Surat Pembaca

Rekening Bank Permata Saya Dibobol 5x dalam 3 Menit Tanpa Dimintai OTP!

Saya Sherla, nasabah PermataBank dengan nomor rekening 98******99. Pada hari Jumat tanggal 28 April 2023 pukul 22.04, saya menerima SMS notifikasi bahwasanya ada transaksi pendebitan sebesar Rp842.225. Mengetahui bahwa rekening saya telah dibobol, saya langsung menelepon ke CS Bank Permata dan meminta agar rekening saya diblokir.

Pemblokiran memang telah berhasil dilakukan. Namun sebelum diblokir, pelaku sudah melakukan 4x transaksi lagi dengan nominal yang sama Rp842.225, yang totalnya sebanyak 5 transaksi, dengan total nominal Rp4.211.125.

Yang saya pertanyakan adalah, mengapa transaksi-transaksi tersebut bisa berhasil didebit tanpa OTP? Lantas apa gunanya OTP jika transaksi bisa lewat begitu saja tanpa OTP?

Sepatah masukan untuk Bank Permata, mohon dibuatkan hotline untuk permintaan pemblokiran kartu, sehubungan dengan waktu tunggu yang cukup lama sebelum saya bisa terhubung langsung dengan CS Permata. Rekening saya dibobol 4x ketika menunggu! Begitu juga dengan sistem keamanan yang sangat mudah dibobol.

Mohon agar tim Bank Permata dapat segera melakukan pengecekan dan melakukan refund ke rekening saya.

Sherla Fongky
Medan, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan PermataBank atas Surat Ibu Sherla Fongky

Berkenaan dengan Surat Pembaca yang ditulis oleh Ibu Sherla Fongky, berjudul “Rekening Bank Permata saya dibobol 5x dalam 3 menit...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • @PermataCare #KamiMengikuti bagaimana @PermataCare ?

    • Kalo debit mending ambil yg GPN aja. Gak usah Visa Mastercard. Sekalipun dah terlanjur. Matiin transaksi internasional. Pembobol pasti mengetahui data2 nomor tgl kartu Exp date , CVV. Klo CC masih bisa sanggah transaksi. Klo debit bank susah dah.

      • betul. baru saja saya ganti kartu debit daru Visa ke GPN lewat mesin CRM. satu menit langsung jadi, biaya kartu lebih murah, lebih irit karena ga bisa buat debit online

    • Mhn update min jika benar transaksi online bisa dilakukan tanpa OTP ini sangat berbahaya

    • Pake CC itu pak...CC g prlu OTP...asal tw nomor cc exp date sma 3 hruf blakang krtu..y sudah wassalam...klo ple bca biasa d aplikaso ad pmblokiran..mw inter ato domestic...cek email dlu..brngkli pmbeliam dri google play....ato cek d aplikasi e banking ad..cek pngeluarannya ap...biasany ad ktrangan orgnya bli apa brangnya...bsa d selidikin sndri..mnkin org trdkat trsangkanya....

  • Jawaban simple ga semua web transaksi butuh otp apalagi web luar negeri kebanykan tanpa otp

    • Semua bank yang diizinkan untuk transaksi internasional biasanya tidak dibutuhkan otp ...
      untuk keamanan
      - matikan izin transaksi international
      - Jangn berikan data kartu atm kepada siapapun.

    • Seperti masalah yang saya alami masalah otp.
      Tapi dari bank bumn.
      Saya sudah melaporkan dan saat selesai hasil investigasi dri sana tidak ada log otp yang di kerim le hp saya .
      Pdahal di hp saya menerima otp

  • yakin anda tidak melakukan transaksi itu ? untuk web luar negeri memang banyak yang tidak butuh ktp. karena utk bobol itu detail no kartu dan cvv nya..

    tidak pernah ada kejadian kepada nasabah permata lain, dan cuma anda sendiri yg mengalami. mungkin bank permata juga gak akan percaya begitu saja

    • Sok tahu ente. Tahu dari mana kalau TS satu2nya nasabah bank ini yg jadi korban pembobolan rekening? Search sono di media konsumen atau google. Ada beberapa nasabah lain yg dibobol dengan modus mirip dan berbeda.

      • Wah parah sekali system keamanannya...mudah² dana bisa kembali... Dan segera tutup saja rekening nya

        • Utuk perihal penutupan rekening akan segera saya ajukan setelah hari kerja . Terima kasih kak Kreasi untuk doa dan sarannya :)

          • Gua sama temen2 yang nongkrong di mall central park sambil nunggu oderan . ada marketing nawarin buka rek permata bank sambil melas2. W bantu sama temen juga bikin rek . buat bantu biar dapet nasabah .
            Saling membantu.tapi punya rek doank ga pernah gua isi. Soalnya lebih percaya sama bca tanpa kartu sim ga bakal bisa buka m banking. Bank lain kartu sim lain masih bisa buka aplikasi m banking. Dari situ aja dah ketahuan bank mana yang keamanannya benar2 tinggi
            W pake 3 bank berbeda tes ke amanannya gimana . tetap ga ada yang bisa kayak bca . harus pake kartu sim pribadi.

            Pernah pake bank lain kok bini bisa buka m banking saya di hp nya padahal m banking ada di hp saya. Sudah kelihatan keamanannya gimana.

