Surat Pembaca

Mau Setor Uang di ATM BNI, Malah Terdebit 1,2 Juta Rupiah

Saya Iwan Permana, nasabah Bank BNI Cikini Jakarta, dengan nomor rekening 12792651**. Pada hari Selasa 26 April 2023, saat saya lagi libur lebaran ke rumah mertua,  saya berniat setor uang di ATM BNI SPBU Cihanjuang Cimahi (samping supermarket BORMA), Jawa Barat. Saya sudah pilih setor tunai, tapi kok tiba-tiba mesin seperti menghitung uang, kemudian tempat uang terbuka dan ada uang di dalamnya.

Saya kira itu uang milik bapak yang sebelumnya juga setor. Saya ambil serta kejar bapak tersebut. Si bapak mengaku juga bahwa saat mau setor, tapi ada uang dan diambil sebesar Rp1,2 juta karena rekeningnya terdebit Rp1,2 juta. Saya ngobrol dengan tukang parkir di ATM tersebut, bahwa tadi ada ibu-ibu juga setor sebelum saya. Sehingga saya menyangka itu uang si ibu tersebut. Namun setelah saya tunggu beberapa saat, tidak muncul juga dan akhirnya saya titipkan ke satpam tersebut (ada rekamannya di saya).

Saat malam harinya, saya cek SMS masuk, ternyata ada penarikan uang di rekening BNI saya Rp1,2 juta pada pukul 8.31. Saya kaget, kan saya gak narik uang, justru mau setor.

Pagi harinya tanggal 27 April 2023, saya datangi ATM SPBU Cihanjuang tersebut dengan harapan uang tersebut belum diberikan ke orang lain. Namun saat ketemu, kata tukang parkir tersebut, setengah jam setelah saya pergi (setelah menyerahkan uang ke tukang parkir), ada orang datang dan mengaku melakukan 2 kali penarikan tapi 1 kali tidak keluar uangnya. Sehingga oleh tukang parkir tersebut uang Rp1,2 juta diberikan kepada orang tersebut.

Mohon untuk Pihak BNI memeriksa ATM di SPBU Cihanjuang tersebut. Di mana di ruang 1 (yang hanya ada 1 ATM) mesinnya tidak bisa digunakan, karena mulut mesin untuk kartu seperti terhalang. Sehingga tidak bisa digunakan, padahal tidak ada yang rusak. Dan di ruang 2 (yang ada 2 ATM BNI, satu untuk tarik saja dan 1 lagi untuk setor dan tarik), ternyata mesinnya bermasalah. Kenapa bisa saat dipilih setoran malah uang saya terdebit Rp1,2 juta? Sama kejadiannya dengan bapak sebelum saya, yang akan setor ternyata terdebit Rp1,2 juta (saya dilihatkan BNI Mobile-nya dan ada penarikan Rp1,2 juta saat saya kejar bapak tsb, karena menyangka itu uangnya, yang ternyata uang saya).

Ya, saya harus kehilangan Rp1,2 juta karena hal ini dan tidak bisa menyalahkan ke tukang parkir yang menyerahkan ke orang lain yang mengaku uangnya tidak keluar tersebut. Mudah-mudahan kasus ini hanya terjadi pada saya. Silakan dicek CCTV ATM BNI di publik area di SPBU Cihanjuang tersebut. Saya siap dikonfrontir dengan si abang tukang parkir di ATM SPBU tersebut, sebagai saksi kejadian ini.

Terima kasih.

Iwan Permana
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Mesin CDM BNI Link emang suka error kek gitu pak. Kita pencet setor, malah keluar uangnya. ? Sudah beberapa kali mengalami kejadian seperti ini.

    Semoga pengalaman bapak menjadi pelajaran buat yang lainnya. Kalo ada transaksi bermasalah seperti ini, supaya langsung cek mutasi rekening.

  • TS bilang uang dititipkan ke Satpam, kenapa malah yg di tanya tukang parkir bahwa uangnya sudah diberikan ke orang lain, coba minta cek cctv deh jam brp tukang parkir ngasih uang ke yg ngaku² Habis narik uang tsbt...

    • Betul kang...kata TS uang dititip ke satpam,kok jadi tukang parkir yg ditanya.membagongkan???

      • Kesimpulan yg bisa saya yang ambil.

