Hati-Hati Membeli iPhone Garansi Inter di Tokopedia!

Pada tanggal 02 Agustus 2022, saya membeli 1 unit iPhone 13 Pro 256 GB warna Green garansi inter, senilai Rp17.560.000, di Tokopedia dari seller: Tech Studio Indonesia (Diamond 1). Sebelum transaksi, saya sudah bertanya perihal IMEI Kemenperin dan garansi. Dijawab bahwa IMEI aman dan garansi Apple 1 tahun.

Pada tanggal 27 Oktober 2022, iPhone hilang sinyal dan dicek di website Kemenperin, ternyata IMEI tidak terdaftar. Saya menghubungi seller perihal IMEI yang tidak terdaftar (seharusnya sudah didaftarkan oleh seller setelah transaksi). Seller menganjurkan untuk reset network setting, dan sudah dilakukan. Seller meminta foto kotak yang tertulis nomor IMEI dan sudah dikirimkan via chat Tokopedia. Lalu saya diminta untuk menunggu beberapa hari.

Pada tanggal 01 November 2022, kami menanyakan kembali prosesnya, dan diminta untuk menunggu lagi. Dijawab oleh seller, karena banyak yang didaftarkan, jadi harus menunggu didaftarkan (yang berarti sebelumnya tidak didaftarkan ). Sampai tanggal 11 November 2022, saya meminta bukti proses/pendaftarannya, tapi tidak bisa diberikan oleh seller. Diberitahukan oleh seller, bahwa sistem Kemenperin yang sedang bermasalah, termasuk barang yang dibeli di Digimap. Karena sistem Kemenperin yang bermasalah, saya mencoba memakluminya.

Pada tanggal 21 November 2022, iPhone dapat berfungsi kembali, tetapi IMEI tetap tidak terdaftar di website Kemenperin. Saya meminta bantuan seller untuk diurus, untuk mencegah kendala yang sama di kemudian hari dan meminta infonya apabila sudah terdaftar.

Pada tanggal 13 Desember 2023, iPhone kembali mengalami hal yang sama. Sudah menghubungi seller via chat di Tokopedia, dijawab bahwa sudah diregistrasi dan akan diproses lagi.

Tanggal 18 Maret 2023, saya menanyakan prosesnya, dijawab akan di-follow up hari Senin, tetapi tidak ada kabar dan tidak ada respons lanjutan.

Tanggal 29 Maret 2023, saya sudah meminta kepada seller untuk diperhatikan, karena sudah 2 bulan unit tidak dapat digunakan (beberapa teman yang mengalami kendala yang sama saat pertama kali hilang sinyal, iPhone-nya sudah berfungsi normal dan IMEI sudah terdaftar). Saya diminta mengirim video reset network setting, foto invoice dan kotak iPhone kembali via WhatsApp, karena admin toko di Tokopedia berbeda dengan admin toko di WhatsApp. Saya sudah dikirim via WhatsApp, tapi setelah beberapa hari, chat via WhatsApp juga tidak direspons.

Sewaktu iPhone berkendala pertama kali, saya pernah bertanya kepada CS Tokopedia, dijelaskan karena transaksi sudah selesai, admin tidak dapat berbuat apa-apa. Diminta untuk menghubungi seller saja.

Untuk pembaca Media Konsumen, berhati-hatilah apabila ingin membeli iPhone dengan garansi inter di Tokopedia. Karena apabila berkendala, admin Tokopedia tidak dapat berbuat apa-apa, pembeli akan diminta menunggu tanpa kejelasan. iPhone hanya akan menjadi pajangan karena terbuai iming-iming dari seller IMEI aman.

Reputasi seller Diamond 1, juga tidak menjamin apabila unit berkendala akan dapat dibantu dengan baik (contohnya permasalahan saya). Seller akan menjawab sedang proses/sudah diproses/sedang di-follow up, tanpa ada bukti proses maupun perkembangan dari masalah yang ada.

