Shopee Menolak Pengembalian Ponsel Poco F4 Baru, yang Diterima Dalam Keadaan “Matot”

Saya membeli HP Xiaomi Poco F4 dari official store Xiaomi di Shopee. Namun barang yang diterima mengalami kerusakan. Pada saat HP sampai dan saya buka, keadaannya sudah tidak bisa menyala. HP tidak respons saat ditekan tombol power, di-charge lumayan lama juga tidak ada respons apa-apa. Singkatnya, yang saya terima HP matot. Semua proses unboxing dan pengecekan saya rekam untuk bukti buat jaga-jaga.

Saya pun melakukan ajukan pengembalian barang/dana lewat aplikasi Shopee. Dari aplikasi langsung diberikan alamat warehouse Shopee beserta nomor resi otomatis, dan barang saya kirim hari itu juga yaitu tanggal 24 Maret 2023,

Setelah barang diterima pada tanggal 25 Maret 2023 di warehouse Shopee, barang diperiksa dan divalidasi. Tanggal 26 Maret 2023, keluar keputusan pengajuan saya ditolak dengan alasan yang tidak masuk akal menurut saya, karena paket saya masih tersegel pabrik. Padahal sudah jelas-jelas saya sudah buka dan sudah saya kirim bukti kalau produk yang saya terima rusak.

Alasan ini benar-benar membuat saya jengkel, seolah-olah tim warehouse Shopee malas melakukan pengecekan barang hanya dengan alasan seperti itu, padahal saya sudah menunggu lama.

Saya sudah coba chat dengan CS dan bilang bahwa akan dilanjut ke tim terkait. Namun sekarang HP rusaknya sudah dikirim kembali ke rumah saya. Saya bingung harus apa. Saya ingin membeli HP baru bukan ingin cari ribet dan masalah. Saya sangat kecewa dengan semua ini. Seakan-akan konsumen tidak punya hak apa-apa, hanya bisa diatur oleh pihak Shopee, walaupun konsumen yang memang tidak salah apa-apa.

Suwajal
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

71 komentar untuk “Shopee Menolak Pengembalian Ponsel Poco F4 Baru, yang Diterima Dalam Keadaan “Matot”

        • 1 April 2023 - (07:54 WIB)
          Permalink

          Kak keputusan ditolak karena shopee hanya media untuk menjual dan shopee tidak punya wewenang terhadap barang yang rusak dan cacat.Itulah gunanya service center kak kalo ada rusak ato cacat dr pabrik bisa dibawa ke service center buat menyelesaikan masalah kakak.Emang Repot kak pastinya drpd tidak ada perkembangan terhadap kasus kakak tidak ada salahnya bawa produknya ke service center pasti akan diganti karena masih garansi.

          11
          2
          • 2 April 2023 - (04:52 WIB)
            Permalink

            Maaf nih, bukanya saya ngebelain shopee, itu kan beli di official xiaomi id, harusnya komplennya ke official xiaomi id via chat shopee, wajar sih kalau komplen ke pihak shopee tapi ditolak karna yg siapin hp buat di kirim kan dari xiaominya bukan dari shopee.

          • 2 April 2023 - (09:48 WIB)
            Permalink

            Kak makasih ya, emang urutan nya begitu. Pas saya ajuin complain ke Xiaomi official emang di minta dikirim ke warehouse. Shopee yang bikinin resi otomatis. Di validasi dulu. Habis dispute keluar baru langkah selanjut nya beda” sesuai hasil validasinya. Kasus saya seller win karena masih segel pabrik. Barang dikirim balik ke saya, saya harus bawa ke SC untuk pengecekan. Nanti hasil nya berupa DAP. Seperti itu ya kak,

        • 2 April 2023 - (13:38 WIB)
          Permalink

          Produk poco adalah produk gagal sy beli poco X3 baru 2bulan matot, di bawa ke service center Xioami suruh bayar 1,8jt sama aj kaya beli baru, Xiaomi lepas tangan, apes

      • 2 April 2023 - (09:17 WIB)
        Permalink

        Aku belum pernah pake merk Poco meski katanya bagian dr Xiaomi. Aku setia ke Xiaomi udh 10 thn lbh dan udh pakai 10 tipe lebih. Skrg aku baru beli Xiaomi 12t sesudah pakai redmi note 10 pro.
        Tdk pernah ada masalah selama pake Xiaomi

  • 31 Maret 2023 - (10:00 WIB)
    Permalink

    kalo ditangerang mah service centre xiaomi banyak bawa aja.. kalo emang matot dari awal biasanya barang akan diganti unit baru. tunjukin aja video unboxingnya apalagi belinya di official store xiaomi. daripada unit dikembalikan untuk ditukar akan makan waktu lebih lama.

