Surat Pembaca

Reimbursement Allianz yang Tidak Kunjung Cair

Saya customer Allianz dengan nomor polis 00006801951* a.n. Felix. Saya sudah join asuransi Allianz dari Juli 2020, pembayaran tidak pernah telat juga. Akan tetapi saat klaim selalu ditolak dengan berbagai alasan. Puncaknya, saya rawat inap tanggal 9 Januari 2023 kemarin, sudah dicek dengan agen asuransi dan sudah mendapat konfirmasi untuk dilakukan rawat inap.

Setelah selesai perawatan, saat saya mau checkout, pihak Allianz menolak menjaminkan, dengan alasan perlu pengecekan lebih lanjut untuk penyakit yang di-cover, dan saya diminta untuk sistem reimburse.

Setelah itu beberapa kali saya berhubungan dengan pihak Allianz melalui agen saya. Segala dokumen yang diperlukan sudah dilengkapi, tapi tidak ada kabar sampai sebulan. Tanggal 12 Februari 2023, saya ke gedung Allianz, bertemu dengan CS. Selesai diskusi beliau menjanjikan batasnya adalah 2 bulan sejak surat diterbitkan.

Akan tetapi tanggal 10 April 2023, saya konfirmasi dan follow up, dari tim Allianz malah bilang saya kurang surat kuasa, yang notabene sudah saya kirim 1 Februari 2023. Apakah memang cara kerja Allianz begini ya? Sementara untuk premi tetap berjalan autodebit, tapi kalau saya tidak tanya, tidak ada update apa-apa. Setelah terakhir saya balas email pun tidak ada feedback lagi sampai sekarang.

Felix
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Resmi Allianz Indonesia atas Komplain Bapak Felix

Kepada Yth., Redaksi Mediakonsumen.com Perihal: Pengajuan Klaim atas nama Bapak Felix dengan nomor Polis 000068019*** melalui Mediakonsumen.com Dengan hormat, Sehubungan...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Akal akalan, pak. Alesan musti ada cek lebih lanjut. Cek apaan bilang aja ga mau cover.
    BPJS kagak punya pak?

    • Memang gitu cara kerja mereka. Baru tau ya? Wkwkwkwk ...kalau ga di kejar, mereka diam . Tiap telp ke customer care hanya dikasih jawaban template. Kronlogis juga harus kita yg ulang jelaskan ke mereka. Kacau perusahaan sekelas ini masih bertele tele ketika klaim.

  • BPJS terbukti paling keren, ga usah gengsi pake BPJS. Pikirkan beribu kali sebelum join asuransi selain BPJS.

    • Halo ka saya pernah beberapa kali claim allianz paling kakaknya bisa download eazy connect buat cek terus claim nya masi tinjauan atau ada mesti kurang dokumen soalnya biasa pake itu jadi ketawan ka semoga membantu. Soalnya saya pernah sekali mesti reimbers soalnya bermasalah karena mengarah ke polio padahal salah dokternya salah baca pas saya claim emang lumayan lama soalnya ada investigasi kadang saya telfon cs allianz kalo ga cek dari aplikasi eazy connect ka

  • Asuransi tak berguna. Giliran meminta hak dipersulit dg macam2 syarat ini itu.

    • Dulu di tawari sama teman untuk ikut Allianz Insurance untung aja ngak ambil. Ikut chubb life aja, saya sdh 3x claim pun ngak ada ribet

  • Ada yang bisa saya bantu pak Felix ? Kebetulan Saya ada di Divisi Dokter yang memproses Claim" Reimbursement di Allianz, boleh kontak no WA ke email saya di anvisxecky@gmail.com. Terimakasih.

    • Duh baca komen2. Beserta emosi org2. Bikin prihatin. Ad yg bilang nipu.. Ga guna.. Beli yg murah sih. Ud beli mahal kena tipu. ??
      Sy sih pake allianz. Pribadi ad 4 polis ditambah kluarga total ad 6 polis aktif.. Sofar ya aman aj.. Yg penting tau apa yg dibeli. Manfaat nya. Bukan harga polis nya punya brp brp. ?

