Anak Saya Gagal Pakai Sandal Baru Buat Lebaran

Terima kasih sebelumnya kepada Media Konsumen, semoga semakin berkelas dan ikut melindungi hak konsumen meski lewat unek-unek tulisan saja. Namun semua ini sangat berarti bagi kami konsumen yang dirugikan, siapa pun kita.

Terima kasih juga kepada para pembaca yang telah membaca habis dan berpikir logis dalam setiap tanggapannya pada sebuah artikel.

Jadi begini, saya seorang ayah yang merantau ke lahan sawit di Sumatera, penghasilan tidak tentu dari mengais sampah sawit. Yaitu buah yang telah lepas/mreteli dari janjangnya, yang kami kumpulkan dari satu persatu, dari tempat ke tempat, dari panas berdebu atau hujan lengket dengan tanah gambut. Kami jual Rp1.700/kg.

Istri pergi membawa anak karena kemiskinan kami, dan pulang ke Jawa. Sementara saya tetap bertahan di Sumatera. Sudah dua bulan saya tidak bisa bertelepon dengan anak perempuan saya dikarenakan ya itu tadi. Saya ada uang sedikit untuk membelikan sendal lebaran, yang mana anak sewaktu pulang sandalnya sudah usang. Kemudian sekalian sepatu buat jaga-jaga, entar kalau masuk sekolah PAUD sebentar lagi (anak usia 3 tahun bulan ini).

Tanggal 17 April 2023, saya beli sepatu dan sandal ke Tokopedia di toko E-RANTEL. Setelah saya bayar, saya langsung chat meminta dikirim hari itu juga sesuai SOP dan memohon sebuah tulisan ucapan untuk anak saya. Seperti biasa, saya berharap hari ini penjual notice di inbox dan mengirim barang yang sesuai, begitu saja saya sudah senang. Eh malamnya saya cek barang belum dikirim, hanya diproses, bahkan chat pun gak dibuka dan dibaca.

Kemudian saya masukkan ke keluhan Tokopedia dan pengajuan pembatalan pesanan. Lah admin mengandalkan sistem yang akan membatalkan pesanan tanggal 26 April 2023 (lebaran sudah selesai). Lalu apa gunanya? Saya chat admin Tokopedia terus dan meminta segera dibatalkan tanggal 19 pagi – 12 siang, agar saya segera belikan ke toko lain. Tadinya saya pun berpikir karena penjual berada di Bogor kalau tidak salah, jika tanggal 17 dikirim setidaknya tanggal 20 sudah sampai itu barang. Betapa senang saya dan anak saya.

Kemudian saya berputar otak, karena tinggal 2 hari sebelum lebaran, saya beralih ke toko lain yang sekota/wilayah. Dapatlah di toko lokasi Surakarta/Solo. Nah kalau hari ini tgl 19 pagi setidaknya siang duit dah balik. Saya langsung pesan dengan sameday bisa lah nyampek sebelum lebaran.

Kemudian sebelum saya tulis artikel ini beberapa menit yang lalu, ada chat baru dari admin Tokopedia yang sepertinya sudah capek follow up / menghubungi pihak penjual melalui telepon pribadi dan itu yang dikatakan admin pagi tadi dan tidak ada respons. Maka bunyi chat-nya adalah jika sampai nanti pukul 23.59 malam hari ini tgl 19, satu menit sebelum tanggal 20 yang lusanya sudah lebaran. Pesanan akan dibatalkan otomatis.

Saya jawab “SUDAH TIDAK BERGUNA”. karena pagi ini kesempatan terakhir saya beli online.

Maka segenap harapan ini pupus ditambah kecewa karena penjual si E-RANTEL sesuai namanya, penjual yang tidak recommended, attitude buruk, mungkin dia juga hanya drop shipper, tapi kok berlagak. Harusnya orang malah nyari konsumen dengan SOP Layanan dan Tanggapan yang positif. Lah ini sekedar buka chat saja tidak. Kalaulah barang gak ada di dia, atau yang jadi supplier nya dia barang juga gak ada cross check butuh berapa menit sih dari knop tombol terima pesanan di klik. Ini dia seakan sengaja. Lalu salah saya apa ke dia wong kenal saja tidak, dan saya tau tokonya masih terima pesanan. Kan bulls**t sekali nih orang.

