Surat Pembaca

Pengajuan Pasang Baru Listrik PLN Tak Kunjung Direalisasikan

Sebelumnya maaf jika saya memuat kekecewaan saya atas pelayanan PLN di sini. Saya sudah terlanjur sangat kecewa, seperti sedang dipermainkan oleh petugas PLN cabang Pontianak Kota.

Pada tanggal 25 Januari 2023, saya mengajukan pasang baru listrik PLN 900 Kwh. Pembayaran lunas saat itu juga melalui aplikasi PLN Mobile. Saya senang, setelah menunggu 1,5 bulan lebih akhirnya tertulis status dalam pelaksanaan penyambungan. Sebelumnya saya sudah membuat pengaduan, karena lebih dari 5 hari tidak ada petugas PLN datang.

Tanggal 7 Februari 2023, pengaduan saya mendapat jawaban material kosong. Setelah itu saya menanyakan kembali terkait ketersediaan material katanya bisa lewat bulan Februari. Akhirnya saya tanya lagi bulan Maret, karena saya dengar dari saudara saya kalau Kwh meter sudah ada (saudara saya ditawari oleh seseorang, jika bayar Rp1.500.000 Kwh meter akan langsung dipasang).

Saat saya tanya tanggal 8 Maret 2023, jawabannya belum bisa dipasang karena masih antre. Sehingga saya harus menunggu lagi. Hari ini tanggal 15 Maret 2023, saya mendapatkan laporan bahwa pengajuan saya dalam proses pelaksanaan penyambungan. Namun begitu kecewanya saya setelah saya tanyakan kembali melalui pengaduan di aplikasi PLN Mobile, mendapatkan jawaban MATERIAL KOSONG.

Hal ini sangat tidak sesuai dengan janji yang diberikan, bahwa pelaksanaan pasang baru paling cepat 5 hari kerja, paling lama 25 hari kerja.

Saya minta penjelasan secepatnya dari PLN, bagaimana bisa pengajuan pasang baru sudah 1,5 bulan lebih sejak pembayaran lunas belum direalisasikan juga? Kenapa jawaban pengaduan “material kosong” padahal status pengajuan “pelaksanaan penyambungan”?

Terima kasih.

Anita Nur Jannah
Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Coba kasih rating 1 di playstore terus tulis di situ permasalahannya. Kalau saya kemarin begitu saya kasih rating 1 langsung ditelpon sama PLN untuk mengubah ratingnya. Tapi saya bilang, ya kalau mau diubah permasalahan saya diselesaikan dulu dong. Baru deh setelah itu mereka gercep. Hahahahah

    • Pengaduan tertutup di aplikasi PLN mobile jawabannya pasti sama, dikasih nomor lapor baru terus. Lebih parahnya lagi disuruh batalkan pengajuan pasang baru nya (memang bisa ya pengajuan dibatalkan?)
      Begitu surat pembaca ini terbit langsung ada telfon dari petugas mau menjelaskan secara langsung tatap muka. Pengaduan terbuka (diketahui publik) baru direspon cepat.

  • Kira² 3 bulan yang lalu saya pasang listrik baru di kontrakan. Datang langsung ke kantornya ditolak disuruh online, daftar online ribet persyaratannya.
    Akhirnya minta tolong tukang catat meter, bayar 1.3 juta untuk 900 kwh. Sabtu bayar , senin dy kerumah minta fotocopi KTP. Rabu udah dipasang.
    Emang untuk meteran langka, diutamakan yang lewat orang dalam.

    • Sudah menjadi rahasia umum di PLN, siapa yang bayar langsung ke petugas lapangan dengan biaya yang tidak seharusnya atau lebih tinggi maka meteran pasti segera di pasang secepat mungkin, namun bagi calon pelanggan yang mau lurus2 saja maka itulah kejadian nya pemasangan bakalan lama namun status di APKT sudah selesai, padahal TMP mereka 5hari kerja.

      • Memang ini yang mau saya mintai penjelasan. TMP 5hari tetapi faktanya saya sendiri mengajukan 1,5bulan baru direalisasikan. Saya tanya sama petugas lapangan katanya 1,5 bulan itu termasuk cepat, karena ada yang sampai 11/12bulan. Memang ada ya yang sampai menunggu 1 tahun untuk mendapatkan listrik?