    14
    • 31 Maret 2023 - (18:29 WIB)
      Permalink

      Banyak keluhan ya di official store nya si orange, untung saya kalau beli di toko ijo. Aman, resolusi juga baik. Semoga TS ada solusi yg terbaik.

      9
      6
      • 1 April 2023 - (23:33 WIB)
        Permalink

        Di charge dulu itu, soalnya baterai dalam kondisi bener2 0%, pengalaman ku juga gitu beli pas pertengahan bulan maret kemarin. Sempet panik juga krn gabisa nyala. Semoga membantu. Thanks. ?

        1
        1
  • 31 Maret 2023 - (10:15 WIB)
    Permalink

    Berani jg y beli barang2 “pecah belah” via onlen, blm lg nanti pas expedisi sortir barang sesuai kota, kecamatan, kelurahan, alamat..lihatlah sndr gmn cara mereka sortir ?

    Ada xiaomi centre dikotamu..? Cepet masukkan ke service centre nya, klo dg Shopee bakalan alot tuh

    11
    2
    • 31 Maret 2023 - (14:38 WIB)
      Permalink

      ini bukan matot, tapi batrenya abis banget. di cas dulu pasti ada tanda² kehidupan. Klo semisal ga idup jg bawa ke SC pasti ganti unit baru, soalnya ketentuan di SC skrng yg langsung ganti unit ini pembelian hp selama 15 hari

      • 1 April 2023 - (02:59 WIB)
        Permalink

        Oh ya saya juga pernah alami. Baterai terlalu kosong. Awalnya panik tapi setelah dibiarkan agak lama akhirnya terisi

    • 31 Maret 2023 - (19:57 WIB)
      Permalink

      Saya beli eletronic dah banyak dari onlineshop, hp tv, dll, alhamdullillah aman.
      Karena waktu saya kerja sambil buka kredit barang, cuma ga berani klo beli di shoppe/lazada

      6
      1
      • 31 Maret 2023 - (19:57 WIB)
        Permalink

        Kemungkinan di masalah brand nya. Brand satu ini mmg sering bermasalah di software dan hardware.

        2
        1
  • 31 Maret 2023 - (10:44 WIB)
    Permalink

    Dan terjadi lagi,, sope selalu menolak barang baru/segel yg rusak dari pabrik ditambah brand ini yg terkenal matot

    3
    9
  • 31 Maret 2023 - (10:53 WIB)
    Permalink

    Parah nie toko official dan marketplace sh*ppe kirim produk rusak ke pembeli dan parahnya lg ga bisa di retur… kasihan tu pembeli dibikin ribet.

    Smoga segera dganti baru sama toko xiomi officialnya nya.

    6
    10
    • 31 Maret 2023 - (20:15 WIB)
      Permalink

      Itu tuch memang harus ke service center kalo ada kerusakan … nanti team dari service center yg ngecek rusak apa tidaknya…jika memang rusak akan terima surat buat klaim garansi… sesuai info yg diterima dari penjual.

  • 31 Maret 2023 - (11:26 WIB)
    Permalink

    Yah begitulah resiko beli online. Sy beli ditoko offline sehari pake matol diganti baru sama toko nya walaupun harga mahal dikit wajarlah

    2
    1
  • 31 Maret 2023 - (11:58 WIB)
    Permalink

    Sya pernh rog phone,tpi lewt tokopedia….tokped cuma fasiltasi aja ama selernya .seler stju di kirim balik..pas tiba di chek ada krusakan…akhire di ganti baru ama asusnya….alhamdulilah unbox 2 kali…gk di suruh ke sc….seleer asus tanggung jawab…

    • 31 Maret 2023 - (12:25 WIB)
      Permalink

      Rog phone mah terkenal hp gatcha.apalagi rog 5.termasuk bersyukur kak kalo cepet ditangani krena kebnyakan pengalaman temen2 yang pake rog pelayanan kurnag memuaskan.

