Surat Pembaca

JNE Menghilangkan Paket Saya yang Berisi 2 Handphone, Padahal Status Masih di Gudang Pusat

Berawal pada Hari Sabtu pada minggu lalu, 4 Maret 2023, saya order 2 buah HP kepada rekan saya di Jakarta, sebagai barang pesanan dari customer toko saya. Saya request untuk pengirim mengirimkan paket dengan jasa YES (Yakin Esok Sampai), dengan nomor resi: 012500022794023, terlampir di gambar.

Pada tanggal 4 Maret pukul 10 malam WIB, pengirim sudah kirimkan paket di JNE Pusat Tomang Jakarta Barat, dan malam itu juga ia mengirim resi. Setelah saya tunggu, keesokan harinya barang belum sampai juga. Saya masih positive thinking, mungkin ada keterlambatan sampai esok harinya.

Hari Senin tanggal 6 Maret 2023, saya tunggu paket hingga malam tidak kunjung diantar. Padahal ada urgensi dari customer saya yang sangat butuh HP tersebut, karena HP tersebut eksklusif penyimpanan internal (storage)-nya. Sama sekali tidak ada kata maaf soal keterlambatan atau at least JNE mengirimkan notifikasi terkait keterlambatan, karena ini paket YES yang biasanya penerima dapat notifikasi lewat WA.

Hingga Selasa, 7 Maret 2023, melewati masa POD barang belum sampai juga, akhirnya saya menghubungi rekan pengirim bahwa kiriman belum sampai. Kami cek resi sudah hari ke-3 berada di Sorting Center Jakarta seperti di gambar terlampir, barang berarti tidak bergerak sama sekali dari JNE Tomang.

Akhirnya pada tanggal 8 Maret keesokan harinya, pengirim berusaha untuk komplain ke JNE Pusat soal paketnya. Padahal YES, tapi lebih lambat dari reguler soal kemajuannya. Petugas JNE di sana bilang bahwa paket masih ada, cuma memang ada keterangan bahwa ada kendala saat pengiriman.

CS JNE Pusat bilang coba ditunggu sampai 3 x 24 jam. Belum ada 3 x 24 jam, malah keesokan paginya kami berdua dapat notifikasi WA bahwa paket tidak terlacak, silakan hubungi pengirim untuk klaim pergantian kiriman. Padahal baru saja malamnya dibilang paket masih ada.

Di sini saya kaget membacanya, barang belum dicari di gudang dalam 3 x 24 jam tapi sudah dinyatakan tidak terlacak bahasanya, yang kemungkinan orang Pusat (gudang JNE Sorting Center Jakarta) yang menghilangkannya. Walhasil pengirim langsung komplain keesokan harinya, tanggal 10 Maret 2023 ke JNE Pusat Tomang lagi dan kata CS dijawab santai, “Ya sudah risiko kehilangan saat pengiriman”.

Mendengar penjelasan begitu dari CS yang seharusnya profesional dan seharusnya kalau barang hilang ada bukti dong dari gudang?? Namun kita sebagai konsumen tidak diberi barang bukti apa-apa, yang jelas paket hilang. Padahal di status resi paket masih di sorting center.

Dalam lubuk hati saya, apa karena ini HP jadi ada oknum JNE yang dengan sengaja menghilangkan paketnya? Saat bolak-balik komplain ke telepon dan ke Twitter pun sama, selalu disuruh untuk klaim pergantian barang. Setelah saya baca pun pergantian kiriman hanya 10x lipat dari ongkos kirim, tidak setimpal dengan nominal kiriman.

Per-hari ini 11 Marer 2023, barang masih ada di sorting center tertera di resinya, tetapi setiap saya tanya pihak JNE selalu menjawab paket hilang. Hilang kok di gudang pusat? Kalau hilang di kurir ekspedisi masih masuk akal. Ini barang belum bergerak sama sekali dari Tomang kok sudah hilang?

