Gagal Top Up e-Money di Tokopedia, Sudah Sebulan Laporan tapi Hasilnya Nihil

Lelah rasanya menanti hasil laporan dari tim terkait Tokopedia dan Bank Mandiri. Semoga dengan mengirim surat pembaca ini ke Media Konsumen, bisa segera terselesaikan permasalahan saya. Tepat 1 bulan, pada tanggal 18 Mei 2023, saldo e-money saya gagal top up.

Saya top up saldo e-money sebesar Rp500.000 pada tanggal 18 April 2023 melalui Tokopedia. Namun memang kesalahan saya adalah lupa update saldo, karna saya pikir telah berhasil dan sudah masuk. Pada tanggal 26 April 2023, saya baru mau pakai e-money ini untuk perjalanan dari Semarang ke Jakarta. Alangkah kagetnya saya, ternyata saldonya kurang dari Rp500.000, hanya ada saldo awal mungkin sekitar Rp100.000.

Saya segera update saldo di tol, tapi saldo dari top up Tokopedia tidak berhasil masuk. Alhasil saya top up ulang pada tanggal tersebut (26 April 2023) di tol Manyaran, Kabupaten Semarang. Saat itu saldo saya hanya bertambah jadi Rp510.000. Saldo dari Tokopedia? Tidak berhasil masuk.

Tanggal 27 April 2023, saya buat laporan komplain ke Tokopedia, hasilnya hingga saat ini nihil. Mereka hanya minta menunggu sedang dalam proses pengecekan tim terkait, tapi sudah sebulan ini tidak ada hasilnya. Respons Tokopedia hanyalah karangan saja. Jawaban Tokopedia selama sebulan ini hanya seperti ini:

  • Mohon menunggu sedang dicek oleh tim terkait.
  • Mohon update saldo kembali, saldo Anda telah berhasil masuk (berkali-kali update pun, saldo tersebut tidak masuk).
  • Saldo Anda telah masuk pada tanggal 26 April 2023, di jalan tol tersebut anda hanya update saldo, tidak ada top up (padahal jelas ada buktinya kalau saya top up pada tanggal tersebut). Entah maksudnya apa, ingin membodohi atau bagaimana, jawabannya selalu mengarang bodoh.
  • Mohon anda untuk cek lebih lanjut ke Bank Mandiri. Padahal dari awal saya sudah tanya perlu ke Bank Mandiri atau tidak, kata mereka tidak perlu. Namun akhirnya mereka pun menyarankan saya ke Bank Mandiri.

Akhirnya saya ke Bank Mandiri, dilayani dengan ramah dan berusaha dibantu oleh CS Bank Mandiri. Namun tetap saja pihak Bank Mandiri tidak bisa bantu, dan mengatakan harus dari Tokopedia yang mengurusnya. Saya pun sudah mendapat bukti dari Bank Mandiri bahwa saldo e-money yang diisi di Tokopedia pending top up.

Saya segera lapor ke Tokopedia. Namun hingga saat ini masalah pun belum selesai. dan jawabannya selalu mengada-ada, padahal jelas-jelas sudah ada lampiran bukti yang dikirim.

Akhirnya saya kirim email kembali ke Bank Mandiri. Saya semakin geram karna dilempar ke sana kemari. Balasan email Bank Mandiri bilang untuk membuat laporan ke Bank BSI karena saya top up e-money tersebut dari Bank BSI, Bank Mandiri hanyalah pihak penerima.

Tadinya saya sudah males dan coba ikhlas. Namun setelah melihat surat pembaca ada kasus serupa, dan setelah mengirimnya ke media segera mendapat refund, akhirnya saya coba semangat lagi untuk kirim ini ke Media Konsumen. Semoga membuahkan hasil yang baik juga.

Namun kalaupun hasilnya tetap nihil, yang penting saya sudah perjuangkan hak saya. Nyesel dan gak mau lagi top up e-money lewat Tokopedia!! Semoga dengan adanya surat ini tidak ada lagi peristiwa serupa dan menjadi pelajaran agar pihak terkait bisa lebih amanah dan lebih baik lagi pelayanannya.

