Surat Pembaca

Paket Hilang Sepenuhnya oleh Pihak Jasa Kirim, Dana Pengembalian Tidak Seharga Barang

Pada tanggal 04 Februari 2023, saya menerima pesanan di Shopee, dengan nomor pesanan: 23020465WWKKQB dan AWB Anteraja: 10006659007933. Pesanannya cashless, otomatis penjemputan oleh kurir.

Pada tanggal 24 Februari 2023, saya dapat chat via WhatsApp, bahwa paket yang saya kirim dinyatakan hilang dan sudah proses pergantian dana sejak tanggal 24 Februari 2023 ke pihak marketplace Shopee dan saya disuruh konfirmasi langsung ke pihak marketplace. Saat saya cek, saldo pengembalian dana dari Shopee cuma 10x ongkir yaitu Rp80.000. Sedangkan harga barang yang saya jual totalnya Rp205.000.

Lalu saya menghubungi Customer Service Shopee dan Anteraja, tapi jawaban dan balasannya tidak logis, cuma lempar-lemparan. Anteraja cuma suruh saya hubungi pihak marketplace dan pihak Shopee menyuruh saya hubungi pihak Anteraja.

Pihak Shopee cuma bisa kasih jawaban, bahwa itu sudah keputusan Syarat dan Ketentuan. Padahal saya tidak ada pilihan untuk mengaktifkan asuransi, karena hanya penjual yang terpilih yang bisa daftar asuransi penjual.

Saya merasa sangat dirugikan sebagai penjual di Shopee. Masa jualan malah dirugikan? Kan lucu. Tidak ada sejarahnya orang jualan malah jadi dirugikan dengan caranya begitu. Kalau memang Shopee ada kesepakatan dengan pihak jasa ekspedisi mengenai pergantian barang hilang cuma 10x ongkir, harusnya ada pemberitahuan. Bukannya main potong dana penjualan dan hanya ada pemberitahuan kompensasi seharga 10x ongkir.

Semestinya ada fitur untuk aktivasi asuransi di aplikasi untuk penjual. Sementara sekarang orderan cashless otomatis yang penjual bisa hanya print label alamat, packing barang, request pickup dan tunggu dijemput kurir.

Tolong tidak lanjutnya buat pihak Shopee dan Anteraja. Saya di sini merasa dirugikan dengan cara kalian yang sudah salah, yang sudah merugikan orang, merugikan penjual berjualan.

Tan Kie Khiong
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Itu udah lama seperti itu, udah bnyk barang hilang tapi hanya diganti 10 kali ongkos kirim, makanya bnyk yg sudah angkat kaki dari eccomerce punya orang luar tesebut

    • Jualan di shopee emang bgitu kalau hilang hanya diganti 10x ongkir, kalau mau asuransi bisa manual ke gerai nya tp berhubung ini anter aja kalau di pick up tidak bisa ass manual ke kurir jd bisa di kembalikan dana nya full,. tp kalao sperti jnt, jne, tiki ga bisa harus pakai ass manual,. jualan di shopee ga ada fitur pakai ass Ngarang bearti kalau ada yg bilang pakai fitur ass. karna saya sdiri jualan di shopee dan pernah kena juga hilang sama anteraja tp di kembalikan full kog

  • Kalau memang Shopee ada kesepakatan dengan pihak jasa ekspedisi mengenai pergantian barang hilang cuma 10x ongkir, harusnya ada pemberitahuan

    bukannya udh dari zaman dulu semua kurir aturannya begitu?
    tapi tenang setelah surat ini tayang shopee akan segera telp seller, gak lama dana akan dibalikin full sesuai harga barang.

    tapi setelah ini jangan lupa isi form agar kedepan bisa tercover asuransi ya
    https://shopee.co.id/program/form/4388

  • Diambil pihak ekspedisi, jadi tau mana barang bagus. Dicuri buat dijual lagi atau dipakai sendiri.

  • untung aku makai JnE walau harus antar ke expedisi, karna barang yg kikirim jutaan harganya + pembeli wajib asuransi. Dan liat kurir yg biasa ambil kerumah banyak masalah aku non aktifkan. Karena tiap baca berita itu" aja

  • tujuan pengirimannya kemana dari mana?, kalau hanya diganti 80ribu, itu ongkirnya hanya 8rb lho.. padahal sekarang minimal biaya ongkir itu lebih dari 15ribu, kejar terus... jangan mau kalah... saya pernah ikut ekspedisi.. kalau hilang harga 200rb, ongkir 20rb, itu sudah tercover

  • Semoga dana dibalikin full...

    Saya pernah kerja jadi kurir expedisi padahal ketika barang itu hilang, kurir harus ganti full harga barang, saya pernah ganti barang hilang 500 ribu sampek 1 jt.
    Kalau kepala cabang dulu saya pernah ganti barang hilang berupa HP harga 21 jt.
    Padahal kebayakan barang hilang digudang HUB,
    Tapi yang kena karyawan cabang

  • Itu keterangan di bawahnya bisa daftarin sendiri program asuransinya.. knp gak daftarin? Takut keluar duit lagi? Lebih banyak mana ruginya kl barang ilang gak pake asuransi sama daftarin asuransi? Udah brp lama dagang di sopi? Apa gak tau ada fitur itu? Apa gak tau kl barang gak pake asuransi bakal diganti cuma 10x ongkir? Semua marketplace sama kayanya kl masalah asuransi pengiriman.....