Surat Pembaca

Shopee Mendukung Toko yang Menolak Pembatalan Pesanan

Komplain saya tujukan ke Pihak Shopee dan toko yang bersangkutan: “sepatuwanita888”.

Pada tanggal 20 Maret 2023, saya melakukan pembelian produk di toko tersebut dengan rincian nomor resi 2303200E2WBA0S. Dikarenakan ingin menambah variasi barang yang ingin saya beli, maka saya mengajukan pembatalan pesanan (tenggat waktu -10 menit). Dan bermaksud ingin order pesanan di toko tersebut sesuai tambahan variasi yang saya inginkan.

Pengajuan pembatalan pesanan dilakukan pukul 19.45, akan tetapi pihak toko menolak pembatalan dengan alasan produk sudah dikirim. Tanpa melihat chat dan pengajuan pembatalan yang saya ajukan. Parahnya lagi, Shopee malah melihat hal tersebut sebagai hal wajar, bahkan untuk produk yang sudah dikirim dalam tenggat waktu 1 menit setelah proses pemesanan oleh pembeli.

Saya tidak dirugikan sama sekali dalam transaksi ini, karena pakai COD dan masih bisa membatalkannya langsung setelah barang sampai. Akan tetapi pasti ada imbasnya untuk akun saya dan jika melakukannya lagi, COD di akun bakal dibekukan sesuai SOP dari Pihak Shopee

“Sebagai bentuk perlindungan dari Shopee untuk Penjual, metode pembayaran COD (Bayar di Tempat) dari Pembeli akan dinonaktifkan sementara apabila Pembeli pernah membatalkan pesanan sebanyak 2 kali dalam 60 hari kalender setelah penolakan kedua”.

Di sini kesimpulan yang dapat diambil seperti judul di atas “Shopee Mendukung Semua Toko yang Menolak Pembatalan Pesanan”. Fitur pembatalan pesanan dari Shopee di transaksi ini hanya GIMMICK. Artinya apabila kalian semua belanja di toko tersebut dari e-commerce tersebut. Kalian salah ambil pesanan dan berniat membatalkannya (bahkan saat tenggat waktu 1 menit), kalian gak bisa membatalkannya SAMA SEKALI dan apabila sistem yang dipakai bukan COD, ikhlasin aja.

Fendi
Blitar, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Ya kalau penjual sudah atur pickup pembeli ga bisa batalin sepihak.
    Ini toko berarti gercep dan kemungkinan bukan dikelola perorangan.
    Dalam arti ketika orderanmu masuk, admin langsung klik atur pickup, diteruskan ke bagian packing dan ditumpuk di paket yang masuk jadwal pickup hari itu.
    Lagian kalau mau nambah variasi kan tinggal bikin orderan baru. Susah banget kayaknya.
    Lain kali kalau mau sempat dibatalin minimal cari tokonya yang ga gercep , sedang offline atau diluar jam operasionalnya dia.

    • Kalo masuk online bussiness ya mmg harus gercep..GK ada istilahnya atur lusa kecuali lupa

    • Pertanyaannya dijawab 1 1 ya.

      Cek SS, tenggat waktu 1 menit pesanan dikemas.
      Jadi intinya fitur pembatalan pesanan Shopee cuma GIMMICK kan? Ga sekalian dihapus aja, atau mungkin dari pihak shopee dirubah sistemnya.

      "admin langsung klik atur pickup" atau "robot langsung klik atur pickup".
      "Lagian kalau mau nambah variasi kan tinggal bikin orderan baru. Susah banget kayaknya"! anda mungkin tipe org yang tidak peduli ongkir dan biaya tambahan
      "Lain kali kalau mau sempat dibatalin minimal cari tokonya yang ga gercep , sedang offline atau diluar jam operasionalnya dia."! Chat dijawab robot, toko star bintang 4.8, dia offline tapi ga balas chat

      Kesimpulan : untuk pembatalan pesanan ditolak di jangka waktu 1 menit dari proses pemesanan, jika lu menganggapnya wajar, lu aneh (sudut pandang pembeli)

      • "Dikarenakan ingin menambah variasi barang yang ingin saya beli, maka saya mengajukan pembatalan pesanan (tenggat waktu -10 menit). Dan bermaksud ingin order pesanan di toko tersebut sesuai tambahan variasi yang saya inginkan."
        Itu anda bilang mau nambah variasi ya??? Ya sudah tinggal transaksi lagi dengan variasi tambahan yang anda inginkan, kok susah amat sih??!! Kan di shopee setau saya banyak kupon free ongkir..... Ga akan kena ongkir juga kok anda....
        Please deh......

