Surat Pembaca

Dipermainkan Kurir J&T, Paket Non-COD Dibuat Gagal Kirim dan Diretur DFOD, Seller Harus Bayar Ongkir

Terima kasih jika artikel ini dapat ditayangkan. Pengiriman obat gatal ke konsumen gagal oleh Kurir J&T Tipar Cakung (nomor resi: JP3758362499), yang seharusnya diantarkan ke penerima malah dibuat gagal kirim. Yang jadi masalah adalah paket tersebut Non-COD, kok bisa-bisanya dibatalkan?

Setelah saya menanyakan kapan dikembalikan, ternyata tidak kembali sejak tanggal 31 Maret. Setelah lama, ternyata paket dikembalikan, tetapi harus bayar ongkir. Maksudnya bagaimana? Sudah ditipu oleh kurir J&T, malah tambah dirugikan lagi.

Ternyata malah dibuatkan resi baru DFOD, yang mana seller harus membayar ongkir dari paket retur tersebut.

JD0235390117

Seller dipaksa membayar ongkir dari paket retur. Apakah J&T memang seperti ini sistemnya? Selalu merugikan seller. Semoga ke depannya tidak ada seller yang dirugikan oleh J&T Tipar Cakung, masa retur harus bayar ongkir?

Terima kasih atas memusingkannya kasus ini.

Muhamad Lalan
Bogor Barat, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

    • "Yang jadi masalah adalah paket tersebut Non-COD, kok bisa-bisanya dibatalkan?"

      Udah jelas deh penulis bilang begitu di artikel atas. Masih aja ada yang gagal fokus.
      Kalau kebanyakan makan opor, coba minum obat kolesterolnya dulu, baru komentar di media konsumen ya.

    • Sepertinya anda baru aja bangun tidur trs baca artikel di media konsumen, sy sarankan utk cuci muka dulu

      • Gmna gelas keramik anda bos? Sdh di ganti sama gelas kristal sama sicepat? Wkwkwkwkwkwk

        • saya pernah ada pngalaman pengiriman paket non cod lama banget nungguny ahirnya saya samperin ke gudang J&T Cakung krn barang pesanan titipan orang di kirany aku php ya krn klewat estimasi masa iya kiriman barang dr Priuk smp Cakung 9hr pdhl estimasi 4/5hr ya begitulah

          • Semua knp kurir disalahkan.saya selaku kurir . Mungkin hampir 10ribu paket sudah pernah saya anter. Banyak juga non cod di retur. .. dengan alasan BLA BLA... Kawan saya di j&t ngretur paket g sembarangan bisa Karna di jnt sangat ketat udah tertata .karna kami di jalan. Sahabat sama kurirnya.. tauhi kan paket kalian .ujuk2 kalian sobek.. resi rusak.tutup pintu.kurir juga ganti. . Buyer kalian itu bermacam2 sifatnya. .. barang g cocok.g dibuka .mana bisa tau modelnya kata mereka... .. keluh kesah Seller kami selalu dengar .keluh kesah kurir apa kalian perduli.tugas kami ngantar

          • emang banyak agen yang tidak bisa mengatar kan paket bla bla bla. suruh penerima ambil sendiri.
            saya tidak menyalahkan semua kurir. hanya oknum tipar cakung saja. sehingga seller berdebat dengan buyer.
            karena dari j&t menyatakan paket telah di terima oleh yang bersangkutan.
            padahal sudah di jelaskan A-Z eh malah suruh nagih pembayaran ke penerima. makanya saya bilang kasus ini memusingkan.

    • kalau baru bangun,cuci muka sikat gigi,jgn buka hp dulu
      kebanyakan mkn opor ayam ente??

    • Kemungkinan buyyer tidak mau ribet/tidak mengerti cara pengembalian paket di Shopee nya. Biasanya itu terjadi pada buyyer baru/baru main di marketplace.

        • heran judul sudah jelas, masih ada yg gagal fokus. kebanyakan orang komentar dulu sebelum membaca hingga selesai.

