Kurir Ninja Xpress Memalsukan Bukti Pengembalian Paket Retur Lazada

Pada tanggal 26 April 2023 kami melakukan pengecekan paket retur untuk transaksi marketplace selama bulan Maret-April, dan menemukan beberapa masalah paket yang statusnya diretur namun belum kami terima. Selama ini toko kami selalu mencatat paket retur yang kami terima, namun memang tidak mengecek paket yang statusnya diretur namun ternyata belum/tidak kami terima, karena kami percaya pada kurir dan jumlah kiriman yang sangat banyak.

Salah satu pengecekan kami ada paket dari marketplace Lazada order id 1098203906052570 pesanan tanggal 7 Maret 2023 dengan kurir retur Ninja Xpress resi NLIDAP1619614519 yang diretur.

Status retur berhasil pada 17 Maret 2023, namun kami cek di daftar paket returan yang kami terima tidak ada. Kami mencoba menghubungi chat Ninja Xpress melalui Messenger dan terhubung dengan agen Fira.

Agen Fira memberikan bukti retur yang ternyata tidak valid, karena:

1) Paket yang di foto bukan merupakan paket toko kami, bisa dibandingkan dengan foto paket yang kami kirim menggunakan kardus dan label print lazada

2) Background foto jika diperhatikan adalah toko keramik bukan toko kami atau rumah kami.

Sangat disayangkan karena Ninja Xpress tidak mau investigasi dengan alasan dikarenakan sudah lewat 30 hari kalender sejak paket retur dinyatakan diterima dan sudah SOP. Padahal kalau mau pengecekan sangat mudah, tinggal lihat siapa kurir yang mengantar untuk resi tersebut dan langsung dapat kontak oknum kurir nakal tersebut dan masalah dapat diselesaikan.

Di sini tidak terlihat itikad baik dari Ninja Xpress untuk memperbaiki image perusahaan, setelah sebelumnya juga banyak kasus paket retur berubah isinya.

Stepanus
Tangerang Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

17 komentar untuk “Kurir Ninja Xpress Memalsukan Bukti Pengembalian Paket Retur Lazada

  • 28 April 2023 - (13:07 WIB)
    Permalink

    Yang bikin kurir pusing nih hehehe.
    Rata” Kurir per hari bawa 100 paket, 1 bulan kurang lebih 2.600 paket di anter.

    Salah kirim udah lama dari 2.600 paket susah banget buat di ingat & yang nerima paket salah kirim juga blum tentu jujur nerima paket tsb

    0
    6
    • 28 April 2023 - (13:25 WIB)
      Permalink

      Ini paket retur bos, bkn paket yg akan dikirim ke konsumen. Haduh, di baca baik2 keluhan org sblm komen.

      7
      1
      • 30 April 2023 - (18:39 WIB)
        Permalink

        Mari seller lazada kita out dari kurir ninja .ninja itu maling . Aku pun sudah GK pake ninja lagi di lazada

        • 6 April 2024 - (01:39 WIB)
          Permalink

          Bagaimana kak cara nya menonaktifkan expedisi ninja di seller lazada?soalnya saya juga sering di malingin sama ninja

      • 30 April 2023 - (19:06 WIB)
        Permalink

        Aku sih gx heran… Emang sering ditemukan kecurangan seperti ini, dan pihak atasan bysanya hanya bisa ngelempar kesalahan sama bawahan, walaupun bukan tugas mereka. Ini pengalaman pribadi ya, soalnya aku 4 tahun di ekspedisi ini, dan pernah jadi station IC juga. Dan posisi paling rentan adanya kecurangan itu ada di WH dan kurir. Karna mungkin mereka pikir, atasan gx bisa berbuat banyak kalo mereka curang. Hahahha