      • Ini lah kelemahan sistem pembatalan pesanan. Buat kedua belah pihak. Sebagai pembeli kadang merasa salah barang/varian/ingin nambah item tetapi karena sudah telanjur diproses jadi tidak bisa. Disisi penjual kadang ada pembeli yg ingin membatalkan karena merasa sudah menemukan penjual lain yang lebih murah, jadinya hampir semua pemgalaman saya ingin cancel pesanan selalu ditolak karena penjual tidak percaya pembeli akan order kembali. Jadi mereka buru2 proses dan menolaknya. Dilema memang makanya jika sudah proses maka butuh penjual yang berbesar hati mau menerima pembatalan pesanan. Menurut saya ecommerce disini tidak bisa dikatakan membela siapapun. Ada penjual yg sudah gerak cepat dlm 1-2 menit langsung cari driver/request pickup kurir. Ecommerce tidak bisa membatalkan sepihak. Jadi menurut saya satu satunya cara memang hanya menolak cod tersebut.

        • Intinya kan berat kalo nambah ongkir, besok2 kl mo beli apa2 ke pasar aja. 1000% free ongkir, mo dibtlin 1000x jg g ngaruh

        • Saya pernh ngalami pembatalan karna sdh 5hr mshbd kemas dan ada perubahan estimasi barang sampai sampai 2minggu..tp pas saya batalin lgs ditolak setelag itu sore hari lgs brubah status udh dlm pengiriman...
          Entah lah bsa kya gtu...sementara sya pernh ngajuin pembatalan krn alasan rubah pesanan d plafom toped dan alhamdulillah pihak toko pun enak d ajak komunikasi dan fast respon trs toped jg gak menghambat pengembalian dana k rek.sya...mga shoppe mkin bebenah yaa...secara byk sya baca soal komplenan k pihak shopee

      • Gimmick darimana dah? Kan udah jelas di aturan Shopee kalau pesanan bisa dibatalin JIKA penjual belum atur request pickup / drop off.
        Jadi bukan perkara 1 menit, 1 jam, 1 hari, 1 minggu, 1 bulan dsb. Tapi perkara penjual seberapa cepat atur pesanan tersebut.
        Kalau lu belanja di toko yang lemot mah mau 1 hari setelahnya lu batalin tetep bisa. Tapi apesnya lu ketemu toko yang sat set, jadi langsung di atur pesanan lu.
        Masalah dia offline, dijawab chat robot, eh gue kasih tau ye. Chat di Shopee itu gak realtime. Meski kondisinya offline tapi belum tentu menandakan toko tersebut lagi gak online. Masalah ongkir dan biaya tambahan? Ya itu resiko lu lah karena mau nambah variasi. Lagian kupon free ongkir di Shopee juga banyak.

      • Kaya gini aja di up di media konsumen ???. Kamu aja yg nggak paham aturan ! Semua ecommerce aturannya sama kok, kalau udah cetak resi ya nggak bisa batal. Apalagi posisi udah di pick up kurir, itu udah masuk di sistem ekspedisinya Bambang ?. Kalau batal ya pengaruh ke performa toko/penalty, PAHAM nggak kamu??!!

      • Belanja onlen pakai smartphone, mohon diupgrade juga otak nya agar smart, agar serasi.

      • Itu mempengaruhi performa toko bro,
        Makanya d pikir dl sblm CO, kalau masih labil jgn beli online dehkasian penjualnya

    • Jangan menjatuhkan pihak manapun dgn alasan yg menurutmu benar, karena belum tentu benar menurut orang lain, mikir aja sendiri, lu sdh dewasa, saran gw, berfikir dulu sblm berkomentar!

    • typenya memang tidak ada dietalase lalu saya tanya seller terkait barang tersebut dan seller bilang barang dengan type yang saya mau ready lalu saya melakukan pemesanan dengan pembayaran shopeepay. lalu jam 12 malam seller ngechat saya kalo barangnya tidak ada, saya ajukan cancel seller tidak mau karna barang sudah status menunggu pickup. lalu ini gimana ya kak? kalo ntar barangnya datang trus saya ajukan pengembalian dan seller menolak, saya yang rugi dong beli barang yang tidak dibutuhkan

  • Toko gercep, salah.
    Toko lambat kirim, salah.

    Maunya apakah pembeli?

