Sudah Melakukan Pembayaran Tagihan Kartu Kredit BRI, tapi Tidak Tercatat di Sistem

Dear Bank BRI,

Saya sudah melakukan pembayaran tagihan kartu kredit BRI OVO saya sebelum jatuh tempo, yaitu pada tanggal 16 Maret 2023 pukul 08.30 WIB, sebesar Rp4,9 juta. Saya melakukan pembayaran melalui aplikasi BRImo. Selang 1-2 menit saya cek aplikasi Mobile Credit Card BRI, bahwa limit sudah kembali sesuai dengan nominal yang saya bayarkan.

Namun alangkah terkejutnya saya, karena hanya selang 2 jam, yaitu sekitar pukul 11.00 WIB, pada saat saya cek kembali BRI Credit Card Mobile, ternyata limit saya berkurang seperti pada saat sebelum melakukan pembayaran tagihan. Padahal saya tidak melakukan pembelian apa pun menggunakan kartu tersebut. Seketika saya langsung telepon call center untuk meminta penjelasan. Namun saya dibuat terkejut kembali, karena info CS menyatakan bahwa pembayaran yang sudah saya bayarkan belum diterima sistem BRI. Nomor laporan: 45070574.

Hingga tanggal 18 Maret 2023, saya sudah 4 kali telepon CS BRI. Bahkan saya sampai mendatangi BRI Cabang Naripan Bandung untuk meminta penjelasan. Lagi dan lagi, agen CS BRI menyatakan bahwa memang tidak ada pembayaran. Padahal jelas-jelas saldo saya sudah terdebit dari rekening BRI, payment successful, tetapi dinyatakan pembayaran tidak ada. Saya bingung dengan sistem Bank BRI, mengapa bisa ada transaksi yang tidak tercatat? Buang-buang waktu dan buang-buang pulsa bagi saya, karena saya sudah melakukan pembayaran, tetapi tidak tercatat di sistem kalian.

Karena saya penasaran, sore harinya saya mencoba membayarkan Rp7.000 untuk tagihan kartu kredit saya melalui Bank BRI. Saat saya cek di aplikasi BRI Credit Card Mobile bahwa dana Rp7.000 tersebut baru masuk dan anehnya yang masuk adalah Rp17.000, padahal saya bayar hanya Rp7.000. Jujur ini membuat saya bingung dan sedikit kesal dengan sistem bank. Bagaimana bisa saya sudah membayar tagihan Rp4,9 juta, tapi tidak tercatat sama sekali? Kemudian bagaimana bisa bahwa saya membayar Rp7.000 tapi yang tercatat Rp17.000?

Saya sudah diminta untuk mengirimkan bukti/setruk pembayaran saya ke email contactbri@bri.co.id. Saya sudah jelaskan di dalam email tersebut dan saya lampirkan juga bukti pembayaran saya. Saya diminta untuk menunggu maksimal 3 hari kerja, yang mana jika dihitung 3 hari kerja sejak hari ini, jatuh pada tanggal 21 Maret 2023. Bagi saya itu terlalu lama karena jatuh tempo saya tanggal 20 Maret 2023. Saya tidak mau dirugikan lagi, bahkan jika harus ada biaya overdue yang ditagihkan kepada saya. Kembalikan limit saya atau kembalikan dana saya ke rekening saya sesegera mungkin!

Saya mohon tanggapan dari Bank BRI, saya mohon agar pihak BRI memperbaiki sistemnya.

Mugi Puspita
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atas Pengaduan Ibu Mugi Puspita

Sebelumnya kami menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Bank BRI dan mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Ibu...
Baca Selengkapnya

71 komentar untuk “Sudah Melakukan Pembayaran Tagihan Kartu Kredit BRI, tapi Tidak Tercatat di Sistem

  • 19 Maret 2023 - (09:52 WIB)
    Permalink

    selama ini selalau bayar tagihan cc BRI pakai BRImo pasti langsung masuk. Coba mbanya cek lagi deh saldo rekening nya skrg utk memastikan aja saldo benar2 sdh berkurang atau tidak. Trus kalau pun ada kena biaya keterlambatan bisa diajukan penghapusan kok jadi santai aja ga perlu panik. Apalagi sdh kirim semua bukti bayar.