  • Non COD itu Tunai (Bukan COD), Retur Seharusnya Tidak Buat Resi Baru DFOD Yang Ongkir Di tanggung Penerima (Counter Pengiriman Awal yang menghubungi Seller ko paketnya malah bayar dengan resi Baru DFOD) anehnya kurir J&T Tipar Cakung @ndri KUrn!aw4n & S0pian H@lim Must@qim

    Pesanan telah sampai diterima oleh Yang bersangkutan
    04/04/2023 18:44 (Dan Ini Status Palsu Juga, Bahwa Paket Tidak Diantarkan Ke Penerima, Lagian Juga Sudah Dibatalkan Sistem)

    Pesanan sedang diantar ke alamat tujuan
    04/04/2023 10:09

    Paket akan di kembalikan ke pengirim karena Paket tidak diambil penerima
    31/03/2023 23:32 (Non-COD ko di buat gagal kirim, ini REGULER bukan JEMARI)

    Pesanan sedang tertahan sementara karena Sudah Reschedule dengan Customer Mohon hubungi jasa kirim untuk informasi lebih lanjut (Padahal Tidak Hubungi Si Penerima)
    30/03/2023 21:09

    Pesanan telah sampai di lokasi transit Hub JAKARTA
    26/03/2023 14:14

  • Wah J&T lagi, saya punya aja sudah 4/5 kali dibalikin ke seller. Memang bermasalah ni j&t.

  • Sepengetahuan saya yang juga seller aktif dan menggunakan J&T Express baik itu di Marketplace atau diluar marketplace, jika ada paket retur, maka kita selaku pengirim tidak akan dikenakan biaya membayar ongkir kembali dengan alasan apapun. Jika saya membaca tulisan diatas, sepertinya kendala ini sudah terjadi hampir 1 bulan lamanya.

    jika ini merupakan pesanan di Shopee, maka kamu dapat mencoba klaim kehilangan paket via Shopee atau mencoba email ke jntcare@jet.co.id untuk menjelaskan kembali permasalahannya, di Aplikasi J&T Express, kita bisa melihat nama kurir yang mengantar paket pada saat itu.

    Saya yakin ini hanya ulah yang dilakukan oleh J&T Cabang saja, Dari berbagai ekpedisi, hanya J&T Express dan Sicepat express yang sangat tanggap atas kendala usernya, apalagi kamu memiliki berbagai bukti pendukung untuk pengajuan klaim.
    Semoga masalahnya cepat teratasi dengan baik.

    • ia retur emang tidak di kenakan biaya,saya juga sering alami retur oleh JNT, tapi ini paket retur di buatkan Resi Baru (DFOD) yang ongkirnya harus di bayar oleh pihak penerima, jelas counter tidak mau bayar ongkir.
      sedang proses ka. sepertinya bakal di ganti oleh shope.dengan klaim barang hilang. tapi lucunya saya suruh nagih ke penerima(karena status telah di terima oleh yg bersangkutan) padahal penerima saja tidak menerima paket. memang tidak semua jnt begini. hanya cabang Tipar Cakung saja. dan tidak ada perkataan maaf sama sekali.

    • "Dari berbagai ekspedisi hanya jnt dan sicepat yg sangat tanggap". Anda ngelawak? Sdh banyak komplain jnt dan sicepat di media ini. Kalo sangat tanggap ga akan naik itu mslh mereka. Lucu anda ini

      • Pahami dulu tulisan orang lain, anda ini tipikal orang temperamen. Disitu kalimatnya "Dari berbagai Ekpedisi" bukan "Hanya Ekpedisi", tidak ada Ekpedisi sempurna, yang kerja di Ekpedisi juga manusia biasa seperti anda yang punya keterbatasan. Jangan Karna anda pernah melihat orang lain komplain, lalu anda berhak ikutan menghina mereka. Anda pun masih juga menggunakan jasa mereka. Tapi anda merendahkan mereka seolah-olah anda tidak membutuhkan jasa mereka.

        • saya juga tidak menyalahkan ekspedisi J&T Express, dan seluruh kurir karena teman saya pun banyak yg kerja di J&T, dan saya sering gunakan j&t juga baru kali ini sudah di rugikan dan di pusingkan, hanya 2 oknum kurir J&T Express CP Tipar Cakung (Andri Kurniawan & Sopian Halim Mustaqim), sudah menggagalkan Non-COD, memusingkan 2 agen J&T yang memproses paket DFOD tersebut dan akhirnya memilih retur kembali.
          mungkin untuk J&T Tipar Cakung kedepannya agar lebih teliti dan sopan.
          jangan jawab Lah Itu Udah Ada Nama Kurirnya (Jelas nama anda yg tampil di sistem mlah lempar ke kurir lain), Lah Itu Udah Di Baca, Lah Itu Udah Di terima, Bisa Sabar Ga? (Kurang Sabar Gimana 26 Maret-11 April) sudah dana ga masuk, penerima di fitnah menerima barang dan di terror untuk melakukan pembayaran ke seller. kan jd semakin kacau.

