Surat Pembaca

Penagihan DC Amar Bank ke Rumah yang Meresahkan

Selamat pagi, perkenalkan saya Yuni. Pada tahun 2021, saya pernah meminjam dana dari Amar Bank. Ketika itu sedang pandemi besar-besaran, yang mana suami saya terdampak dan tidak bekerja kurang lebih selama 2 tahun. Saya sudah terlilit yang namanya pinjol, baik legal maupun ilegal dan ilegal, selama pandemi berlangsung. Saya memiliki cicilan di Amar Bank selama 15 kali, yang mana saya baru mencicil 4 kali. Nominal pinjaman saya di Amar Bank totalnya Rp10 juta.

Minggu lalu rumah saya didatangi DC lapangan yang menagih sisa tunggakan. Saya sudah tidak menggunakan jasa pinjol, tapi saya tetap beritikad baik untuk membayar/melunasi 1 per 1 pinjol legal yang saya punya. Saya sempat kaget dan bingung terhadap Amar Bank. Saya meminta keringanan pembayaran, tapi mereka tidak bisa memberikan. Bahkan untuk restrukturisasi pun mereka tidak kasih.

Mereka menagih hingga Rp13 juta dan hanya memberi keringanan di nominal Rp11 jutaan. Yang ternyata ketika saya cek di aplikasi, memang saya diharuskan melunasi Rp11 jutaan. Saya bingung, jadi nominalnya yang mana yang benar?

Saya merasa dibohongi atau gimana. Kata mereka, saya hanya perlu bayar pokoknya saja. Namun jika dilihat lagi, saya pinjam Rp10 juta dan saya sudah bayar 4x, seharusnya saya tidak dibebankan segitu besarnya. Saya tidak pernah menjanjikan kapan akan bayar. Yang saya bilang hanya bisa bayar sesuai kemampuan saya saja. Namun mereka tetap keukeuh akan mendatangi setiap hari ke rumah saya.

Saya merasa malu terhadap tetangga saya. Itu sudah hal yang sangat merugikan bagi saya. Saya mohon bantuannya agar mendapat keringanan pembayaran atau dispensasi waktu, sehingga saya bisa membayar sisa tagihan tersebut.

Yuni Eka
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Tunaiku atas Surat Ibu Yuni Eka Rahmawati

Pertama-tama, kami menyampaikan terima kasih untuk informasi yang Ibu Yuni Eka Rahmawati sampaikan. Menanggapi Surat Pembaca yang disampaikan Ibu Yuni...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Trs disini mbaknya nyari pembelaan apa gmn? Yang saya tanggep sih debtcolectornya hanya jalanin tugas buat nagih utang ke nasabah. Kalo mbanya merasa terganggu ya Salah mba nya dong sampe ngutang sebesar itu, walaupun ada itikad buat bayar ya kan kembali lagi, debtcolectornya hanya jalanin tugas karna dia juga kerja. Hutang tetep hutang sih jadi kl di tagih ya wajar kl gamau di tagih ya jgn ngutang. Walaupun emang kondisi lagi sulit. Semangat mba semoga cepet kelar Dan di mudahkan urusannya.

    • Lucu ya.. otaknya dimana yg nulis. Masa punya hutang ga mau bayar. Lagi pula DC nya juga biasa aja dari chat nya, hanya menjalankan tugas. Makanya klo hutang mikir". Ini kayaknya tipikal klo dipinjamkan uang ngeles terus bayar nya. Ingat hutang ttep hutang sampe meninggal. Jangan salahkan DC ini itulah, ya sudah hutang bayar dong

      • Total yg harus dibayar dr 13jt menjadi 11jtan,berarti sudah ada keringanan dari pihak bank Amar nya. Mungkin sebaiknya setiap ada penagihan ditemui DC nya, kali2 bisa dapat keringanan restuktur jangka waktu bayarnya.

    • Pernah udah ngajuin disini terus di acc pas orangnya mau nyamperin buat ttd kontrak gue bilang cancel di telpon ehh dianya nge gas ngomongnya gue ngegas aja lagi terus gue balikin aja gue belum berhutang elu malah ngegas terus dia bilang ya kan sayang aja pak kalau sampe di cancel padahal udah di acc wkwkw kocak belum ngutang aja udah di gas gue

    • Ga usah bingung dan malu... Krn sdh terlanjur berhutang. Setiap DC yg datang temui aja.. Kasi kopi ama indomie, trus bilang " Bulan ini saya blm ada uang,saya usahakan bulan depan ya ". Begitu aja terus sampai nanti bagian recovery yg dtg. Nanti dengan bagian Recovery tinggal nego abis abisan kita sanggup bayar brp. Yg penting mental harus kuat menghadapi DC external. DC baca pasti panas ini.. Wkwkwkkwkw