    3
    7
    • 19 Maret 2023 - (11:11 WIB)
      Permalink

      Sebelum Saya menulis keluhan d media konsumen dan sampai saat ini sudah saya cek berkurang sejumlah dengan tagihan yang saya bayarkan. Saya pun selama ini bayar pakai BRIMO selalu lancar tidak ada kendala, namun baru kejadian saat ini dana tidak masuk. Limit pun tidak kembali.

      3
      1
      • 20 Maret 2023 - (01:13 WIB)
        Permalink

        Coba cek di aplikasi ovo disana realtime harusnya kaya tokopedia card, kecuali pembayaran baru terposting 1-3 hari kerja, ini mungkin yang tidak bisa dilihat aktifitasnya sama cs bri atau coba langsung gunakan limitnya jika ada keperluan, kalo sukses harusnya udah masuk, cuma aplikasi nya belum syncron,

      • 21 Maret 2023 - (19:52 WIB)
        Permalink

        Sudah da perkembangankah kak?? Sya sampai sekarang blm ad perubahan dan mlah ad tagihan lagi..harusnx sudah lunas ditanggal 16 maret 2023 kmrn

    • 22 Maret 2023 - (11:33 WIB)
      Permalink

      Punya saya masih nyangkut pembayarannya.. via tokopedia. Dari pembayaran tanggal 16 maret sampai dengan sekarang disuruh tunggu. Kapok bayar lewat tokopedia.

  • 19 Maret 2023 - (09:53 WIB)
    Permalink

    Kalo memang sudah bayar sesuai tagihan & lapor lalu dibutin laporan saran saya ditunggu saja, toh pasti ditindaklanjuti kok, apalagi sudah dikirim bukti pembayarannya. Semoga cepet selesai ya

    3
    2
  • 19 Maret 2023 - (10:47 WIB)
    Permalink

    Padahal ini bayar CC BRI pake BRIMO ya. Kalau memang seperti yang disebutkan TS, memang kacau balau itu sistem BRI. Ditunggu aja semoga ada penjelasan yang logis dari BRI.

    5
    1
    • 19 Maret 2023 - (11:13 WIB)
      Permalink

      Betul pak, Saya bayar CC BRI melalui BRIMO. Namun sejak tgl 16 maret hingga hari ini tgl 19 maret belum ada kejelasan apapun. Memang kacau sistem BRI ini.

      2
      1
        • 21 Maret 2023 - (19:53 WIB)
          Permalink

          Ayo om bikin laporan lwt media konsumen…merugikan sekali ini tgl 16 maret 2023 bayar ditgl 17 maret 2023 hilang dan tidak terbaca sistem

    • 19 Maret 2023 - (14:23 WIB)
      Permalink

      Sama seperti saya bayar tanggal 16 maret 2023 sampai sekarang blom masuk, nominal 4,5jt, sepertinya ada error di BRI, disuruh tunggu 3 hari kerja, jadi estimasinya selasa besok….

      • 19 Maret 2023 - (16:47 WIB)
        Permalink

        Berarti terjadi di tanggal yang sama dengan Saya Pak. Namun anehnya, kemarin Saya coba bayarkan Rp. 1.000 ke CC Saya yang sam, ternyata real time masuk ke sistem sampai hari ini sudah tercatat pembayarannya. Namun yang 4.9juta tgl 16 dibayarkan itu masih ntah dimana uangnya 🙁

        • 20 Maret 2023 - (11:26 WIB)
          Permalink

          Iya sama mbak, yg penting ada bukti transfer, sepertinya ini system error, soalnya saya cek tanggal 16 itu sudah masuk, mendadak cek tanggal 17 kembali hilang, yg tambah parah CC saya diblokir juga ???

          • 20 Maret 2023 - (12:02 WIB)
            Permalink

            barusan saya cek aplikasi OVO saya, dan CC BRI OVO saya juga di blokir. Rusak sistem BRI nih. Sudah bayar, tidak diterima padahal payment succesfull, ditambah sekarang CC di blokir.

      • 21 Maret 2023 - (20:44 WIB)
        Permalink

        Saya juga mengalami kasus serupa.
        Pembayaran tokopedia card saya di tanggal 16 maret 2023 via gopay di tokopedia Rp.533rb statusnya berhasil. Hari yg sama limit saya sudah kembali. Esoknya transaksi saya hilang, & limit juga berkurang sebesar pembayaran saya. Tanggal 18 saya coba bayar lagi 600rb via brimo malah sudah terposting, & limitnya hanya kembali sebesar 600rb saja (sesuai pembayaran yg terakhir). Sudah kontak tokopedia chat berkali² jawabannya berbelit² hanya disuruh nunggu.