    • Lokasi dimana pak? Kenapa tidak mengajukan pengaduan? Apabila kejadian seperti itu diam saja, takutnya akan berlanjut ke orang lain.

  • Copy/paste di lapor.go.id . 3hr urusan sm bumn kelar masalah gini. Kecuali tiang PLN di dalem pekarangan rumah tanpa ijin pemilik lahan harus di CC ke ombudsman ?

    • Tadi malam ada salah satu petugas yang langsung menghubungi setelah ada surat pengaduan di media konsumen ini. Mau menjelaskan secara langsung dengan tatap muka. Jika masih ada penjelasan yang menjanggal, saya lanjut lapor lagi. (Kebetulan ada perumahan dekat rumah saya yang baru dibangun setelah saya mengajukan pasang baru. Tapi anehnya perumahan itu mendapat listrik lebih awal dari rumah saya. Jelas sekali ada kejanggalan dalam proses antre disini. Rumah yang baru dibangun dapat antrean lebih dulu dibanding rumah saya yang sudah mengajukan antrean sebelum pembangunan rumah itu)

      • Katanya PLN surplus cadangan listrik, krn permintaan listrik tidak sebanding dengan produksi listrik, gmn mau terjual tuh listrik jika pasang baru di bawah saja di persulit oleh keroco2 PLN apakah itu pegawai atau yantek non pegawai PLN.

      • Memang beginilah kerjaan PLN, kalo ada gangguan atau apa2 lebih baik mengeluh di Twitter saja karena langsung gercep, kalo di aplikasi kayak yg pura2 mati terus malah di batalin otomatis karena pelanggan tidak ada nomor telpon. Lah...

  • Emang begitu kerjanya ya dimana mana ... giliran pake orang lapangan bayar langsung cepet.

  • Alhamdulillah hari ini tanggal 20 maret 2023 saya sudah mendapatkan penjelasan dari PLN ULP kota pontianak.
    pengajuan pasang baru listrik di rumah saya juga sudah terealisasi tanggal 17 maret 2023 (sebelumnya saya menulis surat pembaca di media konsumen tanggal 15 maret 2023 tetapi terbit tanggal 18 maret 2023) tanpa adanya biaya tambahan (pembayaran sesuai yang tertera di aplikasi PLN mobile, dan petugas lapangan tidak ada yang meminta tambahan biaya). Dalam surat yang saya tulis di atas, saya tidak menuliskan bahwa petugas PLN meminta biaya tambahan, tetapi ada pihak ketiga yang menawarkan dengan harga Rp 1.500.000 untuk listrik 900 Kwh dengan "iming-iming" Proses cepat. Untuk proses pasang baru baik melalui aplikasi PLN mobile ataupun pihak ketiga, tidak ada perbedaan antrean (semua antrean sama-sama diatur oleh sistem).
    Jika ada seseorang yang bisa mempercepat proses dengan biaya tambahan, pelanggan bisa langsung mengadukan ke pihak PLN bisa juga melalui pengaduan di aplikasi PLN mobile.
    Diharapkan untuk masyarakat jika ingin mengajukan pemasangan listrik bisa langsung melalui aplikasi PLN Mobile dan tidak melalui perantara pihak ketiga supaya tidak mengeluarkan biaya tambahan.

    • Berapa lama estimasi waktu yang dibutuhkan kak untuk pemasangan listrik,, dari awal pengajuan smpe dipasang, menggunakan aplikasi PLN Mobile tersebut

  • Masyarakat berharap Menteri terkait (Menteri BUMN Erick Thohir) memperhatikan bidang tugasnya. PLN adalah salahsatu anak BUMN yg sangat vital bagi masyarakat.
    Saya amati kok sibuk show off dan berpolitik terus.
    Tidak sepatutnya seorang Pembantu Presiden berpolitik.
    Pak Jokowi mestinya menegur bawahannya yg kurang memperhatikan tugas dan kewajibannya.