Maka itu HARAPAN sandal lebaran lenyap oleh penjual busuk dan SISTEM KELUHAN TOKOPEDIA yang juga tidak manusiawi. Tidak melihat bukti dan fakta ilmiah. Terima kasih.

Note buat pembaca yang mau nge-hate:

Kan sekarang kirim uang mudah, ada GoPay, DANA dsb, lu tinggal kasih tuh uang ke teman atau anggota keluarga istri lu buat beliin sepatu sendal anak lo (pasti akan ada yang akan berkomentar seperti ini).

Ok, pertama di hutan sawit ini tidak ada bank dan ATM, hanya ada 1 BRILINK yang jauhnya minta ampun. Kedua, saya enggak ada uang lagi, lalu saya beli online selain cari harga yang murah juga fleksibel enggak nyusahin orang. Selama ini saja saya pakai COD. Ini bela-belain jauh-jauh ke BRILINK isi saldo GoPay. Saya juga enggak ada sepeda motor. Enggak ada saudara istri yang ada si situ. Kota tujuan adalah kota minus juga. Susah!

Erik Madya Yudistiro
Sragen, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

58 komentar untuk “Anak Saya Gagal Pakai Sandal Baru Buat Lebaran

  • 24 April 2023 - (10:05 WIB)
    Permalink

    Harusnya pak, jangan dekat2 dengan hari lebaran dipesan, awal2 bln april harusnya masih diladeni dan diurus.

    28
    5
    • 24 April 2023 - (10:13 WIB)
      Permalink

      Idealnya begitu… Tapi kan duitnya terbatas, mgkn baru terkumpul saat itu, mau gimana lagi.

      17
      1
    • 24 April 2023 - (10:17 WIB)
      Permalink

      Iya pak, maaf banget. Itu sudah saya perkirakan kok. Jika tgl tsb 17 dikirim pas tgl 20 pasti sudah nyampek, alias sehari sebelum lebaran sudah datang. Ini malah 2 setelah tgl pembelian baru dikirim / setelah saya tulis artikel ini. Tgl 19. Padahal sy minta cancel. Tgl 18. Nggak di tanggapi, chat tetep gak dibuka. Jika tgl 18 permintaan cancel diterima sy bisa alihkan ke toko daerah SOLO sehari malah sudah nyampek. Mungkin dia dropsiper atau setidaknya tau lah jika masih mampu menjual di tgl itu. Wong chat aja nggak dibuka. Karena toko langganan saya yang lain rata2 H-3 sudah libur toko. Saya cek kembali toped saya ternyata sepatu akhirnya dikirim tgl 19, ya pasti gak terkirim tepat waktu lah. Skr barang masih di kawasan karang anyar gak tau kapan nyampek rumah. Saya sudah malas meladeni dan malas melihat. Mau dikirim kek atau nggak. Hanya saja kalau nggak sanggup jangan buka toko di H-3 apa lagi sampai terima orderan. Terima kasih sudah berkomentar.

      10
      9
      • 24 April 2023 - (10:31 WIB)
        Permalink

        Klo pas season lebaran ky gini, anda pesan jauh hari aj kadang blm tentu nyampenya lebaran. Btw, katanya anda di sumatera, kok dsni sragen?

        6
        9
      • 25 April 2023 - (10:35 WIB)
        Permalink

        Saya juga sama pernah mengalami beberapa kali dengan penjual seperti ini. Akhirnya jadi pelajaran buat saya, kalau pas lagi butuh sesuatu yang perlu dikirim cepat saya tanya dulu apa barang ready dan bisa dikirim langsung hari itu juga. Kalau dia balas cepat artinya penjual responsif bisa gercep kirim barang. Kalau seharian ga dibalas artinya jangan beli disitu kalau buru2.

