Proses Klaim JNE YES yang Sangat Tidak Profesional

Sebelumnya, saya selaku penerima barang dengan nomor resi JNE: 541990026974823. Saya mau mengklaim garansi pengembalian uang dari JNE YES, jika barang yang dikirimkan datang lebih dari satu hari, karena kesalahan dari pihak JNE.

Untuk informasi saja, saya selaku penerima sudah tidak mau merepotkan pengirim lagi terkait klaim ini, karena yang meminta pengirim menggunakan jasa JNE YES adalah saya dan yang membayar juga saya sebagai penerima,
jadi saya selaku penerima yang mencoba mengklaim garansi pengembalian.

Saya lapor pertama lewat Twitter dan mendapat jawaban untuk mengirim berkas-berkas persyaratan lewat email JNE di customercare@jne.co.id, dengan subjek email “berkas klaim dan nomor resi”. Saya melengkapi berkas dan mengirim berkas sesuai arahan dari CS di Twitter. Setelah saya kirim, responsnya sangat lambat sekali. kemudian saya menanyakan kembali lewat Twitter dan dijawab masih dalam proses dan butuh estimasi 4 hari kerja, dari tanggal 8 Mei 2023.
Kemudian tanggal 10 Mei 2023, saya dapat email kalau klaim saya diproses di JNE Tangerang. Saya disarankan untuk konfirmasi di JNE Tangerang. Kemudian saya tanya lagi lewat twitter gimana saya hubungi JNE Tangerang sedangkan saya posisi di Jogja. Kemudian dapat jawaban alamat dan nomor telepon JNE Tangerang.

Kalau cuma jawaban seperti itu, googling aja saya bisa. Di sini saya sudah sangat jengkel, serasa dilempar-lempar. Pertama lapor lewat Twitter, diminta ke email. Setelah di-email, diminta hubungi JNE Tangerang. Ini sangat tidak profesional banget

Sebenarnya saya tidak terlalu memasalahkan nominal uang pengirimannya, saya hanya ingin membuktikan apakah ketentuan garansi uang kembali dari JNE YES itu benar-benar bisa diklaim. Dari pengalaman ini, saya dapat menyimpulkan bahwa ketentuan JNE nomor 4 terkait JNE YES bahwa “Garansi uang kembali (money back guarantee) apabila keterlambatan penyampaian disebabkan oleh pihak JNE”, sangat tidak bisa dipercaya.

Fariz Martha
Sleman, DIY

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

22 komentar untuk “Proses Klaim JNE YES yang Sangat Tidak Profesional

    • 17 Mei 2023 - (20:34 WIB)
      Permalink

      Memang jne sekarang ga bagus. Atasan nya sudah ganti seperti nya. Dan sop berubah total. Bukan yg dulu di bagusin tapi sistem dulu di rubah dan makin ribet. Saya sudah pake jne sudah lama dari 10 th lalu tp makin ke sini makin ribet dia. Terus kalau seller jualan di shopee terus ada pick up jne ga ambil.pas telpon cs nya buat pick up , dan kata cs hanya bisa 1 pintu laporan nya yaitu dari shopee buat proses pick up nya. Dan pas saya ke shopee, cs shopee blg nya apa? Suruh saya ke jne buat pick up atau suruh ke konter aja. Ya sudah dr pd ribet off in aja. Uda dia ga free ongkir tingkah nya tambah makan ati, dan kalau ada masalah barang ga sampe nih dan oder di tokopedia misal nya. Dia ga mau dengar laporan kita karena apa? Hanya 1 pintu lagi hehe, jadi dia mau dengar laporan dr di mana kita beli. Kalau tokopedia ya dr sana juga, klo shopee ya dari shopee. Dan karena ada estimasi pengiriman dr tokopedia yg aga lama. Misal brg sampe dr tgl 13 sampe 19. Maka pihak tokopedia bisa proses pas rgl 19 itu. Sedangkan kita oder wkt itu di tgl 9 yg kt jne akan sampe estimasi di tgl 13 klo ga salah tp krn 1 pintu lagi dia ga mau buat laporan dong. Dan kita di suruh lapor ke tokopedia. Dan tokopedia suruh kita tgl 19 baru di buat laporan. Wkt itu pk jne trucking. Akhir ny saya kesel sempat marah2 di cs nya. Akhir ny bnyk drama baru sampe tuh brg. Pokok ny klo ada oder an pk jne di market place ati2 aja ga bs lapor. Krn hanya dengan 1 pintu di mana kita beli. Ini sharing aja. Kasus uda clear tp biar org lain tau aja

