Surat Pembaca

Seller di Marketplace Itemku Melakukan Penipuan, CS Tidak Menanggapi Komplain Pembeli

Saya sudah lama menggunakan marketplace Itemku, walaupun tidak sering bertransaksi. Selama saya bertransaksi, tidak terdapat masalah apa pun. Sampai pada 1 Maret 2023 kemarin, saya ditipu oleh salah satu penjual di marketplace Itemku.

Kronologinya, saya membeli voucher Google Play sebesar Rp1.500.000. Beberapa menit kemudian, penjual mengirimkan 2 buah voucher Google Play sebesar Rp750.000, dengan total Rp1.500.000. Selanjutnya, saya mencoba memasukkan voucher tersebut ke dalam akun Google Play saya melalui aplikasi Google Play Store. Setelah saya memasukkan voucher tersebut, saya mendapatkan notifikasi bahwa voucher tidak dapat digunakan, karena sudah dipakai oleh akun lain.

Dari sini, saya membuat komplain baik kepada penjual maupun kepada CS. Dalam proses komplain, respons penjual sangat lama dan terkesan memaki saya. Ketika saya menghubungi CS Itemku, mereka menjawab bahwa proses komplain akan diteruskan kepada penjual.

Beberapa kali saya membuat komplain ulang kepada CS Itemku, mereka malah menutup langsung komplain saya tanpa adanya solusi, baik penggantian dana ataupun penggantian voucher. Selang beberapa hari, tiba-tiba status pesanan saya selesai tanpa adanya solusi atas permasalahan saya. Padahal, saya telah menyertakan bukti video maupun screenshot proses memasukkan voucher ataupun histori pembelian setiap akun yang saya miliki.

Selama saya membuat laporan komplain sampai saat ini juga pihak CS Itemku tidak menanggapi/merespons sama sekali laporan komplain yang saya buat baik di fitur komplain. Informasi di pusat bantuan Itemku dengan pertanyaan “Bagaimana jika penjual melakukan kecurangan?” tertulis bahwa, “Jika kamu merasa dirugikan oleh tindakan penjual, segera hubungi pihak Itemku untuk membuat laporan. Kami akan memberi bantuan hingga permasalahan kamu selesai”

Dari pernyataan di pusat bantuan tersebut, terjadi kebalikannya dengan kegiatan di Itemku. Pihak Itemku tidak merespons komplain yang saya buat sehingga masalah tidak teratasi. Aturan dalam Itemku juga menyebutkan bahwa, “Jika pembeli tidak memberikan update terhadap transaksi yang sudah dia lakukan dalam 2 (dua) hari, itemku akan mentransfer dana langsung ke penjual tanpa konfirmasi kepada pembeli terlebih dahulu“.

Dalam masalah yang saya hadapi, hal ini menjadi kekhawatiran saya kalau si penjual akan tetap mendapatkan dana tersebut tanpa mengirim produk yang saya pesan, sehingga saya selaku pembeli akan dirugikan.

Kasus ini mengakibatkan proses transaksi tidak berjalan sebagaimana mestinya mengingat sistem transaksi dalam Itemku yang mengklaim “safe trading“, tetapi tidak menjamin keamanan penerimaan produk dari penjual. Penjual curang bisa saja terus melakukan penipuan macam ini dan dengan lambatnya proses respons Itemku, membuat pembeli tidak merasa aman dan tentunya dirugikan jika bertransaksi.

Segala cara sudah saya lakukan untuk menghubungi CS Itemku, dengan mengunjungi berbagai sosmed Itemku, tapi pihak Itemku tidak kunjung memberikan pelayanan yang dijanjikannya. Bahkan saya sampai mengecek rating aplikasi Itemku pada Playstore dan banyak pengguna lain mengeluhkan hal yang sama pada kolom penilaian demi menghubungi pihak Itemku, juga pada kolom komentar sosmed Itemku seperti Instagram, Twitter, Facebook.

Dengan banyaknya masalah seperti ini yang tidak ditangani oleh pihak Itemku tentunya membuat saya sangat kecewa dengan pelayanan yang diberikan dan merasa sangat dirugikan karena tidak diatasi dengan baik oleh marketplace. Yang saya harapkan dari laporan ini adalah, dana tidak diteruskan ke penjual dan bisa balik ke saya karena penjual menekan tombol terkirim sebelum mengirimkan produk. Walaupun produk yang saya beli hanya senilai Rp1.500.000 dan bagi Anda tidak seberapa, bagi saya itu adalah jumlah yang sangat berharga.

Wangsa Syailendra
Kab. Paniai, Prov. Papua Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Itemku perihal Seller di Marketplace Itemku Melakukan Penipuan, CS Tidak Menanggapi Komplain Pembeli

Dengan hormat, Terima kasih atas masukan yang diberikan kepada Itemku melalui kanal Media Konsumen. Kami informasikan bahwa terkait dengan kendala...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Kalo saya ga pernah stok voucer google... Saya kalo ada event game bagus baru mau topup game ml favorite saya di Instagram Only_Sultan_Store. Ga pusing mikirin stok. harga juga lebih murah dari marketplace lain shopee codashop unipin... Proses topupnya juga cepet... Dari 2019 saya topup disana aman aman saja....

  • Ini lapak seller di market place yg terverifikasi tidak biasa kalau biaya tambahan lebih besar dan waktu pengisian kurang dr 10menit seller nya ratingnya baik sudah ratusan x top up game di item ku dr ML waktu beli diamond hrg 1.3jt untuk dpt skin legend balmon, top up buat Genshin impact dah berkali2 gacha semua aman

  • Kejadian sama saya sekarang, tapi voucher bukan tidak bisa digunakan tetapi nominal berbeda, saya order gpc nominal 1.5jt waktu saya redeem isinya 20k bukan 1.5. csnya begitulah, bukti2 yg saya punya udah saya kirim sampe screenrecord nominal saldo dan history transaksi, untuk waktu redeemnya saya hanya punya screenshot (karna saya pikir aman, sebelum2nya saya sering order diitemku), tapi mereka minta bukti history penambahan saldo Google, saya cari2 g nemu digoogle fitur itu dan saya nanya cs itemku ngeceknya dimana tidak dijawab. Uangnya ya raib, mana uang orang yang mau RC game.. gakan lagi saya pake jasa itemku