Gangguan Indihome, Lebih dari 5 Kali Komunikasi dan 10 Hari Laporan Tidak Terselesaikan

Kepada Yth. Dirut PT. Telkom Indonesia, Tbk.
di Tempat

Saya pelanggan setia Indihome sejak 2020, dan lazimnya melakukan pembayaran sebelum tanggal 15 setiap bulannya. Sebagai respect, Telkom memberikan reward kepada pelanggan dengan loyalty minipack free setiap bulannya.

Pada tahun 2022 program loyalty ini berjalan sempurna, bahkan 147 setiap bulannya setidaknya 1-2 menghubungi kami mengenai tingkat kepuasan atas layanan yang diberikan indihome. Cuma sayang pergantian tahun 2023, entah kenapa untuk akses masuk ke minipack selalu gagal submit. Dan meski menghubungi 147 permasalahan kami baru teratasi puncaknya pada bulan ini tayangan minipack yang sudah berjalan lancar.

Pada hari ke-3 setelah pembayaran tiba-tiba di-lock minipack-nya dengan notifikasinya kami belum beli berlangganannya. Setelahnya pada tanggal 17 siangnya saya melakukan laporan pertama ke 147 Bengkulu (melalui Sdri. Tessa) dengan respon kami diminta menunggu, Tim sedang melakukan perbaikan. Respon yang sama pada aplikasi My Indihome di hp, dan seperti biasa melalui medsos via FB Indihome care center memping-pong pelanggan berpindah dari 1 petugas ke petugas lain.

Bahkan kami nilai tidak ramah bahkan mengalihkan ke persoalan lain sampai lambat menanggapi hanya karena kami tidak mengirimkan nomor kontak lainnya. Hal ini jauh dari kesan memberikan solusi, bahkan ribet karena tidak ada yang menghubungi keluhan kami di nomor yang saya sampaikan. Selanjutnya 2 hari setelahnya saya menghubungi kembali ke 147 Bengkulu (melalui Sdr.Dion) menyampaikan hal yang sama berikut komplain kenapa di aplikasi My Indihome via hp selalu error, dengan notifikasi: Laporan gangguan Anda sudah selesai padahal paket minipack tetap tidak bisa dinikmati.

Sampai akhirnya saya juga menghubungi 2 kontak customer care center Bengkulu via WA (melalui Mbak Anna (tanpa tanggapan) dan Mas Aan (sempat menanggapi namun menyerah dan meminta saya untuk ke Plasa Telkom langsung pada hari Jumat (setelah tanggal merah dan cuti bersama). Menurut saya ini semakin buruk sebagai respon percepatan. Bahkan minipack yang semula bisa diakses melalui My Indihome tv/usee tv di hp pun tiba-tiba keesokannya ikut di-lock (makin parah). Saya seperti bukan pelanggan yang mendapatkan loyality justru sebaliknya seperti melakukan ilegal transaksi ??‍♂️.

Dan akhirnya pada hari Jumat (pas 1 minggu) setelah laporan pertama saya pertama kali, 147 pusat (melalui Sdri. Rara) untuk pertama kali menghubungi kali dengan nomor tiket yang saya sudah nggak tahu ini apakah via e-mail, 147 atau aplikasi My Indihome via hp. Ini pun sekedar konfirmasi saja karena paket minipack saya tetap tidak bisa dinikmati.

Hari Minggu-nya saya kembali dihubungi (melalui Sdri. Melin) itupun dengan respon yang sama hanya sebatas konfirmasi apakah kami sudah bisa menikmati layanannya, dan selanjutnya akan disampaikan ke Witel setempat dengan pesan agar hp tetap dalam posisi aktif.

Keesokan harinya, hari ini pada 27 Maret 2023 bertepatan 10 hari setelah pelaporan pertama saya, akhirnya saya dihubungi kantor Witel Telkom Bengkulu (saya tidak sempat menanyakan namanya) selain konfirmasi apakah tayangan minipack sudah bisa dinikmati. Kemudian selanjutnya menyampaikan bahwa minipack dapat dinikmati lagi bulan berikutnya setelah melakukan pembayaran sebelum tanggal 15 setiap bulannya.