            Banyak sales bank nawarin buka rek saya bantu tapi langsung saya buang. Katanya dikejar setoran sama atasannya. Kalau ga diisi gpp kan. Katanya terserah

        • Kalau tidak paham jangan memberi saran...hanya akan menyesatkan.
          Banyak kejadian seperti ini bukan karena sistem keamanan bank yg kurang baik. Melainkan kepandaian si "pembobol" mendapat informasi rahasia kartu. Atau kelalaian dari pemilik kartu yg lalai melindungi informasi kartu itu sendiri...
          Jadi...menutup rekening dan pindah ke bank lain itu solusi terakhir yg bisa disarankan krn di rek bank lain pun kejadian spt ini SANGAT MUNGKIN terjadi...

    • fyi setelah kejadian tersebut, saya bertanya kepada teman2 saya apakah pernah mengalami serupa, kebetulan ada 2 teman saya yang juga pernah mengalami serupa, salah satunya juga merupakan nasabah bank permata , di teman tersebut ternyata bukan hanya kejadian sekali atau dua kali, tetapi lebih which in the end teman sy menutup rekening bank permatanya.

      Jika anda / org sekitar anda belum pernah mengalami hal tersebut , alangkah baiknya untuk tidak menjudge orang lain

      • Segera tutup akun bank anda. Pindahkan ke bank lain yg menurut anda lebih aman.

    • Saudara albert ini memang betul betul jenius sih, saya liat artikel tentang apapun selalu bisa menjawab. Hebat sekali?

      • aduh kalo sy malah malu, klihatan banget saking nganggurnya sampai bs mantau mediakonsumen nonstop dan ngapalin orang komentar

    • Komen anda mebagongkan.semua bank berpotensi mengalami yang namanya kejahatan perbank kan,saya juga pernah di bank permata dan sudah selesai meskipun butuh waktu dan bikin sedikit emosi.jawaban permata transaksi bisa tanpa otp dan pakai otp (diatas 50.000).Anehnya cs permata bilang sudah ada sistem mitigasi buat menjegah katanya ketika ada transaksi yang banyak dengan durasi waktu yang singkat permata akan memblokir dan memverifikasi kenasabah.tapi yang jahat mungkin lebih pintar. Saya cuma bisa berharap kasusnya bisa cepat selesai.

  • Tidak ada OTP karena itu autodebet buat layanan Visa. Sebaiknya ganti kartu baru karena nomer kartu Anda sudah tidak secure

    • terima kasih atas sarannya kak Wisnu ? saya sendiri sudah kapok dengan kejadian ini dan akan segera memindah dana saya ke rekening bank lain

      • Nomor kartu + cvv nya udah ke record, hati hati buat kartu sekarang ini, sebisa mungkin jangan sampe ada yang lihat nomor kartu + cvv

  • Saya juga pernah dalam 2 hari 8 transaksi fb dalam dollar tanpa otp bank lain xxmxxx. Tidak punya account fb juga. Complain 3 bln baru diganti 2 transasi. Malah membaca transaksi tambah bingung ada reverse dll. Hati hati beli online pakai kartu debit kartu kredit ada pencuri no kartu dan 3 angka cvv.

    • Kebetulan saya sendiri sangat jarang memakai kartu debit permata ini, pemakaian nya hanya di toko oren dan autodebet google play (youtube) . Makanya saya sendiri sampai saat ini masih sulit untuk percaya kenapa sampai bisa dibobol

      ? dan semoga mbak Yuli bisa menerima refund dari bank secepatnya juga

      • Hati-hati kalau kartu sudah di set untuk alat bayar di google playstore, kadang ada phising saya pernah mengalami. Sebaiknya dihapus saja dari alat pembayaran google.

  • Sepertinya kartu anda telah bocor. Beberapa transaksi di luar negeri dan e-commerce asing tidak butuh OTP. Mereka hanya butuh nomor kartu dan masa berlaku kartu. Apakah TS pernah transaksi di e-commerce luar? Atau pernah mengklik file dengan eksistensi apk? Berhubung saat ini sedang maraknya penipuan yang mengirimkan file dengan eksistensi apk di WhatsApp.

    • Untuk transaksi e commerce di luar , sampai saat ini saya masih belum pernah bahkan kartu kredit juga tidak, untuk transaksi luar negeri yang terakhir cuma di website airasia di bulan Des 2022 lalu.

      Untuk apk juga sama sekali tidak pernah, makanya saya tidak habis pikir bisa2nya rekening saya dibobol. Jika memang saya mengklik link2 ; download apk malware, saya juga tidak akan complain mengingat itu adalah kelalaian sendiri.

      • Usahakan kalau transaksi daring jangan menggunakan kartu kak. Bahaya kalau pengelola ngga memaintain data dengan baik.

  • Overseas online transaction mostly ngga minta otp kaka, which is risky! Makanya pake credit card aja, refundable. Kalo debit yah hopeless bangeuts, bank negara wakanda don't care!

  • Carding ini mah.
    Kartumu dipake transaksi di merchant dengan keamanan 2D
    Cari tahu dulu perbedaan keamanan 2D dan 3D dalam hal transaksi kartu debit/kredit secara online!
    Jangan langsung nyalahin bank bos, kamu aja yg ceroboh

    • Penerbit kartu gak ceroboh karena menwarakan produk kpd konsunen yg mudah dibobol? Wow