Surat Pembaca

Tokopedia Membela Penipu yang Unboxing Packing Ulang Paket Berisi Logam Mulia Senilai 12 Juta Rupiah

Saya seller aktif di Tokopedia dan saya memiliki 2 toko di Tokopedia. Reputasi saya sejauh ini bagus, dari banyak transaksi yang terjadi, review jelek saya hampir tidak ada, karena saya mengirimkan barang sesuai pesanan. Kalaupun ada kesalahan yang saya lakukan, saya selalu berusaha memperbaiki dan yang menjadi kesalahan saya pada saat ini adalah saya tidak pernah video boxing pengiriman.

3 tahun lebih saya berjualan, baru kali kejadian, yang dimulai 2 hari yang lalu (tanggal 15/3/2023). Pada tanggal 16 Maret 2023, pembeli melakukan komplain pengajuan pengembalian dana, pengiriman menggunakan Gojek. Produk berupa logam mulia 3 gram 4 keping, seharga Rp12.800.000 dan BOX LM seharga Rp15.000, dengan nomor invoice: INV/20230315/MPL/3112111948 telah diterima (dari GOJEK).

Foto pick up dari Gojek:

Foto serah terima ke pembeli dari Gojek:

Namun pada hari Kamis (tanggal 16 Maret 2023), pembeli mengajukan pengembalian dana, dengan alasan dan foto serah terima sebagai berikut (saya lihat banyak perbedaan dari Gojek):

Assallamuallaikum, sya mohon maaf sebelum nya jika saya baru konfirmasi hari ini,di karnakan kemarin saya buru buru untuk pergi ke luar kota (malang) seperti yg sdh sy sampaikann sebelum nya ke seller untuk menghadiri acara lamaran kaka saya dan ada kejadian kemarin saat saya ingin komplain hp saya tercebur yg mengakibatkan hp sy ngehang/blank tidak bisa di touchscreen alhamdullah skrg sudah agak normal,saya ingin konfirmasi bahwa barang yg pesan kurang/tidak lengkap yang seharus nya berisi antam 3gr 4pcs+1 box antam namun yg ada hanya box nya sj

Entah seller lupa karna permintaan sy buru buru atau ada hal lain yg mengakibatkan barang yg saya pesan atau kurang.

Berikut saya lampirkann foto sebelum unboxing dan video unboxing beserta rincian tanggal pembuatan video dan foto .terimakasih

Untuk kenapa saya ga langsung komplain ? Sedikit saya cerita sesaat paket sampe ada jeda waktu beberapa menit dari 15:32 ke 15:36 logis dong selsih waktu 4 menit untuk saya ambil pakeny nya dan foto terlebih dahulu ? saya langsung foto dl itu paket dan masukin dl ke tas yg menyatu dengan baju dan barang bawaan lain karna saya tau barang sensitif makanya harus agak di jaga dan ada jeda tuh dari setelah saya take foto kurang lebih 10 menit

Nah jeda 10 menit itu untuk siapin proses video unboxing nah setelah take video saya ke toilet dl lah sambil bawa hp dengan maksud agar langsung terkonfirm klaim nya,tp dengan kondisi sy kaget dan gemeter karna paket isinya hanya pas lagi typing hp sy tercebur ke bak.

Di sini sebagai seller sangat dirugikan. Saya hilang barang dan sepertinya pembeli dapat barang (dan itu bukan harga yang murah), juga dapat uang refund.

Ketika saya mau mengunjungi pembeli yang masih satu daerah, dia bilang ke Jakarta, terus ke Malang. Saya minta live location (tapi hanya share loc saja, dan itu bisa dimanipulasi oleh fake GPS). Sungguh aneh sekali, asuransi saya sebagai seller bagaimana? Jelas terlampir bahwa kirimannya menggunakan asuransi.

Erwin Firmansyah
Bandung, Jawa Barat


Catatan redaksi (diperbarui 22/3/2023): Penulis menyatakan masalah di atas telah diselesaikan dengan baik oleh pihak-pihak terkait.

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Terlepas dr tuduhan buyer yg repaking itu karna paket mudah diakali bungkus cuma gitu doang irit bener dah, sy jual hp seken aja full buble, full lakban biar susah dibuka. INGAT "kejahatan bkn karna ada niat saja tapi kesempatan !!

  • Saya jualan hp seken di tokped aja bubble Segede gaban Blm lagi packing dusbox coklat diluar ditambah segel pecah telor dan segel khas lapak saya dibagian lakban dan stiker fragile terus saya gak pernah mau krm pakai gosend/grab , jika buyer maksa terpaksa ngirim anak toko buat ngawal kang ojol nya, dan brg dibawa anak toko jd kang ojol cmn ke toko saya konfirmasi Nerima brg trs nganter tp brg di bw anak toko saya, kalau sudah sampai lokasi pengiriman anak toko langsung nemenin si buyer unboxing sambil terus direkam dan di tes jd gak ada drama2 modus oper paket2 begini.

    Untung tokonya cmn hp bekas gak tiap hari ada order masuk gosend jd bisa maksimal kan SDM karyawan dr pd diem di toko mrk sosmedan WiFi an kan bisa seklian mrk jalan2 liat luar toko nganterin brg sama kang ojolnya....