        Jadi kita sebagai konsumen juga harus pintar2 pilih toko supaya tidak merugikan diri kita sendiri.

        • 25 April 2023 - (11:16 WIB)
          Permalink

          Betul sekali, paling tidak bisa lihat juga di info “Pesanan diproses”. Untuk toko ini, memang lumayan lama, 1 hari waktu rata-ratanya. Untuk toko yang gercep, waktu rata2nya berkisar di-bawah 5 jam.

      • 25 April 2023 - (12:46 WIB)
        Permalink

        Saran saya sih, cari dl sebanyak2nya seller biar ada pilihan, chat satu2, yg paling cepet jawab dan meyakinkan bisa kirim hari itu jg, bayar yg itu….

        Saya jg kmrn ad 1 barang mau dibeli, saya chat 1-1, meski yg akhirnya dijawab duluan yg lebih mahal, tp setidaknya dia bisa kirim paling cepat dan sampai tepat waktum

      • 29 April 2023 - (23:55 WIB)
        Permalink

        Dari situ sj anda sdh salah perhitungan, tp ttp sj menyalahkan sellernya. Seandainya dikirim hari itu jg, blm tentu sebelum lebaran paketnya dtg. Sy aj yg msh dalam pulau jawa, mau beli2an online seminggu sblm lebaran aj ga jd karena khawatir ga nyampe sblm lebaran. Lah ini anda, sdh beda pulau, pesan mepet gt. Seharusnya anda lbh berpikir tuk kirim uangnya sj walaupun jaraknya jauh

  • 24 April 2023 - (11:30 WIB)
    Permalink

    Kalau dilihat dari pengumuman di Tokopedianya sih ya sebenarnya ga salah si seller. Disitu tertulis batas terakhir pengiriman untuk pesanan masuk tgl 17 adalah tgl 26 April. Bisa dilihat di Transaksi ,paling atas ada notifikasinya, klik buat baca.
    Jadikan pelajaran, seminggu sebelum lebaran semua keperluan Lebaran harus sudah selesai jika belanja online. Soalnya pesanan pasti overload. Ini saya lokasi di kota besar juga seperti itu, apalagi bapak yang sedang merantau ya.
    Doa saya sih semoga rejekinya lancar dan sekeluarga sehat selalu.

    24
    1
        • 29 April 2023 - (23:20 WIB)
          Permalink

          Saya juga sama pak nungu mau gamau 2-4 harian gada yg mau nganterin kecuali ojol itu juga mahal ongkir kalau itu Deket, jadi bukan situ doank yg ngalamin saya dan yang lainya juga mengalami hal serupa, berlayar di laut yang sama cuma beda kapal lautnya aja.

    • 24 April 2023 - (18:22 WIB)
      Permalink

      Dia yg gagal membahagiakan anaknya malah salahin pihak lain. Klo itu mmg urgen, harusnya anda yg bertindak urgen. Usaha lu kurang.

      8
      9
    • 25 April 2023 - (07:01 WIB)
      Permalink

      Gak salah seller gimana?? Baca itu yang benar, budaya baca yang baik, dah dibilang kalo seller bisa langsung dikirim dihari yang sama, malah gak dikirim, budaya baca yang gagal

      2
      1
      • 29 April 2023 - (23:59 WIB)
        Permalink

        Trus kalo dikirim di hari yg sama, pasti nyampe sebelum lebaran?
        Tar kalo tertahan di ekspedisi, nyalahin ekspedisinya jg?

  • 24 April 2023 - (11:55 WIB)
    Permalink

    Minimal barang akan tetap sampai, meski sandal ya tidak bisa dipakai saat lebaran.
    Sekedar masukan kalo emang udah sampai brilink sebaiknya di transfer aja, diatas ditulis kenapa gak transfer karena atm brilink jauh, tapi saat anda isi gopay anda juga pergi ke brilnk padahal

    16
    1
  • 24 April 2023 - (13:31 WIB)
    Permalink

    Buat buat menghakimi sih.DILARANG BELANJA ONLINE mendekati Hari Besar yang Pasti Banyak libur . Sekalipun berhasil bakal tertahan di ekspedisi biasanya begitu.
    Lalu lebih baik anda pulang dan tinggal sama istri dan anak, karen masih banyak kok pekerjaan yang lain .

