Surat Pembaca

BFI Finance Menolak Itikad Baik Nasabah untuk Membayar, Malah Meminta Biaya Penanganan 15 – 20 Juta Rupiah

Assalamualaikum. Nama saya Rudi Irmansyah, nasabah BFI Finance cabang Bekasi 5 (yang ada di ruko Citra Gran Cibubur) dengan nomor kontrak: 6372209380. Pada awal bulan Maret, saya mempunyai tagihan yang tertunggak selama 2 bulan.

Tanggal 3 Maret 2023, saya mendatangi kantor BFI cabang Bekasi 5 di ruko Citra Gran Cibubur. Saya ingin membayar 1x angsuran terlebih dahulu, dikarenakan finansial saya sedang bermasalah. Namun pihak BFI menolak, dengan alasan harus membayar minimal 2 bulan dan saya dikasih waktu sampai tanggal 10 Maret 2023, harus membayar 2x angsuran. Oke, saya sanggupi.

Tepat pada tanggal 10 Maret 2023, saya sudah ada dana sebesar 2x angsuran dan saya mendatangi kantor BFI cabang Cibinong. Kemudian kasir mengkonfirmasi ke cabang Cibubur. Intinya pembayaran saya juga ditolak, dengan alasan sudah ditangani oleh pihak ketiga. Saya dikasih nomor WA untuk konfirmasi. Oke saya hubungi.

Tidak lama kemudian datang orang utusan pihak ketiga. Saya bertanya kenapa saya tidak bisa membayar? Alasannya sama seperti ucapan kasir tersebut. Di situlah terjadi kesepakatan, jika saya ingin membayar 2x angsuran, saya harus membawa unit (mobil) yang menjadi jaminan ke pihak BFI. Oke saya menyanggupi. Lalu dibuatlah kesepakatan surat pernyataan di atas materai, bahwa pada tanggal 11 Maret 2023, saya akan membawa unit tersebut untuk digesek nomor rangka dan nomor mesinnya. Setelah saya membuat surat tersebut, saya ingin mendokumentasikannya, tapi pihak ketiga dari BFI menolak.

Tepat tanggal 11 Maret 2023 pukul 09.00 WIB, sesuai kesepakatan dicek lah unit saya oleh pihak ketiga. Setelah selesai semua dan tidak ada masalah untuk nomor mesin dan nomor rangka, di situlah baru timbul permasalahan. 2 orang dari pihak ketiga memberitahu saya jika unit tersebut harus dititipkan terlebih dahulu di pihak mereka. Saya komplain, kan perjanjian kemarin tidak seperti ini bunyinya.

Di situlah surat pernyataan yang kemarin saya buat itu dihilangkan oleh pihak ketiga. Padahal itu surat perjanjian di atas materai Rp10.000. Saya tetap berpegang kepada surat pernyataan tersebut. Namun pihak ketiga bilang, jika ingin tetap ingin membayar angsuran 2 bulan, saya harus membayar biaya penagihan terlebih dahulu sebesar Rp15 – Rp20 juta kepada pihak ketiga dari BFI Finance dengan jaminan unit (mobil) tersebut.

Saya meminta solusi tetapi tidak dengan nominal yang disebutkan, tetapi ditolak. Yang saya sayangkan, kenapa waktu saya membuat surat pernyataan setelah selesai saya tidak diperbolehkan mendokumentasikan surat pernyataan tersebut? Setelah dicek, surat pernyataan itu dihilangkan dan pihak BFI cabang Cibinong pun menyetujui biaya penanganan tersebut

Apa begini perlakuan pihak BFI Finance dalam menangani itikad baik nasabah untuk membayar angsuran? Lebih parahnya lagi, saya dipaksa untuk menandatangani surat penyerahan kendaraan dengan sukarela. Di mobil tersebut masih ada barang berharga saya, seperti audio lengkap, tetapi di surat penyerahan ditulis tidak ada barang berharga.

Niat saya mau membayar tunggakan, kenapa malah dipersulit? Sampai surat pernyataan di atas materai pun berani mereka hilangkan. Terima kasih.

Rudi Irmansyah
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan BFI Finance atas Keluhan Bapak Rudi Irmansyah

Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com, Sehubungan dengan keluhan yang disampaikan oleh Bapak Rudi Irmansyah perihal “BFI Finance Menolak Itikad Baik Nasabah...
Baca Selengkapnya

Komentar

    • Nama doang bagus..pemikiran anda jelek ga kyk nama anda ...hidup g ada yg tau rejekipun sama ga ada yg tau..kyk anda g pernah ngalamin masa sulit aj...ngaca bos...

    • Hidup manusia tdk ada yg tau bos kadang diatas kadang dibawah..semoga anda tdk mengalaminya, atau anda slh satu dc b*n*s*t..

      • Sbnrnya di kehidupan nyata mereka itu lah tukang hutang yg sebenarnya bahkan lbh parah lg. Sudah saat nya dc2 b*n*s*t itu bisa dijerat dgn undang2 terorisme, krn selalu menebar ketakutan dimana2.

  • aneh juga ya 2 bulan sudah penanganan pihak ke 3 apakah nasabah nya sangat bermasalah? tp sebelumnya nasabah sudah ada komitmen pembayaran dengan pihak kantor harusnya tidak di limpahkan ke pihak ke 3 karena enak sekali pihak ke 3 ga kerja cuma modal ngadalin saja dapat 15 jt... jangan2 internal bfi nya bakal dapet jatah makanya buru2 d lempar ke pihak ke 3 coba bfi finannce cek sudah benarkah SOP nya???

