Surat Pembaca

Melawan Kezaliman Tokopedia yang Menahan Saldo Penjual Seenaknya

Selamat pagi dan salam sejahtera para pembaca media konsumen,

Hari ini 4 April 2023 kami mendapatkan pengalaman pertama setelah berjualan di Tokpedia sejak 2017. Saldo Penjualan kami atas Invoce INV/20230401/MPL/3147596924 dan INV/20230326/MPL/3133027384 dengan nominal Rp 1.211.500 sempat ditahan.

Ketikan kami coba bertanya kepada CS Tokopedia, dan belum sempat dibalas kami baru melihat ada informasi di bagian atas detil saldo “Penarikan dana pada malam hari antara 21.00 s/d 06.00 membutuhkan proses yang lebih lama.

Kami baru mengecek kembali akun Tokopedia kami jam 06:44 untuk melakukan penarikan saldo dan ternyata masih tidak bisa juga.

Ketika kami buka Tokopedia Care kami sangat terkejut dengan jawaban CS pada jam 21:20 ternyata terdapat masalah lain yang membuat saldo kami tidak bisa ditarik.

Menurut CS Invoice INV/20230327/MPL/3136394938 terdapat kendala yang belum terselesaikan, di mana masih membutuhkan konfirmasi dari Pembeli untuk resi pengembalian barang berkendala.

Tentu saja dengan jawaban seperti itu langsung kami sanggah karena Invoice INV/20230327/MPL/3136394938 tidak ada hubungan dengan saldo penjualan yg ingin kami tarik ( INV/20230401/MPL/3147596924 dan INV/20230326/MPL/3133027384 ).

Tidak lupa juga kami memberikan ultimatum kepada CS Tokopedia jika kami tidak dapat menarik sampai dengan jam 08.00 pagi kami akan membuat surat pembaca di media konsumen.

Setelah lewat jam 08:00 saldo penjualan sudah bisa ditarik sebesar Rp 911.500 dan masih terdapat penahanan saldo Rp 300.000 bahkan sudah ada keterangan “Ada saldo tertahan”

Ternyata terdapat info dari CS jam 07:50 terdapat penyesuan dan perihal izin untuk meninjau dana kami senilai Rp 300.000.

Tentu kami sanggah dan berikan penjelasan ulang perihal Invoice INV/20230327/MPL/3136394938 bahwa transaksi tersebut sudah selesai sejak 2 April 2023 jam 12:37, kesepakatan kami dengan pembeli retur barang yg tertukar bukan retur pengembalian barang dengan uang.

Itu pun karena kami masih berbaik hati dan bertanggung jawab untuk retur di luar sistem Tokopedia dan kami pun sudah memberikan waktu kepada pembeli 1 x 24 sejak tgl 3 April 2024 kami chat dengan yg bersangkutan.

Tetapi sampai hari ini tidak ada update dari pembeli barang sedang di retur ke kami.

Kami juga memperingatkan dengan cukup tegas kepada CS Tokopedia atas nama Hazel untuk tidak semena-mena dan membuat aturan sendiri.

Kami masih akan tetap menuntut saldo penjualan kami yang Tokopedia tahan, bukan karena nominalnya tapi karena proses yang dilakukan Tokopedia lebih kepada praktek kesewenang-wenangan terhadap kami.

Semoga para pembaca dapat mengambil pelajaran dari apa yang sedang kami alami saat ini, terima kasih atas perhatiannya.

Kusuma
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • biasa dana yg ditahan itu hasil dari kartu kredit.
    tokped teliti banget soal kartu kredit, takutnya gestun.
    kalo terbukti gestun, bisa dipotong saldonya atau bahkan ditahan selamanya lho

    • Dibaca lg kronologinya bang, cek buktinya. Jauh bgt kl spekulasinya gestun.

      • Barang apa yang salah kirim ? Nilai kedua barang itu masing² berapa ? Yang komplain yang nilai berapa ? Sih Bruce itu kan ?
        Harusnya kalau mau dianggap terzalimi ya jangan ikut diupload bukti chat dari Bruce itu. Kan jadi ketahuan sekarang yang salah siapa ?

