Surat Pembaca

Masalah Garansi Pengembalian Produk di Official Store Shopee

Halo para pengguna aplikasi e-commerce, agar lebih hati-hati lagi dalam menggunakan Shopee, terkait garansi pengembalian produk untuk para pengguna Shopee. Saya beli handphone Xiaomi Poco M5S di Xiaomi Official Store Shopee. Namun saat saya terima, produk tidak berfungsi, “stuck” di logo Poco. Kemudian saya mengajukan pengembalian barang dan dana.

Saya mengikuti semua prosesnya, sampai saya kirim barangnya ke warehouse Shopee dan menunggu prosesnya beberapa hari. Setelah menunggu proses, pengajuan saya ditolak dengan alasan produk dikirim dalam keadaan segel dan pembeli harus ke service center-nya.

Terus buat apa ada masa garansi Shopee dan mengikuti prosesnya yang berhari-hari (bahkan sampai semingguan lebih), kalau ujungnya kita sendiri ke service center? Berarti masa garansi Shopee cuma pembohongan untuk para pembeli. Hati-hati ya para pengguna atau yang sering belanja di Shopee. Lebih baik stop menggunakan Shopee deh, daripada “tertipu” nantinya.

Gumilang Surya Ramadhan
Yogyakarta, D.I. Yogyakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • kayanya garansi pengembalian produk lebih ke batal beli atau berubah pikiran tanpa merusak/membuka segel

    kalau segel udah dibuka mau gak mau ya klaim garansi

    salah satu resiko beli produk online sih

    • Berarti Kakak gak tahu ya masa garansi Shopee itu apa. Please kak jadi pembeli yang smart

      • Emang bgtu kalau beli hp di shope kecuali anda beli bukan official mungkin berlaku garansi shope ?

  • ke xiaomi service center aja kl memang ngestuck di logo, pasti ditukar baru kok. asal ada bukti pembelian, box hp, aksesoris msh lengkap.

  • Tampaknya TS tidak membaca S&K garansi pengembalian produknya.

    #indonesiadaruratmembaca

  • Kak masa garansi Shopee untuk konsumen jika tidak menerima barang yang tidak berfungsi, Tidak lengkap, tidak sesuai dengan yang dijual dan sebagainya coba deh kalau kakak pake Shopee bisa dibaca apa itu masa garansi Shopee. Saya sudah diservice center Xiaomi dan malah dibalikin ke Shopeenya jadi pihak Shopee tidak mau tanggung jawab dan Xiaomi pun melempar lagi ke Shopee. Jadi please disini saya hanya memberitahukan ke konsumen yang lain jadi konsumen yang tahu mana hak dan kewajibannya

  • Shopee jualan barang baru, kamu balikin dalam keadaan udah buka lepas segel dus ya jatohnya itu barang second / bekas lah, bukan baru lagi.
    Beli hape baru di konter juga mana bisa dibalikin kalau udah buka segel dus.
    Ngaco juga orang ini. Ada-ada aja.

    • Terus kalau pas diunboxing barang tidak berfungsi apa kita gak bisa protes belum dipake sudah rusak. Please jadi pembeli yang pintar kak jangan jadi pembeli yang bodoh. Saya pun beli langsung buat video unboxingnya gak sembarangan. Dan saya klaim masa garansi dimasa garansi Shopeenya. Silakan kakaknya saya doakan jika beli barang seperti saya menerima barang yg belum dipake sudah rusak

      • Enak banget lu bro. Beli hape baru, rusak, minta balikin ke yang jual. Paling kalau lu beli dikonter kelakuan kek gitu, ditoyor kepalanya sama yang jual.

        • LU KOMENTAR MAIN NGATAIN AJA. CERDAS SEDIKIT LAH, DI SINI PEMBELI MINTA HAKNYA SESUAI JANJI KLAIM SHOPPEE JIKA BARANG DITERIMA KONDISI RUSAK MAKA PEMBELI BERHAK UNTUK TUKAR BARANG BARU YANG NORMAL ATAU JIKA TIDAK LAGI PERCAYA BISA DIBALIKIN.
          SEKARANG MISALNYA LU BELI DI COUNTER HAPE TERUS PAS DIBUKA HAPE TERNYATA RUSAK TIDAK BERFUNGSI NORMAL, APA LU MAU UNTUK DIPAKSA TETAP BAYAR DAN HAPE DIBAWA KE SERVICE CENTER UNTUK DIPERBAIKI, TERUS KALAU LU GAK MAU KEPALA LU DITOYOR SAMA YANG JUAL!

          • Cobain aja, beli hape baru di konter, rusak, minta balikin. Kalau ditolak, nanti kepala lu yang gue toyor! ?

