Beli Kursi Kantor di Blibli.com, yang Diterima Barang Cacat dan Tidak Bisa Dipakai

Sebelumnya terima kasih kepada Media Konsumen karena telah menerbitkan surat keluhan saya.

Pada tanggal 1 Februari 2023, saya melakukan pembelian kursi kantor kursi putar di aplikasi blibli.com, dengan nomor pesanan: 12123634834. Barang diterima pada tanggal 13 Februari 2023, melalui ekspedisi JNE Trucking, dengan nomor resi BLIJC03727879655. Saat paket datang, saya sedang bersiap untuk dinas luar kota sehingga paketnya saya buka tanpa video unboxing. Sekilas semua terlihat baik.

Saya baru kembali ke rumah pada 28 Februari 2023, dan langsung merakit kursi yang saya pesan tersebut. Selesai dirakit, baru terlihat ternyata kaki kursi itu penyok dan tidak bisa digunakan. Saya langsung cek detail semua bagian dan ternyata saat saya ukur, kaki kursi pun tidak sesuai spesifikasi kursi yang dijual. Seller menuliskan kursi kaki berukuran 320 mm (ukuran besar), sedangkan yang saya terima <280 mm (ukuran kecil).

 

Sebenarnya saya membeli 2 buah kursi. Namun yang satunya kaki kursi bagus, walaupun kursi yang dikirim juga sama tidak sesuai spesifikasi. Karena saya tidak mau ribet, akhirnya saya hanya mengajukan 1 refund karena kursi yang penyok ini benar-benar tidak bisa dipakai.

Pada hari itu juga tanggal 28 Februari 2023, saya mengajukan pengembalian produk tepat pada hari ke-15 masa asuransi pengembalian barang Blibli. Prosesnya disetujui oleh pihak Blibli untuk pengembalian barang melalui jasa pengiriman ekspedisi lain ,dengan kode boking RMA656532. Lalu saya chat CS Blibli apakah bisa pembayaran ongkir-nya sistem COD. CS menjawab tidak bisa, ongkir harus dibayarkan di awal dan pihak Blibli akan mengganti biaya ongkir tersebut dengan catatan retur disetujui.

Lalu saya pikir seandainya tidak disetujui, bagaimana? Apakah sia-sia saya kirim barang pakai ongkir sendiri pula? Akhirnya saya berniat untuk membatalkan retur sebelumnya, untuk mengganti jasa pengiriman memakai JNE, karena pengiriman gratis dan dikasih waktu maksimal 2 hari untuk kirim barang retur tersebut.

Ternyata prosesnya tidak segampang itu. Ketika saya mau pengajuan retur ulang, aplikasi Blibli sedang trouble sehingga saya tidak bs melakukan pengajuan retur ulang. Sy ulang terus agar bisa terdaftar kembali retur saya. Namun hingga malam pukul 21.00 WIB, aplikasi Blibli tetap eror tidak bisa melakukan pengajuan. Akhirnya mengingat asuransi retur hanya 15 hari setelah barang diterima, saya chat CS Blibli untuk minta solusinya agar saya bisa pengajuan retur ulang.

Lalu saya chat CS Blibli di aplikasinya dan karena memang sedang trouble CS Blibli yang bernama Vera mengatakan untuk dikirim saja produknya pakai nomor retur yang lama. Karena walaupun pengajuan baru, nomor returnya tetap sama dan saya tidak perlu mengajukan retur ulang, karena nomornya pun tetap sama. Akhirnya saya kirim produknya keesokan harinya di tanggal 1 Maret 2023 sesuai instruksi CS Blibli menggunakan nomor retur yang lama.

Barang diterima pihak Blibli tanggal 6 Maret 2023, dan yang membuat saya kaget ternyata nomor retur saya berubah sendiri menjadi: RMA658608, yang dibuat tepat tanggal 6 Maret 2023. Padahal saya tidak mengajukan nomor retur tersebut.

Pada tanggal 7 Maret 2023, saya mendapat jawaban dari Blibli, bahwa klaim aktual saya terbukti. Namun karena saya baru mengirimkan produk pada hari ke-16 berdasarkan nomor retur yang baru, sehingga klaim tersebut belum bisa dilanjutkan.

Alangkah kecewanya saya, padahal CS Blibli sendiri yang suruh saya kirim barang tersebut. Seandainya memang tidak bisa klaim atau sudah melewati batas klaim, saya pastikan saya tidak akan kirim produk tersebut. Sangat disayangkan e-commerce sekelas blibli.com, yang jargonnya “KARENA KAMU NOMOR 1”, memberikan pelayanan yang mengecewakan customer.

