Surat Pembaca

Kacaunya Sistem Token SMS BSI yang Baru

Assalamualaikum WrWb,

Saya pengguna BSINet sejak lama, awal bulan Mei ada pemberitahuan tentang sistem token sms yang baru yaitu

– Panjang token hanya 3 digit dari sebelumnya 6 digit
– Berlaku 5 menit dari sebelumnya 6 jam

Namun kenyataannya sistem yang baru ini terjadi kekacauan yaitu:

– Panjang token yg dikirim tetap 6 digit (foto 1)
– Jika dipaksa input 6 digit maupun 3 digit awal ke BSINet akan muncul error NO ACTIVE TOKEN (foto 2)
– Penasaran coba lagi token yang berikutnya, akhirnya BSINet saya terblokir (foto 3)

Terima kasih BSINet atas kacaunya sistem kalian, padahal laba kalian lagi naik banyak ya, beresin sistem begini aja gak becus. Saya terpaksa meluangkan waktu bersilaturahmi ke kantor cabang untuk membuka blokir, tentu dengan sambutan senyum manis dan ucapan maaf dari CS kalian

Wassalamualaikum Wr Wb.

Rafiq Siregar
Sleman

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • BSI masih kacau belum siap kayanya ritme budaya kerja mereka masih belum sinkron antara yang jebolan bsm, bnis, dan bris.. UI mobile banking dan websitenya aja jadul dan g fungsional banget.. saat bank" konvensional terus memperbarui layanan digitalnya BSI masih kaya bank yang ketinggalan lebih dari 1 dekade..

  • Wah berabe dah.. udah kontak 14040?
    Sy jg sama pengguna inet bsi. Blm transaksi setelah april 2023

  • Ternyata makin ngawur ya...
    Saya sempat menggunakan token yang printed sekian puluh entri.

    Kelihatannya CMIIW untuk pengembangan IT, BSI ini mengambil garis besar BSM ya, padahal saya nasabah/pengguna BRIS dan BNIS, sudah cocok dengan sistem BRIS terutama urusan investasi... Migrasi ke BSI malah mulai dari nol dan gagal registrasi bahkan untuk SID yang sederhana sekali kalau di bank lain.

  • Naahhh 26 April lalu saya gagal transaksi Payroll di BSINet sampe sekarang belum ada kabar baik, datang ke cabang telpon CS sampe Email tetap jawabannya menunggu.. 14 hari kerja. Kasian karyawannya ga gajian

  • Kok saya merasa anda salah paham dengan ketentuan baru ya?

    1. Itu maksudnya bukan perubahan 6 digit ke 3 digit. Tapi dari 6 TOKEN berisi 6 DIGIT menjadi 3 TOKEN saja dengan tetap 6 DIGIT angka. Saya juga pengguna BSINet Banking dan sudah coba ketentuan baru. Tidak ada yang keliru. Yang terbaru dikirim hanya 3 TOKEN dengan 6 DIGIT sesuai pemberitahuan mereka.

    2. Perubahan masa berlaku dari 6 jam ke 5 menit. Kemungkinan anda saat input token, karena belum paham mekanisme perubahannya, anda salau memasukkan token di 5 menit pertama. Dan saat anda sudah memasukkan token yang benar, sudah LEWAT 5 menit artinya token sudah tidak berlaku. Makanya sistem mendeteksi anda salah input token.

    Saat saya pertama tau pemberitahuan ini, saya justru sangat setuju, karena lebih aman dengan masa berlaku 5 menit dan token hanya 3 (sebetulnya lebih aman hanya 1 token)

    Justru dulu waktu masih 6 token selama 6 jam saya merasa kok BSI keliatan ga aman. Tapi Alhamdulillah kini sudah diperbaiki.

    Saran saya coba anda pahami dulu perubahannya dan coba lagi.

    • Saya juga mendapat kasus yang sama. Saya masukin 6 digit juga, dan respons nya invalid token. Saya coba 3 Token yang saya dapat, gagal semua dan akhirnya terblokir. Saya menemukan surat terbuka ini karena ingin mencari tau atas masalah yang saya temukan. Saya pelanggan BSI eks BSM sejak lebih dari 10 tahun. Baru kali ini saya mengalami kendala sampai diblokir.

  • Memang parah, saya pun terblokir masukin pin betul kok,
    Top up dari mobile banking keterangan Gagal terus coba lagi katanya ternyata masuk sampai 19jt lebih ke shopee hadeuh kacau memang yang the best tu bank sipit ga ngerepotin nasabah solusi juga mudah

  • Mohon maaf saya sebagai pengirim surat, perlu mengkoreksi pemahaman saya bahwa bsi merubah jadi 3 buah token bukan jadi 3 angka digit token. Dalam hal ini saya mispersepsi, maka komplain saya tentang hal ini saya cabut.

    Namun hal tentang INVALID TOKEN saya berkeyakinan token yg saya isikan sudah sesuai sms dan belum lebih dari 5 menit, sampai ketiga token saya coba semua akhirnya rekening terblokir.

    Sistem token 3 buah dgn masa berlaku 5 menit kurang nyaman bagi hajat saya, karena bsinet saya gunakan utk penggajian lebih dari 3 pegawai & beberapa transfer lain diawal bulan, jadi merepotkan karena token tidak cukup dan waktu terlalu singkat, padahal setiap request token terpotong pulsa.

    Harapan saya, token tetap 6 buah seperti sistem lama, dengan durasi lebih 5menit misalnya 30menit, toh sistem bsi sudah berlapis dgn login dan mengirim sms ke nomer pemilik rekening

    Ini perlu jadi perhatian bsi, mohon utk perbaikan sistemnya.

    Terimakasih

  • Memang benar sudah sesuai dengan yg di sosialisasikan pihak BSI,, 3 Token dalam tempo 5 menit ..lewat 1 detik aja langsung error..akhirnya sy hrs gerak cepat utk penggunaan token ini,,kepada pihak BSI apakah tidak bisa diperpanjang durasi nya misalnya 10 - 15 menit soalnya khawatir ada kesalahan data transfer baik nama orang atau jumlah nya karena terburu2..
    Terimakasih..

Penulis
Rafiq Muhdan Siregar