Permintaan saya, harap selidiki ini CCTV, masa tidak ada di sekelas JNE Pusat loh? Pertanyaan saya apakah JNE Pusat sekelas ini? Kalau misal paket saya hilang, ini bisa jadi 2 sebabnya. Karena di keterangan sudah jelas ada dua handphone, jadi apakah petugas sengaja ambil, yang ke-2 pasti juga petugas pusat sudah kongkalikong untuk menghilangkan barang? Karena tidak ada chat pemberitahuan kalau barang tertahan selama ini, malah saya yang harus follow up dan bukti rekaman CCTV gudang sama sekali tidak dicek.

Saya akan lapor ke yayasan perlindungan konsumen apabila tidak ada tindak lanjut dari JNE dan saya ingin barang saya kembali. Apabila tidak, kembali jangan salahkan saya jika kisah ini viral di sosmed.

Saya sudah kontak dengan adminnya di Twitter pun balasannya sama. Tidak ada kejelasan kalau paket ini masih ada (selalu jawab masih diinvestigasi) dan terkadang ada yang jawab paket hilang seperti di gambar di atas.

Hafizh Fathureza
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan JNE untuk Keluhan Bapak Hafizh Fathureza

Sehubungan dengan surat pembaca yang telah dimuat di Mediakonsumen.com pada tanggal 13 Maret 2023 berjudul “JNE Menghilangkan Paket Saya yang...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • posisi anda itu sebagai pembeli, anda itu gak rugi materi apa apa ! yang rugi itu penjual, 10x ongkir juga buat penjual bukan buat anda..

    kalau status hilang sudah jelas uang anda akan kembali 100% utuh, itu jika bukan cod. yang nanggung kerugian jelas penjual

    anda paniknya melebihi penjual sehingga memunculkan indikasi gestun atau cuci uang !

    • G gt jg brow...scra itu barang jg bwt costumer dia dsitu yg butuh mndesak...pasti ada efek reputasi dia mjadi buruk g bs mnyediakan tepat waktu.
      Dan yg sbgai pngirim jg bkn skedar penjual..tp rekan/teman..
      Yg salah si pngirim plg tdk dsertai dgn asuransi pngiriman..

        • Hahaha untung saja saya ga pake jne lgi. Terakhir Kali saya pake jne, paket saya stuck di sortir sampai 5 hari. Dan tidak ada update

          Sekarang saya beli barang di marketplace gunakan next day ketika checkout ternyata menggunakan ekspedisi jne yes, disaat itu juga order nya saya batalkan. Dan order ulang menggunakan ekspedisi reguler sicepat saja.

          Note : pilihan next day toko nya cuma jne yes, mknya saya pilih reguler saja yang jelas menggunakan sicepat

    • Loh hahaha, saya ada bukti transfer ke penjual kok Anda yang sewot. Anda petugas JNE Ya? Saya sudah transfer full karena memang dia supplier saya dan BTW saya sudah jadi pelanggan JNE sejak 2011. Sudah ribuan kali kirim, baru sekali ini bermasalah. Pake ngomong indikasi-indikasi gestun. Hati-hati Anda kalau berasumsi.

      • Sebel banget ni sm perusahaan ekspedisi, dengan seenaknya ganti 10x kirim klo barang hilang, ky ga ada tanggung jwbnya, klo ky gini bs aja para oknum karyawan ngambil barang dgn alih² nnt jg diganti 10x biaya kirim, bnr² parah ni

        • Baca S O P hak dan kewajiban, sy biasa kkrim pake Jne dr 2009 dan mengikut S O P apalagi nilai barang lbh dr 10x ongkir

          Nama nya Oknum bisa terjadi di mn saja

        • Pasnkirim tuh sebenarnya ada pilihan asuransi, seingat saya cuma 0.2% dari harga barang menurut pengakuan pengirim. Kalau 1 jt berarti cuma bayar 2 rb rupiah saja, tinggal dilipatkan sesuai nilai barang. Makanya kalau pas kirim sebaiknya jujur isi barang dalam paketnya apa. Yg saya bingung justtu dalam kasus ini ditulia jelas isinya 2 hp samsung beserta tipenya, setau saya seharusnya pas mau kirim akan diwajibkan pakai asuransi.