    10
    6
    • 25 April 2023 - (06:08 WIB)
      Permalink

      Dah tau lebaran libur panjang masi nyalahin seler sama pengiriman lama,

      lama2 nanti bikin surat pembaca anak saya ga naik sekolah gara2 sekolahnya bla3 receh bet

      4
      3
  • 24 April 2023 - (13:37 WIB)
    Permalink

    Mungkin untuk selanjutnya di chat dulu pa pembelinya sebelum beli,pastiin yang jual fast respon,terus menjelaskan barang dengan baik,baru di beli.kalo misal penjual ga bales ato irit chat lebih baik cari toko lain,karena toko yang jarang bales chat biasanya lama prosesnya.
    Buat pembelajaran juga kalo beli via onlen jangan mepet mepet,karna meskipun itu barang di kirim tepat waktu,belum tentu pas lebaran udah sampe,karena biasanya pengiriman membludak dr 2 minggu sblum lebaran,saya aja yg mau beli barang 10 hari sebelum lebaran ga jadi beli soalnya takut telat sampai.
    Saya pikir 4-5hari lebaran gitu idealnya adalah kirim uang tunai,itukan katanya ada BRIlink biasanya kan brilink bs transfer antar bank jg.
    Atau maksain ke kota jauh jauh buat transfer uang,,
    Memang sih klo dr cerita bapak tuh kalo transfer uang kesannya susah banget,tapi maksainlah,daripada asal asalan akhirnya double ruginya.
    Yah intinya sih lebih terencana aja untuk tahun depannya,,

    14
    1
  • 24 April 2023 - (15:33 WIB)
    Permalink

    Sebaiknya memang keperluan lebaran jgn beli di online mendekati hari H ini utk antisipasi terlambat sampai..kecuali belanja santai yg bkn utk lebaran gak masalah tiba setelah lebaran.

  • 24 April 2023 - (15:40 WIB)
    Permalink

    Baru pertma blnja online…mungkin..uda pembrthuan gtu…emang seler dan ekpedisi robot kyak doraemon pnya pintu ajaib.dan kntong ajaib…smua btuh proses

    9
    4
  • 24 April 2023 - (15:44 WIB)
    Permalink

    Emang penjualnya ntu ndak niat, saya beli 2 barang di tokopedia dan di lazada, tanggal 17 sampai tanggal 21.. Kurir JNE dan ninja..
    Kalau ndak niat jualan y ditutup aja tokonya ngikut hari libur nasional.. Jgn ngasih harapan gitu..

    5
    11
      • 25 April 2023 - (20:13 WIB)
        Permalink

        Klo saya nggak aneh dengan seller2 di tokped. Kita bayar lsng, pengiriman lama. Tapi klo dengan sistem cod, pengiriman cepat. Hanya 2 hari lsng sampai. Tokped agak2 licik juga, untuk pengiriman yg sameday pasti yg ditunjuk ekspedisi abal2, contoh wahana. Maaf ya, saya sering mengalami. Makanya sdh malas belanja di tokped. Mending di lazada, pakai sistem cod. Jd klo pun pengiriman lama, terserah kalian para seller. Yg penting saya tdk dirugikan. Mau lama sampai berbulan bulan, masa bodoh????

        1
        3
        • 26 April 2023 - (09:19 WIB)
          Permalink

          Tipe pembeli egois yang harus dihindari para seller. Dan dengan bangganya membuat pengakuan di media konsumen. ?

