Surat Pembaca

Barang Sudah Sampai di Kota Pembeli, Malah Dikembalikan ke Penjual

Pesanan saya di Shopee, dengan nomor resi pengiriman Shopee Xpress: SPXID032932362923. Saya beli di Shopee pada tanggal 23 Maret 2023, yang mana penjual adalah Shopee Mall, dengan total harga Rp30.000. Pada saat itu event diskon, harga barang yang dijual menjadi Rp25.000.

Tanpa diduga tanpa disangka, barang yang sudah dalam proses pengiriman, malah dikembalikan ke penjual pada tanggal 26 Maret 2023. Saya tanyakan ke CS Shopee, tapi malah jawaban aneh yang diberikan oleh CS Shopee, dengan alasan tolakan bandara. Padahal status sudah di Medan DC.

Jika sudah membeli, seharusnya barang diantar ke pembeli. Jangan-jangan barang yang dikirimkan adalah kosong.
Apakah bisa barang dikembalikan dengan tanpa sepengetahuan pembeli? CS menjawab di luar konteks masalah.

Adakah yang profesional dalam hal menerangkan permasalahan pembeli? Aneh saja, barang sudah di kota pembeli, tiba-tiba barang dikembalikan ke penjual. Padahal pembelian lunas melalui transfer. Jika COD bisa kemungkinan ditagih paksa kah?

Jakob Situmeang
Kota Medan, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Karena barangnya berbentuk spray akan masuk akal jika ditolak lewat kargo udara. Dalam hal ini toh tidak ada kerugian materiil di pihak anda. Anda bisa coba pesan lagi dari toko yang lokasinya sama atau bertetangga dengan kota anda, atau beli secara offline.

  • Hmm. Akan lebih baik sebelum anda membuat post. Anda mencari tau lebih dulu barang anda yang anda pesan. Dipost anda tertulis bandara. Nah seharusnya anda bisa mencari tau terlebih dahulu barang-barang yang diizinkan oleh bandara yg diperbolehkan dan yang tidak. Klo kejadian seperti itu ya memang anda tidak bisa menyalahkan siapapun. Akan lebih baik barang dibeli di kota terdekat(tanpa melalui jalur udara/bandara) setiap pengiriman melalui jalur tertentu pasti memiliki kebijakan tersendiri untuk barang yg dikirim

  • Wkwkkwkwkw yang komen bisa baca? Lokasi sudah di Medan DC. Pemgiriman dari Jakarta. Lagian sudah pernah saya beli itu barang cair di tempat yang sama mall. Di antar ke tempat.

    Ampas yang komen.

    • Dugaan saya pun begitu, sudah kosong. Ya seharusnya di bilang barang sudah rusak, jangan dibilang alibi lain. Karena sekali juga saya beli di tempat yg sama ukuran 1 liter, pertama sekali aman di antar pakai Reguler Shopee Express.

    • Nah saya setuju dengan ini, kemungkinan ada rusak atau sudah bocor sewaktu di Medan DC.

      • Memang begitu pak karena cairan atau liquid itu agak riskan lewat jalur udara. Bisa jadi itu manifes nya doank yang catat barang udah sampe tujuan tapi ternyata di retur karena ada kerusakan atau penolakan.

  • Pasti paket rusak (bocor), karna benda cair.
    Kalau ketemu pihak cargo bandara yg lebih ketat malah bisa gagal berangkt dari Jakarta tuh barang. Jadi lebih baik langsung di retur oleh pihak ekspedisi dari pada buyer tak dapat apa2 lalu timbul masalah lain.
    Jd saya rasa tak perlu di permasalahkan sampai masuk MK. Toh uangnya masuk ke saldo akun anda, bukan hangus. Atau mungkin nanti di ganti seller dengan barang baru.

    • Oke saja masuk saldo saya, lagian tinggal buat saja laporan barang rusak atau bocor.

      Lagian sudah di Kota Medan DC, tidak ada masalah dengan bandara. Wkwkkwwk

      Lagian tidak ada masalah bandara, benda cair yang tidak meledak aman aman saja. Ini mah masalah expedisi, lagian ada tulisan fragile.

      Yang kecewanya, jika memang rusak atau bocor ya bilang aja barang rusak atau bocor, jangan kaitkan ke bandara.

      • Tetep aja dikaitkan dengan pihak bandara. Kan yg menahan barang dan retur itu pihak mereka, bukan pihak shopee xpress, walaupun emang udah sampe kota tujuan. Paket cairan bisa lolos sebelumnya ke pembeli karena emang ada yg bisa lolos pemeriksaan xray.

  • Pengalaman sebagai penjual, ini udha sering terjadi pake ekspedia si oren. Barang udah sampai daerah pembeli, tinggal kirim malah balik ke penjual, ga 1 2 tapi sering. Di tanya alesan ke shope, ga jelas! Pernah pembeli beli 2 paket 1 pake shopee, 1 jnt. Yg jnt sampai, yg shopee balik lagi dengan alasan ga gantung.

    • Nah kurir Shopee Express yang aneh, tapi pihak Toko nya Shopee Mall, tak ada pergerakan juga.

  • Kalo saya kasusnya shopee express instan. Saya tracking sudah dekat di lokasi titik di map. Lalu saya hubungi kurir lewat WhatsApp untuk memberi foto rumah yg dituju biar kurir mudah nyari rumahnya. Si kurir menjawab akun nya sedang dipakai temannya nanti saya kabari. Lalu tiba2 pesanan saya batal dengan alasan pembeli tidak dapat dihubungi. Akhirnya saya berdebat dengan kurir lewat wa tersebut tentang hal tersebut. Si kurir bilang sabar nanti dapat kurir baru. Itu hari sabtu toko pengirim tutup setengah hari pengiriman dia jam 13.30an saya bilang toko tutup lalu kurir bialng salahkan tokonya. Kurir Shopee express instan sepertinya mitra ya bukan karyawan tetap jadi seenak jidatnya