Surat Pembaca

Pelayanan OLX Autos Sangat Mengecewakan

Saya Yudo, mempunyai pengalaman sangat tidak menyenangkan saat melakukan penjualan unit mobil melalui OLX Autos. Yang mana dijanjikan mobil saya akan diinspeksi tanggal 11 Maret 2023 pukul 11.00, tetapi dimajukan. Singkat cerita, setelah inspeksi petugas menginfokan akan dihubungi oleh pihak negosiator, yang ternyata menghubungi saya lewat WA. Beliau hanya menanyakan dijual berapa? Saya langsung jawab WA-nya.

Namun lewat hari tersebut tidak ada follow up kembali, sampai pada tanggal 14 Maret 2023. Saya WA lagi ke petugas tersebut, tetapi WA saya tidak dibalas sampai detik ini. Kemudian saya WA ke akun OLX Autos yang centang hijau. Singkat cerita saya disuruh inspeksi ulang, dikarenakan sudah lewat 3 hari.

Kesalahan dari pihak OLX Autos kok malah saya yang disalahkan? Diinfokan juga bahwa kalau diinspeksi ulang, maka harga penawaran akan turun. Dalam hal ini saya sangat kecewa dan merasa dipermainkan oleh OLX Autos. Mereka yang tidak follow up, kok saya yang disalahkan dan dari awal mereka juga tidak menyebutkan nominal penawaran. Saya merasa OLX Autos ini tidak akan langsung membayar mobil saya dan terkesan hanya sebagai makelar jual beli, tetapi mempunyai kantor resmi.

Kalau seandainya tidak serius membeli, tidak usah menghubungi saya sebelumnya, karena saya hanya pasang iklan di OLX dan tidak meminta OLX Autos membeli mobil saya. Selain OLX Autos, juga ada platform jual beli yang modelnya sama dengan OLX sebagai makelar. Berikut saya lampirkan bukti percakapan antara saya dengan petugas OLX Autos.

Yudo Grahono Suhariyadi
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • saya pernah jual lewat OLX, namun datang langsung ke tempat mereka inspeksi, disitu dijelaskan mereka jual beberapa tahap, semakin lama semakin murah. karena mereka juga jualnya ke dealer bukan ke pribadi. jadi jika tidak jual cepat/butuh, lebih baik iklan sendiri.

  • Saya dari tidak ada niatan utk jual di olx autos. Karena saya hanya memasang iklan di olx. Mereka yang menghubungi saya dulu dan lucunya mereka sendiri yang melanggar karena saya dianggap tidak ada respon setelah inspeksi dilakukan. Olx autos itu harusnya sebagai penyedia iklan bukan sebagai makelar jual beli mobil, dengan penuh sadar petugasnya menginfokan bahwa kemungkinan harga bisa turun kalau dilakukan inspeksi ulang. Semacam trik yang mereka lakukan untuk mengelabui penjual agar dijual dengan harga rendah dan mereka akan mencari pembeli yang membeli dengan harga tinggi. Ganti saja olx autos sebagai makelar online jual beli

  • Maaf pak ikut komen olx yg sekarang tdk sama kayak platform dulu, jelas berubah saya pengguna lama di olx sblm ganti nama menjadi olx. Dulu sblm berubah nama menjadi olx tdk seribet sekarang posting tinggal posting dan selalu gratis tdk berbayar, skrg iklan gratis hanya diberikan beberapa kuota, terus kl mau iklan diberikan pilihan 2 olx autos atau langsung pembeli, kl bapak klik yg atas warna biru masuknya olx autos ada jadwal inspeksi dan sbg dan setau saya inpeksi dikantor olx autosnya tiap daerah ada walaupun tdk semua lgsg dijadwalkan mobil dicek keseluruhan nnt akan ada hasil inspeksi, kedua klik bawah bukan warna biru itu iklan sesuai dgn postingan foto yg bapak punya, nanti diketerangan mobil tahun slm status leasing dsbnya, olx autos emg jasa penjualan pak kl bpl blg makelar lebih tepatnya begitu harga yg muncul estimasi tp jelas tdk spt sebelah harga tdk transparan tp harga rendah bgt, emg aplikasi spt olx ini kerjasamanya dgn dealer dr daerah tsb jd tiap ada yg jual mobil sudah otomatis koneksi ke delaler nnt dealer yg ambil kebanyakan. Yg jelas menurut saya masih masuk harga estimasi dan jika nawar masuk akal karena saya peenah coba serupa spt olx autos merk sebelah dr malaysia itu dilelang pak auto bid dan harganya nawar ga kira kira kl di olx autos saya kira masih masuk tetap pasti rugi pak tp masuk akal drpd sebelah karena saya pakai dua dua nya di olx autos rugi kisaran 5-20jt tergantung unit bagus dan tdknya sebelah saya dr harga pasar 275 turun 40jt pak 225jt kan gila bgt, nawarnya mana model lelamg tdk kira kira tdk transparan disini masih transparan, saran saya jika bapak terburu buru soal kebutuhan akan dana kl lewat olx ambil iklan biasa jgn yg warna biru pilihannya pst akan masuk olx autos, kl pilihan bawah bukan warna biru lgsg tayang ke konsumen pak di cek iklan kita tdk ada tulisan olx autos, nama akun iklan syaa munculnya tdk ada tulisan llx autos, cuman ya sabar karena lgsg pembeli pasti tawar menawar, jika tdk sabar olx autos tdk lama deal harga lgsg ditransfer, atau kl bapak tdk mau pilihan lain bs marketplace fb pak jangkauan juga luass saya beberapa kali jual disitu laku terus jangkaun bs seluruh indonesia yg pssti harus sabar pilihannya antara sabar dan tdk kebutuhan butuh duit cepat atau tdk gt aja pak.

    • Pak, maaf nih, tolong lah klo berkomentar pake titik koma dan diperhatikan kalimatny, sy yg ingin paham jadi ikut bingung bacanya. Thx

  • Setelah inspeksi pun tdk ada kejelasan dan saat ditanya utk kesekian kalinya malah justru menyalahkan saya karena tdk ada respon. Yg tidak merespon itu siapa? Kan mereka yg tdk menjawab chat yang mereka kirim ke saya sebelumnya

  • Okeey yang sabar ya, bikin ulang ajah lagi yang penting kalau memang gak mau harga turun jangan goyah.
    Kita ya kan juga numpang ngiklan, kalau kita ga bayar ya belum ada hak juga untuk komplain yang sampai kemedia konsumen.

    Kalau kita memang bayar, baru deh kita bisa kejar terus karena itu hak kita

    Good luck

  • Yang ribet menurut saya tsnya, kl emg BU pingin cepet cair ya bawa ke dealer terdekat. Auoto lsg jd duit