Surat Pembaca

JNE Service JTR Tidak Proses Paket Sampai 7 Hari!!!

Selamat malam Bapak dan Ibu semua.

Perkenalkan saya Manto, di sini saya ada keluhan dengan salah satu ekspedisi JNE. Kronologis:

Saya awalnya melakukan transaksi pembelian Laptop di Marketplace Tokopedia dengan toko LENOVO LEGION OFFICIAL. Untuk lokasi saya, ada di Kota Padang. Saya membeli produk dengan jasa service JNE JTR, karena mengingat saya butuh laptop tersebut di minggu ketiga bulan Maret.

Untuk JTR sendiri, memiliki estimasi pengiriman ke kota padang selama 4-8 Hari. Saya maklum, karena saya sudah pernah dulu kirim pakai JTR dan memang estimasi segitu.

Kendala saya di sini, pihak JNE tidak profesional dengan estimasi waktu. Paket saya pertama diterima oleh PIC JNE pada hari Sabtu, 03 Maret 2023 sesuai tracking yang saya lampirkan. Saya melakukan komplain melalui CS JNE pada tanggal 8 Maret 2023, didapatkan jawaban yang tidak memuaskan dan CS yang melayani komplain saya kabur dengan end chat. Terlampir bukti CS kabur.

Setelah beberapa jam, tracking paket saya berubah menjadi di Proses Sorting Center pada tanggal 8 Maret. Dan pada tanggal 8 Maret 2023 malam, pukul 22.48 paket saya sudah ada di Gateway dan siap berangkat. Lalu masalah yang saya terima sekarang, pada tanggal 11 Maret 2023, pake saya masuk lagi ke Origin Gateway.

Apa yang terjadi ? Saya paham JTR estimasi waktu 4-8 hari sampai di tangan konsumen. Sedangkan paket saya sudah 7 hari, hanya berkutat di Jakarta. Malam ini, minggu 12 Maret 2023 saya sudah cek lagi dan belum ada progres. Saya komplain bolak balik, tidak ada tindakan pasti.

Tracking cut off 12 Maret 2023 puku 22.58

Saya meminta untuk diberikan kompensasi senilai ongkos kirim yang saya bayarkan sesuai keterlambatan per hari. Yaitu Rp 90.000 per hari, terhitung hari Senin, 13 Maret 2023. Karena kesalahan bukan ada di pihak saya, tetapi di pihak Anda JNE.

Mohon ditindaklanjuti untuk perkembangan paket saya. Terima kasih.

Wirmanto
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan JNE untuk Keluhan Bapak Wirmanto

Sehubungan dengan surat pembaca yang telah dimuat di Mediakonsumen.com pada tanggal 13 Maret 2023 berjudul “JNE Service JTR Tidak Proses...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Hai kak, mhn maaf untuk informasi perihal paket sudah kami balas via DM yg bersangkutan ya. Thanks - Syatiar -

    • Siang, kak.
      Sudah capek saya DM Privasi dengan jawaban template, lebih baik di sini, kak Admin.

      Supaya gercep JNE nya. ?

      • Jawaban JNE di twitter template banget persis seperti punya saya juga begitu jawabannya. Selalu kami bantu maksimalkan, perihal tersebut. Orang beda-beda tapi sama jawabannya. Fix lari dari keluhan konsumen itu

      • Dijamin gercep media konsumen adalah cs terbaik untuk semuanya di Indonesia

          • Baru bulan kemaren saya pakai jne jtr , dan baru sekalinya itu dan ga akan pernah lagi, kapok saya saya pesen barang dari jakarta tujuan cianjur baru sampe setelah 12 hari , kalau pakai j&t cargo hari ini order besok udah sampai, ini jne jtr memang sangat lambat dan untuk yg masih mau menggunakannya berfikir deh 10x

    • Selamat sore tim JNE. Paket sudah saya terima hari selasa, tgl 14 Maret 2023. Molor dari estimasi 12 Maret 2023. Pamet diterima dalam kondisi baik dan tidak cacat karena saya juga additional packing kayu. Dan untuk uang kompensasi yang sudah di sepakati telah saya terima hari selasa, tanggal 21 Maret 2023.

      Dengan ini saya nyatakan semua nya sudah clear sangkut paut dengan JNE. Dan saya apresiasi itikad baik dari JNE.

      Terimakasih.

  • "Saya meminta untuk diberikan kompensasi senilai ongkos kirim yang saya bayarkan sesuai keterlambatan per hari. Yaitu Rp 90.000 per hari, terhitung hari Senin, 13 Maret 2023. Karena kesalahan bukan ada di pihak saya, tetapi di pihak Anda JNE."

    Bangun pak, bangun... Sudahi mimpinya ? sejak kapan JTR ada garansi/kompensasi. Minta per hari pula. Service YES aja yg memang ada garansi uang kembali, dan hanya diganti sejumlah ongkir bukan denda harian, proses klaim nya dipersulit.
    Berharap kiriman bisa sampai tanpa cacat aja udah harus bersyukur pak, karena menurut saya cukup beresiko laptop dikirim cargo/JTR bersama barang berat dan besar lainnya. Semoga dgn keterlambatan ini tidak serta merta ajukan pembatalan dan refund ke seller ya (byk juga yg kek gitu endingnya, pdhl bukan salah di seller).