        1. Jika ada uang tertinggal, pastikan diamankan dulu, kecuali uang itu tertinggal di ATM kantor bank. Uangnya bisa dikasih ke satpam bank dengan koordinasi sama kepala cabang-nya dulu.
        2. Kedepannya lebih baik kalo mau setor tunai, di mesin CDM lokasi di kantor bank yg masih buka [di jam kerja], jadi kalo ada masalah tinggal lapor ke CS.
        3. Jangan pernah berikan informasi apapun kepada orang asing yg tidak anda kenal ketika melakukan transaksi di ATM

    • Ngak habis pikir dengan TS, koq bisa2 dengan gampang ngasih duit 1.2jt tanpa cek saldo, jadi orang baik tidak salah tapi harus bijak. Harusnya cek dulu saldo sendiri baru melakukan hal lain, lagian duit begitu di titipkan ke orang, apakah TS berpikir semua orang baik, kalau hanya kartunya sih ngak apa2. Mending TS menitipkan nomor hp yg bisa dibungi bahwa duit ini saya simpan, kalau ada masalah hubungi nomor ini. Harap jadi pelajaran saja bahwa bijak itu perlu.

      • Haduh...padahal sekarang bni tidak melayani setor tunai dibawah 10jt dikonter dan harus lewat mesin atm.

      • Ini baiknya kelewat batas jd oneng... koq bisa uang sebesar 1,2 juta diserahkan ketukang parkir??
        # mesin ATM error
        # penggunanya ikut error
        # error bersama ini mah
        ?

  • Lagian itu salah sendiri. Kenapa setelah transaksi dilakukan (setor atau penarikan) ga langsung cek saldo dulu? malah langsung berasumsi sendiri, mengira uangnya si ini dan uangnya si itu.. ck ck ck

    • Maaf Koreksi... saya berikan ke tukang parkir, bukan satpam...
      Dan hari ini pkl 09.31 tgl 3 mei 2023, saya dihubungi pihak BNI Call Center utk meminta video di mana saya memberikan uang tsb ke tkg parkir (sekali lg maaf atas salah ketik) dan sdh saya emailkan ke bni call center

      • Malah anda lbh konyol lg. Di berikan ke tukang parkir, bkn org2 bni nya. Haduh

  • kalo ini sih sulit, dari rekaman cctv pasti keliatan betul ts nya yg ambil duit. masalah diberikan lg ke orang sebelumnya, tak terpantau cctv. jd pihak bank pasti menyatakan transaksi tsb sah

    • TS nya baik hati sepertinya...itung² ngasih THR ke Jukir, semoga dibalas berlipat pahala...

      • Kl dia baik, dia ga usut masalah ini ke bank BNI sampai ksh rekaman video,, dia ga ikhlas atas kesalahan fatal yg dia buat sendiri dan skrg minta BNI ganti rugi ?,,

    • Hai semua. Kejadian ni sma gw.. tangal 19 oktober 2023. Di atm bni indomaret peninggaran keb lama..
      Niat mau setor tunai. Pas sudah di pilih setor tunai. Ee mesinya bunyi ngitung uang. Gw tunggu smpe buka eee kaget ada uang. Tapi di layar ada pemberitahuan anda menarik 1,2jt. Sisa saldo sekian. Gw kaget. Lah kok saldo berkurang. Gw ambil uangya trs gw cek saldo. Ternyata bener uang gw.. jdi aneh kok bisa narik sendiri. Gw lansung berprasangka buruk sma orang baru datang. Mikir mereka dalang mainin mesin atm. Lansung deh gw keluar caut atm pindah ke BCA.. jdi di gw ada keterangan menarik uang 1,2 dan sisa saldo..

  • Di atm bni gak bisa buat cek saldo ya? Harus nunggu malem dulu baru dpt sms notifnya dr bni? Kl atm mandiri sih bisa cek saldo, cek mutasi juga. Jadi setiap narik atau setor tunai bisa langsung cek saldo biar kita tau dana yg masuk atau keluar saat itu juga, hati aman dan tentram jdnya. Bni gak bisa kaya gitu ya?

    • Sama aj bisa cek saldo jg. Mgkn TS panik makanya ga pake pikiran jernih

    • Tetep hati2 aja bang,selalu cek saldo tiap kali narik atau setor di atm BNI. Sering trouble memang ni atm n bank nya.

  • hmm.. tukang parkir ? apakah tukang parkir masih bisa dipercaya di negeri wakanda ini ?

  • Terlalu polos lugu dan kurang teliti kayaknya gak diganti masalahnya uang sudah Diambil sendiri meskipun alasan dititip tukang parkir gak masuk logika bank

    • Tukang parkir dikasi uang 5000 aja kadang ga dikembalikan apalagi kalo dikasi uang 1,2 juta ??!!