Surat Pembaca

Tidak Ada Kejelasan Mengenai Dana Transaksi QRIS yang Gagal dari Bank BRI dan KoinWorks

Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih kepada Media Konsumen. Pada tanggal 28 Maret 2023, saya melakukan transaksi QRIS ke merchant KoinWorks sebesar Rp4,9 juta. Saat saya mengkonfirmasi transaksi, tiba-tiba aplikasinya loading terus dan berujung blank dan force closed. Kemudian pada hari yang sama saya membuka tiket bantuan dengan ID: TTB000045249777 .

Setiap hari saya follow up, akan tetapi responsnya hanya “Tiket sudah kita bantu prioritaskan”. Hingga pada tanggal 20 April 2023 saya membuat surat terbuka di Media Konsumen dikarenakan sudah 15 hari kerja:

Namun tidak ada satu pun dari pihak Bank BRI yang melakukan konfirmasi. Setelah banyak yang mengomentari surat terbuka tersebut, dalam beberapa jam nomor ponsel saya dihubungi oleh kantor pusat secara terus menerus. Mereka menyampaikan bahwa transaksi sudah berhasil masuk ke KoinWorks, tapi pihak KoinWorks tidak meneruskan dana ke pihak merchant yang bersangkutan.

Menurut pernyataan pihak Bank BRI, mereka mengklaim transaksi berhasil dengan nomor referensi : 518310436***. Akan tetapi pihak Bank BRI tidak mau melampirkan bukti transaksi sah atau surat keterangan untuk KoinWorks. Sementara saya sudah berulang kali mengkonfirmasi ke pihak KoinWorks dan mereka menyatakan bahwa mereka tidak menerima dana dari bank pengirim yaitu Bank BRI. Pihak KoinWorks juga membutuhkan informasi nomor reff dan invoice atas transaksi tersebut agar dapat melakukan pengecekan.

Pada tanggal 21 April tiket dukungan ditutup pihak Bank BRI secara sepihak dan menyatakan Transaksi berhasil tanpa adanya konfirmasi atas lampiran bukti transaksi. Berikut isi pesan singkat dari BRI-NOTIF: “Yth. Nasabah kami informasi pengaduan Bpk/Ibu no 45249777, Berdasarkan penelitian kami, transaksi tsb normal atau sukses. Terima kasih.“.

Sementara tidak ada bukti transaksi dan status di BRimo pending. Kemudian saya minta dicek kembali dan agen langsung membuka tiket baru tanpa ada keterangan mengenai tiket yang ditutup tersebut, dengan ID tiket: TTB000045632755. Tiket tersebut mengenai banding atas transaksi ke KoinWorks. Pihak BRI melakukan banding dan mengklaim transaksi berhasil. Logikanya jika transaksi memang berhasil, pihak Bank BRI cukup mengirimkan Bukti Transaksi SAH dari Bank BRI. Jika menggunakan bukti transaksi tersebut, pihak KoinWorks akan melakukan pengecekan tanpa basa basi, karena memang bukti transaksi tersebut memuat semua informasi yang dibutuhkan dalam pelacakan dana.

Jujur saya sangat kecewa dengan pelayanan Bank BRI saat ini, sangat-sangat memprihatinkan. Transaksi kecil seperti ini saja tidak dapat ditangani, gimana dengan transaksi besar nasabah lainnya? Saya juga sudah konfirmasi pihak OJK dan mereka menyarankan langsung membuat pengaduan saja, dikarenakan permasalahan ini terlalu disepelekan.

Saya hanya menunggu konfirmasi kejelasan dari Kontak BRI dengan nomor WhatsApp 0811 9814 017. Jika tidak menerima informasi yang memuaskan saya akan langsung mengajukan pengaduan saja ke OJK dengan menggunakan Informasi Mutasi Bank dan Bukti Tiket pengaduan di BRImo sebagai PUJK pengaduan. Kiranya sudah cukup.

Untuk saat ini, saya sudah takut bertransaksi di Bank BRI dan bahkan semua saldo dan rekening penerimaan atas penghasilan usaha sudah saya ganti. Semoga informasi ini dapat membantu nasabah BRI lain agar lebih berhati-hati untuk bertransaksi dengan bank plat merah satu ini. Sekian dan terima kasih.

Hendra Sinaga
Simalungun, Sumatra Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan PT Bank Rakyat Indonesia atas Surat Bapak Hendra Sinaga

Sebelumnya kami menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Bank BRI dan mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Bapak...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Aku kebetulan punya toko yg menerima pembayaran dengan QRIS. Kalau pun pembayaran gagal dan pihak bank blg pembayaran sukses, aku tetap bisa cek dgn cara cek mutasi rekening. Kalau memang pihak bank sdh blg kalau pembayaran sukses sampai berkali kali. Seharusnya pihak merchant bisa cek dana masuk di rekening tanpa harus menunggu bukti transaksi. Apalagi disini saldo sdh berkurang dan mutasi rekening juga bukti pembayaran yg sah. Semoga bisa cpt selesai pak

    • koinworks masa gak tau harus check tempat dia terdaftar QRIS
      nasabah berasa di pingpong ya Wajar
      nasabah juga hebat nih apa2 langsung lapor medsos biar lekas selesai

      semoga lekas selesai masalahnya

    • Untuk saat ini peranggal 29 April 2023 . Secara penuh telah di serahkan ke pihak OJK. Dikarenakan kedua Entitas tidak ada itikat baik untuk membantu menyelesaikan masalah secepat mungkin. Setelah konsultasi dengan kontak OJK. Saya disarankan langsung membuka pengaduan karena telah bertentangan dengan UU No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Terimakasih atas Respon teman teman media konsumen. Sukses selalu.