    • Bagus di bayar menurut pribadi saya,mau nama jelek tetap itu kewajiban kita,bukan masalah apa, ingat hukum karma, walaupun mereka dengan cara riba mereka sudah pernh membantu keadaan mbaknya yg lagi kesulitan,saya pribadi punya pengalaman di akulaku,saya minjam pulsa di akulaku 50ribu dengan tempo 1bulan,2 Minggu kemudian hp dan dompet saya kemalingan di kostan saat saya tidur,seketika saya bingung mau bayar utang saya di apk akulaku,Krn saya daftar pake no hp, bingung gimna cara nya di satu posisi saya tidak mangaitkan akun google saya,smpek 1tahu kemudian saya coba coba pake no yg lama saya yg hilang tapi dengan cara selfie wajah, Alhamdulillah masuk,di situ tunggakan saya smpek 300 hari lebih dan biaya tunggakan hanya 75ribu,seketika langsung saya bayar, setelah beberapa bulan saya coba di apk pinjol iseng buat minjem uang,di apk mana pun saya tidak di acc,di situ saya rasa nama saya sudah di blacklist dari OJK....
      Mau gimna juga saya harus terima mau tidak mau Krn telat membayar uang 75 ribu....

  • Ditagih ke rumah, komplain. Jadi maunya ditagih ke mana? Ke kantor juga protes (banyak yg begitu, pdhl sewaktu ajukan mencantumkan kantor agar pinjaman lebih gampang goal). Bayar 4x dr 15x cicilan itu sudah pertanda sjk pengajuan memang ngga akan mampu lancar, 4x itu kan jg bayarnya dr modal pinjaman yg cair), alias ngga mikir panjang, saya mampu ngga sampai tuntas. Pinjaman ke bank dan pinjol itu bunga berbunga, selama ada tunggakan akan membengkak. Ngga seperti minjem ke sodara/tetangga bisa bebas bunga dan gampang ngelak tanpa dibayar. Bagus masih punya malu ya. Kalau memang tidak mampu bayar dan ngga bisa pastikan kapan... Langsung deh bilang nanti tagih di akhirat aja.

    • Gk usah dibayar berantas rentiner yg tumbuh subur biar bangkrut skalian eng ing eng abis ini bnyak dc coment

      • Kalau rentenir bangkrut nanti penghutang sepertimu mau ngutang kemana lagi bang? Kalau ke temen emang ada yang mau temenan sama tukang ngutang?

          • Bingung sama orang +62. Ntar kalau pemuka agama (gausah disebut yg mana, semuanya pasti sama) nasihati untuk lunasi tunggakan, dianggap komplotan dc. Padahal dalam agama juga hutang itu juga wajib dilunasi. Masa' udah dapat haknya tapi gak mau melunasi kewajibannya? Enak sekali. Hak orang lain diambil, tapi gak mau melaksanakan kewajiban untuk mengembalikan hak orang itu. "Adil" banget hidup begitu.

            Sungguh .... warga negeri ini (isi sendiri)

            Note : yang bilang saya DC, semoga yang fitnah orang-orang bukan DC sebagai DC dibalas perbuatannya :)

        • Biarin saja mbak,bank itu sudah ada asuransinya..jadi mereka tidak bakal rugi. Hutang yg harus dibayar itu yg ada akadnya..kalau pinjol mah ga ada akad.ngisi data selfie tau tau acc.. itu namanya penindasan berupa hutang...yg jd beban.
          Keluh kesah disini percuma karena banyak DC yang baca..kalau saran saya biarkan saja. Km bayarpun nama sudah jelek..jd percuma.mending uangnya buat sedekah,untuk menutup dosa hutang di pinjol.

          • Betul sekali kisanak. bayar pun nama sudah jelek. percuma. sama saja sudh menjelek2 kan datanya. baagus komen ini.

          • Iua yg saya tau juga begitu perusahaan seperti itu ataupun financing merek punya asuransi dimana klo emang terdampak kredit macet dr konsumen nya pasti nnti mereka klaim asuransi tsb.
            Tp tergantung dr perusahaan nya juga sih mereka mengasuransi kan atau tidak.

