Surat Pembaca

Pesanan di Shopee Batal Otomatis karena ID Express Gagal Melakukan Pick-up

Saya memiliki dua pesanan yang menggunakan jasa kirim ID Express di platform marketplace Shopee. Sebelumnya saya belum pernah menggunakan jasa kirim ini. Sehingga saya tidak memiliki kontak kurir ekspedisi ini.

Beberapa waktu lalu pesanan saya dengan jasa kirim ekspedisi ini gagal otomatis oleh sistem dengan keterangan “penjual gagal mengirim kan pesanan tepat waktu” (foto terlampir). Padahal saya sudah request pick up dan paket sudah ready di toko seperti biasanya. Tidak ada kurir dari ID Express yang menelpon ataupun memberikan pemberitahuan kepada saya.

Hingga akhirnya saya menyadari ada yang tidak beres karena sampai hari berikutnya pihak Jasa kirim tidak kunjung menghubungi saya. Saya kemudian menelpon kontak ID Express. Sudah makan pulsa banyak, jawaban yang saya dapat katanya akan segera di-pick up.

Saya mencoba searching lokasi gerai terdekat ID Express mau saya drop off ke gerainya langsung. Tapi ternyata lokasinya cukup jauh, sekitar 2 jam kalo pulang pergi. Karena saya sibuk dan harus menyelesaikan pesanan lainnya saya melakukan komplain ke CS Shopee terkait paket yang tidak di-pick up. Jawaban CS Shopee cukup meyakinkan, bahwa paket saya akan di-pick up sebelum batal otomatis. Saya disuruh nunggu, katanya pick up pesanan saya akan diprioritaskan.

Dan akhirnya, pesanan saya batal otomatis. Dan tidak ada pertanggung jawaban sama sekali dari ID Express ataupun Shopee.

Masalahnya saya juga memiliki paket on going dengan ekspedisi sama yang segera batal otomatis juga. Dan jawaban CS Shopee masih tetap sama. Saya diminta menunggu.

Tolong Shopee dan ID Express untuk bertanggung jawab atas case ini.

Amar Makrup Muhalim
Lamongan, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • biasanya ID Express harus punya nomor kurir ka, soalnya saya juga kalo pake ID hubungi kurir dulu baru klik Antarcounter tapi tetep di pickup.klo klik pickup malah ga datang. dan hubungi cs shope pun yah gitu deh...

  • mohon maaf ga baca ini " Sebelumnya saya belum pernah menggunakan jasa kirim ini. Sehingga saya tidak memiliki kontak kurir ekspedisi ini."

    seharusnya kaka janga coba" pake.
    tapi memang id kaloga punya nomor kurir jarang di pickup

    • Saya seller kak, nggak ngeh kalo jasa kirim ID ekspress aktif di toko saya. Saya belum pernah antar paket ke gerai karena selama ini pick up an saya Lancar semua. Baru kali ini bermasalah. Dan itu beruntun langsung ke 3 pesanan.

      • Non aktifin aja, biar yg aktif cuman Shopee Express doang. Saya juga sudah lama gak pake ID Express lagi karena semakin buruk kinerjanya.

  • ID express bs drop ke Alfamart aja kak, coba deh buka websitenya ID express, ada kok banner-nya. Tinggal print resi, nanti di alfamart akan discan kasir dan kita dikasih struk tranda terimanya

    • Makasih bgt infonya kak, nanti coba saya konfirmasi langsung ke Alfa. Thanks.

      • mmg supi ini suka aktifin kurir tnpa pemberitahuan, musti dipratiin sesekali. kl sy seller selalu drop sore/malam ga pernah request skalian biar cepet & ga repotin kurir. klo drop off jauh tgl dimatiin saja pilihan kurirnya.

  • Aktifkan saja kurir yang bisa menjangkau dekat alamatnya agan, biar sama sama enak Antara kurir dan penjual, mungkin itu juga alasannya karena kurir jarak terlalu jauh dan barang cuman beberapa yang di pick Tidak sesuai dengan cost, semoga ada solusinya

    • Tentu sekarang saya matikan gan. Jasa kirim ini aktif di toko saya ternyata karena program gratis ongkir. Saya juga baru ngeh, karena sebelumnya saya tidak menyalakan jasa kirim ini. Opsi jasa kirim di daerah saya memang sangat terbatas. Rata2 jauh semua. Selama ini yg lain ga ada masalah dengan pick up an. Dan seharusnya jika memang ada kendala Shopee dan ID Ekspress tidak perlu PHP seakan masih bisa melakukan pick up.

  • Tidak ada ampun bagi penjual untuk Kesalahan expedisi, sistem atau marketplace.. Mau tidak mau, tetap penjual yg salah, meskipun sebenarnya bukan penjual yg salah...
    Ini lah perlu dikaji ulang Ecommerce..

    • Betul sekali. Padahal ada histori permintaan pick up, komplain ke CS, tanpa ada histori percobaan pick up dari jasa kirim. Tetap saja seller kena penalti. Sudah dirugikan, di kenakan penalty lagi. Bener2 nggak fair.