  • 19 Maret 2023 - (11:50 WIB)
    Permalink

    Mego cepat kelar ya mba, kalau ga ditulis di sini dan cuma nunggu penyelesaian dari cs ini bisa berbulan2 baru kelar, pengalaman saya tutup ceria yang ga pernah kepake satu sen pun dari feb 2022, baru kelar januari 2023,

  • 19 Maret 2023 - (13:10 WIB)
    Permalink

    Itulah teknologi buatan manusia..bisa erorr,walaupun diklaim canggih tapi tetap saja ada celah untuk blank dan gagal. Sungguh mengerikan it bank kayak begitu. Semoga masalah ibu cepat terselesaikan.

  • 19 Maret 2023 - (17:56 WIB)
    Permalink

    Kasus sama seperti saya bayar di tanggal 16 limit sudah kembali/bertambah,tapi di tanggal 17 saya cek kembali limit nya kembali seperti awal saat belum bayar tagihan,telpon cs juga katanya belum ada pembayaran masuk,sudah dibuatkan laporan,kalau hari selasa belum balik juga saya buat keluhan di media konsumen juga

  • 19 Maret 2023 - (20:00 WIB)
    Permalink

    Ka sama kaya akuuuuu , aku di tanggal 16 kemaren lewat brimo . Rp 889.000 sudah terpotong dan emang sebelum nya masuk , pas pagi nya tgl 17 aku liat ehh tiba tiba limit hilang . Kaaaaa smoga bisa masuk yah ke sistem ya kalo ga refund ke brimo nya lagi , saya gamau bayar double . Aku juga mau bikin artikel ini barusan dan ternyata kk udah dan dengan kasus yg sama .

          • 20 Maret 2023 - (21:14 WIB)
            Permalink

            Email terbaru malah suruh nunggu 20 hari kerja “Terkait dengan nomor pelaporan TTB000045083255. Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami. Setelah kami bantu proses pengecekan saat ini laporan sedang dalam proses. Laporan akan ditindaklanjuti dalam waktu 20 hari kerja (tidak terhitung hari Sabtu, Minggu dan libur nasional), mohon kesediaannya menunggu. Hasil laporan akan kami informasikan melalui pesan singkat ke nomor ponsel yang tertera pada laporan.”

            Tolong dong bri

  • 19 Maret 2023 - (22:01 WIB)
    Permalink

    Ini bisa di asumsikan seolah olah bayarnya melalui menu pembayaran bukan menu transfer. Sehingga butuh maksimal 3 hari kerja masuk. Tpi ini kan BRImo punya BRI jg walau pilih menu pembayaran ttp jg masuk saat itu jg.
    Pengalaman sy kemarin bayar CC BRI Tokopedia pas ditanggal cetak tagihan 15 maret di Aplikasi tokopedia. Saldo langung kembali ke limit saat itu jg. Yang biasanya kemarin2 itu butuh waktu 3 hari. Nominal yg saya bayarkan sesuai dg jumlah saldo yg terpakai yg saya lihat diaplikasi BRI card Mobil. Namun anehnya di tanggal 18 saat saya membuka menu tokopedia card di aplikasi tokopedia ternyata sy ada lebih bayar 2 juta an. Sehingga limit saya bertambah. Namun saat sy periksa di BRI Card mobile tdk ada limit bertambah. Pas dan sesuai. Di biling tagihan pun tidak ada
    Namun ketika sy telpon CS BRI benar sy ada lebih bayar…Aneh menurut sy sistimnya

    1
    1
  • 19 Maret 2023 - (23:46 WIB)
    Permalink

    Sama persis kasus saya pembayaran tgl 16 maret juga, ternyata banyak yang terkendala hal yg sama. BRI Tolong segera di kembalikan uang atau limit kami

    1
    1
  • 20 Maret 2023 - (11:16 WIB)
    Permalink

    gile bayar pake aplikasi bank ybs saja masih drama. bagaimana kalo via bank lain atau third party kayak tokopedia, blibli, dll? bisa kali dibikin sinetron 100 episode