    **Dikarenakan ingin menambah variasi barang yang ingin saya beli, maka saya mengajukan pembatalan pesanan**

    Order aja lagi, apa salahnya? Atau saya yg gagal paham?

    • Kalo udah dikirim emang gak bisa bang, kecuali masih dalam proses packing, mau dibatalkan kemungkinan bisa selama dalam catatan "belum dikirim" statusnua

    • Toko gercep, salah.
      Toko lambat kirim, salah.
      Toko yang menolak pembatalan pesanan di jangka waktu 1 menit benar? (sudah pandang pembeli), kalau di sudut pandang anda sebagai penjual gatau juga sih

      • Anda mau batalkan, apa mau nambah variasi sih??? Kok cenderungnya anda tuh mau batalkan sebenernya!!!

      • Saya mewakili sbgai sudut pandang pembeli juga gak salah sihh wkwkwk namanya udh diklik proses ya wajar klo gak bisa dibatalin haduh2 saya juga sering kok. kadang mau batalin itu untung2an. klo disetujui penjual ya alhamdulilah klo gak yaudah namanya juga udh diproses kak. gak bisa salahin penjualnya

        • Bro..saya sering batalkan pesanan untuk rubah pesanan, dan semua lancar aja...bahkan 2 hari yg lalu, pesanan yg sudah 2 hari belum di packing, bisa saya batalkan..jadi semua itu bukan GIMICK broo..klo memang sudah di packing, ya chat penjualnya, kordinasi yg baik, jangan maksa.. di sini terlihat klo ente murni mau BATALIN dan ga mesan lagi makanya terkesan maksa....lagian hal gini aja di muat di media konsumen..smart buyer broooo..??

      • Kalo ga punya uang, ga usah sok2an pesan barang.
        Pake nulis dsni yg isinya keluhan ga mutu.

    • Kalo saya, berdasarkan pengalaman saya sbg penjual memilih tengah tengah. Ga terlalu cepet dan ga terlalu lambat utk antisipasi yang kaya gitu .. Cancel cancel trus ada yg ancem ancem segala loh minta batalinnya sakin cepet nya saya proses ?. Kecuali si pembeli dm minta segera pickup khusus yg instant sameday.. Baru saya lgs detik itu jg klik pickup. Biasanya saya diemin dulu orderannya 10 menit . Kalo ga ada yg cancel baru saya proses.. Untuk mencegah saja sih.

      Kalo typikal konsumen Shopee soalnya ongkir menjadi masalah. Walaupun ada subsidi free ongkir. Jk nambah dikit di kena subsidi ongkir nya dikit jg. Beda dgn segmen market Tokopedia yg ongkir ga jadi masalah selama wajar menurut pembeli.

      Dan kita ga bisa menyalahkan jg sih sbg pembeli, karena rejeki sudah ada yg atur.. Kecuali pembeli nya udah 2 hari baru minta cancel salah alamat misalnya .. Nah yg itu bisa gue omelin malah ?.

  • Asik asik asik

    Anda order jam brp itu ? 19.35 order itu mungkin jam toko mao closing
    Pas ada orderan 1 masuk, lsg di siapin, lsg di scan sama kurir shp dan berangkat

    Jelas toko ga akan liat chat, wong lg pd sibuk beberez mao pulang, toko repot bener harus cari2 paket yang di cancel oleh anda karena mao ganti varian / alamat / salah tipe / ukuran

    Jika stok ready, kirim

    Giliran kirim cepet salah
    Giliran lama kirim / nyampe, di bintang 1

    Padahal yang ngirim / antar paket bukan seller ??

    Itu salut sama toko nya
    Jam segitu order bisa lsg di kirim
    Biasa nya itu masuk besok hari....

    • Betul banget gan. Saya pernah beberapa x terima orderan pas lagi mau closing, kebetulan kurir juga uda otw mau pickup, langsung deh saya proses packing n kurir langsung bawa. Besokannya paket sampe ke pembeli, pembeli senang n puas, kasih review bagus ke toko saya n kurir nya. Radanya bahagia gitu bisa menyenangkan pembeli, apalgi pembeli nya gak neko"

    • Asik asik asik
      Terus saya sebagai pembeli harus memikirkan toko yang mau closing gitu? Ga sekalian ditanyain kabarnya, sudah makan belum, puasa hari pertama lancar kah?

