Menunggu Penggantian Unit Indoor AC Daikin

Bismillah, dengan memohon rahmat Allah subhanahu wata’ala, semoga melalui surat ini pihak PT. Daikin Airconditioning Indonesia dan pihak PT. Alpin Indo Makmur Semeru (Jl. Perintis Kemerdekaan, Makassar), bisa memahami masalah yang kami alami sebagai pelanggan.

Bermula dari pembelian satu unit (baru) AC merk Daikin 0,5 PK, dengan tipe FTP/RP-15AV14 low voltage di toko Semeru, pada tanggal 15 April 2023. Kemudian sehari setelahnya, dilakukan pemasangan pada tanggal 16 April 2023.
Sesaat setelah selesai dilakukan pemasangan oleh teknisi (installer), selanjutnya melakukan pengetesan unit. Namun saat pengetesan oleh installer, fitur “Swing” tidak bergerak dan berfungsi sama sekali. Sebagaimana seharusnya, kondisi unit yang baru seharusnya tidak ada masalah sama sekali.

Setelah beberapa lama teknisi (installer) mencoba dan terus mencoba mencari penyebab terjadinya masalah tersebut. Karena hari sudah semakin sore, akhirnya teknisi menyerah juga dan menyampaikan bahwa kerusakan ada pada “motor swing” dan akan dilaporkan kepada pihak Daikin dan pihak toko.

Sore hari itu juga (setelah teknisi melaporkan), saya mendapat telepon dari pihak “Daikin”, bahwa akan dilakukan pengecekan yang akan dilakukan langsung oleh teknisi PT. Daikin, bukan dari teknisi mitra. Namun karena keesokan harinya saya dan keluarga rencana mudik, saya meminta dilakukan penundaan sampai setelah hari raya Idul Fitri.

Setelah Idul Fitri tanggal 27 April 2023, saya mendapatkan kunjungan dari teknisi PT. Daikin, untuk melakukan pengecekan. Namun setelah beberapa lama dilakukan perbaikan, masalah tak kunjung selesai. Akhirnya teknisi membuatkan surat servis order untuk dilakukan klaim pergantian beberapa part yang rusak.

Setelah menunggu beberapa hari, akhirnya teknisi kembali berkunjung untuk melakukan pergantian part yang telah diorder sebelumnya. Selang beberapa lama, dilakukan pengerjaan pergantian beberapa part bermasalah. Namun masalah tidak juga kunjung terselesaikan. Teknisi meminta untuk dilakukan pergantian beberapa part “PCB atau modul atau apalah namanya.

Service order

Saya keberatan dan saya meminta untuk diakukan pergantian unit indoor yang baru saja. Karena unit yang saya beli kondisinya baru, yang seharusnya tidak terdapat masalah sama sekali sesaat baru dilakukan pemasangan (sebelum digunakan).

Sampai surat ini saya tulis belum ada tanggapan dan kepastian dari pihak PT. Daikin maupun pihak Toko Semeru. Pihak dealer Daikin (Satcom) dan juga dari pihak teknisi  katanya sudah melaporkan ke Daikin pusat dan akan dilakukan koordinasi dengan pihak Toko Semeru. Lalu saya kan dihubungi kembali, selanjutnya akan dilakukan pergantian unit indoor. Namun ini sebatas omongan saja tanpa realisasi.

Hormat saya,

Firdaus Arsyad
Makassar, Sulawesi Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

13 komentar untuk “Menunggu Penggantian Unit Indoor AC Daikin

  • 16 Mei 2023 - (11:58 WIB)
    Permalink

    Padahal merek ini katanya bagus. Tapi kalo aftersales nya jelek, mikir-mikir lagi deh.

    3
    2
    • 16 Mei 2023 - (12:27 WIB)
      Permalink

      Doeloe mungkin memang no 1, makin ke sini bahan nya makin tipis aja. Alhasil cepat rusak, ngga sampai 1 tahun sudah jebol evaporator indoor nya. Telat panggil jasa cuci dalam 3 bulan, penyakit bocor indoor netes2. Blm genap pakai 3 tahun, kompresor outdoor nya jg rusak. Ini kejadian baik di unit 1PK inverter maupun 1PK standar R32 saya dulu. Stlh itu oktober 2020 ganti ke Gree inverter 1PK, awet no rewel sampai detik ini. Malah sejak pandemi ngga pernah panggil jasa cuci, hanya semprot “cuci” pake ac cleaner foam botolan tiap beberapa bulan,dan unit outdoor dibersihkan debu nya pake tekanan selang aja. Sbg info, ac saya nyala nonstop 24 jam. Gree tetap dingin maksimal tanpa prnh bocor dan perlu nambah freon. Sewaktu mau ganti dr daikin ke gree juga sempat ragu, tapi ternyata memuaskan. Ngga heran berani garansi kompressor hingga 10 tahun (utk tipe premium) dan garansi servis hingga 5 tahun.
      Bukan sales ac ya… Hanya berbagi pengalaman nyata.

      5
      4
  • 16 Mei 2023 - (14:30 WIB)
    Permalink

    Memang sejatinya ketika unit baru mengalami masalah, minta lakukan tukar unit oleh pihak toko. Lebih afdol kalau transaksi disertai perjanjian tertulis (di nota) perihal tukar unit. Dengan begitu penggantian part dilakukan internal antara toko dan pabrik atau distributor.

    Saran saya coba diskusikan dengan pihak toko mengenai penggantian unit baru. Abaikan komunikasi dengan teknisi Daikin kecuali ada jaminan ganti unit.

    3
    1
  • 16 Mei 2023 - (16:47 WIB)
    Permalink

    AC Daikin buatan mana pak? Punya saya buatan Malaysia aman aman saja, saya belinya juga masih baru bulan 5 ini, setau saya kalau produk cacat langsung setelah pemasangan solusinya return barang ke pihak toko untuk dikembalikan uangnya atau pergantian barang bukan diservis, saya pernah beli AC hisense dilazmall lazada, AC nya cacat bagian outdoor kipas nya berisik sekali karena kipas nya waktu berputar terkena bagian plat besi bagian outdoor, kemudian saya ajukan pengembalian barang dan setelah AC nya sampai di gudang lazada dicek oleh pihak lazada uang saya langsung dikembalikan.

    2
    2
  • 17 Mei 2023 - (06:02 WIB)
    Permalink

    Beli barang2 elektronik jaman sekarang untung2an, nga kyk jaman dulu produk dan kwalitas terjamin. sekarang ud banyak barang2 bermerk diproduksi secara massal pasti ad beberapa unit yg bermasalah dgn perbandingan dari 100 unit biasa ad 1 atau 2 unit yg bermasalah. zaman skrg barang bermerk tidak jaminan kwalitas terjamin. Lebih baik pada saat pembelian unit elektronik apapun itu utk minta jaminan unit ganti baru jika unit yg dibeli sewaktu2 bermasalah. Semoga masalah bapak Firdaus cepat terselesaikan.

  • 17 Mei 2023 - (06:13 WIB)
    Permalink

    Iya pak gak nyangka barang baru koq ada masalah.Aamin Aamin Yarabbal Alalmiin trimakasih doanya pak

  • 21 Mei 2023 - (06:33 WIB)
    Permalink

    Sudah dilakukan pergantian unit indoor oleh pihak Daikin,terimakasih pak atas perhatian & Sarannya

 Apa Komentar Anda mengenai AC Daikin?

Ada 13 komentar sampai saat ini..

Menunggu Penggantian Unit Indoor AC Daikin

oleh Firdaus Arsyad dibaca dalam: 2 menit
13