    • Selamat sore tim JNE. Paket sudah saya terima hari selasa, tgl 14 Maret 2023. Molor dari estimasi 12 Maret 2023. Pamet diterima dalam kondisi baik dan tidak cacat karena saya juga additional packing kayu. Dan untuk uang kompensasi yang sudah di sepakati telah saya terima hari selasa, tanggal 21 Maret 2023.

      Dengan ini saya nyatakan semua nya sudah clear sangkut paut dengan JNE. Dan saya apresiasi itikad baik dari JNE.

      Terimakasih.

  • Siang, pak.
    Baru bangun saya, pak. Mohon maaf.

    Saya lagi berusaha, pak. Semoga di permudah. Karena kendala saya disini kenapa 7 hari hanya di jakarta.

    Terimakasih supportnya, pak Iwen

    • Emnk tujuan ny kmn? Klo nyebrang pulau klo kendala di Kapal Laut mah menunggu Jadwal keberangkatan,

      Harap maklum

      • Ke Padang, mas.

        Harusnya ga ada kendala jadwal kapal laut sperti Karimunjawa yg ada schedule tertentu.

  • Beli laptop kirim pakai jtr? Antar pulau lagi. Beli laptop harga jutaan tp kikir ongkir :D

    • Kalo luar pulau itu emg estimasinya bsuka lebih lama, karna kendala cuaca bisa jadi faktor keterlambatan, karna pengiriman cargo itu jalur laut..
      Juga setiap event big day sale, paket2 express lebih di prioritaskan..
      Makanya kalo order pas big day, ya harap dimaklumi saja kalo service cargo apalagi kuar pulau jauh lebih lama

      • Saya paham, pak estimasi yang lama.
        Tetapi saya ga paham cara Firstmile JNE yang barang 1 minggi baru di Proses. Mereka tidak kontrol SLA atau ada permainan Outgoing Return sehingga SLA tidak terpantau.

  • paket saya jg dari Tanggerang ke Jakarta via JTR stasutnya dah 11 hari barang masih di gudang JNE, padahal gudang jne ke rumah gak sampe 2 KM. Kalo di tanya barangnya benar2 ada di gudang apa tidak mereka jg kurang tau harus komfirmasi dulu ke gudang, giliran disuruh hubungi pihak gudang jawabntya gak bisa di telpon gudangnya ... Payah JNE TRUCKING sekarng 3 resi via JNE trucking semua sama melwati estimasi katanya 4 Hari untuk wil Jabodetabek

    • Sama kak.
      Sperti saya yg sudah 9 Hari per hari ini.
      Paket gatau ada dimana.

      7 hari beranak pinak di gudang sepertinya.

      • Setau saya jtr ga ada garansi waktu. Yg ada garansi waktu sih cuma JNE yes seperti komplen an saya waktu itu di sini JNE yes dan sukses diganti pas masuk media konsumen
        Kalo jtr emang ada juga ya garansi waktu nya? Baru tau saya soalnya jarang pake JTR.

        • Kemaren sudah tek tok an by phone dan Pihak JNE bersedia menggati kerugian ongkos kirim. Saya masih menunggu pencairan dana nya baru saya bikin statement clear semua.

        • Kemaren kita sudah deal by phone di angka ongkos kirim dan pihak JNE akan memproses. Saya masih menunggu dana cair.

      • Yg sabar aja mas.. Mungkin terkendala barang belum penuh se truknya.. Jadi belum bisa berangkat..

  • Pengalaman saya sebelumnya pakai JNE Trucking mending di telepon hotlinenya, sebelumnya punya saya juga stak di gudang belum di kirim melebihi estimasi, lebih baik langsung ngobrol sama cs nya, kalo di chat kadang pakai template

  • JTR ini aneh... mungkin tergantung lokasi ya. Saya malah heran JTR sehari sampe tp yg YES malah belum sampai.

    Dari bandung ke jakarta. Kadang malah lebih cepat dari reguler dan yes

    • Ternyata sama kaya gw anjir. Dari tanggal 11 sampe sekarang belum ada pergerakan !!!
      SAYA HARAP TIDAK ADA YANG PAKE JASA JNE LAGI

  • Pake yg paling murah tapi galak ?

    Btw hari libur ga masuk hitungan estimasi lho

    • Pak, yang saya msalahkan bukan estimasi. Saya paham dan sadar estimasi itu 4-8 Hari ditangan konsumen. Sepengalaman saya bbrapa kali pake JTR, ke padang maksimal 5 hari sudah sampai.

      Yang saya pertanyakan, kenapa paket saya baru di urus di hari ke-7 ??? Itu 7 hari ngapain ? Beranak pinak gitu di gudang.
      Terimakasih

      • Pake jtr maunya lgsg di proses. Bisa jadi ngendap dsna karena udah campur dgn paket jtr yg lain. Apalagi luar pulau. Apalagi mau msk bln puasa, pasti yg pesan barang2 berat akan lbh bnyak biar ga nyangkut saat momen idul fitri