Surat Pembaca

Penyelesaian Paket Akrab XL Mengecewakan

Terima kasih kepada Media Konsumen yang sudah bersedia memuat surat saya. Ok, langsung saja. Saya membeli paket Akrab XL pada tanggal 25 Maret 2023. Dengan rincian kuota yang seharusnya didapat seperti pada gambar.

Untuk informasi awal saja, ini bukan paket Akrab XL pertama yang saya beli. Saya membeli paket Akrab dengan total kuota 204 GB untuk 4 Anggota dengan harga Rp280.000. Masalahnya adalah saya sudah membayar penuh tanpa kurang 1.000 rupiah pun, tapi kuota yang saya dapat tidak pernah penuh sesuai dengan yang tertera. Padahal sebelumnya tidak pernah ada masalah. Seharusnya, setiap anggota mendapatkan kuota sebagai berikut:

  • Kuota Pribadi Nasional 2 GB
  • Kuota Pribadi Lokal 15 GB
  • Bonus Kuota MyRewards 14 GB
  • Dan Kuota Internet Bersama 80 GB

Jadi, total kuota internet yang seharusnya didapat setiap anggota adalah 31 GB (selain kuota bersama tentunya). Saya akan menyampaikan kejadiannya sedetail yang saya bisa:

  • Tanggal 25 Maret 2023, saya menambahkan 1 anggota. Anggota pertama, kuota yang 31 GB itu tidak ada yang masuk satu pun. Saya pikir ini mungkin hanya masalah jaringan, jadi ya sudahlah. Tanggal 26 Maret 2023, kuotanya masih belum masuk, jadi saya coba menghubungi 817. CS-nya meminta saya menunggu 1×24 jam, maksimal 3×24 jam. Tidak sampai 1×24 jam, kuotanya sudah masuk dan masalah pertama selesai.
  • Tanggal 28 Maret 2023, saya menambahkan 1 anggota lagi (ini akan saya sebut Anggota 2) dan seperti sebelumnya, kuotanya juga tidak langsung masuk.
  • Tanggal 29 Maret 2023, saya menambahkan 1 anggota lagi (ini akan saya sebut Anggota 3). Ternyata masalahnya hampir sama, bedanya Anggota 3 kuota yang masuk cuma Kuota Pribadi Lokal sekitar kurang dari 7GB (seperti pada gambar, info tambahan: Kuota MyRewards Anggota 3 itu baru masuk hari ini, 23 April 2023, itu pun gak penuh).

Saya hubungi CS-nya, seperti biasa, saya diminta menunggu. Tanggal 31 Maret 2023, saya telepon lagi 817, masih saja tetap menunggu 1×24 jam. Terakhir saya menelepon 817 tanggal 23 April 2023, jawabannya masih tetap sama, jawaban template, “Sudah kita bantu follow up (terkadang follow up express lah, cepatlah, atau entah apalah itu bahasanya) ke tim terkait, silakan tunggu 1×24 jam…. dan maaf”. Sudah, gitu aja jawabannya terus sampai masa aktif paket habis.

Padahal paketnya cuma aktif 30 hari, 24 April 2023 ini habis masa aktifnya. Termasuk penipuan enggak sih nih?

Tolonglah dengan sangat untuk pihak XL, itu paket saya beli pakai duit, bukan pakai follow up 1×24 dan maaf. Kebetulan saya juga salah satu RO XL dengan level (yang seharusnya) Gold. Saya juga sudah pernah minta bantuan Sales dan SPV-nya buat menelepon CS nya XL. Namun lagi-lagi jawabannya tetap sama, jawaban template, “Follow up 1×24 jam”. Udah gitu aja! Saya sudah mulai pusing dengan cara penanganan XL.

Terima kasih.

Alber Jefri
087781****06
Kuantan Singingi, Riau

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan XL Axiata untuk Keluhan Bapak Alber Jefri

Jakarta, 3 Mei 2023 Ref.CM/CU/E/006/0423/SN Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com Dengan Hormat, Berikut tanggapan kami atas keluhan Bapak Alber Jefri melalui...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Info tambahan: Hari ini, 24 April 2023, saya nelpon 817 lagi. Tapi jawabannya masih tetap sama, masih ditindak lanjuti dan diminta nunggu lagi 1x24 jam, maksimal 3x24 jam. Padahal, masa aktif paketnya udah habis hari ini. Setelah saya kasih tahu masa aktif paket udah habis, CS nya bilang (setelah CS nya melakukan pengecekan), kuotanya udah masuk tanggal 18-19 April 2023. Lah, kuota yang mana? Tanggal 23 April 2023 aja saya buat surat pembaca dengan SS hari itu. Dan akhirnya CS nya meng-iya-kan bahwa saya pernah menghubungi mereka di tanggal 23 April 2023 dan masalah memang belom selesai. Tapi ujung-ujungnya ya, tetap diminta menunggu. Satu kata buat penanganannya, WOW....

  • Info terbaru: 28 April 2023, masalah paket Abrab nya udah selesai. Pihak XL melalui 818 nya udah menghubungi saya beberapa kali untuk penyelesaian masalah saya. Dan jujur, cara mereka (818) menyelesaikan masalah ini sangat amat cepat dan tepat tentu. Hanya saja, solusi terbaik yg Pihak XL tawarkan tidak bisa saya ambil. Pihak XL menawarkan pengembalian kuota dengan cara membeli lagi paket Akrab yg sama (karna masa aktif paket sebelomnya udah habis), agar pengembalian kuota nya bisa berhasil. Namun karna salah satu anggota yg kuota nya tidak masuk sebelumnya tidak lagi menggunakan XL (katanya), maka solusi yg ditawarkan tidak bisa saya ambil. Jadinya Pihak XL menawarkan solusi lain dengan cara pengembalian pulsa. Dan itu adalah solusi terbaik yg bisa saya dapatkan, setidaknya itu menurut saya. Jujur, Pihak XL melalui 818 nya sangat amat cepat dalam penanganan masalah ini, tidak bertele-tele, langsung ke solusinya. Terima kasih banyak untuk solusi yg cepatnya.