          Kalau memang disuruh asuransi tapi pengirim ngeyel maksa nggak mau, trus ditulis jelas tipe kedua hp itu, itu sih emang nyari masalah...

          • Haha, bener, setuju banget, enggak pake asuransi dan deskripsi barang ditulis dengan jelas hp xxx, nyari ribut, wkwk
            Ini ts baru apa gimana ya kirim kirim,
            Ok dia ngaku temen nya penjual, kalo temennya, apa susah nya bilang, pake asuransi ya bro, ,,
            Agak aneh kasus nya, anyway, semoga dapat solusi terbaik

          • JNE memang jelek pelayanannya, mulai dr lambat respon, barang tdk d antar sampai alamat malah disuruh ambil sendiri di kantornya. Enggak banget pake JNE

        • SOP Semua ekpedisi sama kak.. ketika ada paket yg hilang l, pergantian maksimal 10x ongkir, kalau mau diganti sesuai nilai harga barang, ya pakai asuransi tiap pengiriman nya..

      • Paking + asuransi gk? Klo dari 2011 pake Jne udh pasti ikutin S O P meski deket,

        Baik nya klo barang HVS paking+asuransi

        Moto jne soal

        Paking = melindungi dr kerusakan
        Asuran = melindungi dr kehilangan
        1pkt tdk terpisah kecuali pengiriman Document tdk harus paking

        Nb. Semoga berhasil, dan turut berduka,

    • Jangan bilang pembeli tidak rugi,kalau udah tf gimana?
      Terus kok jauh banget saudara ini pikirannya..kalau indikasi Gestun ..tidak mungkin pembeli ribet..bah itu kiriman hilang,potongan kayu tidak masalah..justru indikasi saya,dugaan saya sengaja dihilangkan, karena barangnya hp.

  • Biasa barang berharga bila tdk diasuransi sengaja dihilangkan secara cuma ganti 10 ongkir

    • Yg saya bingung itu di redinkirim jelas ditulis isinya hp samsung 2 unit, setau saya kalau kirim hp diwajibkan asuransi loh. Lagian cuma 0,2% dari pengakuan pengirim kok. Kalau 20jt, 0.2% nya berarti 40rb. Kalau asuransi jg paket akan diperlakukan khusus, karena termasuk barang berharga.

      Kalo nggak asuransi, tapi jelas tertulis isinya hp seperti itu, sama saja mengundang maling...

  • Pernah kasus ilang hp sama jnt pas ngirim ke Riau, ilangnya pas di gudang sortir sana..
    Emang barang² yg punya nilai bagus & mudah di jual sangat rawan klo gapake Asuransi, banyak oknum nakal yg manfaatin celah, karena skrng itu paket ketauan isinya apaan, jd klo pun d nyatakan ilang cm di Bebani 10x ongkir..

    Saya jg trauma klo kirim² barang elektronik beda beberapa kota, mau gamau pake asuransi

  • Itu beli hp 2 biji murah bgt ya harganya sampe² gak mau pake asuransi? Harusnya tau dong ya kl barang mahal wajib pakai asuransi biar kl ada apa² bisa diganti sesuai harga barang... kl ga ada asuransi ya paling diganti 10x ongkir aja.. kl udah kaya gitu mau minta ganti rugi sama siapa? Dituntut pun jne pasti menang soalnya udah ada keterangannya kl ganti rugi kerusakan /kehilangan hanya 10x ongkir kecuali pakai asuransi pengiriman...

    • Unit kalau hilang saat bergerak sih gak masalah. Hanya saja ini unitnya masih di gudang pusat tetapi dinyatakan hilang padahal investigasi saja belum. Kalau hilang di gudang pusat kan pastinya ada rekaman CCTV dan ketahuan shift orang yang bertugas pada jam tersebut.

