Surat Pembaca

Lamanya Penyelesaian Laporan BRI Ceria yang Terdebit 2 Kali

Saya pengguna BRI Ceria dan telah beberapa kali menggunakannya untuk berbelanja online. Saya terbiasa membiarkan tagihan BRI Ceria, karena nanti akan terdebit secara otomatis ke rekening saya. Jadi biasanya saya hanya mengeceknya pada tanggal 10, setelah tagihan diperbarui

Pada tanggal 10 Maret 2023, saya baru sadar bahwa tagihan saya bulan Februari telah didebit sebanyak 2 kali pada tanggal 28 Februari 2023 dan 6 Maret 2023 dengan jumlah nominal yang sama.

Saya langsung lapor ke CS BRI via live chat dan dibantu membuat tiket laporan oleh CS dengan mengisi beberapa data. Setelah tiket nomor TTB000044979419 keluar, saya juga diminta untuk mengirim foto selfie, KTP dan beberapa screenshot via email ke contactbri@bri.co.id . Setelah mengirim semua data yang diminta, saya cek status tiketnya dan muncullah keterangan sebagai berikut:

Setelah seminggu saya mengecek status tiket saya statusnya “Laporan masih dalam proses penyelesaian, pengerjaan tiket masih membutuhkan waktu, mohon kesediaannya untuk menunggu”. Bahkan sampai sekarang tgl 8 April 2023 tiap kali saya cek statusnya masih sama, padahal ini sudah sebulan lebih sejak saya bikin laporan.

Saya juga sempat mencoba menanyakan ke CS BRI via live chat WA tentang kejelasan penyelesaian laporan saya, tapi tidak mendapat jawaban. Respons mereka hanya jawaban template mohon maaf dan perintah untuk menunggu lebih lama lagi.

Pada tanggal 31 Maret 2023, saya coba menanyakan kembali via live chat WA bagaimana kejelasan laporan saya, tapi kali ini dengan cara yang agak ngotot. Kemudian dijawablah oleh CS bahwa sekarang dananya dalam proses refund ke rekening.

Namun sampai sekarang tanggal 8 April 2023 tidak ada itu dananya masuk ke rekening saya. Entah sampai kapan laporan ini akan selesai, rasanya sudah malas tanya-tanya lagi ke CS. Mau tanya via live chat WA nanti pasti jawabannya template lagi, mau tanya via call center takut percuma dan malah buang-buang pulsa saja.

Tolonglah pihak BRI untuk memberikan estimasi berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu laporan permasalahan dan kemudian selesaikan laporan itu sesuai estimasi yang disebutkan. Andaikan suatu permasalahan butuh waktu yang lama sampai berbulan-bulan, tolong untuk dijelaskan ke nasabah, bukan malah cuma disuruh menunggu sampai entah kapan selesainya. Bank BRI ini bank besar, tapi kenapa pelayanannya seperti ini?

Ahmad Nuruddin
Pati, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan PT Bank Rakyat Indonesia atas Surat Bapak Ahmad Nuruddin

Sebelumnya kami menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Bank BRI dan mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Bapak...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Saya juga pengguna ceria trus pembayarannya lancar2 aja tuh asalkan saldo rekeningnya cukup buat bayar sebelum jatuh tempo. Jadi, kalo udah buat laporan ya ditunggu aja prosesnya. Pasti bakal cepet kok diselesaiin laporannya.

    • kalo saldo selalu cukup kak dan ini jg baru pertama begini, sebelumnya lancar2 aja tnpa masalah. penyelesaian laporan lebih dari 20 hari kerja bagi saya itu sudah terlalu lama kak, ditambah saat ditanyakan ke cs seperti tanpa kejelasan, cuma mohon maaf dan suruh nunggu lagi.

  • Jadi yg harus anda lakukan adalah telepon YLKI atau Ditjen PTKN.
    085311111010
    +62213451692
    0213441839
    0217971378

  • Laporan saya sudah diselesaikan oleh pihak BRI per tgl 11 April 2023.
    Terima kasih Media Konsumen.

  • Punya saya juga sama tanggal 30 autodebet 2kali, langsung laporan, sampe sekarang belom selesai selesai mau 1bulan.