      • 18 Mei 2023 - (17:47 WIB)
        Permalink

        Di kota saya bahkan cuma jne yg bagus.. request pick up di shopee pagi jam 11 sdh dijemput.. pakai jnt 3 hari baru datang..

        1
        1
        • 18 Mei 2023 - (18:52 WIB)
          Permalink

          Jne ga mau ambil krn klo antar ke konter di sini lumayan sih. Krn pilih pick up hrs nya dia bs bantu ambil. Klo jnt jg sama kak. Saya jg ga di ambil. Info dr jnt nya klo mau di pick up jngn klik pick up tp pilih drop off terus kakak minta no kurir jnt yg mau ambil ke rmh. Krn kli pick up dia ga ada fee kt nya. Klo drop op dpt. Kt agen yg biasa ambil ke rmh saya. Tp jnt ga sebanyak si cepat. Oder an saya bnyk an dr si cepat krn bebas ongkir ny itu di tokopedia

  • 17 Mei 2023 - (12:18 WIB)
    Permalink

    Klaim jg butuh waktu bos, hrs di investigasi dl penyebab kesalahannya apa? Kalo kesalahannya di jne tangerang telat kirimnya, sdh pasti jne jogya akan tunggu pembayaran klaim dari tangerang. Dmna2 kalo klaim garansi ya gt.

    2
    6
    • 17 Mei 2023 - (12:26 WIB)
      Permalink

      Memang butuh waktu, cs twitter bilang estimasi 4 hari kerja, tapi seminggu lebih ga ada kabar

      4
      1
      • 17 Mei 2023 - (12:47 WIB)
        Permalink

        Di bilang 4 hari kerja kan cs twitter pusat. Sedangkan klaim di jne tangerang. Tinggal tunggu aj pembayaran dari tangerangnya.

        • 17 Mei 2023 - (12:51 WIB)
          Permalink

          Makanya saya kasih judul tidak profesional karena lebih dari estimasi waktu yang diberikan

          6
          1
          • 17 Mei 2023 - (12:59 WIB)
            Permalink

            Hampir semua CS perusahaan spti itu. Mereka memberikan info yg kadang tdk sesuai dgn apa yg di harapkan. Masa gitu aj anda ga tau?

            1
            12
      • 20 Mei 2023 - (06:27 WIB)
        Permalink

        dari jualan di marketplace, khusus khusus next day cuma Paxel & Tiki yg sampai saat ini belum ada cacat terlambat. tergtg wilayah masing2

    • 17 Mei 2023 - (20:26 WIB)
      Permalink

      Percuma pake YES, beberapa kali pake YES jarang yang tiba besoknya (dalam kota yang sama padahal).. Trus komplain ya jawabannya begini juga, akhirnya relakan saja nguap, daripada capek hati.

      Juga kalo lagi ada festival belanja di marketplace..lupakan YES nya, buang duit aj.

      Saya pernah kirim ke alamat yg sama, 1 pake YES, 1 pake reguler, malah reguler sampe duluan 🤣🤣🤣

  • 17 Mei 2023 - (13:19 WIB)
    Permalink

    Yang komen bela JNE jelas komplotan mereka juga, udah jelas emang gak profesional sama seperti yang disampaikan penulis. Malah ikutan komen bertele tele kaya CSnya JNE.