Begini susahnya penanganan retur di Blibli? Apakah seperti ini Blibli memperlakukan customer? Saya sangat kecewa dan merasa dipermainkan, setiap kali ditanya hanya diberikan janji-janji untuk investigasi ulang dan saya hanya di berikan voucher Rp50 ribu, untuk ganti ongkir saja bahkan tidak cukup.

Saya mohon dengan sangat pihak BLIBLI bisa bijak menyikapi masalah ini, karena saya sudah rugi barang, rugi ongkir ditambah rugi waktu. Jika tidak disuruh CS, saya tidak akan kirim barang tsb. Saya berharap dengan dimuatnya tulisan ini, pihak Blibli dapat menindaklanjuti kendala yang saya alami dengan memberikan solusi mengembalikan dana saya/refund seluruhnya. Karena produknya rusak tidak bisa dipakai dan tidak sesuai spesifikasi produk yang dijual.

Rina Maya Sari
Kab. Tebo, Jambi

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Surat Tanggapan Beli Kursi Kantor di Blibli.com, yang Diterima Barang Cacat dan Tidak Bisa Dipakai

Menanggapi surat keluhan pembelian kursi kantor yang dikirimkan Ibu Rina Maya Sari, yang diunggah di halaman Media Konsumen pada 16...
Baca Selengkapnya

15 komentar untuk “Beli Kursi Kantor di Blibli.com, yang Diterima Barang Cacat dan Tidak Bisa Dipakai

  • 16 Maret 2023 - (19:37 WIB)
    Permalink

    Saya ga mau suudzon lebih dulu dengan sellernya.
    Tapi karena awalnya pake JNE Trucking yang layanan kargo lebih baik investigasi juga ke pengiriman.
    Karena handling kargo itu buat barang-barang berat, dan pasti barengannya juga paket gede semua. Takutnya itu kursi penyok di kurir. Udah tau sendiri kurir disini sangat berbakat di bidang lempar lembing semua.

    3
    1
    • 16 Maret 2023 - (20:53 WIB)
      Permalink

      Iya benar kak, saya tidak menyalahkan seller soal barang yg penyok namun disini sy juga dirugikan atas spesifikasinya karena yg seller jual itu ukuran 320 mm sedangkan yg sy terima < 280 mm

      • 16 Maret 2023 - (22:40 WIB)
        Permalink

        Beli kursi jauh2 pakai online. Padahal dekat juga ada. Giliran kena masalah seperti ini. Sama siapa mengadu. Siapa disalahkan. Siapa bertanggung jawab

        2
        6
        • 16 Maret 2023 - (22:53 WIB)
          Permalink

          itu hak dia mas mau beli online atau offline.
          komplen dalam jual beli itu wajar2 aja.
          beli online dan beli offline ada resikonya masing2.
          kan mas diatas ud menjelaskan terlebih dahulu.dia ud komplen ke blibli tp trouble terus.yg beli di blibi banyak, yg komplen pasti lebih banyak.
          jln terakhir yaa ngadu ke MK, mungkin biar cepat ditanggepin.

        • 17 Maret 2023 - (13:48 WIB)
          Permalink

          Lah seterah dia mau beli online apa offline, duit duit dia, lagian lagi apes aja itu.
          Emang kamu yang bayarin?

  • 16 Maret 2023 - (21:57 WIB)
    Permalink

    Lengkungan kaki ikut diukur kali, bukan tarik garis lurus dr ujung ke ujung. Ukurnya kaki yg masih normal, jangan yg udah bengkok dan berubah bentuk.

    • 16 Maret 2023 - (22:50 WIB)
      Permalink

      TS juga menclamencle mau retur trus gak jadi trus jadi pas injury time. Kayaknya juga apps bleble ga ada error kok, sinyal aja kali tu jelek disitu

      1
      1
        • 17 Maret 2023 - (12:06 WIB)
          Permalink

          beli kursi lebih enak dan cek barang ditoko offline, kalau ada masalah tinggal datang dan minta tukar, gw udah cek harga cuma beda dikit doank, wajar karena toko offline punya kualitas yg jelas dan juga bayar sewa dan bayar pajak , kalau gak mau rugi beli di offline, kalau mau kayak judi untung untungan ya beli online

 Apa Komentar Anda mengenai Blibli.com?

Ada 15 komentar sampai saat ini..

Beli Kursi Kantor di Blibli.com, yang Diterima Barang Cacat dan Tidak …

oleh haziq dibaca dalam: 3 menit
15