Surat Pembaca

Tokopedia Membela Penipu yang Unboxing Packing Ulang Paket Berisi Logam Mulia Senilai 12 Juta Rupiah

Saya seller aktif di Tokopedia dan saya memiliki 2 toko di Tokopedia. Reputasi saya sejauh ini bagus, dari banyak transaksi yang terjadi, review jelek saya hampir tidak ada, karena saya mengirimkan barang sesuai pesanan. Kalaupun ada kesalahan yang saya lakukan, saya selalu berusaha memperbaiki dan yang menjadi kesalahan saya pada saat ini adalah saya tidak pernah video boxing pengiriman.

3 tahun lebih saya berjualan, baru kali kejadian, yang dimulai 2 hari yang lalu (tanggal 15/3/2023). Pada tanggal 16 Maret 2023, pembeli melakukan komplain pengajuan pengembalian dana, pengiriman menggunakan Gojek. Produk berupa logam mulia 3 gram 4 keping, seharga Rp12.800.000 dan BOX LM seharga Rp15.000, dengan nomor invoice: INV/20230315/MPL/3112111948 telah diterima (dari GOJEK).

Foto pick up dari Gojek:

Foto serah terima ke pembeli dari Gojek:

Namun pada hari Kamis (tanggal 16 Maret 2023), pembeli mengajukan pengembalian dana, dengan alasan dan foto serah terima sebagai berikut (saya lihat banyak perbedaan dari Gojek):

Assallamuallaikum, sya mohon maaf sebelum nya jika saya baru konfirmasi hari ini,di karnakan kemarin saya buru buru untuk pergi ke luar kota (malang) seperti yg sdh sy sampaikann sebelum nya ke seller untuk menghadiri acara lamaran kaka saya dan ada kejadian kemarin saat saya ingin komplain hp saya tercebur yg mengakibatkan hp sy ngehang/blank tidak bisa di touchscreen alhamdullah skrg sudah agak normal,saya ingin konfirmasi bahwa barang yg pesan kurang/tidak lengkap yang seharus nya berisi antam 3gr 4pcs+1 box antam namun yg ada hanya box nya sj

Entah seller lupa karna permintaan sy buru buru atau ada hal lain yg mengakibatkan barang yg saya pesan atau kurang.

Berikut saya lampirkann foto sebelum unboxing dan video unboxing beserta rincian tanggal pembuatan video dan foto .terimakasih

Untuk kenapa saya ga langsung komplain ? Sedikit saya cerita sesaat paket sampe ada jeda waktu beberapa menit dari 15:32 ke 15:36 logis dong selsih waktu 4 menit untuk saya ambil pakeny nya dan foto terlebih dahulu ? saya langsung foto dl itu paket dan masukin dl ke tas yg menyatu dengan baju dan barang bawaan lain karna saya tau barang sensitif makanya harus agak di jaga dan ada jeda tuh dari setelah saya take foto kurang lebih 10 menit

Nah jeda 10 menit itu untuk siapin proses video unboxing nah setelah take video saya ke toilet dl lah sambil bawa hp dengan maksud agar langsung terkonfirm klaim nya,tp dengan kondisi sy kaget dan gemeter karna paket isinya hanya pas lagi typing hp sy tercebur ke bak.

Di sini sebagai seller sangat dirugikan. Saya hilang barang dan sepertinya pembeli dapat barang (dan itu bukan harga yang murah), juga dapat uang refund.

Ketika saya mau mengunjungi pembeli yang masih satu daerah, dia bilang ke Jakarta, terus ke Malang. Saya minta live location (tapi hanya share loc saja, dan itu bisa dimanipulasi oleh fake GPS). Sungguh aneh sekali, asuransi saya sebagai seller bagaimana? Jelas terlampir bahwa kirimannya menggunakan asuransi.

Erwin Firmansyah
Bandung, Jawa Barat


Catatan redaksi (diperbarui 22/3/2023): Penulis menyatakan masalah di atas telah diselesaikan dengan baik oleh pihak-pihak terkait.

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Mau seaman apapun selalu ada celah buat penipu, kita ga bisa menghindari nya, cuma bs memperkecil ruang gerak penipu.

    Admin Marketplace itu manusia, pasti ada kalanya salah karena yg di tanganinnya bs jadi ratusan-ribuan, dan pasti yg dipilih itu yg bs nunjukkin bukti lebih kuat, makannya video unboxing packing jd bukti paling kuat..

    Semangat seller buat upgrade kualitas, kebayang kalo uang refund cair, nyayur besar penipu nya ?. Tapi kaya nya penipu nya itu per-orangan, kurang pinter soalnya pke cara & no yg sama walau beda akun. Kalo lokasi, Alesan & no nya beda makin sulit lg itu d telusuri nya.. ?

  • kedepannya kalau ada yg beli barang mahal, lebih baik pake lakban Khusus dan box khusus yg ada logo/gambar toko... biar si penipu nggka bisa repacking pake lakban dan bungkus lain yg beredar dipasaran...
    ngeri kalau barang belasan Juta tp bisa di packing ulang oleh penipu

  • Cuma bisa ikut prihatin. Semoga pihak yang dirugikan segera mendapatkan keadilan dan pihak yang merugikan segera mendapatkan ganjaran sesuai perbuatannya. Ada hikmah Dan pelajaran berharga dari kasus ini.

  • UNTUK TEMAN2 YG JUAL BARANG MAHAL: bikin segel, lakban custom, bungkus dg kertas khusus atau print sendiri motif yg diinginkan. Jd begitu robek bisa lgsg ketauan. Atau cara yg lebih murah dengan pita/tali khusus yg diikat dengan cara yg hanya anda sendiri yg tau. Dg demikian ikatan ini akan susah dipalsukan. Ingat, SIMPUL TALI DIIKAT MATI ATAU PANJANG PAS2AN. JADI KL DIGUNTING BUYER NAKAL DAN DIIKAT ULANG PUN DIA GAK BISA IKAT ULANG KARENA PANJANG TALI/PITA BERKURANG. Dan foto kondisi barang sebelum dikirim. Kl seller bener psti ga masalah kecuali selernya juga nakal. Untuk mengatasi seller nakal begini, sekalian unboxing depan driver kali ya...

  • Mudah-mudahan menjadi pembelajaran bagi seller kedepannya agar lebih memperhatikan pengemasan dan diberi label atau lakban khusus.