  • 28 April 2023 - (14:25 WIB)
    Permalink

    Dulu saya juga pernah ngalamin, saya coba cari konter ninja terdekat, tapi katanya retur dari pusat, bukan konter” kecil yang bisa kita drop off paket (lokasinya jauh). Akhirnya saya telepon cs ninja, setelah diinvestigasi, pihak kurir yang bertugas retur ke alamat saya disuruh mendatangi rumah saya. Dengan berbagai alasan dia, mereka (2 orang, satu tim) diharuskan meminta bukti bahwa paket sudah dikembalikan ke kami (penjual) oleh atasan mereka agar tidak dikenakan SP/dipecat. Setelah kejadian itu tidak berani lagi mereka berulah ke toko kami. Saya yakin itu 99% kenakalan dari kurirnya sendiri, yang retur harusnya 2-3 paket, yang dikembalikan ke kami hanya 1. Sisanya bisa dijual oleh mereka. Dari sekian ekspedisi, yang nakal seperti itu saya alamai hanya dari Ninja Express saja. Selain itu sejauh ini cukup aman

  • 28 April 2023 - (14:47 WIB)
    Permalink

    J&t lebih parah paket return tidak pernah di antar pas di tanyain ke dop sudah di ambil kata admin dopnya, saya suruh cek cctv siapa yg ngambil akan kelihatan tapi malah ngotot dan besoknya saya di telpon suruh datang akhirnya di ganti uang seharga paket tresebut, tapi puluhan paket returan yg tidak ada kabarnya udah berbulan² kemana? Semua expedisi ada plus minusnya ,bukan ngebelain tapi ninjaexpress masih lebih baik daripda j&t

    • 28 April 2023 - (15:17 WIB)
      Permalink

      bener Ninja Express saya pernah retur isi paket berubah karena ada oknum kurir maling. dan di ganti oleh kurirnya dan minta maaf semua di urus oleh kurir tersebut beserta materai nya juga.. beda lagi dengan J&T Express Khususnya J&T CP Tipar Cakung, Paket Non-COD di buat gagal kirim (Karena Tidak Di Bayar? Non-COD itu kan di bayar) dan Di Retur dengan Resi Baru DFOD yang harus di bayar ongkirnya akhirnya pihak J&T pengiriman awal pun bingung akhirnya yah di tolak masan agen J&T ga tau apa” di suruh bayar ongkir paket Retur.
      tidak ada perkataan maaf sama sekali dari J&T Ekspress CP Tipar Cakung nya.
      semoga tidak ada Seller Di Rugikan Lagi Oleh J&T CP Tipar Cakung

      • 6 April 2024 - (01:47 WIB)
        Permalink

        Paket returan saya juga di ganti sama oknum ninjaexpress,padahal produk saya hijab 4 pcs.tapi yg saya terima hijab bekas 3 pcs,hijab nya pun kalau masih baru mah masih jauh dari harga produk sya.hijab nya udah kayak keset dan ada yang masih ada pentul nya ke tancep di hijab.udh lapor k pihak ninja dan kurir nya tpi alasan nya ngak jelas padahal saya ada vidio unboxing nya.dulu hijab yang total nya 20 pcs malah di balikin 1 pcs.nanti kalau terulang lagi saya bikin surat terbuka juga buat ninja.

  • 28 April 2023 - (15:53 WIB)
    Permalink

    Waduh.. Harus di usut ini. Klo kurir nakal bnyk.. Biasanya barang retur/rumah kosong pas di anter dia ambil n jual sendiri/dijual ke penadah.. Info dr temen di daerah rumah dia ada yg kya gitu.. Mulai dr barang ecek² smp elektronik dijual ½ harga.. Tp ga nyalahin kurir jg sih.. Ini kn oknum bukan semua.. Ada bnyk jg kurir baik yg kejar target.. Smp walaupun ujan/banjir ttp dianter..