          • TS nya yang ngeyel kok ditanggapin, harusnya TS juga baca postingan pembaca bukan ingin menang sendiri, kelihatan TS nya dari tulisan pembaca tak berarti buat TS, kalau bisa buat ADMIN mediakonsumen dellet saja tulisan TS ini sbb percuma yang baca ikut mengemukakan pendapat tak dianggap oleh TS

  • Terkadang ada customer yg udah order mengajukan pembatalan, alasannya ingin membuat rincian baru, atau ganti alamat, begitu di setujuin ujung2nya nggak order ulang. Sama aja PHP kan, itulah sebabnya kadang kami sbg seller nggk mau menyetujui begitu aja pembatalan, terlebih klo pesanan udah terlanjur di proses.

  • Kasian tokonya kak. Barang udah dikirim trus maen batal. Kalo di setujui dan barang dh jalan. Toko kehilangan barang dah.

  • Gimana yaa... Sebenarnya COD atau engga... Pembeli tetap bisa membatalkan paket saat paketnya diantar oleh kurir.... Ini pengalaman pribadi krn gue bekerja sebagai kurir...

    Pembeli kadang menolak pesanan dengan alasan udah dibatalkan di sistem tapi ga bisa...jadi mereka pilih dibatalkan lewat kurir Meskipun paket itu bukan COD yaa.... Yaa klo mereka menolak paket.. Kita sebagai kurir tentu akan mengembalikan paket tersebut ke gudang untuk dikembalikan ke seller..

    Nah klo uda begini yg rugi kan kurir dan penjual.. Kurir rugi waktu dan bensin krn ga dibayar.. Penjual juga rugi biaya paking .. Sedang pembeli akan aman... Uangnya akan dikembalikan karna paket ga mereka Terima...

    Jadi pelajaran utk penjual.. Klo pembeli udah minta batal... Setuju in aja... Jgn pake alasan udah paking atau udah kirim daripada nanti kecewa krn pembeli bakal batalin lewat kurir.

    • Jd kurir yg bener lah, jangan merugikan penjual. Masa seenaknya penerima bisa menolak paket walau bukan COD. Banyak penjual yg dropship, atau ngga pegang stok... Jadi pas ada order masuk baru "dibelikan", dan sebagian juga ada jasa custom order (sablon, print, dll). Nah trus kalo kamu sbg kurir membuka jalan utk retur paket begitu, barang yg balek mau diapakan?!? Jd kurir fokus aja tugasnya, anter paket! Urusan pembeli mau batal, ikuti prosedur pengajuan via aplikasi.

      • Memang nyatanya begitu... Kita sebagai kurir ga bisa maksa pembeli untuk menerima paket klo mereka sendiri yg menolak...

        Emang lo pikir kita sebagai kurir ga rugi klo paketnya ditolak pembeli...? Kita rugi waktu.. Rugi tenaga.. Rugi bensin jg... Tp kita bisa apa?? Bisa maksa...? Ga mungkinlah...

        Jadi jika anda sebagai penjual.. Klo pembeli nya udah nolak.. Jangan paksain kirim barang... Krn yakinlah.. Pas paketnya sampe tetep ditolak jg oleh sang pembeli dan ini nyata.....

    • Waduhh malah jadi merugikan pihak ke 3 kalau begitu ya...
      Jadi pembeli yg smart dong...yg legowo...mindsetnya ditata lagi...jangan suka mikir diri sendiri alias egois...ada orang cari rejeki bener² malah jadi susah gitu lo...

      Saya itu pernah beli barang cod krn nominalnya besar, dikirim dr cina....setelah dibuka ternyata isinya tidak sesuai (bukanya tdk didepan kurir). Karena sudah dibuka saya pikir tidak bisa dibalikin, yasudah ambil saja.
      Order berikutnya, saya buka didepan kurir (sambil jelasin takut barangnya beda ga sesuai kaya sebelumnya), eh malah kurirnya bilang kalau begitu kembalikan saja tidak apa² mbak... Ya saya bilang saja sudah terlanjur. Kurirnya baik si...padahal tau kalau cancel tidak jadi dibayar.
      Terimakasih buat Bapak kurir yg pernah kasih informasi ini pada saya ??

  • Klo COD ya order uang kembali. Beda klo transfer, msh dimaklumi klo ada kupon CB yg lupa dipake atau CB up to yg nilai nominal transaksi berpengaruh ke nilai cashback.

    Ya mgkn buyer setelah order liat model lain yg lbh menarik atau lbh murah di bawah produk yg dia order jd ingin membatalkan. Mudah2an pembeli tdk membatalkan transaksi setelah barang sampai, krn alasan "kesal" tdk peduli dgn kerugian org lain (seller & kurir)