Surat Pembaca

Pesanan Laptop Tidak Diterima dari Shopee, Tapi Pesanan Dianggap Selesai

Tanggal 20 Maret 2023, saya lakukan pembelian laptop via Shopee, nomor pesanan: 230320VMVM7VMV. Diinfokan oleh Shopee, barang akan dikirimkan pukul 17.01 dan akan tiba dalam 2 jam.

Kemudian saya terima chat WA dari driver Shopee, mengabarkan bahwa pesanan laptop tersebut dicuri orang di tengah jalan. Kemudian saya sampaikan itu bukan urusan saya. Kemudian ada update dari Shopee, bahwa barang diterima pada tanggal 20 Maret pukul 19.00.

Mohon ditunjukkan bukti foto pengiriman dan siapa yang terima ? Di rumah saya ada CCTV, jadi bisa dilacak kembali apakah benar ada Shopee mengantar barang ke rumah saya.

Kemudian saya ajukan komplain ke Shopee dan di forum diskusi Penjual, Shopee dan Pembeli, saya sudah sampaikan barang tidak pernah saya terima. Tiba-tiba tanggal 22 Maret saya dapat notifikasi dari Shopee bahwa pengajuan pengembalian dana ditolak. Bagaimana mungkin saya membayar untuk barang yang tidak saya terima?

Jangan Shopee lepas tangan kalo ini kelalaian dari sopir Shopee kenapa konsumen yang harus dirugikan? Mana tanggung jawabmu Shopee? Ini bisa menjadi preseden buruk membuat customer tidak mau lagi belanja online.

Mohon tanggung jawab Shopee dan saya melaporkan ini supaya mendapatkan perlindungan sesuai UU Perlindungan Konsumen.

Ivan Roy
Jakarta Utara


Update (2 April 2023): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak Shopee sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Itu gak ada garansinya apa biasanya barang segitu aman di garansi ntah itu dari laptopnya atau dari pengirimamnya garansi penuh jadi hilang pun masih bisa di ganti unit baru
    Kalau di lacak device laptop bisa juga mungkin, biasanya gak bisa sembarangan di jual.

  • Sudah ditunggu saja. Kurirnya mau dan harus tanggung jawab kok, entah kapan bayarnya disesuaikan kemampuan dia. Saya seller aktif shopee juga, sedikit banyak tahu curhatan para kurir lapangan. Lain kali bisa dibayar insurancenya biar prosesnya lebih aman kak. Shopee hanya media perantara konsumen dan penjual.

    • Meski calo juga mereka hrs tggung jawab. Jgn ngembat selisih fee penjualan & biaya aplikasi/penanganan.

  • Suruh driver lapor ke polisi. Setelah ditanya polisi, klo drivernya tidak berbohong pasti polisi kasih surat kejadian pencurian barang. Dengan adanya surat dari polisi itu bisa buat klaim ke shopee

    • Seharusnya TS mengasuransikan barang yg dibeli. Itu barang puluhan juta ga pake asuransi.
      Kalau kejadian kayak gini siapa yg mau dirugikan coba?

      • Sblum komen coba anda blanja disope apa ada asuransi manual, setau sy spx itu dah dicover asuransi cuma masalahnya disini adm lepas tangan

        • Sebelum balas komen, anda buka aplikasi shopee, cari toko skycomputer.
          Checkout salah satu laptopnya.
          Disana ada proteksi gadget yg bs di tick dan untick. Proteksi gadget dari perampokan.
          Nah TS ini di untick proteksi gadgetnya. Paham anda?

          • Apa hubungan sama asuransi perampokan, yg bawa itu kurir kecuali yg dirampok itu pemiliknya sendiri.. hadehh

          • mas arif, sekarang memang kalo belanja online ada 2 tipe asuransi. Yang pertama asuransi pas chekout (berkaitan dengan pengiriman jasa kirim dan setahu saya shopee gak ada dan seller yang harus nambah manual ke jasa kirim) yang kedua asuransi tambahan proteksi, efek samping produk dan lainnya (ini mah beda pas laptop kamu udah coba satu bulan terus kebanting emang mau klaim ke jasa kirim? ini gunanya asuransi proteksi tambahan)

          • yg masalah driver shope, ko kita yg harus asuransi? shope noh yg harus pasang asuransi

  • TS mah udh bener mengatakan bukan urusan dia hilang, ya krn penyelesaian ya di aplikasi bukan personal antar buyer & driver. Transaksi di aplikasi ya penyelesaian jg di aplikasi, begitu yg bahkan market place sarankan.
    Cuma org2 mental baperan menganggap TS org angkuh hny krn "bukan urusan saya", dan org baperan spt ini klo dlm posisi TS pasti akan tertipu berkali2 hny krn kasihan dgn driver, langsung pencet tombol selesai kemudian mewek wkwkwkw..

  • Ts nya harus tlp ke cs shopee. Dan lapor polisi serta kalau perlu bawa polisi untuk datangi kantor shopee karena kalau datang sendiri ke kantor shopee, ga bakal turun itu adminnya. Saya sudah pernah kejadian seperti ini, cs di datangi, ga berani turun, saya tungguin sampai hampir 3 jam, ujung2nya dia tlp aja, ga berani turun. Kalau ts bawa polisi, ts bisa naik dan ketemu tim cs yg main seenaknya menolak komplain ts. Dan jangan pernah percaya janji cs yg akan turun ke lobby karena dia ga akan pernah turun untuk ketemu, saya udah pernah kejadian begitu. Dia alasan ga bisa menyelesaikan, turun percuma, pandemi dll.
    Dan kalau memang laptopnya di asuransikan, bisa komplain juga karena pasti diganti 100% (sesuai keterangannya sih begitu)