  • 28 April 2023 - (16:05 WIB)
    Permalink

    Saya buka toko di lazada 2 tahun lalu. Kebetulan di tempat saya jauh dr full expedisi lazada nya. Saya delet aja apk nya di hp saya. Terima notif dari yahoo ada beberapa pesanan di lazada tapi ga saya kirim. Males antar jauh ke full lel nya. Lagian buat apa lazada pakai lel segala. Orang mereka juga tetap pakai expedisi biasa kok buat kirim nya

    1
    1
  • 28 April 2023 - (23:16 WIB)
    Permalink

    Baru hr ini saya ngalamin paket returan saya isinya beda, baju harga ratusan ribu ditukar dg baju butut, tp ninja ga terima komplenan krn sy ga punya bukti unboxing , ini jd pelajaran saya ke depan. Hati2 buat yg pake ninja, baru tau ada tikus2 nakal, mau didelet susah jg, lazada pakenya ninja dan lex, ga bs milih.

  • 29 April 2023 - (16:43 WIB)
    Permalink

    Ninja mana bner kerjanya, mw kurir, apa staf gudang nya sma, ga bner kl krja. Pengalaman saya waktu jadi secilurity di gudang pusat ninja, pada saat masukin barang² ke mobil, barang di lempar ga jelas, mpe da yg penyok, kipas angin gantung aja mpe ada yg keluar komponen nya dari dus asli nya saat di lempar dan ga ketangkep. Saya tegur malah lebih galak dia. Katanya di kerja pake speed mengesampingkan kualitas. Menurut gw salah besar, dri stu gw langsung resign dri sana. Kerja ga sesuai hati nurani buat apa..
    Buat kalian kl bisa pengiriman jgn pakai ninja dh utk expedisi nya.

  • 30 April 2023 - (18:02 WIB)
    Permalink

    Ach kalo skrg ini banyak yang nakal kurirnya ninja,saya punya paket digagalin mulu..udah alamat dijelasin juga masih gak ketemu alamat n rumah katanya….alasan gak ada oranglah macaem2 aja sebelum2nya paket saya lancar2 aja

  • 30 April 2023 - (19:24 WIB)
    Permalink

    Mereka emang gitu mau untung aja yg dipikir, sama aja itu mau kurir mau staff gudang.. bahkan setingkat SPV & IC juga banyak yg curang. Ini pengalaman pribadi ya.. soalnya sya juga 4 th pernah jadi bagian dari ekspedisi ini, dan resikonya kalo jujur malah dipersulit kerjaan kita. Dan lebih parah lagi, kalo kita terlalu banyak tau rahasia mereka, bakalan dipaksa mengundurkan diri. Hebat kan mereka…haha. kalo status paket RTS tapi lama gx gerak2 dari station, bisa dipastikan itu paketnya udah gx ada, duit CODnya juga gx ada. Tapi saat status paketnya berubah cancelled ada lagi tuh paketnya, tapi isinya besar kemungkinan udah beda. Dan ini bysanya hasil kerja sama antara kurir & staff gudang. Namun gx menutup kemungkinan juga, ada cmpur tangan dri posisi diatas mereka. Untuk tim audit, rajin2lah dan profesionallah dlm tugasnya.. jangan malah melimpahkan tugas sama pimpinan station terkait, itu bukan tugas mereka. Percuma digaji kalo kerjanya hanya melimpahkan ke orang lain.

  • 2 Mei 2023 - (18:04 WIB)
    Permalink

    Pantas saja ada kurir Ninja di kalimantan cerita.. Selalu dapat Complain dari CS .. Mereka kurirnya disini bingung padahal barangnya sesuai dengan packing.. tapi dalamnya timbul lain saat CSnya membuka barang yang sudah dibayarkan CODnya.. Untungnya saja kurir Ninjanya Mau bantu Proses Pereturan di Aplikasi Lazadanya… Jadi, Ternyata memang ada pihak2 nakal disana ya.. yang ngubah barang isinya….

  • 3 Mei 2023 - (18:09 WIB)
    Permalink

    Pihak Ninja Xpress telah menghubungi saya dan melakukan refund untuk paket yang salah. Kasus ditutup. Terima kasih.

 Apa Komentar Anda?

Ada 17 komentar sampai saat ini..

Kurir Ninja Xpress Memalsukan Bukti Pengembalian Paket Retur Lazada

oleh stdavidk dibaca dalam: 1 menit
17