    • wah..pihak ketiga bisa makan seafood nih.. cuannya lumayan. lain kali kalau berhadapan dgn pihak ketiga, digertak dikit jangan langsung ciut, jika mental udah drop,, disuruh ngapain aja pasti mau.. emang begitu ilmunya.

      bagi siapapun yg mengalami hal yg sama harap buat dokumentasi dalam bentuk video.. jika anda merasa dirugikan..

    • Itu akal2an leasing...biar unit ktarik...bs djual lg harga msh tinggi..udh untung leasing pembayaran yg udh masuk otomatis hilang.. unit djual lg..dobel combo ne BFI untungnya.kshan konsumennya...tpi dr pelajaran ini leasing ini jg bakal.susah punya konsumen..up aj terus...

  • Sepertinya udah red warning kalau pihak ke 3 nya tidak mau direkam.

    Saran saya selanjutnya sebaiknya buat laporan polisi kalau terjadi penipuan dan pencurian.

    Bahkan sepertinya kalau itu terjadi pada saya, sudah saya buat live dan rekam sambil bawa parang paling besar ke BFI. bongkar semua disana sambil marah2.

    Karena anda sudah dijebak berkali kali dan sudah ditipu.

    Anda dijebak pihak ke 3 untuk ke BFI dan tidak boleh dokumentasi.

    Surat bukti anda diambil tanpa ijin oleh pihak BFI

    Kendaraan anda ditipu dan terjadi pemaksaan penandatangan surat sukarela.

    Kalau saya minimal akan buat ribut setiap hari di depan BFI agar mereka sepi dan tidak ada lagi yang terkena jebakan seperti anda.

  • Saya pernah terjebak seperti bapak diatas sebelum nya,saya telat 2 bulan di BFI dan niat saya mau bayar 2 bulan di cabang bekasi 3 daerah galaxy,setelah saya ke cabang galaxy saya harus bayar di suncity karena sudah telat 2 bulan setelah saya sampai di sun city dan sudah mengambil antrian tibalah nama saya di panggil dan kata nya harus menemui pak mumuh kepala cabang sun city,disitu saya kaget tidak bisa bayar 2 bulan dan di sodorkan 2 pilihan, pilihan pertama bayar lunas dan pilihan ke 2 motor di tarik padahal disitu saya mau bayar tunggakan saya yang hanya baru 2 bulan dengan terpaksa motor saya di taruh di BFI suncity dengan surat serah terima seperti surat yang bapak lampirkan diatas dan dikasih tempo 2 minggu untuk mengambil motor dengan syarat melunasi sisa tagihan/angsuran

    • Telat 2 bulan ini maksudnya bulan lalu ga bayar + tagihan bulan ini

      atau

      Sudah 2 bulan tidak bayar dan sudah jatuh tempo tagihan bulan ini (alias harus bayar 3 tagihan)?

      Klo sudah terlanjur jadi 3 memang tidak bisa dicicil sih, harus lunas 3 itu walaupun belum bayar denda, dan biasanya hanya bisa dibayar di kantor cabang (TANPA PIHAK KETIGA)

      Dan kalau bisa bayar 3 itu ga ada titip unit ato gesek nomer rangka / nomer mesin

      • telat 2 bulan pak & uang pembayaran ny pun sudah ada pas sy ingin membayar di lempar ke pihak ke 3..

  • Setuju...fix BFI leasing sampah...utk yg mau kredit jgn mau ambil unit via leasing kere kaya gini...utk TS sebaiknya lgsg gercep lapor polisi,dah masuk ranah penipuan n pemerasan...

    • oo jadi bgini cara kerja BFI, main lempar ke pihak ketiga walaupun sudah ada usaha dari nasabahnya untuk melakukan pembayaran. ternyata banyak juga yang terjebak dan mengalami kejadian serupa, jangan kerjasama dengan leasing ini ah usaha jual beli mobilnya..

  • Jika mau pinjam dana tunai atau siap kredit .
    Mental dan keberanian anda harus diatas DC..
    Jika tidak y seperti ini jadinya ketika anda menunggak, jd mau aja apa yg diinginkan DC

    • Anda sudah dipermainkan dan dijebak serta diperas. Saran saya buat pengaduan. Anda bisa konsultasikan dengan saya bagaimana langkah selanjutny.

    • kalo nanti jawaban bfi sperti ini;

      mengenai surat bpk. ***
      perihal masalah ***. ***
      kami sdh mencoba menghubungi bpk ***
      dan beliau mengerti dan menerima solusi dr kami.
      kami memohon maaf atas kejadian yg dialami bpk *** dan sdh memberikan tindakan tegas kepada karyawan dan oknum2 pihak ke 3.

      tdk ada penjelasan knp hal itubterjadi.
      tindakanbtegas macam apa yg uda dilakukan bfi ke oknum2 trsbt.
      jd mending mikir 2x deh mau mampir ke bfi

  • Klw telat2 gtu baiknya anda simpan nomer para kolektornya, klw kepepet utk bayar tlp deh kolektornya. Yg saya tau klw telat 2 bulan ga akan mau ambil 1 angsuran wajib 2bulan kenapa, alasanmerekA kwatir jadi habit tiap telat 2bulan bayar 1, krn kolektor sdh ditarget wajib current atau bayar lunas angsuran berjalannya.

  • Hati hati pak. Permainan internal di dalam account bapak dicetak SK surat kuasa penarikan ke external, dan diminta biaya BT batal penarikan 15 sd 20jta . Buat bagi² mereka.