          • Betul bu
            Maf yg di sini koment pd menyudutkan.coba posisi nya ada di ibu yg sdg terlilit hutang gmn rasa ny kalian yg pd coment sinis
            Lg pandemi kmrin org kesulitan
            Sdg kn anak butuh mkn tiap hr
            Kl ada saudara yg bs munjemin mungkin ibu yg bersangkutan itu gk bkl pinjm k amar bnk
            Ibu yg sbr ya
            Berdoa aja spy dc yg kurang ajar itu dpt azab dri alloh
            Yg komen sinis gk merasakan sulit nya d posisi ibu skrg ini
            Jangan takut bu
            Lapor kn aj k polisi krm bukti cht wa nya k polisi
            Kl dc amar bnk udh engrusakan psikis ibu dn ibu gk nyaman
            Org jg nagih gk usah neken gitu hrs lunas sekian juta
            Kl ad uang ny jg d byr mungkun emg bnr2 lg gk ad uang
            Utk mkn aj susah gmn hrs lunas hutang smpai 13 juta gitu
            Kdg dc gk pny otak
            Ujung2 ny mlh blg y ibu pinjm aj k yg lain
            Sm jg boong ksih solusi kyk gitu
            Sbr y bu
            Jngan takut bu
            Laporin aj
            Kl dc nya berkata2 ksr itu udh bukti utk lapor k polisi

          • Tunggu sebentar.
            Disini jangan dibolak balekkan faktanya , jangan buat kondisi seolah yg berutang disini itu "KORBAN", bukan seperti itu. Yg berutang itu "Pelaku utama". Jangan merasa terzolimi dengan penagihan pihak yg kita pinjem karna diri kita tidak sanggup bayar, semua itu resiko. Kita udah tau apa syarat dan brapa harus bayar di awal minjem. Jadi kembali lagi, ga usah merasa seolah menjadi korban, karna namanya hutang itu seperti kita sudah di bantu mereka disaat kita butuh tapi dengan syarat . untuk pembayaran nya itu wajib harus bayar dan sejujurnya saya pribadi juga bukan individu yg tidak punya hutang tetapi kewajiban tetap kewajiban.
            Menurut saya ya.

        • Ngakak ni komen sdr note ?. Bner jg ya sok sok an berantas.
          Yg namanya berantas mah ya jgn minjem yak,ini mah minjem trs ngilang

          • Iya bang. Semoga kita dijauhkan dari mental menggampangkan urusan berhutang. Gak tau diri kalau sudah dikasih hutang.

            Ada berita orang dibunuh dan dicor gara2 si pelaku berhutang ke korban (bukan pinjol). Ya begitulah gambaran orang yg berhutang dan gak tau diri.

            Saya setuju dgn komentar "mau menghilangkan pinjol, caranya jangan pakai aplikasinya"

        • Sok2 jadi korban awalnya aja pinjem uang mohon2 air mata buaya giliran ditagih nyolot minta ampun seakan paling terzolimi ngutip dalil sana sini. Yg namanya hutang apalagi di lembaga resmi ada yg namanya perjanjian pembiayaan antara kreditur dan debitur yg didalamnya tercantum hak dan kewajiban masing2, anda pinjam uang di lembaga itu ya tunduk pada peraturan lembaga itu sesuai perjanjian kalo gak mau didatengi DC ya byar hutangmu, kalo udh kapok ya gausah pinjem lagi di bank pinjem aja di orang2 terdekat

    • Klu ga mau d tagih ga usah minjem mental tahu minjem mau bayar susah gemes gw Ama org2 seperti ini krna gw org yg taat sama utang gw butuh udh d bantuin ya gw hrs tanggung jawab dong.makanya klu ngutang hrs sesuai SMA penghasilan?gaya elit ekonomi sulit

  • Selamat berbuka puasa bagi yang berpuasa. Semoga amal ibadah kita hari ini di terima Allahu SWT...aamiin ya rabbal'alamin

    • Gini nih sifat tukang utang zaman skrg.....giliran pinjam dapat duit dgan suka cita, giliran bayar berasa jadi korban...giliran jatuh tempo, pura2 gila....giliran di tagih ke rumah merasa di permalukan....

      • Hahaha
        Bner bgt, dan yg aneh nya msh banyak aja yg nyaranin galbay, hdeh g mkir panjang bgt, percaya deh ts klau anda galbay anda akan nyesal d kemudian hari. Dtanglah baik² k kantor nya, bicarakan situasinya seperti apa. Saran saya jgn terlalu percaya dgn diskon² yg ditawarkan dc, dtg k kantornya, buat surat perjanjian baiknya sperti apa. Hutang ttp kewajiban bayar anda, mau banyak yg bilang itu diasuransi dll, ttp hutang itu merupakan tanggungjawab peminjam. Mdh²n cpt ketemu jln keluarnya.