    • Ini maksudnya bagaimana ya ? Saya transaksi pakai QRIS KoinWorks. Mengapa Bank BRI menyatakan transaksi berhasil. Namun transaksi tersebut Ke rekening DANA. Ini bank gila banget. Hendak menipu sampai segitunya. Awas hati hatiloh anda Bank BUMN. Jangan Karena nilai setitik. Bank lu rusak namanya.
      Gak logis banget, Jelas di Mobile Banking Keterangan QRIS KoinWorks. Terus Transaksi QRIS DANA itu dari mana ? Apakah ada yang membobol server bank BRI ?
      Di baca baik baik.
      Terkait pengaduan Bapak Hendra Sinaga, melalui media konsumen kami mengkonfirmasi kembali bahwa transaksi tersebut dari pihak BRI sudah sukses masuk ke koinworks. Karena transaksi yang Bapak lakukan menggunakan QRIS yang tujuannya adalah ke rekening DANA. Selanjutnya tindaklanjut sudah kami tanyakan ke pihak DANA, sesuai info pihak Merchant jika produk/jasa sudah diberikan ke customer dan customer tidak perlu melakukan pembayaran lagi dan pembayarannya sudah diteruskan ke pihak Merchant KoinWorks.
      GILA KAN

      • kalau seperti ini artinya koinworks kerja sama dengan pihak "DANA* dan pakai QR DANA utk menerima pembayaran QRIS. Trus kalau uang bpk sdh diterima, bakal diteruskan ke koinwork. Jadi yg perlu dilakukan cuma hubungi cs koinwoirk utk lihat dana masuk di rekening. Hati2 pak memberikan komentar, bisa2 jadi boomerang buat bpk. apalagi disini bank sdh jelaskan kalau dana sudah diteruskan ke koinwork.

  • Pernah begitu pas belanja elektronik, pas di cek sama bank uang udah masuk ke toko. Trus aku balik lagi ke toko suruh cek rekeningnya, eh beneran udah masuk. Akhirnya toko kasih barangnya. Saranku mending coba konfirmasi ke toko aj bawa bukti saldo udah berkurang. Semoga cepat selesai masalahnya ya.

  • Ini KoinWorks merchant apaan sih? P2P lending? jadi ini buat deposit gitu semacam gestun apa gimana? Sering dengar tapi nggah tahu ini KoinWorks buat apa.

  • Mungkin anda belum pernah mengalaminya. Akan tetapi saya sudah konfirmasi puluhan kali ke pihak KoinWorks bahwasanya Mereka belum menerima DANA. Ingat, Pihak KoinWorks itu pasif. Dan hanya bisa menunggu. Jika memang transaksi berhasil otomatis
    uang akan masuk kan ? Jika memang berhasil seperti statement Bank BRI, Kenapa dananya sampai saat ini belum masuk ? Dan saya tidak pertama kali bertransaksi di merchant tersebut. Ini sudah kesekian puluh kalinya, belum pernah kejadian seperti ini. Logikanya, Mengapa Bank BRI tidak mengirimkan bukti transaksi atau informasi Reff dan invoice jika memang transaksi berhasil. Bukannya bank BRI tidak dapat mengakses database nasabah, atau mengapa tidak memberikan surat keterangan agar saya dapat melampirkan untuk laporan ke KoinWorks.
    Dan saya juga pernah transaksi di OY! Indonesia mungkin kurang populer. Status transaksi pending. Diminta menunggu selama 14 hari kerja. Lewat 14 hari mereka menyatakan bahwasanya masih butuh waktu untuk melacak dana. Namun dikarenakan sudah melewati SLA 14 hari kerja, mereka menalangkan dana ke saya. Itu tanggung jawab mereka , karena yang memproses transaksi saya mereka. Sama halnya dengan Bank BRI.
    Jadi jangan beranggapan bahwa saya sembarangan memberikan komentar. Saya memberikan komentar seperti itu berdasarkan bukti. Dan lagi ini sudah menyalahi SOP perbankan ke pada nasabah. Transaksi internasional saja di proses oleh jaringan VISA tidak selama ini. Sudah menggunakan kartu kredit yang proses untuk penolakan transaksinya biasanya memakan waktu lama dan proses ribet. Intinya Orang orang menggunakan Bank Untuk mengamankan dananya. Dan menggunakan internet banking untuk mempermudah transaksinya. Ini malah mempersulit dan harus nasabah sendiri yang follow up langsung ke pihak merchant yang seharusnya langsung dikordinasikan oleh bank dan pihak penerima dana. Apa gunanya saya pakai bank jika harus menangani kendala transaksi masih dilimpahkan ke nasabah. Itu Bank atau Celengan ???

    • Yah si bapak kan tinggal di indosnesia wakanda konoha +62 ya emang gitu problematik lah. Beda sama negara maju, gw di sydney aussie ngga ada tuh financial problematik begini, semua transaction seamless customer service pun helpfull. Selama masi tinggal di wkwkwkland ya it's your own risk pak, take it or leave it ur choice.

  • Apa sudah ada penyelesaiannya pak? Soalnya sy mengalami hal yang sama pada 1 Agustus 2023 Pukul 11:01WIT

  • Apa sudah ada kejelasnya pak? Saya mengalami hal serupa sudah 1 minggun tidak ada kejelasan