        • di komentar pembelinya dengan sangat jelas..menjelaskan kalau SC Xiaomi minta pembeli untuk mengajukan ke yg jual produk apabila pembeli menginginkan penukaran unit baru (dalam hal ini shopee yg menjadi jembatan antara penjual dan pembeli seperti lepas bertanggung jawab) kalau memang bertanggung jawab seharusnya gak di puter2 gitu ga sih, nyusahin yg beli aja, disini pun tempat untuk konsumen ya jd tolong yg ngerasa di posisi yg jual ya seharusnya yg amanah sih.. masa barang reject gak bisa berfungsi masih dijual, mirisnya lagi kesalahan pembukaan segel di limpahkan ke pembeli, dan dengan barang yg sudah dibeli gak bisa berfungsi inipun, parahnya pembeli dibuat muter muter dan kebingungan harus kemana.. dzolim sama orang itu dosa ya.. istighfar..

        • Lah ini orang gimana deh. Ya klo beli di counter hp pas dibuka rusak ya kita gamau beli lah. Knp kita yg ditoyor. Tujuan beli di counter kn biar bisa komplain lsg klo2 ada masalah pas buka. Biasa juga penjualnya kok yg buka trus di setting2 sama mrk Hadehhh logika nya gmn deh

    • klw di lazmall mau segel utuh gak utuh asal cacat pabrik retur beres gak ada kendala gw retur sampai 3× tetap beres klw blanja di Shopee beli yg receh 2 aja klw udh jutaan mending toko hijau atau lazmall btw ente jgn suka ngejek sama orang yg kena musibah nanti klw giliran ente yg ngalamin baru rasa di ejek orang maka nya ente pake nama fake biar gak ketahuan pas kena musibah nyinyir di MK wkwkwk

  • Permasalahannya dari pihak service center Xiaomi meminta DAP dari pihak penjual padahal disini Shopee mall yang mengurusinya ya Shopee sendiri dan saya sebagai pembeli dibuat ribet dan pusing karena dilempar sana sini jika ingin diganti unit baru. Product saya beli langsung diShopeemall yang memang 100% persen barang katanya original tapi pas saya terima dan unboxing barangnya tidak berfungsi normal.

    • Resiko beli barang elektronik via online ya begini pada lepas tanggung jawab.harusnya pihak servis center harus bisa terima itu barang komplen tanpa harus tanya beli di mananya kecuali barang recondisi

  • Parah itu agen chat cs shopee info cacat fisik pabrik manufacture ke servis center. Ini kita beli langsung ke Xiaomi official yang berati jual barang baru fresh lulus Quality control tanpa cacat baik itu cacat bawaan dari pengiriman atau cacat bawaan dari pabrik/manufacture. Kalau beli dari toko ga jelas bukan official yang jual barang second atau refubrish ya itu tidak diberikan garansi pengembalian produk. Contoh pengalaman Saya beli di lazada tv Hisense layar black ada suara saya ajukan pengembalian dana dan barang langsung direspon disuruh kirim balik barang ke gudang lazada dan dana dikembalikan langsung ke akun pembayaran awal saya. Kejar terus jangan mau dibodohi. Masukan untuk shopee jangan mempersulit konsumen kalau barang sudah dikembalikan ke gudang shopee.

    • Iya kak sudah saya kembalikan ke werehouse Shopeenya malah ditolak suruh ke Service Centernya. Trs ke service center ditolak katanya pengembalian hanya bisa dilakukan oleh penjualnya dan saya kirim lagi dong kewere house shopeenya saya juga tahu kalau yg saya lakukan sudah benar dan sesuai aturan Shopeenya. Cuma CS Shopee atau Shopeenya gak bertanggung jawab

  • Jika memang harus ke Service center Xiaominya kenapa pihak servicenya bilang harus kepenjual dulu baru diproses. Ini saya sudah mengajukan pengembalian barang dan dana malah ditolak dan CS Shopee sendiri tidak bisa menjawab hanya bilang baik akan kami tanyakan ke team terkait dan akan diproses gtu aja. Wong S&Knya aja saya sudah sesuai rule yg ditetapin sama Shopeenya sendiri

  • Marketplace (dan seller) hanya meng-cover masalah terkait proses jual-beli dan pengiriman. Ini sebenarnya sama saja kalau beli offline, jika hape terkendala maka akan dirujuk ke SC. Bedanya beli offline barang bisa dibuka dan di tes fungsionalitas dasar dahulu sebelum bayar, jika bermasalah maka kewajiban toko untuk klaim tukar unit.

    Untuk TS kedepannya sebaiknya beli offline saja kalau belum memahami betul mekanisme belanja online. Semoga segera dapat penggantian Poco M5S dari SC—dan tidak usah dipakai untuk belanja online. ?