    • Pasti asuransi to,namanya financing dia juga sudah mengetahui resiko resiko yg terjadi kedepan.
      ya kita ambil hikmahnya saja.berarti kita disuruh menabung sendiri dulu...sudah tidak boleh kredit memakan uang riba sama yg maha Kuasa.
      Ambil berkahnya saja dr semua ini mbak.

  • Anda mengajukan pinjaman tahun 2021 di masa sudah masuk pandemi. Harusnya sudah paham risikonya akan seperti apa dengan terdampaknya beberapa sektor ekonomi.

    Pinjaman yang bisa direstrukturisasi karena dampak pandemi covid hanya pinjaman yang sudah diajukan sebelum masa pandemi covid dan dengan kondisi kolektibilitas masih Lancar saat awal mulai pandemi (1 April 2020).

    • Makanya waktu mba nya sebelum ngajuin konsultasi dulu di mk,jgn setelah di tagih nyari pembelaan

  • debt collector hny menjalankan tugas menagih, tapi tentu saja ada etika2 yg hrs dipatuhi o/ DC sesuai ketentuan BI & OJK, seperti : dilarang menagih ke yg bukan debiturnya ( wlpun itu saudara / tetangga), dilarang melakukan tindakan yg bersifat mempermalukan debitur. Coba mba searching2 tentang etika DC yg diatur BI dan OJK,jika ga sesuai mba bisa ajukan komplain ke pihak DC nya.

        • Kmrin ada yg blg sy pegawai bank bni, skrg dibilang DC.
          Apakah pikiran org2 macam kalian emg ga berfungsi ya?
          Wkwkwkwkwkwk

      • Bener nich komentar nya Bang Muhammad, coba search di Media konsumen nama REGI JANUAR... DC standard Charter... Haaaa...Haaaa...

    • Ada dari DC salah nyamperin alamat. Padahal org yg ditagih GK make aplikasinya. Itu gimana coba???
      Akhirnya mereka menerima DC layaknya tamu. Di kasih minum, Snack, rokok pula.
      Yg masih heran si ibu bilang "saya cuman pake shape, bukan laku2. " Terus di liatin hpnya suruh dicek. Ohh iy, Ibu2 ini kerja jadi guru, dan berdagang warkop di rumahnya setelah pulang. Yg bikin keselnya tuh DC tiba 2 marah ke ibu pas baru Dateng kerumahnya.

  • Tempo hari ada yang buat artikel ditagih ke kantor takut dipecat.
    Hari ini ada yang buat artikel ditagih ke rumah malu sama tetangga.
    Lalu maunya para penunggak hutang ini ditagih kemana ya? Hidupnya aja serba malu dan ketakutan begitu.
    Bentar lagi pasti ada kawannya sesama penghutang saling membela nih. eng ing eng muncul lah....

    • Intinya gak usah di bayar,di bayar juga percuma karena sudah di buat malu & slik BI cheking sudah masuk kolebilitas 5, depkolektor cuma menjalankan tugas,klu datang lagi,bilang saja sudah tidak sanggup bayar,intinya tidak ada pidana cuma perdata yg pasti tidak bisa mengajukan kredit lagi,karena sudah masuk data BI blacklist,klu debat lagi sama depkolektornya bilang saja proses di persidangan saja,ini negara hukum.kebanyakan yg komen para depkolektor kayanya,itu kerja halal apa haram

      • Kalau nunggak utang dari hasil riba itu halal atau haram ya? Coba berikan ceramah dari sudut pandang penghutang. Penasaran saya. ?

      • Waduh. Mohon maaf nih banyak yg komen waras itu biar para penghitung sadar diri. Yg komen gitu bukan berarti DC.

        Lu ngomongin halal haram kemana aja? Riba lu pelajari nggak hukumnya gimana? Kocak asli bawa halal haram gak ngerti riba.

    • Yg namanya joseph, lawan secara hukum dan satunya tuh kan? wkwkwk no komen deh tar dikatain DC sama tukang galbay yg pake celah hukum

      • Hmmm, kalau no komen ya jgn di komen donk bos hehe. Spt saya uda malas komen, ini krn anda sebut2 aja.

        Fyi. Blm ada yg namanya celah hukum buat galbay. Jgn ngarang2 donk.

        Yg saya suarakan selama ini adlh . Lawan oknum dc yg melanggar hukum, menghina2, maki2, meneror org yg tdk memiliki hutang, merendahkan harkat dan martabat manusia, memperlakukan manusia seperti hewan, melakukan aksi premanisme bahkan melakukan semi kekerasan. Apakah anda mendukung aksi premanisme spt itu ? Atau sependapat dgn saya yg menolak aksi premanisme ?