    • Org dalam Allianz ya pak Andres? Boleh tanya pak kenapa biaya asuransi hscpx allianz dinaikan sekitar 25% padahal limit batasan claimnya tdk berubah.. sy dulu pernah pakai Pru HS memang mereka pernah naikan preminya tp itu juga setelah 10 thn dgn alasan inflasi medis tp selain menaikan premi Pru juga naikin batasan claimnya jd lebih besar dan batas kamarnya juga meningkat.. sedangkan hscpx allianz ini baru ada sekitar 3 thn tp sdh naikin biaya asuransi sebesar 25% dgn alasan inflasi medis tp walau biaya asuransi naik 25% manfaat batas tahunan dan batas kamar tdk ikut naik.. hrsnya klw memang krn inflasi medis yg dikuatirkan harga2 naik dan batas tahunan plan tsb tdk cukup hrsnya selain menaikan biaya asuransi allianz hrsnya juga meningkatkan batas manfaat tahunan dan batas harga kamarnya juga sebesar 25% ya.. barulah alasan adanya inflasi medis bisa diterima.. nasabah ikut unitlink krn berharap premi yg dibayarkan tetap dari awal sampai akhir nanti tp klw ini baru hitungan 3 thn aja udh naik 25% biaya asuransinya (otomatis nasabah disuruh nambah top up berkala utk mengkompensasi kenaikan biaya asuransi tsb efeknya total byr premi per blnnya juga naik signifikan) apa bedanya dgn asuransi tradisional? Dan kenaikan ini kabarnya bisa saja terjadi lagi di masa akan datang tp tdk tahu kapan naiknya lagi.. nah klw spt ini benar2 mirip asuransi tradisional ya bukan unitlink lagi ya konon preminya tetap dari awal hingga akhir masa asuransi. Mohon tanggapannya Andres. Terima kasih.

  • Halo Allianz indonesia, tolong dijawab ini komplain nasabahnya kenapa claimnya tdk dibayarkan dan kenapa yg katanya cashless skrg malah disuruh reimburst.. jgn buat kami nasabah allianz lainnya was2 dgn berita spt ini.. kami tiap bln byr premi mahal dan kabarnya akan dinaikan juga biaya asuransinya dgn alasan inflasi medis padahal polis asuransi kesehatan allianz itu memiliki limit yg jelas artinya walaupun ada inflasi medis toh klw sdh sampai batas limit tsb maka allianz tdk akan menanggung kekurangannya.. dan waktu itu jualannya kan bilangnya antiinflasi nah ini baru msk 1 atau 2 thn udh lgs dikenakan kenaikan premi lalu antiinflasinya dimana ya? Klw spt ini sama aja spt asuransi tradisional ya.. perlu diingat nasabah membeli asuransi unitlink krn janjinya premi unitlink akan tetap dari awal sampai akhir masa asuransi yg tentunya dikompensasi dgn premi yg lebih mahal pada awal polis tsb berlaku dibanding asuransi tradisional dgn harapan premi tsb tetap besarnya sampai kapanpun.

    • Ini smua mah akal"an aja dari competitor aja, gw post komen mau bantu aja ga diacc sm moderatornya. Emg demennya goreng berita tanpa dasar aja si.

      • ngebet bgt pengen bantu, toh penulis artikel pun sdh dibantu oleh agennya ttp aja ga ada reimburse dari allianz. lagian asuransi kesehatan swasta tanpa perlu dijelek jelekin udah jelek smua sih beda dgn BPJS udah murah tapi pasti ditanggung sesuai yg dibayarkan.

        • Pengalaman ibu sy punya polis allianz baru join 20 bln, nggak sengaja jatuh lalu tangan kanannya patah colles fracture akhirnya op 2x pertama pasang pen lalu op ke 2 cabut pen kamar dpt kelas SVIP pula dan setelah itu rehabilitasi medik selama 3 bln full di rs swasta di daerah serpong itu full ditanggung semua dan cashless sih.. total biaya sampai sembuh sy lihat hbs 200jtan lbh.. jd ya gimana ya mau bilang jelek ya bgs juga mrk byr tuh semuanya.. tp sayangnya kenapa yg kasus pak felix ini sampai msk komplain ke MK ya. Entahlah kenapa allianz begitu.. cuma internal mereka yg tahu.

