Surat Pembaca

Kecewa dengan Hasil Keputusan Shopee

Awal ceritanya, saya membeli handuk di salah satu toko di Shopee. Sebelum saya membeli banyak, saya mencoba dulu membeli 2 barang, karena saya takut salah saya membeli. Produk “Handuk mandi warna polos ukuran 80*150/ Handuk dewasa Jumbo”, dengan warna kuning dan hijau, hasilnya barang yang diterima benar, sesuai pesanan.

Akhirnya saya memberanikan beli 65 handuk warna kuning. Sebelum saya beli, saya bertanya kepada admin toko apakah handuknya ini polos dan admin bilang handuk polos. Akhirnya saya berani untuk membeli barang tersebut. Namun setelah barang diterima, ternyata tidak polos (bergambar), pihak penjual menaruh nama barang bergambar itu “embos” dalam deskripsi handuk polos.

Hasil keputusan shopee yang mengecewakan

Menurut saya, seharusnya pihak penjual jangan mencampur barang bergambar dan polos di dalam deskripsi polos. Seharusnya admin toko begitu ditanya, mereka harus menjelaskan bahwa di dalamnya ada yang polos dan yang ada gambar, mau pilih yang mana. Saya sebagai orang awam jujur tidak paham, ternyata yang ada tulisan embos itu bergambar.

Saya akhirnya mengajukan pengembalian barang dan dana pada tanggal 11 Maret 2023, tetapi ditolak. Saya mengajukan lagi untuk kedua kalinya pada tanggal 16 Maret 2023, dan ditolak oleh pihak Shopee. Saya sangat kecewa, barang yang saya beli mau dikasih untuk peserta laki-laki, tidak mungkin saya kasi yang bergambar.

Mungkin dengan kejadian ini saya tidak akan membeli barang lagi di Shopee. Terima kasih Shopee yang telah memberikan hasil keputusan yang sangat mengecewakan bagi saya, karena saya harus mengganti uang perusahaan akibat barang yang dikirim oleh penjual tidak sesuai dengan deskripsi.

Novrita Winata
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • penjual telah mengirim barang sesuai varian yang dipilih.. apakah sudah sesuai ? tentunya shopee akan memenangkan penjual jika barangnya sudah sesuai.. kesalahan pilih pembeli merupakan resiko sebagai pembeli...
    tapi biasanya karena sudah komplain disini mungkin akan diberikan voucher kompensasi oleh shopee

  • Kan sudah betul itu, anda pilih varian embos jadi yang dikirim embos. Kesalahan ada pada pembeli yang tidak teliti waktu order.

  • Ini lha contoh nya
    Sering kali di temui kaya gini

    Dia yang salah beli, dia yang ngotot
    Bahkan sampe masuk MK
    Itu varian yang di pilih kan ada
    Dengan embos

    Penjual tentu akan mengirimkan sesuai pesanan dan pilihan pembeli
    Jangan pilih varian dengan embos lalu kasih catatan + chat " JANGAN ADA EMBOS YA KAK "

    • Padahal beli barang di marketplace manapun, meski bukan shopee, pasti yg dimenangkan penjualnya karena pembeli kurang teliti dalam membaca. Dan menurutku penjualnya juga udah benar bilang itu polos biasa, kalo di embos berarti sekedar ada tambahan motif timbul.
      Kalo mau pas sesuai keinginan, beli langsung tanpa ada varian lain.

    • betul..dalam hal ini penjual udah benar. deskripsi produk juga udah jelas. warna polos artinya bkn tanpa embos tapi warnanya emang polos dan kalo di pilihan produk ada polos dan embos, itu udah benar karena warna tetap polos. dalam hal ini tergantung penjual mau nolak komplain atau ga, krn dia di pihak benar. seller juga repot ya bolak balik kemas produk hanya karna buyer ga teliti.

  • Di produk yang dipesan TS, varian yang dipilih adalah "KUNING EMBOS70x140cm" sebagaimana tertera di 2 foto tangkapan layar. Barang yang dikirim dan diterima TS tenyata EMBOS.

    Salahnya dimana?

    SP bakal trending dan banyak yang memberikan "simpati". Selamat untuk TS.

  • Hal lumrah di MP pernah baca ulasan B1 pembeli yg salah pilih tp menyalahkan seler,, emak² selalu benar

  • Ehh jangan judge kalo si ibu nya salah juga. Karena dari beliau pasti beli dari link yang sama ketika ia membeli anduk polos itu. Yakin deh gue karna ya logis aja ketika lo pesen barang dan pas pasti lo pengguna shopee bakal kaya pake fitur beli lagii kan ya karna lo pikir itu adalah link produk permanen untuk pembelian produk. Dan keanehan selanjut nya kenapa EMBOSS itu di tengah2 etalase anduk polos?? Saya juga seller dan saya kalo jadi jualan anduk pasti saya bedain lah ngapain amat di gabungin begitu bikin keliru orang yang bakal mesen 2 kali kaya begini. Lalu untuk customer service nya atau seller yang jawab chat juga sudah meng-iyakan bahwa itu link yang di kirim oleh pembeli ini polos. Jadi apakah penjual juga cek kembali link yang di berikan pembeli??? Ya kalo saya sebagai seller tentu saya cek dahulu LINK apa yang di tanyakan karena guna nya fitur chat kan supaya orang ga keliru. Kalau emg sedari awal itu ada embos harus nya seller yang bales chat ini memberitahu juga dong??? Kalau pun barang ini nyampur ya POLOS dan EMBOS. Thankyou

  • Anda sebagai customer berhak untuk lapor YLKI atau Ditjen PTKN. Jadi yg harus anda lakukan adalah telepon YLKI atau Ditjen PTKN.
    085311111010
    +62213451692
    0213441839
    0217971378

  • kl sy tangkap, sepertinya ts salah paham mengenai konsep "polos" dan "embos". kl sy lihat dr gambar produk, judul polos disitu artinya tidak ada gambar motif (dicontoh gambar ada yg gambar kelinci, jd di handuknya ada gambar2). kalau polos ya tidak ada gambar dihanduknya, bukan soal ada embos atau tidak

  • cuman miskomunikasi aja sebenernya wkwk kalau memang ada diksi di produk yang sekiranya dirasa kurang paham sebaiknya tanya ke seller, semisal "kak, embos itu apa ya?" atau "embos itu yg modelnya gimana ya, kak?" seperti itu. toh udh ada fitur chat juga kan. atau kalau emang ngerasa malu buat bertanya bisa lngsng googling untuk diksi tersebut. tp gapapa, nextnya lbh teliti lagi ya bu untuk belanja onlinenya.