2 kalau dirasa tidak worth it better dicancel toh sekarang ada yang lebih murah INDRIVER DAN MAXIM beda harga per sekali jalan lumayan anggap buat kasih TIPS DRIVER
      kecuali tidak ada pilihan aplikasi lain alias monopoli

  • iya sudah saya cancel karena ternyata motongnya lumayan besar Rp 18000 per bulan. benefitnya juga ga worth it sih jadi buang buang saldo. mungkin kalau ga sadar bisa terpotong lebih besar lagi karena yang Rp 9000 / 2 weeks itu yang paling minimal. Saya cek history juga tidak pernah ada konfirmasi biaya akan di kenakan sebesar Rp 9000 / weeks jadi emang kesannya mencuri dana ya. Kasihan yang belum sadar saldonya hilang tiap bulan Rp 18000. sampai saat ini benefitnya sih kurang menurut saya karena voucher voucher yang diberikan kurang menarik

    • Ada kok mbak, klik ke bawah di kolom How Subscription Works dan Cancellation Policy. Memang harus dibaca dulu kalau mau subscribe apapun, buktinya saya bisa batalkan sebelum renewal. Jadi pelajaran aja lebih hati² lain kali.

      • terimakasih untuk masukkanya.
        saat ini sudah dicancel dan memang benar saya sudah jarang memakai Grab karena mendapatkan harga yang lebih ekonomis dan sesuai yakni indriver dan maxim.

    • Coba anda rutin pakai service nya grab.kaliin benefit2nya dalam rupiah.pasti worth lah.

      • terimakasih untuk masukkanya.
        saat ini sudah dicancel dan memang benar saya sudah jarang memakai Grab karena mendapatkan harga yang lebih ekonomis dan sesuai yakni indriver dan maxim.

      • tadi nya mau rutin pakai tapi nemu yang lebih murah jelas pindah yang lebih murah sih ya (faktor ekonomi berbicara).

        jadi sekalian menginfokan ke pembaca coba pakai INDRIVER DAN MAXIM lumayan sih.

  • Namanya subscription (berlangganan), memang begitu mekanismenya. Dengan mengaktifkan subscription berarti anda setuju untuk ditagih secara teratur dan otomatis, tanpa prosedur manual yang harus anda lakukan berulang-ulang. Soal potongan 9000 rupiah itu lihat lagi S&K layanan berlangganan yang anda ambil.

    Cobalah lebih teliti dan dewasa dalam bertindak.

    • terimakasih untuk masukkanya.
      saat ini sudah dicancel dan memang benar saya sudah jarang memakai Grab karena mendapatkan harga yang lebih ekonomis dan sesuai yakni indriver dan maxim yang tidak ada embel embel langganan.

  • Kata siapa gak worth?coba kaliin promo potongannya per layanan.pasti jutaan untungnya.situ aja jarang pake grab makanya ga merasa worth.namanya paket langganan ya diharapkan loyal dan sering menggunakan service tersebut.makanya kalo ada promo dibaca baik2 terms and conditionnya.semua udh jelas tertera,cuman kebanyakan konsumen aja yang ga teliti.semua company juga gitu mbak e ada teknik marketing,bukan membohongi atau menjebak.tinggal anda aja yang harusnya jadi konsumen yang CERDAS dan BIJAKSANA.

    • terimakasih untuk masukkanya.
      saat ini sudah dicancel dan memang benar saya sudah jarang memakai Grab karena mendapatkan harga yang lebih ekonomis dan sesuai yakni indriver dan maxim.

    • Iya benar saya jarang memakai Grab karena kalau dibandingkan dengan Indriver dan Maxim harganya lebih masuk akal.
      karena kebanyakan saya memakai untuk bekendara sehingga benefit yang saya dapatkan jelas lebih murah INDRIVER n MAXIM dan tidak ada embel embel berlangganan.
      mungkin anda lebih merasakan benefitnya tetapi tidak dengan saya. terimakasih atas saran anda yang CERDAS dan BIJAKSANA.

  • terima kasih atas semua masukannya.
    iya saya kurang teliti tidak melihat SK nya.
    untuk saat in ketiga akun sudah saya cancel. dan memang sudah jarang pakai Grab karena harga nya masih murah Indriver dan maxim.
    terimakasih atas para masukannya jadi pembelajaran untuk lebih hati hati dalam melihat promo.

  • tadi nya mau rutin pakai tapi nemu yang lebih murah jelas pindah yang lebih murah sih ya (faktor ekonomi berbicara).

    jadi sekalian menginfokan ke pembaca coba coba pakai INDRIVER DAN MAXIM lumayan sih.