Terlambat Membayar Tagihan Kartu Kredit, Apakah Bisa Meminta Keringanan Bunga dan Denda?

Mohon tanggapan rekan-rekan di sini ataupun dari pihak Bank CIMB Niaga. Saya adalah nasabah kartu kredit Bank CIMB Niaga sudah lama dan tidak pernah ada keterlambatan pembayaran. Pada bulan Maret/April kemarin, terjadi kesalahan sistem di Bank CIMB Niaga, sehingga menyebabkan terjadinya penagihan beban bunga terhadap kartu kredit saya.

Akibat hal tersebut, membuat saya salah membaca tanggal jatuh tempo kartu kredit. Akhirnya tagihan bulan tersebut terkena bunga dan biaya terlambat.

Email dgn pihak bank

Saya sudah telepon pihak bank (nomor laporan: CBCWF170423000313), dengan tujuan meminta keringanan biaya bunga, bukan penghapusan. Namun mereka menolak permintaan tersebut.

Mungkin dari rekan-rekan sekalian tahu, apakah ada cara lain yang bisa ditempuh? Karena lumayan juga kalau bunganya bisa mendapatkan keringanan. Terima kasih.

Budianto Liwang
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan CIMB Niaga atas Surat Bapak Budianto Liwang

No. 027/CCG/MBCX/IV/2023 4 Mei 2023 Kepada Yth.: Mediakonsumen.com Up. Redaksi Surat Pembaca Dengan hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Budianto Liwang...
Baca Selengkapnya

26 komentar untuk “Terlambat Membayar Tagihan Kartu Kredit, Apakah Bisa Meminta Keringanan Bunga dan Denda?

  • 27 April 2023 - (11:18 WIB)
    Permalink

    Keringanan, koreksi, waive biaya yg muncul itu kebijakan bank sih, jd g da ketentuan mutlak di setujui/tdk. Tapi di beberapa bank, ada yg bisa d ajukan waive.

  • 27 April 2023 - (11:29 WIB)
    Permalink

    Kesalahan sistem yang seperti apa yang dimaksud?
    Kesalahan sistem yang menyebabkan tanggal jatuh tempo menjadi maju daripada yang seharusnya?

    • 27 April 2023 - (11:58 WIB)
      Permalink

      Ow bukan, kesalahan membaca tanggal jatuh tempo memang dari saya sendiri, kesalahan sistem bank niaga di billing maret atau april. Sebagian besar customer terkena beban bunga yg seharusnya tidak ada, kemudian pas terima billing sy langsung call ke call center dan langsung set tgl jatuh tempo billing yg sy baca tgl cetak. Jadi lah mixed up. Skrg ini jg prinsipnya minta kelunakan kebijakan dari bank, lmyn juga denda dan bunga nya

    • 28 April 2023 - (12:10 WIB)
      Permalink

      Saya rasa tanggapan CIMB sudah jelas, pengurangan/penghapusan/waive biaya sepenuhnya merupakan kebijakan bank (CIMB),

      Sifatnya juga berupa PENGAJUAN, berarti bisa ditolak/disetujui berdasarkan berbagai pertimbangan oleh bank (CIMB).

      Kecuali error by system bank, pasti bank juga akan langsung menjadwalkan koreksi, seperti penagihan Interest Fee bulan Februari, yang dikoreksi di bulan Maret.

      • 28 April 2023 - (15:49 WIB)
        Permalink

        Terima kasih responsenya pak, memang disini lbh minta bantuan kalau ada jalan selain diskusi via call center. Btw sdh di call oleh pihak niaga dan sdh dihapus beban bunga. Yg tetap kena adalah terlambat bayar

  • 27 April 2023 - (11:55 WIB)
    Permalink

    periode bulan lalu memang ada kesalahan tagihan cc cimb yaitu berupa adanya interest meskipun tdk terlambat bayar pd periode sebelumnya lagi. Dan utk interest yg ngawur itu udah dicreditin lagi. Tp utk tanggal jatuh tempo ga ada kesalahan tuh. jd itu alibinya penulis aja utk mendapat keringanan krn telat bayar

    • 27 April 2023 - (12:01 WIB)
      Permalink

      Bukan alibi sih pak, jelas ngaku salah. Dan skrg memang bertanya apakah ada cara untuk meringankan biaya bunga, dengan harapan catatan record pembayaran baik selama ini bisa menjadi pertimbangan. Disini ngaku salah dan memang bank berhak kenai denda, cuma harapannya bunganya lbh kecil dari 1.75%?

      • 28 April 2023 - (10:04 WIB)
        Permalink

        Kalau nggak dikasih keringanan ancam tutup saja.. ini bisa berhasil dan cara terakhir yg paling ampuh bernegosiasi dgn bank tp anda hrs siap juga jika kartu anda benar2 ditutup jd cara ini 50% berhasil 50% gagal.