Lebih baik beli di iBox offline store saja, karena walaupun membeli garansi iBox di seller yang ada di Tokopedia, seller dengan prosedur kerja seperti ini tidak dapat membantu dengan baik, apabila barang yang dibeli bermasalah. Seller tetap dapat berjualan di Tokopedia, walaupun kendala pada unit yang sudah terjual bermasalah dan tidak dapat diselesaikan dan kemungkinan besar akan terulang kembali di kemudian hari.

Tokopedia seharusnya dapat sedikit membantu pembeli yang berkendala, karena masalah bukan kerusakan unit setelah pemakaian, tetapi ada pada IMEI yang tidak terdaftar sehingga sinyal terblokir yang tidak sesuai dengan janji seller IMEI yang terdaftar sebelum pembelian. Pengalaman berharga buat saya membeli iPhone di Tokopedia. Semoga masalah ini tidak terjadi pada pengguna iPhone yang lain.

Terima kasih.

Tjoe William
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

47 komentar untuk “Hati-Hati Membeli iPhone Garansi Inter di Tokopedia!

  • 5 April 2023 - (10:16 WIB)
    Permalink

    Terlanjur basah jadinya…kenapa TS berani beli barang mahal via online, kan dari dulu mmng sering bermasalah, mending lngsung saja via offline…selain bisa pilih2 lngsung dijamin lebih aman, gak perlu tergiur cashback² ini itu…tp menyesal d blkng..

    24
    7
    • 5 April 2023 - (12:22 WIB)
      Permalink

      Kalau beli hp sekarang selain kondisin hp yg di cek jangan lupa imei juga harus terdaftar… Kakau tidak terdaftar jangan beli meski seller menjamin aman… Karena sayaboernah juga mengalami ketika beli s22u inter… Akhirnya seller lepas tanggung jawab… Dan kejadiannya persis dengan saya… Komplain terus ke seller tapi ya banyak alasan… Akhirnya saya jual murah kondisi imei terblokir

      3
      2
      • 6 April 2023 - (03:13 WIB)
        Permalink

        persis yang saya alami beberapa
        bulan lalu beli iphone sinyal ilang karena ime tidak terdaftar, apakah barang selundupan atau gimana,, 2 bulan gk ada kepastian dari seller dan jawabnya selalu muter muter seperti mau lepas tanggung jawab. akhirnya kesabaran saya habis.. langsung seller saya pinalti, saya kasih dua pilihan..beresin Hp yg saya beli atau saya bawa kepolda..!! dalam 8 jam seller minta hp dikembalikan saja via toped dan seller gak mau ketemuan..akhirnya uang saya kembali dan saya beli lagi di toko offline..gak berani lagi beli online..

        3
        2
        • 6 April 2023 - (14:55 WIB)
          Permalink

          Itu masih lumayan… Masalahnya imei saya terblokir ketika 3 bln pakai… Bukan ketika hp saya terima…
          Jadi selama imei tidak terdaftar gak ada jaminan imei aman…
          Kalau sudah terdaftar sampai saat ini aman… Meski tidak sesuai peruntukannya… Seperti hp sony docomo tapi terdaftarnya di kemenperin… Sampai saat ini aman, sudah hampir setahun pemakaian

  • 5 April 2023 - (10:22 WIB)
    Permalink

    Lucu selalu..ts suruh hati2..ts bisa nulis d media konsumen harusny uda tau case2 serupa d media konsumen ini Sama sepertti ts..bbrp bulan uda ada korbanny Dan share kronologi imei d blokir..selalu saja permasalahany ingin dpt harga murah..imei ga ke daftar itu tidak bayar pajak ke negara makany d blokir

    13
    8
    • 5 April 2023 - (12:33 WIB)
      Permalink

      02 Agustus 2022 dg Case diatas lebih dulu mana?

      TS Beli iphone = 02 Agustus 2022
      Ex Case MK = 18 januari 2023

      mestinya TS masuk lorong waktu ya saat beli tuh Iphone biar tau kalau akan ada Case serupa dg TS

      5
      5
  • 5 April 2023 - (11:25 WIB)
    Permalink

    Agak ngeri ni. Beli barang ilegal yang gak bayar pajak lalu di up kasusnya ke media konsumen. Kalau ada orang cukai liat, bisa dikejar kedua belah pihak ni. Ayo bayar pajaknya. ?