          • 26 April 2023 - (10:04 WIB)
            Permalink

            Sabar bang haha

          • 26 April 2023 - (13:00 WIB)
            Permalink

            @note:
            sepertinya dia traumatis bang.
            Mungkin target belanjanya cuma nyari harga semurah-murahnya gak liat reputasi toko dan ulasan.
            Mau toko rating 3.0 masa bodoh, yang penting murah.
            Jadinya dapet toko abal2 mulu… 🙂

  • 24 April 2023 - (17:10 WIB)
    Permalink

    Saya aja beli hp dr tgl 16 dikirim blum sampai sekarang. Lapor jg susah gak bakalan digubris. Pesanan saya malah ditambahin estimasi tiba nya. Klo butuh cepet mending beli offline

  • 24 April 2023 - (18:13 WIB)
    Permalink

    Kocak, tokopedia jg maklum utk hari besar, proses orderan diperpanjang, krn mrk atau karyawan jg butuh lebaran. Dan di app toped pun malah diwanti2 utk pengeriman paket ekspedisi kemungkinan mengalami keterlambatan.

    Klo mau cepat jgn beli online.

  • 24 April 2023 - (18:43 WIB)
    Permalink

    1. Seller jg MANUSIA
    2. Seller jg butuh MUDIK / LIBURAN
    Kesalahan anda SEDERHANA
    1. Tak bisa MENGHITUNG ESTIMASI
    – lebaran/libur panjang = PASTI TELAT
    2. TIDAK CHAT SELLER terlebih dahulu
    – kadang ada seller yg LUPA TUTUP TOKO saat liburan. Toko tutup ap lg seller logout toped = gak bakal tau chat masuk.
    Solusi…
    Paket yg sudah dibeli BIARKAN SAJA DI PROSES yang penting PASTI SAMPAI. Setidaknya anda sudah BERUSAHA menjadi ayah yg baik, saya pun sama seperti anda hidup di perantauan ap lg tengah laut gini. Jadikan ini PELAJARAN untuk mu, kedepannya LEBIH BAIK SAMPAI LEBIH DULU DARI PADA TELAT SAMPAI, jd anda beli jauh2 hari meskipun lebaran masih 2 minggu.

    17
  • 24 April 2023 - (19:17 WIB)
    Permalink

    Pihak ekspedisi aja overload akibat Ramadhan Sale di Tiktok Shop dan berbagai e-commerce. Ini malah order 2 hari sebelum lebaran susah banget sampai tepat waktu.
    Saya pesan barang awal april, 1 minggu on process karena orderan di toko banyak, aja 1 minggu kemudian baru sampe.

    Next jangan mepet ya Pak saran saya kalo Lebaran, Natal, Tahun Baru

  • 24 April 2023 - (20:28 WIB)
    Permalink

    Menurut saya sih ini murni kasus manusiawi..
    Pembeli baru ada dana tgl 17..
    Penjual last pengiriman tgl 17.. Penjual kan manusia juga mau mudik. Mgkn perlatan jualan ditinggal di toko sehingga chat ga dijawab..
    Tokopedia juga sudah pasang pengumuman “sela idul fitri pengiriman mgkn bla bla bla”
    Menurut gw tokopedia, pembeli, penjual ga ada yg salah. Memang terjadi saja begitu

    12
    • 24 April 2023 - (21:15 WIB)
      Permalink

      Ga salah yg jual jg sih..
      1. Udh mendekati lebaran, kemungkinan yg jual libur/punya urusan lain jd ga sempet
      2. Toko lg over load order, jdnya mau nyelesein yg order dluan dlu biar ga numpuk
      3. Klo emang di acc penjual mungkin jg nyangkut di ekspedisi
      4. Toped udh bilang mungkin ada keterlbatan untuk tgl sekian
      5. Pembeli ga tanya penjual dlu bisa apa ngga buat dkirim langsung n maen pesen aja

      Pembeli jg ga slh sih
      1. Mungkin jarang belanja OL jdnya kurang paham
      2. Mungkin sinyal susah n duit blm ada mknnya baru bisa beli pas mendekati lebaran

      Saran sih pembeli introspekso diri jg, jngn maen nyalahin tokonya.. Klo mau langsung instan dapet sih mending duitnya di tf ke istri(klo istri punya rekening) trs suruh dia yg beliin buat anak.. Sebaiknya pastion dlu stok barang n kesigapan penjual.. Jngn cuma liat harga paling murah langsung pencet beli

      3
      2
  • 24 April 2023 - (21:12 WIB)
    Permalink

    Sabar aja. Biar lambat asal selamat barangnya sampai di tujuan. Smoga dg sampainya sandal bisa rujuk kmbali.

