Surat Pembaca

Cashback Tokopedia Bisa Hilang Hanya dengan Keputusan Sepihak Point M Nomor 9 yang Mengada-ada

Izin memberikan informasi kepada teman-teman, agar hati-hati belanja di Tokopedia karena cashback yang diberikan tokped beberapa kali tidak diberikan sesuai dengan informasinya.

Jadi saya belanja Handphone Poco F4 dengan Nilai Transaksi sebesar 4.700.000 pada promo ada tulisan cashback sebesar 140Ribuan. Saya pakai promo tersebut dan jika dengan pembayaran gopay ada tulisan + 40 ribuan jadi total sekitar 180Ribuan, Berikut saya sertakan fotonya:
Akan tetapi setelah barang sudah saya cek dan aman dan saya selesaikan transaksi, saya mendapat notifikasi melalui email kalau cashback tidak diberikan. Berikut foto yang saya sertakan:


Karena kejadian tersebut, saya sangat kecewa dengan pemutusan sepihak cashback yang diberikan dan saya membuat laporan dan menghubungi Tokopedia Care dengan isi chat sebagai berikut:



Tokopedia care menjelaskan bahwa promo cashback tidak diberikan dengan alasan yang tidak masuk akal, bahwa pesanan ada indikasi Fraud. Padahal jelas saya tidak pernah sama sekali transaksi dengan seller yang saya beli, bahkan ketika seller menawarkan COD saya lebih memilih menggunakan tokopedia saja karena alasannya biar bisa cek secara keseluruhan juga. Berikut saya lampirkan fotonya:

Dan di situ juga Tokopedia care menambahkan bahwa saya melakukan kesalahan dengan alasan Point M Nomor 9 yang berbunyi:

“Tokopedia berhak, tanpa pemberitahuan sebelumnya, melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan termasuk namun tidak terbatas pada menarik subsidi atau cashback, membatalkan benefit Rewards, pencabutan Promo, membatalkan transaksi, menahan dana, menurunkan reputasi toko, menutup toko atau akun, melakukan pembatasan metode pembayaran serta hal-hal lainnya jika ditemukan adanya manipulasi, penggunaan resi yang tidak valid pada mayoritas transaksi, manipulasi berat barang pada deskripsi produk (aktual berat barang dan berat barang pada deskripsi Produk harus sesuai), pelanggaran maupun pemanfaatan Promo untuk keuntungan pribadi Pengguna, maupun indikasi kecurangan atau pelanggaran pelanggaran Syarat dan Ketentuan Tokopedia dan ketentuan hukum yang berlaku di wilayah negara Indonesia.”

Alasan tokopedia Point M Nomor 9 tersebut mengada-ada dan saya sebagai user Platinum tokopedia merasa sangat kecewa dengan pemutusan sepihak tersebut. Saya sama sekali tidak pernah melakukan fraud dalam transaksi, dan tidak pernah juga transaksi sama seller sebelumnya hanya saat di Tokopedia saja. Saya berani sumpah demi Allah karena memang saya benar adanya.

Warning aja, hati-hati untuk para konsumen di Tokopedia untuk lebih hati2 belanja ditokped karena promo yang diberikan bisa hilang seketika dengan pemutusan sepihak dan alasan yang gak jelas dan terkesan mengada-ada.

Kalau secara logika saja gunanya user di tokopedia melakukan verifikasi KTP di Tokopedia ini apa? Kok bisa diduga manipulasi transaksi, sayapun chat dengan Seller enggak ada kejanggalan sama sekali bahkan ada jeda waktu lama karena saya ingin harga bisa nego sesuai uang saya. Bisa dicek keseluruhan data chat saya dengan seller saat beli.

Itu saya berikan bukti chat keseluruhan dengan Seller dan itu hal yang wajar, tetapi keputusan Tokopedia sangat aneh kenapa bisa chat tersebut terindikasi fraud, sangat aneh keputusan Tokopedia. Dan untuk konsumen lain hati-hati saja jika mengalami kejadian sama kayak saya pemutusan sepihak cashback.

Setyo Hermanto
Semarang, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Punya akun juga selalu gak pernah bisa pake promo akhirnya minta bantu dihapuskan dan daftar ulang.

  • Aku pernah dapat cabe gk sesuai tapi komplain ke cs langsung ditangani dan proses agak lama memang semingguan.

  • Saya pernah mengalami hal yang sama 3 minggu yang lalu.saya komplain di tokopedia care/tanya jawabnnya tidak sesuai syarat dan ketentuan poin M nomer 9.dan kalau di tanya detail dan buktinnya tanyabtidak bisa menjawab dan selalu jawabannya point M nomer 9 mulu.padahal kalau saya mememng melanggar ketentuan saya akan legowo.jelas jelas itu tokopedia sama halnya mencuri hak pembeli,karena sebelum cekout kita sdh deal ada cashback yg di sepakati antara aplikasi tokopedia dan pembeli.padahal seller juga di kenakan potongan 1,8% per transaksi,enak dong tokopedia mencuri hak pembeli dari seller.semoga ini aplikasi segera di tutup dari lembaga terkait.

  • BAGAIMANA SOLUSINYA??
    KASUS SAYA SAYA MEMBELI SEJUMLAH ITEM HINGGA CASHBACK 1 JUTA (DEMI DAPET CASHBACK SAYA SAMPAI BELANJA SEGITU BANYAKNYA)
    SAUDARA SAYA IKUT TERGODA MEMBELI KARENA CASHBACK YG DIBERIKAN SELLER CUKUP BESAR, TAPI DIA BELANJA G SEBANYAK SAYA, CASHBACK HANYA 200 RB .
    TERUS TIBA2 SAMA TOKPED DIBATALKAN DAN YG HILANG MALA YG 1 JUTA !!!
    MAKSUDNYA APA INI????
    ADA YG BISA BANTU SOLUSINYA??