      • Apa mungkin karena retur diluar sistem toped? , Yg anda sebutkan kami berbaik hati retur di luar sistem Tokopedia

    • Arti nya kesalahan kirim barang kan ada di penjual, yah memang sewajarnya penjual kena konsekuensinya. Kenapa malah marah marah hahah .. emang dunia udah terbalikk wkwkk..
      Lagi pula pembeli harus retur mengeluarkan biaya lagi padahal pembeli tidak melakukan kesalahan apapun. Belum lagi kerugian waktu yg sudah menunggu paket eehh pas datang paketnya salah pulakk... Artinya hal itu sangatt merugikan pembeli, jadi wajar saja Tokopedia menahan saldo muu seller ******* seperti kamuu...

      • Salah kurir bocil, baca jg dong jawab kami ke yg lain. Marah lah semua saldo penjualan ditahan, kl mau yah yg bermasalah ja yg ditahan cil. Jgn nulis kalimat kotor / kasar cil akun lu nanti di blokir.

      • Bagus mas orang orang kyk gini tuh cuma bisa bacot doang gede tapi otak gak dipakai zalim zalim ente kali yang zalim Ama tokped

        • Waduhhh bukti sebanyak itu ngga bisa lihat atau ngga bisa baca yah?! Yg bisa zalim itu yg punya kuasa dlm hal ini Tokopedia, kami bukan yg berkuasa cil. Kl ngga ngerti persoalannya mending diam dari pada kelihatan bodohnya, malukan jadinya. Hehehehe

    • Sabar ya bang... saya juga sempat ditahan 9jt an. Tapi biasanya pihak tokped ngasih eatimasi brp lama proses reviewnya. Dari pengalaman saya Bang sering banget hasil penjualan saya ditahan kalau kita semakin nge gass ama cs nya biasanya akan dilama lamain ama tokped. Tapi kalau kita nanya dengan sopan dan santai sepengalaman saya malah uang kita akan lebih cepat dilepaskan dmereka bang.

  • Ini saran saya untuk kamu.
    Lebih baik kerja sesuai sistem aja.
    Dalam arti jika transaksi sudah selesai lalu pembeli hubungi kamu untuk retur barang maka kamu punya hak nolak.
    Karena jika kamu acc dan terima, jadinya sistem Tokopedia akan menganggap transaksi itu belum selesai (lagi) dan akibatnya saldo akan ditahan sesuai dengan nominalnya.
    Jadi, untuk meminimalisir resiko begini, tolak aja. Karena pembeli juga sudah dikasih kesempatan 2x24 jam untuk cek barang, menurut saya itu sudah cukup.

    • Ya, kami tidak memperkirakan akan jadi blunder sampai keseluruhan saldo penjualan kami tidak dapat ditarik. Terima kasih sarannya

      • Ooohh iyaa.. Tabiat toped mmg bgitu. Kalo ada 1 aja masalah dg buyer yg vlm trselesaikan, seluruh saldo penjualan akan di freeze, sampe urusan dg buyer selesai. Itu cr toped meng squeeze seller utk buruan selesaikan (mengalah). Makanya kalo saya, jurusnya adalah, tiap inv cair, segera tarik dananya!! Jgn ngendep di toped. Krn runyam kalo ada prmasalahan. Saldo saya jg pernah di freezE sampe sebulanan nilainya juta jg. Sejak itu, sll tarik aja saldo yg masuk.

        • Kami jg sama setiap transaksi selesai selalu langsung kami tarik, mau besar atau kecil pst langsung kami kosong kan itu saldo. Kl yg kami alami si pembeli ini seperti tidak niat mengirim balik ke kami / retur karena sudah diberikan deadline untuk mengirim balik tidak dia kirim jg sampai detik ini. Sementara mau nya Tokopedia masalah harus selesai dulu baru saldo penjualan bisa ditarik, tidak perduli itu hasil penjualan dari orderan yg lain. CS Tokopedia tidak mikir kami punya kewajiban bayar supplier, gaji karyawan, operasional. Sedangkan nominal barang yg bermasalah 300rb, potensi mereka tahan saldo penjualan kami yg akan cair 2 x 24 Jam jutaan disitu zalim nya. Kami sdh diperlakukan seperti buat kasus pencucian uang saja

  • Kayanya buyer komplen ke toped makanya dana ditahan lagi, harusnya sistem begini diberlakukan juga utk seller ipone ilegal bila ada komplen dana seler harus ditahan juga

  • Keliru kirim barang dia, ketukar sama pembeli lain. Apa mungkin ga diretur terus uang 300rb itu sebagai ganti selisih barang yang salah kirim ?
    Cerita harusnya jelas dari awal.