  • Case kita mirip, pak.

    Paket saya sudah 9 hari hanya di jakarta.

    Fix ini terakhir kali pake JNE.

    • Halo pak, pakai service YES pak? Barang masih si sorting center atau tidak? Saya tidak masalah kalau barang sudah di delivery courier, ini barang masih di sorting center pusat masa dinyatakan hilang, siapa lagi yg ambil kalau bukan petugas pusat itu sendiri?

    • Lain kali coba buat Laporan Polisi dan lampirkan ke kantor ekspedisi terkait. Minimal jika ada tindak lanjut dari Polisi maka para karyawan akan dipanggil utk dimintai keterangan dan akan terus dipanggil sampai ketemu malingnya. Dan anda jangan berdamai sampai ketemu pelakunya. Jgn menerima pergantian 10x ongkos karena itu artinya sudah berdamai. Bilang sama Polisi untuk cari pelakunya sampai dapat. Kalau damai maka kasus ditutup. Kalau ga damai maka kasus akan diteruskan dan polisi akan memanggil dan meminta keterangan karyawan tsb. Kalau ga gitu, pelaku kriminal yg memanfaatkan celah ga akan kapok.

      CMIIW

      • Imei barang sudah ada. Mau lapor polisi supaya ditindak tapi seperti komentar yg lain apa nanti mesti bayar?

        • se pengalaman saya ya gitu..utk operasional biasa bahasa nya begitu,semakin besar dana operasional nya semakin rajin bpk nya,klo cuma seikhlas nya..sebaik nya jgn trlalu berharap..

    • Saya juga ada pesanan dari tokopedia, dari tanggal 7 maret status cuma departed dari gateway Jakarta. Tadi siang saya baru komplain ke tokopedia barang belum sampai, karena estimasi tgl 11 maret sudah sampai

  • Kok di bagian shipment details disebutkan barangnya Samsung S9+ dan Note 10+ ya? Apa iya cuma pengirim dan penerima paket yang bisa lihat? Apa tidak memancing tikus dan kucing garong di sarang JNE?

    Kalau saja seandainya paket boleh dikemas bersama ular mamba hitam atau tawon api. Seandainya...

    • Justru kalau di JNE selalu ditanya isinya apa, dan ya tidak bisa berbohong karena di-xray. Selalu ditanya unit HP apa tipe apa. Sebetulnya secara logika lebih aman kalau dari pusat. Ini malah hilang.

      • Lain kali coba buat Laporan Polisi dan lampirkan ke kantor ekspedisi terkait. Minimal jika ada tindak lanjut dari Polisi maka para karyawan akan dipanggil utk dimintai keterangan dan akan terus dipanggil sampai ketemu malingnya. Dan anda jangan berdamai sampai ketemu pelakunya. Jgn menerima pergantian 10x ongkos karena itu artinya sudah berdamai. Bilang sama Polisi untuk cari pelakunya sampai dapat. Kalau damai maka kasus ditutup. Kalau ga damai maka kasus akan diteruskan dan polisi akan memanggil dan meminta keterangan karyawan tsb. Kalau ga gitu, pelaku kriminal yg memanfaatkan celah ga akan kapok.

        CMIIW

  • bukan rahasia umum lg kok kl ekspedisi disini byk yg nakal.
    coba perhatikan yg hilang itu barang mahal yg tanpa asuransi.
    sy ribuan kali transaksi barang2 receh, ga pernah 1 pun barang dinyatakan hilang.
    ada oknum yg bermain disini. bukan hanya JNE, tp di seluruh jasa pengiriman.

  • Penghasilan mereka mungkin kurang,jadi pekerjaan yg seharusnya ibadah jadi ajang hina melakukan pencurian barang,nggak amanah dan bikin rusak nama perusahaan nya,kasihan pemilik usahanya punya karyawan nggak amanah