Langsung saja saya semprot kalau hal itu enggak usah dikasih tahu saya sudah tahu, koplak-koplak ??‍♂️. Saya bingung, bertambah umur perusahaan dan paket layanan, bertambah SDM, bertambah fitur device/platform layanan, bukannya semakin baik, malah semakin dipertanyakan dan menyusahkan/merugikan konsumen.

Apakah ini salah satu bentuk diplomasi dari Telkom kepada kami sebagai pelanggan dengan paket lengkap diminta berhenti secara halus/beralih ke layanan(paket) yang lebih mahal dan yang pasti menguntungkan Telkom? Layanan yang ada saja termasuk penanganan terhadap pelanggan yang loyal saja masih sangat perlu diperbaiki.

Saya pikir Telkom tahun 2023 ini sedang tidak baik-baik saja. Mohon solusinya Telkom !!! Terima kasih.

Solihin
Pelanggan Indihome 111726371251
Bengkulu

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

18 komentar untuk “Gangguan Indihome, Lebih dari 5 Kali Komunikasi dan 10 Hari Laporan Tidak Terselesaikan

  • 29 Maret 2023 - (14:19 WIB)
    Permalink

    Anda berasumsi jika membayar sebelum tanggal 15 maka akan selalu mendapatkan minipack gratis di bulan berikutnya. Ini asumsi yang berbahaya. Loyalty program lebih seperti bonus—bisa berubah syarat, ketentuan, dan periode berlaku.

    Ibarat anda mendapatkan uang tips secara rutin dari atasan/majikan setiap bulannya. Begitu uang tips di stop apakah anda merasa punya hak penuh untuk komplain?

    3
    6
    • 29 Maret 2023 - (18:10 WIB)
      Permalink

      Saya tidak berpikir seperti itu. Tentunya sebagai pelanggan, Saya mendapatkan informasi/pesan resmi dari indihome berupa informasi billing plus loyalty yg diterima sbg reward kepada pelanggan. Dan ini (minipack loyalty) sudah berjalan hampir 1 tahun. Terima kasih atas responnya..????

      3
      2
    • 29 Maret 2023 - (18:40 WIB)
      Permalink

      Witel Telkom Bengkulu aja mengkonfirmasi kalau pasti dapat kok. Baca lengkap ga sih? koplak-koplak ??‍♂️ (niru ts nya wkwk)

    • 29 Maret 2023 - (19:03 WIB)
      Permalink

      Lalu apa salahnya TS disini? Jelas² promo minipack masih berlanjut (blm di stop sama telkom) dan sepertinya syarat dan ketentuannya pun blm berubah. Kan TS hanya menuntut hak nya, jadi wajar dong bikin surat di MK. Anda ini sok pintar tapi asudahlah.

      3
      3
    • 1 April 2023 - (10:22 WIB)
      Permalink

      TS ga ada sedikitpun merasa seperti itu. Itu adalah kronologis. Komplain utama itu gangguan teknis lama tidak diperbaiki.

    • 4 April 2023 - (17:19 WIB)
      Permalink

      Asumsyi asumsyi your eyes alias mata u, orang indihomenya sendiri ngasih promo tiap bulan kok dibilang orang berasyumsyi.. ngok ngok

  • 29 Maret 2023 - (19:13 WIB)
    Permalink

    Alhamdulillah, pada hari ini, begitu artikel secara resmi ditayangkan media konsumen, pihak Telkom secara tanggap melakukan rekonsiliasi kepada kami selaku pelanggan atas segala penjelasan kronologis beserta dokumen pendukung yang telah dilampirkan berikut pernyataan ma’af serta kompensasi tayangan minipack free yang sudah dapat kembali tayang. Semoga kedepannya Telkom(Indihome) dapat terus meningkatkan layanan termasuk berbagai media platform customer care dan seharusnya bisa cepat tanggap tanpa membuat pelanggan sampai harus lelah “berteriak” / “menyampaikan aspirasinya” ke media konsumen. Terima kasih buat media konsumen sebagai media bijak pemberi solusi antara konsumen dan pemberi layanan jasa ???

    6
    3

 Apa Komentar Anda?

Ada 18 komentar sampai saat ini..

Gangguan Indihome, Lebih dari 5 Kali Komunikasi dan 10 Hari Laporan Ti…

oleh Sholihin dibaca dalam: 2 menit
18