  • Mas Ragil Kusuma kog marah2.. Ceritain kronologinya yg lengkap.. Trus barang apa yg senilai 300rb yg ketahan dananya.. Apa ada masalah? Jgn complain membabi buta tanpa introspeksi ada salah apa.. Ragil... Ragil.. Jgn kayak gitu yah lain kali???

    • Kami sudah introspeksi sebelum membuat surat pembaca di media konsumen ini dan usaha kami perlahan berhasil ko. Saldo penjualan kami yg awalnya sama sekali / semua tidak bisa ditarik sekarang tinggal 300rb saja yg Tokopedia tahan, jika kami tidak tegas sampai detik ini hasil penjualan kami pasti masih mereka tahan.

      • Saya sudah pernah kok kejadian dana di tahan. Biasa kalau transaksi mencurigakan, dana akan di tahan. Pernah juga ada customer komplain akan produk yg dijual tp sebetulnya transaksi dengan customer tersebut telah selesai 1 bulan lalu tp transaksi invoice lain yg tidak ada hubungannya akan di tahan oleh pihak tokopedia sampai masalah dengan customer yg komplain itu selesai. Jadi kalau ts mau dananya segera cair, harus tlp ke customer atau bisa juga minta bantuan cs untuk minta bantu hubungi customernya.

        • Oh yah pesanan sudah selesai 1 bulan masih bernasib sama dengan kami? Atau barang tersebut memang ada garansinya? Kl tidak, rugi dagang model seperti itu dong.

          • Tidak ada garansinya. Tp karena customer komplain, jd dana di hold. Akhirnya saya telepon dan datangi kantor tokopedianya. Di sana dijelaskan di tahan karena ada buyer yg komplain. Dan kita menjelaskan ke cs tokokpedianya, intinya sih kita harus memberi penjelasan dan nanti dibantu sama cs nya jg untuk hubungi buyernya. Ada waktunya juga, kalau ga salah sampai hampir 2 bulan di tahannya karena buyer tidak bisa di hubungi. Ini kejadian sudah lama, sudah dari thn 2015 atau 2017 an

    • Ya, mending di cuekin ja kl sudah selesai transaksi / 2 x 24 Jam. Niat baik malah menyulitkan kami

  • Sebenarnya dalam hal ini seller yg salah kirim barang, jadi Tokopedia menahan dana sementara sampai ada konfirmasi dari pembeli.
    Zalim dari mana coba? Kan kesalahan sendiri? Kalo beneran zalim, semua dana diembat Tokopedia. Kronologi kasus dari awal terjadi transaksi pun tidak diceritakan utuh oleh seller.
    Ini masuk ranah fitnah dan pencemaran nama baik tokopedia. Bisa dituntut loh ke jalur hukum

  • Kami tidak salah kirim, yg salah kurirnya nempel label pengiriman. Zalimnya karena Tokopedia menahan saldo penjualan untuk Invoice kami yg lain jg yg nilai nya lebih dari yg di komplain, awalnya di mau di embat tapi setelah kami komplain keras saldo penjualan kami yg ditahan hanya 300rb. Jika kami yg fitnah tidak mungkin saldo penjualan kami yg sebagian besar bisa kami tarik.

    • Yang ditahan bukan saldo dari Invoice lain, tapi akun nya yang diblokir sementara. Nggak bisa narik saldo.
      Blokir akun ini mungkin terkait dengan transaksi masbro Bruce itu :)
      Mungkin ada report dari masbro Bruce ke Tokopedia atau ada hal lainnya, sehingga pihak tokopedia harus blokir dulu. Dari Surat agan nggak terlihat info mengenai status ordernya.

      Saya rasa sih ini prosedur standar ya. Sudah benar agan mengajukan protes. Protes dari agan itu sebetulnya diperlukan juga oleh CS Tokped untuk mengetahui duduk persoalannya, paling tidak ada argumentasi dari pihak yang dilapor (jadi nggak cuma report dari mas bro Bruce doang)... cuma agan udah ngegas duluan, sebetulnya sih santai aja. Ajukan protes keberatan atas blokir akun.
      Kasihan itu si Hazel, ntar bercucuran air mata dia... sedih.. hehehheh :)

      • Dari awal CS sdh tau duduk permasalahannya, hanya awalnya mereka mencoba bermain-main dengan hak kami. Tentu kami sanggah kesewenangan mereka dan akhirnya mereka buka blokir nya dan kami bisa tarik sebagian besar saldo hasil penjualan kami.