        • 20 Maret 2023 - (21:04 WIB)
          Permalink

          Belum kak… call center BRI bayar lgii habis pulsa sudah 100rb setiap hari tlp .. sudah jaman maju kok call center tetap bayar… Di bank Bca sudah vasilitas jaringan internet tlpnx…duit brp ratus juta ini nandon di Bri g diTF2 ke tagihan

    • 20 Maret 2023 - (12:45 WIB)
      Permalink

      Pake tokopedia tokopedia card engga realtime 3 hari baru masuk, jadi saya cuma bayar transaksi minimal mendapat cashback gopay coins, sisanya lewat brimo,barusan saya bayar emang realtime di bricard mobile sama tokopedia card langsung masuk limitnya tapi transaksinya belum terposting di aplikasi

      semoga ts cepat kelar ?

  • 20 Maret 2023 - (18:02 WIB)
    Permalink

    Hingga hari ini, 20 Maret pkl 18.00 masalah bekum terselesaikan. Dan belum ada tanggapan apapun dari BRI. Saya hari ini sudah tlp call center 3x, jawabannya selalu sama : sedang dalam proses penyelesaian. Yang ntah kapan selesainya.

      • 20 Maret 2023 - (21:02 WIB)
        Permalink

        belum ada kejelasan kak. saya juga japo tanggal 20. hingga hari ini (20 pkl 21.00) limit masih belum kembali dan pembayaran statusnya masih belum diterima. Alhasil besok pasti notif di CC OVO saya ada keterlambatan

    • 20 Maret 2023 - (18:32 WIB)
      Permalink

      Sama ka , aku udah email sama chat wa , jawabannya sama 3 hari . Smoga besok yah . Tapi pas aku telpon ke callsenter bri katanya 3 hari itu paling lambat , bisa jadi 1 atau 2 hari lebih cepat . Tapi hari ke 3 nya kepotong libur yah nyepi . Smoga cepat terselesaikan yah .

      • 20 Maret 2023 - (18:39 WIB)
        Permalink

        kalau saya lapor ke call center sejak tgl 16 maret ka. Infonya dapat diselesaikan 3 hari kerja, karena kepotong sabtu dan minggu, jadi hari ini baru 2 hari kerja. dan belum ada tanda2 terselesaikan. Besok sudah 3 hari kerja. semoga segera selesai masalahnya ya

        • 20 Maret 2023 - (21:12 WIB)
          Permalink

          Email terbaru malah suruh nunggu 20 hari kerja “Terkait dengan nomor pelaporan TTB000045083255. Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami. Setelah kami bantu proses pengecekan saat ini laporan sedang dalam proses. Laporan akan ditindaklanjuti dalam waktu 20 hari kerja (tidak terhitung hari Sabtu, Minggu dan libur nasional), mohon kesediaannya menunggu. Hasil laporan akan kami informasikan melalui pesan singkat ke nomor ponsel yang tertera pada laporan.”

          Tolong dong bri

    • 21 Maret 2023 - (06:40 WIB)
      Permalink

      Saya juga mengalami hal yang sama, saya membayar pada tanggal 15 maret sekitar jam 22.20 an, saya membayar untuk 2 CC BRI; CC Traveloka dan CC Touch melalui aplikasi brimo.
      Sesaat setelah membayar saldo kartu kredit di aplikasi credit card mobile BRI berkurang. Beberapa hari kemudian kembali lagi seperti tidak ada pembayaran. Telepon CS BRI, dicek melalui sistem tidak ada transaksi pembayaran di tanggal tersebut.
      Padahal di BRIMO jelas2 ada history pembayaran, di email pun juga ada notifikasi pembayaran dari BRI.
      Aneh banget, sekelas BRI sistemnya bisa ngebug gini?