    Belajar dr pengalaman2 seller disini yg apes kena modus kang ojol kirim.... Wlu brg ada asuransi tp proses nya ribet berbelit-belit dan lama makan waktu buat klaim nya itu pun blm tentu sukses klaim sepengalaman saya jual beli di tokepd.

    Semoga kedepannya lebih baik lagi proses packing nya om sama siapkan penyimpanan hardisk min 1TB soalnya saya pakai 2TB hardisk buat nyimpen file dokumentasi video packing dan QC tiap brg... Klu pas ada hp bagus yg bisa buat jd bahan review bisa naik ke YT saya Mayan cr tambahan duit ads receh hehehe....
    Itu saja saran saya om

    • terima kasih om idenya benar juga ya om, pakai kurir pribadi.. gojek kirim kuitansi saja

      • Jgn lupa tanda terima dan foto selfie bareng sama pembelinya . Sy pun bgt kl jual brg diatas 1jt via kurir instan .
        Atau kita yg bawa sendiri brgnya nanti bang ojol ngikut dibelakang.

  • Alhmdllh sudah aman tu bg.. Semoga dpt diambil hikmahnya dan di perbaiki packingnya..

  • Fix pembeli nakal itu, klo jd ane, dah ku kejar sampai keujung dunia ****** tu pembeli, tinggal nyawa jg gpp

    • sudah beres dengan tokopedianya kak dan segala bukti bahwa ini fraud.

      untuk pelaku saya sudah masukan kan ke kepolisian dan sudah menjadi DPO di bandung

      • Sipp sip, jadikan pelajaran barang mahal harus ada packing yg baik stiker seal dan video boxing. Setidaknya media Konsumen sudah membantu.

        • iya kak untuk seal khusus toko sudah ada, cuman.video boxing saja tidak ada kak.

          tp skrg di ruang packing pasang cctv.

          terima kasih masukannya kak

  • Turut prihatin atas kejadian ini,, mudah2an jd pembelajaran buat penjual untuk kedepannya,, bahwa kejahatan itu selain sdh di rencanakan juga karena ada nya kesempatan. Untuk itu harus ttp waspada dan berhati hati dalam hal apapun,, saya hanya mendoakan semoga tidak lagi terjadi hal2 spt ini . Karena saya tahu beliau berjualan untk mencari rezeki, semoga dengan kejadian ini akan ada hikmah dan berkah yg beliau dapat., dan saya yakin klo beliau penjual org jujur pasti akan di tambah rezekinya oleh Allah SWT., dan akan di gantikan lebih dr apa yg telah hilang.

  • Turut berduka cita
    Ini pelajaran mahal
    Trims sharingnya
    Kedepan saya akan berhati juga jadinya kalau jual atau beli barang.
    Saya selalu video unboxing kalau barang diatas 500rb.

    Dan kalau beli atau jual, selalu minta videoing sipenerima mukanya sampe jelas.
    Sekalian ajah foto Buyer ya pasang di ari gan? Bisa?

    • sudah beres dengan tokopedianya kak dan segala bukti bahwa ini fraud.

      untuk pelaku saya sudah masukan kan ke kepolisian dan sudah menjadi DPO di bandung

      • Dan terbukti bahwa Tokopedia jauh lebih baik & aman ☺ Ikut lega Saya mendengarnya bahwa dana diteruskan ke saldo penjualan

  • sudah beres dengan tokopedianya kak dan segala bukti bahwa ini fraud.

    untuk pelaku saya sudah masukan kan ke kepolisian dan sudah menjadi DPO di bandung

  • Terima kasih atas dukungan semuanya di sini bahkan sampai chat saya di tokopedia.

    terima kasih atas semua masukannya untuk semuanya.

    terima kasih orang2 baik di luar sana yang tidak bisa saya sebutkan satu2.

    kasus sudah clear karena terdapat indikasi fraud, untuk kejadian saya pelaku tidak dapat uang refund (beda dengan case teman saya)

    untuk pelaku sudah menjadi DPO di bandung, karena foto nya sudah tersebar..

    terima kasih semuanya ?

    • Bagus jika sudah ada penanganan, saya juga penjual di tokopedia lebih dari 4 tahun, berberapa waktu terakhir ini memang semakin banyak pembeli yang aneh, mulai dari chat minta no wa yg nanti akan dikirim link apk malware, pembeli barang jenis umum baru terima bilang rusak, dll, lsg masuk komplain dan penjual sulit menang jika di masukan menu komplain, akhirnya ada masalah ini yang merupakan salah satu dari kasus penipuan oleh pembeli, kedepan nya tokopedia bisa melihat dari kedua sisi lebih adil

  • Ini buyer bohongnya kelihatan, ngapain konfirmasi dikamar mandi? Mau c0li apa mau konfirmasi? Udah jelas tuh ngibulll

    "Nah jeda 10 menit itu untuk siapin proses video unboxing nah setelah take video saya ke toilet dl lah sambil bawa hp dengan maksud agar langsung terkonfirm klaim nya,tp dengan kondisi sy kaget dan gemeter karna paket isinya hanya pas lagi typing hp sy tercebur ke bak."