    9
    13
    • 5 April 2023 - (11:42 WIB)
      Permalink

      Gak lah, malah bisa nego. Ntar jg ditanya ada duit berapa? Malah enak bayarnya cuma dikit.

      8
      4
    • 8 April 2023 - (18:27 WIB)
      Permalink

      Saran saya ajukan pelaporan saja ke BPSK (Badan Penyelesaiian Sengketa Konsumen). Jadi jika terbukti seller bermasalah, pasti akan di blokir tokonya oleh Tokopedia. Atau coba gertak dulu ke seller akan lapor ke BPSK, jika seller tdk ada niat baik, langsung saja lapor ke BPSK dengan bukti selengkap lengkapnya

  • 5 April 2023 - (11:34 WIB)
    Permalink

    Tokopedianya uda gk slh…krna uda lewt estimasi tgl komplain…kejar terus selllernya.lain kali…lebih bnyak literasinya…beli hp garansi inter.

    6
    1
  • 5 April 2023 - (11:35 WIB)
    Permalink

    Setau aku kalau kaya gini udah ga bisa daftar kemenperin,kalau mau bayar cukai nya sih min..atau nanti pas keluar negeri bawa barang nya,di daftarkan saat masuk..dapat pembebasan 500usd,sisanya bayar pajak nya

    7
    1
  • 5 April 2023 - (11:52 WIB)
    Permalink

    Lucu anda ini. Skrg mah org2 jg udah ga mau kali beli hp bekas inter maupun di janjiin sellernya imei aman dan segala macem.
    Kasus beberapa bln yg lalu sama ky anda, makanya yg sering baca MK udah tau.

    3
    4
    • 5 April 2023 - (12:36 WIB)
      Permalink

      Woi literasi Woi,,, jangan baaca doang sok bijak lagi.
      TS itu belinya bulan 2 agustus 2022

      3
      1
      • 5 April 2023 - (12:51 WIB)
        Permalink

        Sok bijak? Wkwkwkwk, berita ttg pemblokiran imei itu sdh dari tahun 2020, dan masih nekat beli hp inter. Kasus yg sy sebutkan itu baru naik di mk setelah kasus yg banyak terjadi diluar sana tp baru di expose dsni.

        4
        2
    • 5 April 2023 - (13:00 WIB)
      Permalink

      Bahasa halusnya hp inter
      Bahasa dulu hp bm
      Alias ga terdata didalam negeri (barang ilegal)

      Jalan 1 1 nya lapor untuk daftar email, jalas biayanya, klo di total dari beli hp tersebut + daftar Imel.
      Bisa kebeli 14 pro max

      2
      1
  • 5 April 2023 - (12:08 WIB)
    Permalink

    ke roxy aja, bayar 900rb udah pasti imei terdaftar & jaminan sinyal ga hilang selamanya.

    kalo beli hp dari luar langsung ga pake bea cukai ya jelas aja imei ga terdaftar. dan imei ga terdaftar tau dong konsekuensinya apa? pemerintah udah gembar gembor cuma dianggap angin lalu sama sampeyan

    3
    1
  • 5 April 2023 - (12:20 WIB)
    Permalink

    Jadi yg harus anda lakukan adalah telepon YLKI atau Ditjen PTKN.
    085311111010
    +62213451692
    0213441839
    0217971378

    1
    1
  • 5 April 2023 - (13:40 WIB)
    Permalink

    Jangan percaya sama seler yg beri janji garansi imei seumur hidup kalo tdk dapat nota bea pasti tipu² pajak

    1
    1
  • 5 April 2023 - (13:59 WIB)
    Permalink

    Yang mesti dibenerin adalah pemahaman terkait unit garansi Inter dan Kemenprin, untuk unit garansi inter hubungannya adalah dengan Bea Cukai dan bukan Kemenprin. Masih banyak orang belum paham terkait hal ini yang akhirnya tertipu krn minimnya literasi yang dimiliki.