  • 20 Maret 2023 - (19:20 WIB)
    Permalink

    Sama kak sya sudah melakukan pembayaran 3.150.000 dan 650.000 kartu kredit BRI OVO pada tgl 16 Maret 2023 pdhl tgl 16 itu limid sudah kembali… Tp pas sya cek tgl 17 maret 2023 dan sya laporan ke CS BRI malah laporanx belum ad pembayaran kok bisa..padahal saldo diBRIMO sudah terkirim..kyke OVO ini yg agak nakal…

    • 20 Maret 2023 - (20:50 WIB)
      Permalink

      Waahhh sama persis kendalanya dengan saya kak. Sempat masuk dananya dan limit kembali, namun bebrapa jam kemudian mental lagi dan tlp CS ternyata dana belum diterima. Wah kacau nih BRI

      • 20 Maret 2023 - (20:58 WIB)
        Permalink

        Payah ini… Disuruh nunggu sampai tgl 22 maret 2023 laporan sudah dr tgl 17 kemarin… Investigasinx lama bgtss … Kyke aplikasi brimonx yg trobel… Diaplikasi brimo laporanx sukses akan tetapi di OVO tdk ada history pembayaran terkahir…

        • 20 Maret 2023 - (21:00 WIB)
          Permalink

          saya laporan sejak tgl 16 maret. Estimasi sampai 21 maret. sampai hari ini belum ada tanda2 penyelesaian. Kacau banget sistem BRI.

          • 20 Maret 2023 - (21:12 WIB)
            Permalink

            Email terbaru malah suruh nunggu 20 hari kerja “Terkait dengan nomor pelaporan TTB000045083255. Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami. Setelah kami bantu proses pengecekan saat ini laporan sedang dalam proses. Laporan akan ditindaklanjuti dalam waktu 20 hari kerja (tidak terhitung hari Sabtu, Minggu dan libur nasional), mohon kesediaannya menunggu. Hasil laporan akan kami informasikan melalui pesan singkat ke nomor ponsel yang tertera pada laporan.”

            Tolong dong bri

  • 20 Maret 2023 - (21:11 WIB)
    Permalink

    Email terbaru malah suruh nunggu 20 hari kerja “Terkait dengan nomor pelaporan TTB000045083255. Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami. Setelah kami bantu proses pengecekan saat ini laporan sedang dalam proses. Laporan akan ditindaklanjuti dalam waktu 20 hari kerja (tidak terhitung hari Sabtu, Minggu dan libur nasional), mohon kesediaannya menunggu. Hasil laporan akan kami informasikan melalui pesan singkat ke nomor ponsel yang tertera pada laporan.”

    Tolong dong bri

      • 20 Maret 2023 - (22:19 WIB)
        Permalink

        Tanggal 17 ka , aku biasanya tanya laporan lewat email kalo ga WA nya BRI . Tadi pagi siang sore suruh nunggu 3 hari , barusan pas nanya lagi kok jadi 20 hari . ? udah aku kirim emil lagi belum ada jawaban .

  • 20 Maret 2023 - (21:56 WIB)
    Permalink

    sya juga ngalamin bayar tgl 16 CC tokped card, bukti bayar dr brimo disuruh email juga ke alamat email itu. Emg pada error kyknya yg bayar tgl segituan, apes bgt. Moga2 cpet dbnerin deh ya Kak

  • 21 Maret 2023 - (06:36 WIB)
    Permalink

    Update terakhir di akun saya limit sudah kembali normal yang sebelumnya bermasalah juga dan pembayaran tagihan juga sudah tercatat di sisten

    • 21 Maret 2023 - (08:14 WIB)
      Permalink

      Pelayananx Bri Kredit lama limid belum kembali sudah ada tagihan seharusnya sudah lunas dr tgl 16 maret 2023. Skg tgl 21 maret muncul tagihan. buang2 pulsa terus telp call centernya… Telp berbayar beda dg Bca sudah lewat jaringan internet..

    • 21 Maret 2023 - (19:35 WIB)
      Permalink

      Update :
      21 Maret sekitar pukul 15.00 ada WA dari pihak BRI yang menginformasikan bahwa limit sudah kembali dan dana telah diterima oleh BRI. Setelah saya cek, ternyata benar limit telah kembali.

      Semoga kasus seperti ini menjadi perhatian bagi bank BRI agar tidak terjadi lagi dikemudian hari.

      • 21 Maret 2023 - (20:08 WIB)
        Permalink

        Smoga ya ka .. emang harus gini . Biar ada informasi juga kalau kejadian ini ke ullang sama orang lain dan liat postingan ini beserta komentarnya jadi sangat bermanfaat . Makasih ya ka udah share disini . ❤️❤️❤️

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit Bank BRI?

Ada 71 komentar sampai saat ini..

Sudah Melakukan Pembayaran Tagihan Kartu Kredit BRI, tapi Tidak Tercat…

oleh Mugi dibaca dalam: 2 menit
71