  • 24 April 2023 - (21:17 WIB)
    Permalink

    jgn nyalahin Tokopedia atau seller saya juga pesan TV, yang harganya besar dua hari sebelum lebaran di lazada, tetap dikirim nya setelah lebaran hari ketiga, kan jasa pengiriman nya sama pd libur. tidak bisa pok tergolong, harap mengerti aja.

  • 24 April 2023 - (22:00 WIB)
    Permalink

    Bang.. Kalo abang kepasar menjelang lebaran, udah pasti rame pembeli, bukan cuma abang aja yg pengen lebaran bang.
    Jadi si penjual itu ga ngelayanin abang doang, banyak oraderan yg pending, yg batal, yg retur, belum lagi proses kirim yg makan waktu ditambah lagi moment nya pas hari raya.. Aduuhhh bisa2nya masih berestimasi beli tgl 17 dan sampenya tgl 20 di moment lebaran.. ???
    Yah mudah2an jadi pembelajaran aja dah ya bang..

  • 25 April 2023 - (03:45 WIB)
    Permalink

    Bapak terlalu mepet pesenya,takutnya jga begitu itu pak.molor pengiriman,apalagi pas mendekati hari lebaran. Online memang ya begitulah,kadang tepat waktu,kadang molor jga. Jadi kalau beli barang online harus siap jga dengan resiko,keterlambatan pengiriman, barang tidak sesuai warna,ukuran dsbgainya, semoga kekecewaan bapak bisa terobati dengan kegiatan yg lain,semoga bapak diberi Rezki yg banyak,kesehatan keluarga dan berbahagia dengan keluarga,semoga jga kesabaran selalu terlimpahkan kepada keluarga.amin.

  • 25 April 2023 - (08:13 WIB)
    Permalink

    Tidak perlu ada yang di salahkan. Kondisi buyer kagak ada duit. Posisi seller juga mepet ke lebaran. Yang harus anda lakukan kedepan jangan beli on line klo mepet hari hari besar. Semoga di lancarkan rejeki nya mas agar bisa memebahagiakan anak istri

  • 25 April 2023 - (19:43 WIB)
    Permalink

    Baru pertama kali belanja di tokped ya pak? Kok terkejut dengan waktu yang dikasih untuk menyiapkan barang dan packing itu lama (3 hari kalau gak salah). Kalau mau cepat salah satu tipsnya chat seller dulu sblm dibayar, bisa gak kirim hari itu jg. Kalau seller bisa, lanjut bayar. Kalau gak bisa, cari seller lain.

  • 26 April 2023 - (07:46 WIB)
    Permalink

    Semoga ketulusan dan keiklasan bapak dalam mencari nafkah untuk membahagiakan keluarga menjadi berkah, serta menjadi alasan Allah untuk menambahkan rejeki bapak. Aamiin..

  • 26 April 2023 - (09:50 WIB)
    Permalink

    Ya sudahlah…. Lebaran pun sudah lewat. Udah pada kembali ke jam kerja dan kesibukan masing-masing. Semoga pembeli dapat kompensasi dari e-commerce terkait. Biasanya klo udah viral gini ada tuh kompensasi berupa voucher belanja.

 Apa Komentar Anda mengenai pengalaman ini?

Ada 58 komentar sampai saat ini..

Anak Saya Gagal Pakai Sandal Baru Buat Lebaran

oleh BONEK dibaca dalam: 3 menit
58