    6
    1
    • 6 April 2023 - (11:24 WIB)
      Permalink

      Benar mas, banyak yg belum paham, setau sy yg terdaftar dikemenperin itu hanya untuk unit2 yg resmi masuk ke indonesia,
      Kalau untuk unit ex inter terdaftarnya di beacukai, tp kalau ada unit ex inter tp terdaftar dikemenperin biasanya imei tembak atau apalah itu namanya, dan tinggal nunggu keblok aja itu, koreksi bila salah,,,

      1
      1
  • 5 April 2023 - (14:32 WIB)
    Permalink

    chat pertama saya dgn seller menanyakan “imei kemenperin aman?”
    sy tdk bertanya ttg garansi inter karena sudah mengetahui produk apple dengan garansi internasional memiliki service center sendiri, bukan seperti garansi IBOX.

    untuk produk apple garansi inter yang saya beli ada keterangan sinyal aktif di tokopedia ( seperti keluhan surat pembaca lainnya di MK ). sebagai catatan, sinyal hilang setelah pemakaian dan seharusnya seller yang memproses ke kemenperinnya ( minimal segera setelah transaksi ). surat ini saya buat karena terlalu lama proses nya, seller tidak dapat memberi informasi untuk waktu yang diperlukan dan tidak terdaftarnya IMEI di kemenperin ( yang seharusnya merupakan kewajiban dari seller / tempat seller membeli produk tsb ).

    utk pihak tokopedia, memang transaksi sudah selesai, namun alangkah baiknya, apabila tokopedia sedikit memperhatikan kendala seperti ini. karena untuk masalah seperti ini, kendala tidak muncul dalam hitungan hari setelah transaksi ( seperti IMEI yang saya cek tidak terdaftar, dijawab sedang proses dan diminta menunggu proses yang tidak dapat diinformasikan lama waktunya ), kecuali kendala fisik produk yang dapat dilihat setelah penerimaan paket.

    1
    6
    • 5 April 2023 - (18:30 WIB)
      Permalink

      Beli HP di online ngerii banget, bnyk juga HP refrubish atau KW dan ngaku nya original, gw kalau beli barang mahal lebih baik di toko offline lah, namanya juga kalau online gak bisa di cek langsung alias meraba raba, ingat ya, namanya bintang bisa di buat seperti di play store, bintang bagus dan komen bagus ternyata aplikasi penipu

      2
      1
    • 5 April 2023 - (19:49 WIB)
      Permalink

      Sebenarnya sdh masuk berita sejak 2020 jgn beli hape BM oleh kemenperin. Status garansi Inter sdh menggambarkan kalo hape tsb BM karna semua yg dijual di Indo harus garansi resmi. Yg anda pakai itu pengaktifan imei untuk turis yg berlaku 90 hari doank. Cara lain ya ke luar negri dl lalu balik daftar di bea cukai dan bayar pajak. Beli hape skrg harus hati2 beda 1-2jt kalo baru harus curiga penjual nakal yg pakai cara imei aktif untuk turis

      4
      1
  • 5 April 2023 - (18:02 WIB)
    Permalink

    Kadang heran aja sih produk iPhone gitu bisa lbh murah drpd distributor resmi, padahal klo termasuk pajak jatuhnya lebih mahal.
    Yg terkena blokir ya krn apes aja, toh kebanyakan yg beli aman2 aja. Entah siapa yg bermain di sini..

  • 5 April 2023 - (19:00 WIB)
    Permalink

    Dah lah w beli sini 1.7 aja yak, pan ngga bisa sinyal ini. Mayan buat maenan anak, pake wifi aja cukup lah, xixixixi..

    3
    1
  • 5 April 2023 - (20:11 WIB)
    Permalink

    Cara irit kalo ada teman habis pulang dari luar negri segra minta no penerbangannya, pinjam data dirinya dll lalu buka website bea cukai. Isi semua data dll. Lalu pas dapat QR code nanti bayar pajak dll. Mungkin bisa beres. Pake jasa unlock nanti takutnya gak permanen misal yg ada di e commerce

    1
    1
  • 6 April 2023 - (03:46 WIB)
    Permalink

    segera lapor polisi saja kak, membantu negara dan aparat penegak hukum memberantas penyelundup dan penjualan HP ilegal ( ime tidak terdaftar). sesuai aturan,,konsumen bisa mengajukan tuntutan kepada seller yg menjual ime tidak terdaftar. seller diwajibkan menganti kerugian konsumen sesuai peraturan yg ditetapkan tahun 2020.