    • 1 April 2023 - (08:48 WIB)
      Permalink

      Yg bener begini.. terima rusak balikin ke seller dan dapet tuker baru..
      Biar seller yg urus ke SC nya.

  • 31 Maret 2023 - (12:22 WIB)
    Permalink

    Sya masih bingung alasan shopee yang dimaksud dikirim penjual dalam keadaan segel itu ap.
    Emg sih penanganan paling cepat kalo beli hp online dan ada masalah itu ke cs terdekat dan biasanya sih unit diganti baru kalo emg kendala nya gak bisa diperbaiki.kak nya sebelum pemngembalian sudah kontak seller nya terlebih dahulu blm ttg solusi nya.moga cepet selesai masalah nya krena sya taubjrga hp jenis tersebut bukan hrga yg murah

  • 31 Maret 2023 - (13:21 WIB)
    Permalink

    Gw dulu beli di toped 2017 oneplus3t yang ga ada toko resminya di indonesia. BNIB. deg2an pas bukanya tp alhamdulillah the best. Skr masih ada hpnya. Masih digunakan. Dah 5 tahun. Klo pas itu rusak kata seller bs dibantu claim ke singapura wkwkw

  • 31 Maret 2023 - (13:27 WIB)
    Permalink

    Reputasi xiomi ofisial uda buruk tambah beli di shopee 11 12 reputasinya masuk di MK uda sering dengan lempar tanggung jawab saran beli barang model xiomi gini lebih baik di offline harga mahal dikit gk apa2 dari pada di online harga murah tapi komplen itu lebih pusing buang2 waktu dan energi

    • 31 Maret 2023 - (13:31 WIB)
      Permalink

      Terimakasih saran nya mas,
      Saya kerja full-time jadi agak susah buat beli ke toko offline. Maksud hati biar simple bisa manfaatin waktu senggang buat anak saya, dari pada waktunya habis buat belanja ke toko offline.

      1
      3
      • 31 Maret 2023 - (19:35 WIB)
        Permalink

        Ntu ngecasnya pakai charger bawaan bu.. Bahaya bener asal colok aja.. Ntar bukannya ngisi malah nyedot..
        Kalau ndak hidup juga y apaboleh buat.. Ke SC nya xiaomi.. Dimana2 kan ada..

    • 31 Maret 2023 - (14:37 WIB)
      Permalink

      ini bukan matot, tapi batrenya abis banget. Coba di cas dulu 30-1 jam, pasti ada tanda² kehidupan. Klo semisal ga idup jg bawa ke SC pasti ganti unit baru, soalnya ketentuan di SC skrng yg langsung ganti unit ini pembelian hp selama 15 hari

      2
      1
  • 31 Maret 2023 - (14:11 WIB)
    Permalink

    Paling itu masalah di baterai aja. Saya juga beli perangkat begituan susah dicas, ternyata kabel baterainya copot

  • 31 Maret 2023 - (14:36 WIB)
    Permalink

    Pernah nemuin kasus kaya gini, ini bukan matot, tapi batrenya abis banget. Coba di cas dulu 30-1 jam, pasti ada tanda² kehidupan. Klo semisal ga idup jg bawa ke SC pasti ganti unit baru, soalnya ketentuan di SC skrng yg langsung ganti unit ini pembelian hp selama 15 hari

    1
    1
  • 31 Maret 2023 - (14:43 WIB)
    Permalink

    Kakak chat aja CS XIAOMI lewat WA, minta klaim garansi, kirim foto² kelengkapan, terus minta fitur pickup. Jadi nanti Kaka tinggal packing yg rapih aja, sama CS nya dikasi resi otomatis buat dikirim ke Service center terdekat, klo dah selesai nanti dikirim balik ke rumah, jadi gaperlu buang waktu buat ke SC, semua pelayanan gratis..

    Karena masi baru pasti diganti unit baru itu soalnya blm 15 hari

    • 1 April 2023 - (18:46 WIB)
      Permalink

      Kamu salah kembalikan ke kurir Warehouse shopee. Karena kerusakan bukan pada kemasan atau packingnya

      Seharusnya Kamu hubungin chat ke Penjualnya, minta ganti unit baru atau minta alamat ruko/warehouse Xiaomi. Kirim balik hp itu.