    8
    1
    • 17 Mei 2023 - (20:37 WIB)
      Permalink

      Jne dulu bagus. Saya dulu komplain barang ilang. Ga ada tuh saya harus buat laporan yg kirim. Tp penerima yg bayar ongkir nya. Saya telp suruh email. Ga lama di telp dulu sama bagian klaim. Dan ga lama duit cair. Skrg dia berubah. Saya pelanggan lama jne . Skrg dia buat kecewa saya. Pdhl dulu dia bgs. Jne yes dia dr terakhir oder selalu lebih dr 1 hri. Dia ga bs sampe 1 hri sama skrg.

      2
      1
    • 18 Mei 2023 - (17:49 WIB)
      Permalink

      Sy sebagai penjual marketplace lebih bela jne.. bukan krn komplotan.. di kota sy request pick up cpt banget.. yg sebelah 3 hari baru dijemput.. mgkin beda kota beda rasa..

  • 17 Mei 2023 - (17:40 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah klaim YES, dibalikin beneran sih waktu itu, cmn perlu diperhatikan, YES JNE itu ada 2, ada YES dan ada YES* (pakai bintang), kalau pakai bintang, ketentuan refund 1 hari sampai jadi ga berlaku…

    kalau diliat dari resi TS sharusnya bisa klaim krena tanpa bintang, Cuman yg sharusnya klaim memang si pengirim, smoga ga di ribetin soal surat kuasa..

    1
    2
  • 17 Mei 2023 - (20:07 WIB)
    Permalink

    Ini definisi orang hidup di buat susah, itu barang sampe kan,
    Udah selesai, hal sepele di besar2in,
    Banyakin ngopi masee, kurangin cicilan

    1
    8
    • 17 Mei 2023 - (20:39 WIB)
      Permalink

      Kita bayar 1 hari sampe. Hrg lebih mahal tp sampe lebih dr 2 hri. Buat apa byr yes rasa reguler..mending reguler sekalian. Klo pilih yes berarti kita perlu. Janji profesional itu hrs di pegang jangan gt

      7
      1
    • 17 Mei 2023 - (21:18 WIB)
      Permalink

      Iyaa barang sampe, saya sebagai pelanggan kan cuma mencoba klaim ketentuan no 4 itu bisa dilakukan atau tidak, kalau tidak bisa dilakukan ya udah tinggal hapus aja ketentuan no 4 itu, atau ganti sekalian garansi uang tidak bakal kembali jika ada keterlambatan

      4
      1
  • 18 Mei 2023 - (06:11 WIB)
    Permalink

    Intinya dari SIPENULIS, jangan kalian berharap lebih dari janji palsu yg diberikan pihak ekspedisi, bisa jadi itu hanyalah trik marketing, padahal tidak sesuai dg kenyataannya! Dana yg tak seberapa aja ribet , apalagi Dana yg lebih besar.
    (Buat pembaca yg Budiman: Bukan masalah dibikin ribet ya… Kita juga ingin tahu, apakah sesuai dg kenyataannya???)

  • 18 Mei 2023 - (09:05 WIB)
    Permalink

    Hampir semua expedisi,kalo ada kesalahan saling lempar tanggung jawabnya,karena semua expedisi tidak jelas penanggung jawabnya,karena Masing Masing wilayah ada penanggung jawabnya,dan tidak ada penanganan dari pusat atau dari pendiri expedisi itu apa bila ada agen agen yang nakal

  • 19 Mei 2023 - (14:43 WIB)
    Permalink

    Saya pernah pakai YES kebetulan order makanan. Sampai sih memang sehari, hanya antarnya jam 11 malam. Alasannya YES itu memang paling lambat pengantaran jam 11.59 malam. Untung kirim ke rumah, coba kalau kirim ke alamat kantor. Makanya ngga pernah mau pakai YES lagi, nyusahin diri sendiri aja mesti begadang nungguin kurir. Mending pakai paxel aja kalau order makanan.

 Apa Komentar Anda mengenai JNE YES?

Ada 22 komentar sampai saat ini..

Proses Klaim JNE YES yang Sangat Tidak Profesional

oleh fariz martha dibaca dalam: 1 menit
22