        Hendaknya, anda dan org2 spt kelompok anda memberi masukan kpd pihak pemberi pinjaman, lakukan gugatan hukum utk menagih debitur nakal. Mereka punya tim legal, tdk sulit bagi mereka melakukan gugatan. Knp tdk mau ? Kenapa memilih cara2 yg melanggar hukum ? Knp tdk berani lakukan gugatan ke pengadilan ? Apakah takut kalah ?

      • Trus sok2an ngomongin soal UU/aturan. Pdhl mereka sendiri melanggarnya. Wkwkwkwkwk

  • Mbak nya malu sama tetangga krn didatangin DC tapi gak malu ngumbar aib sendiri di MK nunggak utang berbulan² buat cari pembelaan................ maaf ya mungkin mbaknya salah masuk forum, harusnya masuk forum penggalangan dana bukan masuk ke MK sini....

    • Untuk embak nya tetap semangat ya...pasti akan berlalu ni masalah kalau ada niat untuk selesaikan pasti yg atas kasi jalan..keep spirit..

    • Prosedur penagihan memang ada yg ke lapangan mba. Terlebih lagi angka tagihannya juga besar, tntulah mereka akan datang ke rumah.
      Selagi penagihannya masih baik, tidak teriak2, tidk melakukan pengancaman, ya sudh di terima saja mba.

      Kasih tau belom ada uang untuk bayar. Coba di baik2in dc nya, siapa tau dc nya malah akan bantu ksih tau prosedur biar mba nya bisa dpt kemudahan.

      Jika dc terus datang, tpi dengan sikap yg baik dan perkataan yg baik. Yaa terima saja dengan baik mba.

      Smoga Allah mudahkan rejeki mba, agar bisa melunasi utang pinjolnya .. aamiin

  • permasalahan utamanya yaitu hutang, dan hutang harus tetap dibayar,sekiranya ada DC datang ke rumah, sampaikan baik2, diajakin ngobrol yang enak, dan cari solusi yang terbaik, misalnya minta waktu ke DC untuk melunasi dengan alasan yang tepat, misalnya dengan cara jual barang yang masih punya nilai jual, seperti barang elektronik ataupun kendaraan, dan jangan nekat hutang lagi kalau misal kedepannya tidak bisa melunasi, semoga semuanya segera selesai dan dilancarkan, dan tetap semangat untuk mencari pekerjaan

    • Kl berani berhutang berani bayar tp kl bisa hutangnya dicarikan jalan agar winwin solution

      • Orang orang kok minjem pinjol gampang gampang bgt yaaa, saya sdh ngisi bolak balik tdk pernah di acc padahal data sdh benar, nomor hp jg sudah lama 10 th kok tdk pernah di acc? tp ngeliat org pinjem di pinjol di acc terus heran saya.
        Ammar bank tu bank sbg salah satu pendana pinjol jg mbak, kl soal bank yg ba diklaim asuransi kebanyakan bank plat merah mbak sm bank bumn
        Kl swasta ada tp tdk semua tergantung banknya, smg masalah cepat selesai mbak, ini yg jd masalah penagihan atau soal sudah bayar 4x dr total tagihan awal perjanjian, kl soal tagihan kan tinggal ditayakan lgsg mbak nilai pokok hutangnya

  • Kalau penagihannya meresahkan laporkan polisi, seharusnya mediator hanya menanyakan status penyebabnya.
    Solusinya harus tetap bayar tapi kesampingkan aturan gono gini sehingga memberatkan Debitur itu bisa diatur tanpa denda dan bunga sisa angsurannya.
    Kalo pihak kreditur tidak memberikan keringanan dan kemudahan lapor OJK saja.

    Dengan kejadian ini, buat masyarakat Indonesia jangan pakai pinjol dan kreditan macam2, bangkrutkan mereka jangan kasih makan cara usaha mereka itu adalah Lintah Darat.

    Jangan pakai Amar Bank lagi, kasih tahu semua yg kalian kenal

    • Namaya pinjam sama aja mau ke penjol pinjul ,gà byar di tagih, sebaikya mau pinjam pake jaminan hahahahah

    • Di amar bank banyak orang yang bekerja mencari nafkah.sebenarnya bisa di cari jalan tengahnya.mbak bekerja apa saja yg halal buat menyelesaikan kewajiban walau tenornya jadi panjang.

  • kalau saya lihat itu bunga nya kecil mbak. ya kita sama sama susah juga. tapi ya harus berpikir gimana bayarnya juga. gak bisa gali lobang tutup lobang lagi.

1 2 3 5