    1
    1
  • 6 April 2023 - (08:19 WIB)
    Permalink

    anda harus melaporkan penjual tersebut ke polisi 🙂 karena penjual telah melakukan penipuan dan kebohongan jika dibaca dari cerita anda..

    tapi saya gak yakin anda punya nyali untuk lapor, sebab andapun bisa dikriminalkan karena membeli barang status BM !

    kalo gak mau ribet ya bawa aja ke konter ternama yang ahli menangani hal hal seperti itu, bisa aktif dipakai selamanya. biaya 500rb sampai 1jt an.

    2
    1
  • 6 April 2023 - (09:17 WIB)
    Permalink

    Pesan bijak dari kasus di atas dan kasus serupa:
    Jangan beli iphone dan hp flagship android sembarangan. Karena resiko imei tidak terdaftar sangat tinggi. Selisih 500rb s.d 1juta tapi nyeseknya seumur hidup. Jangan percaya hp garansi inter dan sejenisnya. Selalu beli di toko resmi karena mereka jelas bayar pajak.

    1
    1
    • 6 April 2023 - (11:47 WIB)
      Permalink

      Banyak yang tidak faham ya,
      Untuk smartphone yang tidak resmi masuk di indonesia itu bukan terdaftar di kemenperin, melainkan terdaftar di website bea cukai,
      https://www.beacukai.go.id/cek-imei.html

      smartphone dengan IMEI terdaftar di kemenperin itu dikhususkan untuk smartphone yang di impor secara massal oleh distributor resmi, contoh : Erajaya group, iBox, TAM, Samsung ( SEIN / samsung elektronik indonesia ), OPPO, VIVO dll yang memang mendapatkan garansi resmi.

      jadi untuk smartphone yang di impor individu, atau yang sering kita sebut dengan sebutan “INTER” itu resminya terdaftar di website bea cukai,
      https://www.beacukai.go.id/cek-imei.html
      karena memang proses regulasinya seperti itu, silahkan boleh konfirmasi ke pihak bea cukai jika kurang yakin.
      jadi kalau mau beli smartphone inter sekalipun asalkan terdaftar di website bea cukai itu saya pastikan aman dan tidak akan terblokir, jadi resminya TIDAK ADA SMARTPHONE INTER YANG TERDAFTAR DI SITUS KEMENPERIN, karena memang regulasinya berbeda, kalaupun ada itu beresiko terblokir, karena itu merupakan ulah oknum.
      jadi jangan pernah percaya jika ada seller handphone yang tidak resmi bilang, “AMAN KAK IMEI SUDAH TERDAFTAR DI KEMENPERIN” saya pastikan 100% itu bohong, karena yang legalnya itu terdaftar di website bea cukai jika pajak sudah dibayarkan, bukan kemenperin.
      cmiw ?

      4
      1
  • 6 April 2023 - (11:01 WIB)
    Permalink

    Saya justru heran kok masih ada orang mau beli barang inter. Itu sama aja beli barang ilegal & gimana mau dilindungin oleh hukum, karena transaksinya juga jadi transaksi ilegal. Lagian barang harga segitu, resminya pun banyak yg jual, selisihnya paling cuma 2-3jt aja kok ya nekat ambil barang ilegal

  • 7 April 2023 - (08:39 WIB)
    Permalink

    Hp Elit Sinyal Sulit. Mending beli Ibox selisih berapa sih. Mending cari aman daripada mempersulit karena alasan irit

 Apa Komentar Anda mengenai Garansi Inter iPhone?

Ada 47 komentar sampai saat ini..

Hati-Hati Membeli iPhone Garansi Inter di Tokopedia!

oleh tjoe william dibaca dalam: 2 menit
47