      Setahu Saya, Ada masa 7 hari pengembalian unit ke Penjualnya.

      • 2 April 2023 - (09:41 WIB)
        Permalink

        Mas coba deh beli hp dapet yang mati gitu, nanti tau deh urutan pengembalian nya gimana gimana. Menurut mas saya tau darimana alamat warehouse shopee ??????

  • 31 Maret 2023 - (19:32 WIB)
    Permalink

    Kalau kata saya ini merek sering bermasalah dengan kata matot. Ga tau kenapa. Banyak dibicarakan di forum

    2
    1
  • 31 Maret 2023 - (19:52 WIB)
    Permalink

    Aku jga punya hape xiaomi yang suka restart sendiri tapi garansi sudah habis. Perbaikan mahal gak ya?

    • 1 April 2023 - (10:26 WIB)
      Permalink

      Harusnya Komplainnya ke penjualnya jangan ke shopie, sohopie itu bisa melayani jika barang belum dibuka / masih utuh, harusnya kamu chat ke Official storenya, nanti pasti bakal di urus untuk penggantian unit baru, dan harusnya kamu pilih penggantian unit bukan pengembalian dana, karena kamu sudah membuka segel.
      tapi jika kamu baru unboxing misalnya hp yg diberikan salah atau tidak sesuai, kamu bisa retur untuk pengembalian dana dengan catatan anda belum buka segel kemasan

      • 2 April 2023 - (09:39 WIB)
        Permalink

        Mas coba beli deh, kalo dapet yang mati gitu komplain ke Xiaomi nya pasti nanti di bikinin resi otomatis buat ke alamat warehouse shopee. Coba dulu deh mas, baru tau nanti. Ok
        Makasih loh

  • 1 April 2023 - (00:36 WIB)
    Permalink

    lg sial itu gan
    mending ke service center aja

    mayan ok mereka aftersalesnya (buat saya ya), 3bulan lalu, saya ada poco x3 pro tiba2 matot, udah setahun lebih sejak aktivasi, asalnya udah pasrah, tp ternyata garansi 15bulan, jadi bisa claim

    coba dibetulin gabisa, akhirnya diganti unit baru (walau beda tipe) ?

    pernah juga dulu (3thn lalu)
    zaman mi a2, rusak, bisa mereka betulin, dan sampe sekarang masi nyala

    goodluck

    • 1 April 2023 - (03:27 WIB)
      Permalink

      Nah benar ini. Saya pernah beli hape baru September lalu. Gak bisa dinyalakan ternyata baterai kosong drastis. Saya biarkan aja dulu hingga beberapa jam. Ternyata benar terisi penuh dan baru bisa dinyalakan. Sepertinya sel sel baterainya belum aktif efek terlalu lama di gudang terutama stok hape lama

    • 1 April 2023 - (07:31 WIB)
      Permalink

      Saya sudah stop pakai shopee sejak 2021 karena kejadian order brg lalu dikirim sama kurir Resmi shopee tapi salah alamat. Lalu saya yg harus tanggung jawab kerugiannya, brg ga dpt tp uang saya tidak dikembalikan. KEBIJAKAN YG TIDAK FAIR. STOP PAKAI SHOPEE

  • 1 April 2023 - (09:59 WIB)
    Permalink

    Lah kan tinggal ke xiaomi service center. Itu gk bisa ganti mmngkn warehouse nya, jdi SOP nya hrs ke service center dlu. Yah udh ke service center aja, pasti diganti baru

    • 2 April 2023 - (09:37 WIB)
      Permalink

      Bang coba beli hp Xiaomi mati di shopee deh, nanti urutan nya anda komplain ke Xiaomi official nanti di bikinin resi otomatis buat ke alamat warehouse shopee. Coba deh please

  • 1 April 2023 - (11:01 WIB)
    Permalink

    Jadi yg harus anda lakukan adalah telepon YLKI atau Ditjen PTKN.
    085311111010
    +62213451692
    0213441839
    0217971378

 Apa Komentar Anda mengenai Pusat Resolusi Shopee?

Ada 71 komentar sampai saat ini..

Shopee Menolak Pengembalian Ponsel Poco F4 Baru, yang Diterima Dalam K…

oleh SuNewbie dibaca dalam: 1 menit
71