Kesalahan BRI Ceria Laporkan Kolektibilitas pada SLIK OJK Sangat Merugikan Debitur

Saya merasa sangat dirugikan oleh pihak BRI Ceria, karena mereka memberikan laporan yang salah pada SLIK OJK saya dengan status Kolektibilitas 2. Sedangkan pembayaran tagihan ter-auto debit dan saldo pada rekening saya selalu mencukupi. Tanggal tertagih/ter-autodebit juga jauh dari tanggal jatuh tempo.

Gara-gara status Kol 2 itu, nama saya jadi jelek di pihak pendanaan lain. Sebelumnya saya sudah komplain terkait ini, tapi hanya diberikan surat lancar bayar, yang mana itu tidak memperbaiki SLIK OJK saya.

Saya mencoba komplain ke CS OJK, tapi mereka tidak bisa mengubah status kolektibilitas. Karena yang seharusnya revisi atau memberikan laporan itu dari pihak kreditur, jadi tidak bisa dari pihak debitur.

Dewan Kurnia
Kab. Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan PT Bank Rakyat Indonesia atas Surat Bapak Dewan Kurnia

Sebelumnya kami menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Bank BRI dan mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Bapak...
Baca Selengkapnya

12 komentar untuk “Kesalahan BRI Ceria Laporkan Kolektibilitas pada SLIK OJK Sangat Merugikan Debitur

  • 25 Maret 2023 - (10:32 WIB)
    Permalink

    Selama pembayaran lancar seharusnya SLIK OJK lancar Bang. Coba ajukan aja lagi ke BRI utk perubahan kolektibilitas biar diteruskan laporannya ke OJK. Kalau sudah menghubungi bank nunggu aja dulu mana tau masih diproses. Semoga bisa cpt selesai ya bang.

    1
    2
    • 27 Maret 2023 - (11:02 WIB)
      Permalink

      Saran saya terkait dengan permasalahan ini sebaiknya Bapak/Ibu mengirimkan juga laporan kepada pihak OJK selaku pihak Regulator pelaporan SLIK OJK.

      Laporan Bapak/Ibu sebaiknya harus disertai juga dengan bukti penunjang yang Valid agar pihak OJK dapat melakukan Crosscek dan Konfirmasi kepada pihak Bank terkait dengan kendala yang terjadi.

      Setahu saya pihak OJK selaku Regulator memiliki portal khusus yang difungsikan sebagai media yang menampung keluhan atau pelaporan dari masyarakat.

      Akan lebih efektif jika pihak Regulator yang melakukan Crosscek dan Konfirmasi kepada pihak Bank terkait. Terima kasih.

  • 26 Maret 2023 - (11:42 WIB)
    Permalink

    Ngga sekali-duakali lho ceria dengan problem yang sama. Harusnya ganti nama dari “ceria” jadi “masalah” tu aplikasi. Bikin malu saudara tua aja, aset terbesar, untung paling banyak tapi nyusahin nasabah

  • 31 Maret 2023 - (03:30 WIB)
    Permalink

    Case yang sama,status kolek 2 di bulan Desember 2022.Bukan cuma 1 nasabah aja tapi banyak.Baca aja di media konsumen sudah beberapa yang menulis sebelumnya.
    Saya pun hanya di berikan surat keterangan lancar tanpa memperbaiki status kolek di Slik Ojk.

    • 31 Maret 2023 - (13:28 WIB)
      Permalink

      Sama saya juga di bulan desember padahal lancar terus di kasih 1 dan 2 di desember 2022 aneh

  • 31 Maret 2023 - (14:27 WIB)
    Permalink

    Yg belum pernah pakai bri ceria mendingan jangan coba²..sy pun kena masalah yg sama..bahkan ga bisa login aplikasi sdh 2 bulan..hanya bisa akses lewat brimo..tp ga bisa transaksi juga kalo dibrimo sejak november thn lalu..dan autodebet selalu terlambat update ..selalu lewat jatuh tempo..sy lancar bayar tp diaplikasi statusnya DPK (Dlm pengawan Khusus) mumet kannnn…sdh email cs, sdh telpon habis pulsa ga sedikit..tp ga ada hasil..ttp seperti itu..nyesel bgt pake ceria.

    • 6 April 2023 - (02:42 WIB)
      Permalink

      Kalo di ios, ceria memang cuman ada di brimo sih. hmm jadi ragu, awalnya tertarik dengan ceria. tapi jadi ragu karna banyak keluhan seperti ini di media konsumen

  • 1 April 2023 - (07:23 WIB)
    Permalink

    Tim IT ceria bagaimana nih..
    Kemampuan anda dibidang IT perlu dipertanyakan,bagaimana bisa masuk ke pegawai BRI apakah kemampuannya sudah teruji. Jangan sampai ada oknum orang dalam yg membawa SDM tipe kayak begini. Tolong pihak ceria berbenah Tingkatkan kemampuan team IT kalian. Semoga semakin baik.

  • 6 April 2023 - (09:21 WIB)
    Permalink

    Pokoknya jangan coba²..slik kalian taruhannya..sdh disiplin bayar..aplikasinya yg ga bener..udah tepat waktu jadi terlambat..mana ga bisa login pula..email cs, nelpon cs jg sia² aja..ga ada hasil..

 Apa Komentar Anda mengenai BRI Ceria?

Ada 12 komentar sampai saat ini..

Kesalahan BRI Ceria Laporkan Kolektibilitas pada SLIK OJK Sangat Merug…

oleh Dewan dibaca dalam: <1 menit
12