  • 27 April 2023 - (12:04 WIB)
    Permalink

    Keringanan mah tergantung banknya. Dulu sy pernah minta penghapusan bunga karna lupa telat bayar pas libur lebaran. Sambil minta maaf, diajukan ke bank mega akhirnya disetujui dan bunga diampuni. Tp blm tercetak di bill sih. Karna lewat brp hari trus ingat

    • 27 April 2023 - (12:23 WIB)
      Permalink

      Tgl 5 jatuh tempo, byr tgl 10 sesuai catatan saya di kalender karena pikir tgl jatuh tempo tgl 16, mabuk bunga hitungannya dari tgl transaksi ke tgl pembayaran. Baru nyadar jg kl gini gede bunga, tenggelam org dalam tagihan bunga?
      Tapi kl diliat dari komen2, ya kudu ikhlas aja ya. Nothing to be done

      • 27 April 2023 - (12:26 WIB)
        Permalink

        total bunga nya berapa pak? jika memang tidak banyak mungkin diiklasin..
        tapi jika memang nominal gede ada cara jika memang nothing to lose (siap untuk tutup kartu), minta dihapus dan bilang jika tidak disetujui maka akan dilunasi dan ditutup saja kartunya.

      • 27 April 2023 - (13:04 WIB)
        Permalink

        Bukankah tgl jatuh tempo cc itu gak pernah berubah jauh? Kadang suka maju atau mundur sesuai tgl cetak tagihan, tp ya paling beda beberapa hari aja. Kalo sy sih selalu hapalin tgl jatuh tempo semua cc sy. Mengenai permintaan keringanan bunga atau denda keterlambatan, seingat sy cm BRI dan Citibank yg paling cepat dan gampang buat penghapusan, kalo yg lain kurang tau karna sy jarang bngt lupa tgl jatuh tempo. Kalo BRI dan Citibank katu tempo beda sendiri di tgl 25 sm 16 makanya suka kelewat, kalo kartu lain kebanyakan dibawah tgl 10 jadi habis gajian udh deh langsung bayar.

        • 28 April 2023 - (10:31 WIB)
          Permalink

          Oh ya. Opini pribadi saya, bank ini ada 2 jenis.
          1. Sblm jatuh tempo banyak banget reminder bisa via sms atau wa atau email infokan jatuh tempo yg dekat
          2. Bank yg diam2 aja, telat jg diem2 aja

          Semua ada plus minusnya, tapi kl kejadiab kyk saya lbh suka opsi 1 tipe bank nya?

    • 27 April 2023 - (13:07 WIB)
      Permalink

      Pernah pengalaman overlimit BCA gak kak? Sy gak nyadar pake sampe over sekitar 200rb, udh nelpon HaloBCA katanya blm ada biaya overlimit yg ditagihkan, kalo ditagih kira2 bs minta hapus gak ya ?

      • 27 April 2023 - (13:13 WIB)
        Permalink

        overlimit krn kesalahan nasabah ga bs dihapus. tp kl kesalahan bank, debatable.
        misal, gr2 bank mencharge by admin / materai, jd overlimit, bisa dihapus

      • 27 April 2023 - (13:53 WIB)
        Permalink

        Pernah overlimit dgn BCA dan bisa dihapuskan, karena itu kesalahan sistem dari BCA. Tapi itu pengalaman bbrp tahun lalu, awal punya BCA. Skr kurang tahu, karena limitnya sudah gede.
        Jadi, waktu itu belanja online, melebihi limit dan di autorisasi (OTP) oleh sistem dan berhasil. Jadi kena biaya deh. Aku call haloBCA, menanyakan apakah sistem BCA memperbolehkan limit otomatis (over limit 10% dai total llimit) seperti yang diterapkan bank Mega, dan mereka jawab tidak. Jdi waktu itu seharusnya ketika mendetect belanja over, langsung di recejt. Misal sisa limit 900rb tapi belanja 1jt, itu seharusnya di reject otomatis. Nah waktu itu sama sistem BCA di approve. Dan aku call, ternyata bisa di hapuskan. Jadi, coba aja tanyakan dulu seperti hal di atas.

      • 27 April 2023 - (17:56 WIB)
        Permalink

        Saya kyknya berkali2 overlimit di bca gak kena biaya? tapi emg gak lama. Paling 1hari saya langsung topup. Itu gak pernah kena biaya over limit. Gatau ya

  • 27 April 2023 - (13:40 WIB)
    Permalink

    Tergantung kebijakan Bank, tapi saya rasa berat itu, klo saya membiasakan membayar sebelum jatuh tempo, klo telat pasti kena bunga dan denda, itu udah resiko memakai CC, klo mau aman sebaiknya tutup aja CC nya, tp jgn lupa bayar tagihannya

  • 28 April 2023 - (10:08 WIB)
    Permalink

    Thx masukan teman2. Sy sendiri lumayan kapok and akhirnya tau perasaan orang kenapa ada istilah tenggelam dalam bunga bank. Nanti sy akan usaha liat bagaimana tanggapan dari bank cimb nya. Terima kasih komen2 nya semua membangun dan bisa saling sharing?

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit Bank CIMB Niaga?

Ada 26 komentar sampai saat ini..

Terlambat Membayar Tagihan Kartu Kredit, Apakah Bisa Meminta Keringana…

oleh Buddy05 dibaca dalam: <1 menit
26