          • Benar, memang bukan sepenuhnya salah 1 perusahaan. Lalu kalau sudah lapor via email, mereka beri balasan seperti apa? , karna di kolom atas komentar sudah tertulis "Mohon bijak dalam memberikan komentar. Mari berdiskusi saling menghargai". Tujuan berkomentar untuk memberikan solusi dalam berdiskusi, bukan justru merendahkan pihak yang tertuduh, apalagi membawa 1 perusahan yang kesalahan dibuat oleh kantor cabang. Kolom komentar MK ini jadi kesempatan untuk orang2 tertentu memaki ketika ada subjek yang kurang dia sukai, entah itu perusahaan/kelompok/individu yang pernah membuat dia kecewa.

          • balasan email adalah paket telah di terima oleh penerima, silahkan konfirmasi ke penerima,(Padahal paketnya saja di buat resi baru yang berbayar), penerima pun di hubungi untuk melakukan pembayaran atas paket yg iapun tidak menerimanya

        • Sdh jelas tulisan anda lbh menjurus ke JNT dan sicepat ketimbang ekspedisi lainnya. Nulis sendiri tp ga malah ga paham dgn tulisan sendiri. Haduh anda ini.
          Baru kmrin ada komplain lg ttg JNT, entah yg keberapa itu kasusnya. Lawak anda ini

      • Sebelumnya saya sering kirim paket menggunakan J&T pick up yg mana kurir ambil ke tempat pengirim, saya sering bayar menggunakan shopeepay dan terkadang tunai. tetapi ada kejadian dimana setelah kurir ambil barang lalu barangnya hilang dan tidak jadi dikirimkan. akhirnya saya memutuskan untuk pengiriman drop off untuk pengiriman selanjutnya.

        beberapa hari kemudian saya kirim paket drop off langsung ke agen J&T, saya bayar tunai langsung diagen tersebut, resi pengirim yang saya terima bertuliskan NON COD. begitu paket sampai ditempat penerima, penerima diminta bayar ongkir lagi, dan paketnya tulisannya NON sudah dicoret menggunakan ballpoin. penerima komplain kepada saya mengenai ini.
        Saya komplain lagi ke pihak J&T nya, jawabnya mungkin karena admin salah input kak. fiks setelah ini saya harus ganti jasa pengiriman.
        Sedikit menyesal karena saya sudah 2 tahun lebih pakai J&T dan akhir akhir ini sering bermasalah.

    • Sdh jelas di tulisan anda menjelakkan ekspedisi lain dgn blg hanya jnt dan sicepat yg sangat tanggap atas kendala usernya. Malah anda sok bijak lg kata2 anda.
      Kalau mau membela pikirkan dl sebelum nulis. ?

  • Saya mantan Koordinator JnT, kalau tidak salah ini alurnya begini:
    1. Paket gagal kirim
    2. Paket retur ke kantor JnT pengiriman.
    3. Karena seller tidak menanyakan, dan kurirnya tidak amanah maka paket dibiarkan di kantor JnT.
    4. Daripada terkena SLA retur, akhirnya paket di scan terima oleh sistem tapi paket tetap tidak diantar ke seller dan dibiarkan di JnT.
    5. Begitu barangnya ditagih oleh seller, mereka bikinkan resi pengiriman baru agar paket bisa diantar ke alamat seller.

    Saran, laporkan kejadian ini kepada koordinator atu SPV JnT tempat pengiriman, jangan berhubungan dengan kurirnya pasti mereka mengelak.
    Up kasus ini ke sosmed agar bisa dibantu penyelesainnya.

    • saya sudah pernah laporan lewat chat & email
      bahwa kurir J&T Tipar Cakung Andri Kurniawan Dan Sopian Halim Mustaqim Ini bermasalah. sudah di jelaskan A-Z tapi tidak ada tanggapan sama sekali dan di jawab paket telah di terima silahkan hubungi penerima?

      jelas-jelas paket nya di buat resi baru (DFOD)
      sampe orang j&T pengiriman awal pun bingung dengan kasus ini dan memutuskan untuk meretur kembali.

    • " jangan berhubungan dengan kurirnya pasti mereka mengelak.
      dari ss chatan saja kurir jawabnya begitu..
      jelas-jelas dia yg gagalkan
      dari tanggal 26 maret loh ke tgl 31 maret... dan jadi semakin kacau.