          • Halo saya juga pengguna Allianz. Belum lama ini juga mengalami keterlambatan claim. Tapi itu gara2 dokumen lampiran belum lengkap untuk hasil baca MRI. Stelah smua lengkap reimbursement kluar sesuai tagihan RS. Coba di download aplikasi eAZY Connect. Nanti disana ada keterangan kenapa belum keluar reimbursement nya. Misalnya ada kekurangan dokumen pun juga diinfo disana. Oh ya untuk knp sempat ditahan untuk penjaminan setelah rawat inap, apa itu penyakit yg masih masa tunggu? Atau mungkin ada penyakit lama yg ga di declare dari awal saat beli polis. Itu juga akan jd masalah. Karna selama ini teman & kluarga saya yg pakai Allianz aman2 aja untuk claim atau reimbursement.

    • Premi memang betul flat kok sesuai kontrak polis. Kecuali ada upgrade baru naik biaya preminya. ... Untuk limit tahunan memang menyesuaikan plan kan? Jadi saat ambil product tinggal menyesuaikan aja mau limit yg brapa...
      Ass tradisionil/unitlink smua ada batas plafon limit tahunan... Ya kali asuransi tidak memberi batasan limit tahunan yg dicover... Mana ada yg begitu...

      • Saya dan keluarga pakai asuransi allianz juga, beli asuransi kesehatan tahun 2021, akhir desember 2022 saya kena batu ginjal. Alhamdulillah selama perawatan di cover semua. Dan waktu berobat jalan rembus nya di ganti juga sama allianz. Kasus bapak sama seperti saya, saya masuk dalam investigasi pak. Tapi setelah 2bulan lebih hasilnya rembes saya cair ke rekening. Tenang aja pak saya yakin bapak pasti di ganti. Klo bapak gak percaya dan perlu bukti bisa kontak kirim ke email saya. Ario_lisan@yahoo.com

    • Oh bgtu y? boleh tau Bapak atau Ibu join allianz preminya berapa ya?
      Saya kemarin join yang 1.2juta per bulan
      Atau kalo masuk allianz itu harus premi mahal mahal ya baru dijamin dicover?mohon pencerahannya ya Bapak/Ibu

      • Jika boleh tau.
        1. Produk Paket RS Allianz yg di ambil apa ya?
        2. Ini klaim untuk penyakit apa?
        3. Sejauh mana Agentnya sudah membantu?

        Kendala2 kecil kadang bisa terjadi. Tapi sejauh ini, Allianz tidak ada masalah dalam membayar klaim.
        Kecuali, memang ada hal2 yg tidak sesuai syarat klaim.

        (Salah satu adalah, surat keterangan medis yg salah isi, saya sendiri pernah alami, sehingga jadi terlambat proses klaim)

      • Tenang pak, cerita bapak sama dengan saya. Saya2bulan baru bisa cair setelah di investigasi. Saya perbulan 1.3jt.
        Klo bapak mau tau ceritanya dan buktinya email ke saya aja ario_lisan@yahoo.com.

      • Soal premi itu tergantung usia msk pak felix dan tergantung up jiwanya brp besar & plan apa yg dipilih? Klw boleh tau bpk ambil yg hscpx? Yg plan apa ya pak? Waktu ibu sy pakai allianz itu ambil hscpx plan essensial X dan krn usia ibu sy waktu msk udh 60 thn kena preminya sekitar 3.6jtan..

    • Ikut asuransi dan bayar brp2nya premi asuransi itu bukan utk gaya2 an, toh itu kan sesuai dng produk yg dipakai.

  • Saya pribadi sih pake allianz sudah 10 tahun semua klaim aman...
    Harusnya agent bapak yg fight bu bapak, tak perlu bapak sampe ke kantor pusat... Kecuali tu agen ga paham apa2 :)

  • Oknum agen Allianz seperti penipu, penjelasannya tidak sesuai ekspektasi. Pada akhirnya merugikan kita sebagai nasabah. Di iming imingi bunga tinggi ternyata bohong

  • Nah setuju berarti Pak...
    Memang buat perlindungan, tapi kalo byar perlindungan premi tiap bulan tapi reimburse juga dipersulit tanpa ada kepastian dan lebih prahnya gak dikabarin ya buat apa?