Esti Ningrum
Tangerang Selatan, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

12 komentar untuk “Gagal Top Up e-Money di Tokopedia, Sudah Sebulan Laporan tapi Hasilnya Nihil

    • 20 Mei 2023 - (14:02 WIB)
      Permalink

      sudah dilakukan update saldo lewat mesin EDC sejak tanggal 26 april hingga 14 mei namun tidak ada saldo dari tokopedia yg masuk. hasil sudah terlampir

  • 20 Mei 2023 - (15:35 WIB)
    Permalink

    Saya kutip:
    “Namun memang kesalahan saya adalah lupa update saldo, karna saya pikir telah berhasil dan sudah masuk.”

    Mungkin disini awal masalahnya. Ada jangka waktu 8 hari kartu tidak di update. Biasanya jika topup e-money di Tokopedia, setelah pembayaran akan muncul notifikasi dan email “Segera Update Saldo Kartu Anda”. Daripada anda menggonggongi pohon yang salah, sebaiknya tekan terus pihak Tokopedia dengan melampirkan keterangan tertulis pihak bank Mandiri sebagai bukti.

    • 20 Mei 2023 - (21:54 WIB)
      Permalink

      nah betul ka, maksud saya juga seperti ini.. dari kutipan tsb sudah jelas kalau saya lewat waktu untuk update saldo, secara logika saldo masih terpending ditokopedia. harusnya dengan ini tokopedia bisa lebih cepat merefund untuk selesaikan kasusnya. namun jawaban tokopedia sama sekali tidak membantu. pertama bilang saldo saya berhasil masuk ditgl 4 dan diminta update saldo, namun nihil.
      pada akhirnya tokopedia bilang bahwa dari pihak mandiri mengatakan saldo telah berhasil masuk, saya diminta ke mandiri untuk lbh lanjut. setelah membawa bukti hasil dari mandiri , pihak tokopedia mengatakan bahwa di tgl 26 april saya tidak melakukan top up ulang, melainkan hanya update saldo (seakan memfitnah saya telah berbohong, pdhl ada bukti saya top up ditgl tsb, yg hasilnya membuat saya suudzon kalau penjaga tol manyaran telah menipu saya

    • 20 Mei 2023 - (21:56 WIB)
      Permalink

      trima kasih atas masukannya ka, ini juga sedang saya push trs tokopedia, semoga membuahkan hasil yg baik. mohon doanya

  • 22 Mei 2023 - (05:36 WIB)
    Permalink

    Tokopedia ribet kalo masalah duit, gweh narik saldo seller udah lima hari gamasuk, itu gue udah narik dua kali, yang pertama gagal, walaupun gagal masih ditarik biaya admin, dan itupun gue nariknya ke bank jago yang punyanya goto sendiri ,mending shopee udah narik saldo seller gratis, langsung masuk saat itu juga.

    • 22 Mei 2023 - (20:14 WIB)
      Permalink

      bener ka, saya pikir setelah teks ini dimuat ada perubahan yg baik dari tokopedia, tp dari teks ini dimuat, tokopedia justru tidak ada respon sama sekali…

  • 24 Mei 2023 - (11:44 WIB)
    Permalink

    alhamdulillah penantian 1 bulan ini berakhir dengan baik, dana telah di refund oleh tokoedia senilai 491.500 + gift card koin gopay senilai 75.000
    trima kasih atas kerja samanya semua tim terkait.. semoga kedepannya bisa lebih baik lagi, cepat tanggap dalam mengatasi keluhan nasabah.

 Apa Komentar Anda mengenai Top Up e-Money via Tokopedia?

Ada 12 komentar sampai saat ini..

Gagal Top Up e-Money di Tokopedia, Sudah Sebulan Laporan tapi Hasilnya…

oleh Esti dibaca dalam: 2 menit
12