    • Ada 1 yg krg dari penjelasan anda. Paket gagal kirim itu akan di hubungi penerimanya dl tuk cari solusinya. Kalo tdk ada respon baru di retur.
      Kalau spti yg anda blg, berarti JNT tdk punya pegawai yg khusus menangani paket2 gagal kirim ya?

      • kurir tidak menghubungi penerima sama sekali, dan tidak menghubungi seller. tau tau di gagalkan karena paket tidak di ambil/di bayarkan (Padahal Non COD)

      • semua status tracking di buat palsu. biar ada status saja. makanya ketika hubungi j&t baik chat maupun email status telah di terima (padahal di sistem telah gagal kirim dan akan di kembalikan) . tau" jadi resi Baru DFOD berbayar ongkir, jelas counter pengiriman awal menolak paket. karena berbayar. ini sudah bukan retur lagi jadinya. karena retur tidak berbayar ongkir.

  • yang saya heran paket tersebut Reguler Non-COD kenapa di buat seolah Jemari (Jemput Mandiri Ke Counter) dan di gagalkan alasan tidak di bayar pembeli?

    bogor ke jakarta timur dari tgl 25 maret di kirim ko bisa sampe tgl 31 maret... di counter terus
    tiba tiba retur. dan returnya pun berbayar ongkir dengan ganti Resi Baru. jelas Counter Pengiriman Awal Pun Bingung, ko bisa begini Cabang Tipar Cakung.
    jadi paket di suruh kembalikan lagi aja biar ga tambah rumit (oleh pihak jnt pengiriman awal). dan saya sudah klaim juga. kehilangan paket. lagian juga resi statusnya sudah gagal kirim (tapi malah di terima oleh yang bersangkutan)

    • Kalau di daerah kami j&t gak pernah antar paket ke alamat tujuan.
      Semua pelanggan wajib ambil sendiri di drop point.
      Saya pernah komplain mereka lepas tangan.
      Karena gak ada jajaran manajemen

      • emang banyak keluhan j&t kurir tidak mau mengantarkan,penerima harus ambil sendiri. (padahal Reguler bukan JEMARI)
        yg saya alami lebih parah
        udah status di gagalkan kirim alasan tidak di ambil penerima/tidak di bayar (Kan Non-COD jelas-jelas sudah di bayarkan) dan katanya mau di retur,taunya malah di antarkan ke penerima, tapi pas di tanya penerima ternyata tidak menerima paket, tiba-tiba retur dengan resi baru DFOD yang harus di bayar ongkirnya. bener-bener memusingkan.

  • Shopee n j&t udah kerjasama memaksa seller pake j&t..tiba tiba aktif aja tuh j&t di aplikasi seller dan gak bsa dinonaktifkan...j&t itu merugi terus Krn jarang yg mau pake jasa dia, makanya dia bikin ulah kerjasama sama shopee tuk paksa pembeli pake j&t..swaktu j&t bikin anak cabang bernama jetexpress kan layanannnya juga buruk sekali , akhirnya jetexpress bangkrut. Skrg j&t juga hampir bangkrut, nah biar selamat maka mreka gandeng shopee tuk paksa pembeli...j&t juga gak bisa diprivacy kan nama barangnya di paket, misal kita jual kondom atau obat keputihan maka di resi muncul nama barangnya itu hingga kadang bikin Malu penerima.

    • ia di seller juga aktif sendiri jnt dan tidak bisa di nonaktifkan lagi. cod aja banyak yg retur. non-COD malah dibuat retur berbayar lagi.

  • J&T emang parah. Di tempat saya, bolak balik gagal kirim, dengan alasan tidak bisa dihubungi, rumah kosong, dll. Padahal ada orang terus di rumah plus HP on terus. Karena kerjasama dengan shopee, jadi ga bisa pakai yang lain.

  • Wakwaw.... saya beli celana jeans buat lebaran sampai sekarang gak datang datang, lebaran udah lewat. Kurir jnt juga. Katanya waktu dikirim gak ada orang di rumah tapi gak konfirmasi lewat telpon/wa kan ada tuh di kemasan tertera no nya. Besok nya janji mau dikirim saya tunggu dari pagi sampai bedug maghrib gak datang juga, besok nya janji lagi saya tunggu sampai bedug maghrib lagi gak datang juga, sampai hari ini seharian nunggu gak datang datang juga. Alasan ganti kurir terus. Kasian sama penjualnya.